Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jenis Font Resume Terbaik dan Terburuk

6 min read

font resume terbaik

Sudah tahu, jenis font apa yang terbaik dan terburuk pada resume dalam komputer? Jika belum, maka kamu wajib tahu tentang masalah tersebut.

Mengapa demikian? Karena jika salah dalam pemilihan font resume, maka harus siap dengan resiko yang akan kamu terima nanti. Entah tidak ada panggilan dalam wawancara atau penolakan wawancara.

Maka dari itu, kali ini blog masnid akan berbicara jenis font yang pantas pada resume dalam komputer.

Simak lanjut penjelasannya di bawah ini.

Jenis Font Resume Terbaik Komputer

Adapun jenis font resume yang terbaik dalam komputer adalah sebagai berikut.

Avenir

font resume terbaik - avenir
ayneegreave.altervista.org

Pertama yaitu jenis font yang bernama Avenir, merupakan jenis font sans-serif yang serba guna. Font ini memiliki tampilan yang bersih dan memberikan tampilan diperbaharui pada resume apapun.

Berat yang dimiliki font ini, bisa kamu gunakan pada bagian dan fitur yang  berbeda pada resume kamu.

Avenir Next merupakan pilihan yang baik yang lain, karena mengikuti Avenir untuk meningkatkan kemampuan tampilan pada layar komputer kamu jika sedang menggunakan.

Cambria

font resume terbaik - cambria
presentitude.com

Selanjutnya ada font terbaik komputer yang muncul dengan tampilan font serif yaitu Cambria. Font ini merupakan bagian dari huruf yang disebut Koleksi Font Ketikan Jelas, yang dimana sudah didistribusikan dengan luas oleh program MS.

Hal demikianlah yang menjadikan font ini menampilkan secara baik pada layar komputer.

Bahkan seorang desainer yang membuat font ini mendeskripsikan sebagai “Times New Roman baru”, yang dimana didesain secara detail tapi masih ramah jika digunakan dalam versi cetak.

Ini yang membuat font Cambria merupakan pilihan yang tepat untuk resume cetak serta online.

Calibri

calibri
presentitude.com

Calibri merupakan font mode standar dari Microsoft Word sejak tahun 2007. Jenis  font ini tidak terlalu sering digunakan seperti font Arial.

Font ini mempunyai karakter tersendiri. Dimana para penulis resume profesional salah satunya yang bernama Donna Svei menegaskan, bahwa jika menggunakan font ini dengan ukuran 12 pt.

Mengapa demikian? Karena huruf dalam ukuran seperti itu dengan jumlah atau 500 sampai 700, sudah termasuk ideal untuk resume 2 halaman.

Constantia

font resume terbaik - constantia
presentitude.com

Bukan font Cambria saja yang disebut sebagai Koleksi Font Ketikan Jelas dalam Microsoft, tapi font Constantia juga termasuk dalam itu.

Font yang memiliki bentuk huruf yang bundar, membuatnya terlihat ramah dan lentur seperti jenis huruf serif.

Font ini sangat cocok jika digunakan pada layar monitor dan juga dokumen cetak. Membuatnya bermanfaat saat kamu ingin mendistribusikan resume secara digital maupun dalam format cetak.

Didot

font terbaik resume - didot
onextrapixel.com

Font serif spesial yang keluar dengan tampilan upscale atau sebuah produk dari akar Paris adalah Didot. Jenis font ini menawarkan beberapa style pada resume kamu dan membuatnya akan populer secara spesial dalam beberapa industri, seperti tipografi dan mode.

Tampilan serif yang dikeluarkan itu kebanyakan dalam ukuran yang besar, jadi akan jauh lebih baik jika menggunakannya untuk heading daripada untuk body copy.

Garamond

font resume terbaik - garamond
id.pinterest.com

Jenis font ini sudah digunakan sejak 500 tahun yang lalu, yaitu font Garamond. Ada versi modern yang akan memberikan kesan klasik, memiliki polesan baik pada resume kamu dan jauh lebih bagus daripada lainnya.

Jenis huruf ini bisa membantu untuk memuat lebih banyak teks, jika kamu merasa kesulitan untuk mendapatkan resume dari satu halaman menjadi dua halaman.

Tapi dengan memuat lebih banyak teks, tidak akan menurunkan ukuran font dan pastinya tidak menurunkan kualitas saat dibaca.

Georgia

font resume terbaik - georgia
thisisions.com

Jenis font resume dalam komputer selanjutnya yaitu diberi nama font Georgia, termasuk alternatif lain dari font Times New Roman.

Font ini merupakan font serif yang mempunyai bentuk dengan polesan huruf yang tebal dan enak dibaca meskipun dalam ukuran font yang kecil.

Nilai tambah dai font ini yaitu, font yang dibuat secara spesifik untuk ketajaman atau kejelasan dalam monitor komputer, jadi akan terlihat bagus pada dokumen digital.

Gill Sans

gill sans
blog.frame.io

Gill Sans merupakan jenis font sans serif yang sederhana juga canggih, yang dimana didesain pada tahun 1920-an di negara Inggris.

Font ini akan membuat resume pada komputer kamu terkesan lebih klasik dan juga modern.

Kamu akan menemukan font ini didistribusikan dengan Mac OS X dan beberapa sebagian perangkat lunak Microsoft dengan nama font, yaitu Gill Sans MT.

Helvetica

helvetica
downloadfonts.io

Ini juga termasuk jenis font yang sans serif dari negara Swiss, yang dimana dikonsiderasikan oleh banyak desainer dan tipografer sebagai king atau raja dari segala font.

Bahkan belum banyak yang mengetahui, bahwa Helvetica mempunyai film dokumenternya sendiri.

Jenis font ini banyak digunakan pada hal apapun, mulai dari logo perusahaan, sampai rambu bawah tanah yang ada di kota New York.

Kamu bisa mencoba jenis font ini, karena akan memberikan tampilan yang bersih dan kontemporer, tapi tetap profesional pada resume dalam komputer kamu.

Sayangnya, jika kamu ingin memiliki font ini pada Windows, kamu harus membelinya terlebih dahulu.

Lato

font resume terbaik - lato
id.pinterest.com

Jenis font resume terbaik dalam komputer yaitu Lato, font ini awalnya didesain untuk penggunaan perusahaan saja.

Lato merupakan font sans serif yang dibuat untuk terlihat netral pada body copy. Adapun keunikan yang dimiliki font ini yaitu saat menggunakan huruf kapital.

Orang yang menciptakan font ini mengatakan, bahwa font Lato memiliki arti “serius tapi bersahabat” dan sangat pas untuk resume.

Kamu bisa mendownloadnya secara gratis untuk pengguna personal maupun komersial. Jangan lupa untuk gunakan situs Google Font jika ingin mendownloadnya.

Jenis Font Resume Terburuk Komputer

Berikut adalah jenis font resume terburuk pada komputer.

Arial

arial
seankirkdesign.wordpress.com

Mungkin terlihat aneh dan kaget, kalau font Arial ini masuk dalam kategori font resume terburuk dalam komputer. Font ini jika dilihat menggambarkan kesan yang malas.

Selain itu, font ini juga memberikan banyak usaha dan pemikiran ke dalam resume kamu. Dan anehnya lagi, font ini merupakan perkembangan dari font Helvetica yang lebih longgar dan konstruksinya tidak biasa.

Tidak salah dalam font konvensional, tapi masih ada pilihan font sans serif sans yang lebih baik dari font Arial ini.

Brush Script

brush script
identifont.com

Ingin meletakkan judul di bagian atas pada sebuah desain dengan huruf script? Maka jangan lakukan itu, apalagi jika menggunakan font Brush  Script.

Mengapa demikian? Font tulisan tangan jenis ini, terlalu sering digunakan dan terlihat murahan. Selain itu, font ini terlihat seperti kuno atau retro, karena didesain pada tahun 1942-an.

Pada sisi lain, sebagian industri kreatif menawarkan beberapa kelonggaran dengan tampilan resume kamu. Tapi jika ragu, tetaplah memakai pilihan font konservatif.

Century Gothic

century gothic
id.pinterest.com

Selanjutnya yaitu jenis font yang bernama Century Gothic, memiliki bentuk huruf yang halus dan modern. Tapi, jika digunakan untuk resume, tidak terlalu biasa.

Selain itu, font ini memiliki tampilan huruf yang tipis dari berat ukuran font reguler. Dari itulah, font ini sulit dibaca, terutama jika ukuran yang kecil.

Comic Sans

comic sans
tameri.com

Comic sans, merupakan font yang diciptakan pada tahun 1994 untuk mereplika tampilan gelembung percakapan di sebuah buku komik, dan dari situlah font ini layak dipakai.

Memiliki ciri khas dengan tampilan font yang kekanak-kanakan dan kasual, yang dimana ciri khas tersebut menjadi gangguan dari konten yang serius.

Lalu apa jadinya orang yang menggunakan font ini pada sebuah resume? Menurut Manager, bagusnya adalah dengan cara menjauh dari font yang bisa memberikan kesan seru, flashy atau funky.

Courier

courier
1001fonts.com

Tahu mesin ketik atau tik jaman dulu? Font yang digunakan dalam mesin tersebut diberi nama Courier. Font ini tidak cocok digunakan untuk resume pada komputer.

Mengapa demikian? Karena tampilan dari font ini sedikit tidak alami. Terutama untuk satu halaman penuh dengan tulisan atau teks.

Selain itu, disetiap huruf dari font ini memiliki jarak atau spasi yang tidak sama. Bertolak belakang dengan font yang proporsional.

Futura

futura
creativemarket.com

Font yang tercipta pada tahun 1930-an di Jerman dan lebih geometris dalam bentuk, merupakan font Futura. Font yang bersih dan menarik, tapi memiliki tampilan yang terlalu banyak style dan atipikal.

Ditambah lagi dengan quirknya yang mirip seperti huruf lowercase dengan tinggi yang tidak biasa. Selain itu, sebuah kontras jarring bentuk huruf antara tajam dan juga bulat.

Font ini lebih bernuansa dekoratif dan juga menarik. Jika digunakan untuk resume dalam komputer, maka kurang cocok.

Impact

impact
id.pinterest.com

Font pada komputer yang terkenal dengan huruf yang tebal, tegas dan percaya diri, disebut font Impact. Font ini tidak pantas jika digunakan untuk resume dalam komputer kamu.

Mengapa demikian? Karena font ini biasa digunakan dalam huruf besar untuk headline. Tapi, sudah ada huruf lowecase, maka masyarakat menggunakan font ini sebagai body copy, dimana akan menjadikan font ini sulit untuk dibaca.

Papyrus

papyrus
knowyourmeme.com

Jika ada font resume dalam komputer yang terbaik, mengapa menggunakan font resume yang buruk? Font Papyrus contohnya, font ini memberikan kesan untuk petualang atau udara yang eksotis.

Font ini hanya kamu bisa gunakan dalam penulisan kata “Mesir” saja.

Font yang terlihat menjadi lelucon, mengapa? Karena font ini menjadi urutan kedua setelah font Comic Sans. Font yang memiliki bentuk huruf yang tidak teratur pada bagian tepi huruf, menjadikan font ini tidak cocok digunakan untuk resume dalam komputer kamu.

Times New Roman

times new roman
id.pinterest.com

Terkejut kamu terheran-heran, hihi. Tidak menyangkakan, jika font yang lebih sering digunakan, tapi menjadi font terburuk resume dalam komputer kamu.

Mengapa font Times New Roman menjadi font terburuk resume dalam komputer? Itu karena font ini sering digunakan dan disalahgunakan.

Terutama jika font ini dalam bentuk huruf yang kecil, maka akan sulit untuk dibaca.

Trajan Pro

trajan pro
blogfonts.com

Font terburuk terakhir pada resume dalam komputer yaitu Trajan Pro, font yang memberikan kesan bermartabat dan penting. Tapi, akan lebih cocok jika digunakan pada batu prasasti.

Mengapa demikian? Karena terciptanya huruf ini terinspirasi oleh bentuk huruf yang diukir pada kolom Trajan, yaitu sebuah monumen yang didedikasikan oleh Kaisar Roman dengan nama yang sama.

Memiliki huruf yang besar dan ukuran kecil, membuat font ini tidak layak untuk dijadikan resume dalam komputer kamu.

Jadi, font ini lebih cocok untuk digunakan dalam poster film, terutama dalam film tersebut diperankan oleh Russell Crow.

Penutup

Itulah informasi tentang jenis font resume terbaik dan terburuk pada versi blog masnid. Bukan berarti penjelasan di atas bertentangan dengan font menurut kamu bagus.

Bisa juga menggunakan ukuran font 10 sampai 12 pt, dan itu semua tergantung dari beberapa font yang akan kamu gunakan.

Jika kamu ingin belajar membuat font, kamu bisa baca cara membuat font disini. Dan jika kamu belum mengenal font saat dilihat, kamu bisa juga membaca pembahasan disini.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam segala jenis font. Jangan lupa untuk like dan share, agar bisa mengetahui informasi dai blog ini.

Terima kasih, salam berbagai untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: