Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kumpulan Font Tipografi dan Vintage

5 min read

font tipografi

Sebelum teknologi modern terlahir, para desainer terspesialisasi dalam bidang tulis tangan yang indah. Saat ini para desainer memberi penghormatan kepada tanda warisan vintage dengan font tipografi yang luar biasa.

Selain font tipografi, warisan vintage juga berupa font yang tidak kalah bagusnya dengan font tipografi.

Nah, berikut penjelasan dari font tipografi dan juga font vintage di bawah ini.

Font Tipografi Desain Grafis

Dalam membuat desain tipografi, kamu harus lebih dulu mengenal jenis fontnya, mengapa demikian? Karena jika tidak tahu, maka tidak akan bisa menghasilkan desain yang enak dilihat dan tidak nyaman bagi pembaca.

Nah, untuk mengetahui font apa saja yang cocok digunakan dalam desain tipografi? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Stanley Typeface

font tipografi - Stanley Typeface
befonts.com

Jenis font pertama dalam desain tipografi adalah font Stanley Typeface. Font ini memiliki bentuk huruf yang lugas dan juga tebal.

Font ini mengeluarkan dengan kombinasi antara hiasan tepi yang tajam dan melengkung. Jika kamu membuat desain dengan font ini, maka banyak orang yang memperhatikan desainmu.

2. Font Moonface Script

font tipografi - Font Moonface Script
ifonts.xyz

Selanjutnya muncul dari jenis font script, yaitu font Moonface Script. Font ini menampilkan bentuk huruf yang mengalir dengan goresan yang indah.

Dalam font ini, sudah dilengkapi dengan seperangkat ligatures, alternatif dan juga polesan dari tangan kamu. Dimana akan menghasilkan desain yang menakjubkan dan juga terkesan klasik.

3. Tipografi Trincha

font tipografi - Tipografi Trincha
ifonts.xyz

Jika font Moonface Script muncul dari jenis font script, kali ini muncul dari jenis font sans serif yaitu Trincha. Font ini terinspirasi oleh kata dalam bahasa Portugis.

Selain itu, jenis font sans serif ini tidak pada umumnya, mengapa demikian? Karena font ini memiliki tampilan yang kasar pada bagian dalam hurufnya, atau bisa disebut dengan style grunge.

4. Tipografi Southamton

font Tipografi Southamton
befonts.com

Menuju font tulisan tangan yaitu font Southamton, memiliki style atau gaya yang bisa disesuaikan. Selain itu, font ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan logo, poster dan lainnya.

Dengan desain tipografi yang kamu buat, akan menghasilkan sebuah desain yang terkesan mewah dan megah.

5. Font Heubeul

font tipografi - Font Heubeul
weblord.it

Masih dalam nuansa font buatan tangan, yaitu font Heubeul. Kamu bisa membuat tipografi dengan font ini dengan hasil yang luar biasa.

Font ini dilengkapi dengan seperangkat huruf, angka dan juga tanda baca yang sudah ada. Font yang memiliki tekstur detail yang luar biasa, bisa bekerja dengan baik pada proyek yang terinspirasi vintage.

6. Font Stiquez

font tipografi - Font Stiquez
allbestfonts.com

Berikutnya keluar dari jenis font serif, yaitu font Stiquez. Font ini memiliki semua karakter yang kamu butuhkan dalam membuat desain tipografi.

Selain itu, font ini juga bisa digunakan dalam desain retro apapun, karena terkesan klasik atau kuno. Dengan tipografi yang seperti itu, maka kamu akan bisa menghasilkan desain yang istimewa.

7. Font Boxing

font tipografi - Font Boxing
befonts.com

Font Boxing merupakan font yang diciptakan oleh seorang desainer yang bernama Tani Veron.

Font ini memberikan pukulan yang berat dengan bentuk yang memanjang, kuat dan juga rapat. Pemberian judul yang tepat oleh Veron ini terinspirasi pada poster tinju retro.

8. Font Minimalust

font tipografi - Font Minimalust
behance.net

kembali lagi ke jenis font sans serif yaitu font Minimalust. Font ini sangat bersih dan juga enak dilihat jika dibuat desain tipografi.

Selain itu, font ini terinspirasi dari tulisan tangan, memiliki tepi yang halus dan juga sudut yang membulat. Pratama Yudha adalah seorang desainer yang merancang jenis font ini.

9. Font Manifesto

font tipografi - Font Manifesto
freebiesupply.com

Sudah tahu, siapa perancang font Manifesto? Tomaz Leskovec adalah seorang desainer yang merancang font manifesto, dimana beliau terinspirasi oleh gerakan rasionalis bangsa Italia.

Tomaz merancang gagasan tentang struktur dan ruang yang terlihat, dengan posisi elemen karakteristik pada huruf yang dibuatnya.

10. Font Blanka

font tipografi - Font Blanka
freetypography.com

Seorang desainer yang bernama Emmeran Richard adalah perancang font Blanka.

Font ini memiliki kesan yang modern, minimalis dan juga abstrak, dimana disertai dengan elemen yang terlihat dipotong pendek dan hilang.

11. Font Hemingwar

font tipografi - Font Hemingwar
dribbble.com

Terakhir dari font yang cocok digunakan dalam desain tipografi yaitu font Hemingwar, merupakan warisan Ernest Hemingway dengan font tulisan tangan yang luar biasa ini.

Adapun tipe huruf dalam font ini menampilkan kesan yang hangat dan mudah dideteksi.

Selain itu, terinspirasi oleh kehidupan petualang Hemingway yang dimulai dari awal yang sederhana. Jadi, kamu bisa memulai petualang kreatifitasmu dengan font yang luar biasa ini.

Font Vintage Desain Grafis

Setelah mengetahui font tipografi, ada baiknya juga mengetahui jenis font vintage yang memiliki ciri khas klasik dan kuno.

Apa saja font vintage tersebut? Berikut penjelasannya?

1. Jibril Typeface

Jibril Typeface
themekeeper.com

Pertama yaitu dimulai dari font Jibril Typeface, dengan sedikit kecintaanmu kepada desain grafis vintage, bisa menghasilkan desain yang menakjubkan.

Dalam font vintage ini, bisa kamu buat dengan berbagai gaya desain yang keren. Bisa berupa bentuk biasa atau ingin menciptakan desain dengan versi grunge yang lebih banyak pilihannya.

2. Atara Typeface

Atara Typeface
creativemarket.com

Dengan font Atara Typeface, kamu bisa membuat sebuah judul untuk film yang mempesona dan terkesan elegan.

Font vintage ini tersedia dalam empat ragam, sudah tersedia juga desain yang dekoratif dengan detail karakter yang unik.

3. Font Rolla

Font Rolla
allbestfonts.com

Selanjutnya yaitu font Rolla, merupakan font yang berbeda dengan font vintage yang lain. Mengapa demikian? Karena font ini terkenal dengan kerumitan pada bentuk hurufnya.

Kamu bisa memberikan grunge ke dalam desain yang akan dibuat, agar terlihat mengagumkan dan juga terkesan sederhana.

4. Font Vintage Modern

Font Vintage Modern
allbestfonts.com

Simple dan elegan, itu bisa kamu buat dengan adanya font Vintage Modern. Dalam font ini sudah menyediakan desain bulat dengan ujung yang setengah lingkaran dan juga halus.

Selain itu, kamu bisa menggabungkan nuansa klasik vintage dengan adanya garis digital modern.

5. Font Lawless

Font Lawless
id.pinterest.com

Font ini tercipta karena terinspirasi oleh jenis kayu Amerika pada awal tahun 1800-an. Jenis font ini memiliki karakter yang berani, ideal dan pecah untuk estetika barat manapun.

Dalam jenis font ini memiliki berkas dengan empat gaya font yang berbeda-beda, dimana bisa degan mudah untuk kombinasikan secara bersamaan.

6. Font Sinara

Font Sinara
freeforfonts.com

Beralih ke jenis font serif yaitu font Sinara, merupakan font desain vintage di era Victoria yang menakjubkan dengan detail yang luar biasa. Dari situlah font ini tercipta di era tersebut.

Dalam jenis font ini sudah menyediakan huruf, angka dan juga tanda baca. Kamu juga bisa menggunakan font ini sesuai dengan keinginan hati.

7. Font Vintage – Fibre

Font Vintage – Fibre
dafonttop.com

Font vintage tulisan tangan ini, memiliki karakter yang dirancang secara unik dengan tingkat keriuhan yang berbeda untuk menambahkan tekstur.

Dengan kreatif yang kamu keluarkan, bisa menghasilkan desain yang elegan juga eksotik dengan font ini.

8. Font Moyers

Font Moyers
fontbundles.net

Font yang diberi nama Moyers ini, pastinya tidak ketinggalan gaya atau style. Mengapa demikian? Karena dengan font ini kamu bisa membuat desain yang sempurna, dengan menampilkan kembali tanda yang sudah lama.

Kamu juga bisa menggabungkan dengan font vintage lainnya, sebagai tambahan yang luar biasa dalam desain seperti poster.

9. Font Vintage Bundle

Font Vintage Bundle
design.tutsplus.com

Dalam font ini, menyediakan tujuh font vintage yang luar biasa dengan harga yang sedikit mahal. Dalam font ini sudah menampilkan kualitas yang pro atau premium yang terinspirasi dari berbagai era retro.

Termasuk font keren dalam era tersebut, seperti Backster, Aliva dan masih banyak lagi. Jika font ini digunakan dalam proyek vintage, itu berarti kamu tidak salah memilih.

10. Adrena Typeface

Adrena Typeface
graphicriver.net

Selanjutnya ada font Adrena Typeface, yang dimana kombinasi antara keanggungan dan juga kedramaan yang luar biasa, bisa menghasilkan desain retro yang bagus.

Font ini sudah menyediakan file dengan huruf kapital, kecil, angka dan juga gambar tambahan untuk detail yang lebih banyak.

11. Font Bronx Shoes

Font Bronx Shoes
id.pinterest.com

Terakhir dari jenis font vintage yaitu font Bronx Shoes, merupakan jenis huruf tulisan tangan. Font ini terinspirasi oleh tanda vintage yang bisa kamu jumpai di kota.

Selain itu, font ini sudah mencakup dua versi dan beberapa format. Jadi, kamu bisa menikmati style font atau bisa meningkatkan desain sesuai yang ada di dalam pikiran kamu.

Penutup

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kepada kalian semua. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia font, khususnya font tipografi dan vintage.

Sudah tahu, jenis font apa yang terbaik dan terburuk pada resume dalam komputer? Jika belum, kamu bisa membacanya disini.

Jangan lupa untuk like dan share, agar bisa mengetahui update terbaru dalam blog ini.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Fungsi Logo

Mandhom
4 min read

Jenis Logo Desain

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: