Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Karakteristik Bahan Kain Wolfis

5 min read

bahan kain wolfis

Assalamu’alaikum kawan masnid, kali ini saya akan membahas tentang bahan kain wolfis yang paling populer. Bahan kain ini sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan gamis syar’i maupun hijab.

Tekstur dari kainnya lembut, tidak membuat gerah dan harga yang terjangkau menjadikan bahan kain ini banyak dicari orang untuk membuat busana muslimah. Penasaran seperti apa karakter dari bahan kain wolfis ini?

Langsung simak penjelasan dibawah ini.

Mengenal Bahan Wolfis

mengenal bahan kain wolfis terlengkap
youtube.com

Sudah tahu bahan wolfis itu apa? Bahan wolfis berasal dari bahasa inggris yaitu wollpeach material. Setelah masuk ke Indonesia, nama wollpeach ini berubah menjadi wolfis atau wolvis, karena lidah orang Indonesia yang begitu sulit untuk menyebut nama bahan kain tersebut.

Banyak pendapat orang yang mengatakan bahwa kain ini terbuat dari campuran dari katun maupun sutra, ternyata itu tidak benar. Kelebihan dari bahan wolfis ini, pada dasarnya masih di bawah kain sutra maupun katun.

Kain wolfis ini merupakan bahan yang terbuat dari 100% bahan polyester dan bukan campuran dari serat katun. Bahan dari kain wolfis ini memiliki tekstur yang lembut, halus dan tidak membuat gerah. Sehingga, memiliki ketebalan kain di bawah bahan jersey yang menimbulkan kain ini relatif tipis dan ringan.

Meskipun tekstur yang tipis dan ringan, tidak menjadikan bahan kain ini tembus pandang. Jenis bahan seperti inilah yang membuat kain banyak dicari untuk kebutuhan pakaian muslimah.

Bahan kain wolfis ini tidak hanya digunakan untuk membuat gamis syar’i saja, namun bisa digunakan untuk bahan pembuatan khimar, jubah, gamis, celana dan rok celana.

Rok celana inilah yang menjadi daya tarik orang untuk membelinya, karena dengan memakainya bisa beraktivitas dengan bebas di lapangan. Harga dari bahan kain ini juga sangat terjangkau.

Jenis-jenis Bahan Wolfis

jenis bahan kain wolfis baik
hijablinalivia.blogspot.com

Ini yang perlu diketahui sebelum membeli jenis bahan kain yang tidak mudah kusut. Kain wolfis sendiri mempunyai tingkatan yang beda dan itu akan mempengaruhi kualitasnya. Pada umumnya, kain wolfis ini dibedakan berdasarkan grade dan berdasarkan seberapa premium jenis wolfis tersebut.

1. Kain Wolfis Bersadarkan Grade

jenis bahan kain wolfis grade A B C
tokokaintextileonline.com

Kain wolfis berdasarkan tingkatan atau disebut grade, terbagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Grade A, kain wolfis yang memiliki tekstur bahan yang paling halus dan karakter kainnya juga tidak jatuh. Jenis bahan kain wolfis grade A ini memiliki harga yang paling mahal diantara grade yang lainnya.
  2. Grade B, kain wolfis yang memiliki tekstur yang bahannya kurang halus dan karakter bahannya kurang jatuh.
  3. Grade C, kain wolfis yang memiliki tekstur bahan yang sedikit kasar dan karakter bahannya kurang jatuh.

Nah, jika akan membeli jenis kain wolfis, sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu. Kain tersebut masuk dalam kategori grade A, B atau C. Supaya nanti saat dibuat busana muslimah, tidak membentuk lekukan tubuh dan bisa menutup aurat.

2. Jenis Bahan Wolfis Premium

jenis bahan kain wolfis premium halus
mizutex.com

Adapun ciri yang dimiliki dari jenis bahan kain wolfis premium ini, sebagai berikut:

  1. Karakteristik, bahan ini memiliki bahan yang cukup tipis, ringan, bahannya jatuh serta tidak transparan atau tidak menerawang.
  2. Serat bahan, memiliki serat kain yang kokoh, rapi, halus dan rapat. Bahkan serat kainnya susah diraba.
  3. Tekstur, bahannya terasa lembut, halus, tidak licin, tidak memiliki tekstur dan tidak kasar sama sekali.
  4. Daya serap kain, bahan dari kain jenis ini tidak menyerap keringat.

3. Jenis Bahan Wolfis Standar

jenis bahan kain wolfis standar rapi
mizutex.com

Sedangkan, untuk ciri yang dimiliki dari jenis bahan kain wolfis standar ini, antara lain:

  1. Karakteristik, bahan ini memiliki bahan yang cukup tipis juga ringan, bahannya jatuh serta cukup transparan atau menerawang.
  2. Serat bahan, secara keseluruhan serat pada kain ini tidak terlihat rapi, kurang kokoh, seratnya sedikit longgar dan lebih mudah diraba.
  3. Tekstur, bahannya terasa tidak licin dan sedikit keset.
  4. Daya serap kain, ini sama seperti bahan wolfis premium yang tidak menyerap keringat.

Karakteristik Bahan Kain Wolfis

karakteristik bahan kain wolfis lembut
tokokaintextileonline.com

Bahan kain yang kerap digunakan menjadi bahan dasar pembuatan busana muslim atau muslimah ini, ternyata memiliki karakteristik yang istimewa dan tidak dimiliki bahan kain pada umumnya. Diantaranya yaitu:

  1. Kain wolfis ini tidak mudah kusut.
  2. Jenis bahannya ada yang tipis dan tebal, tapi ringan.
  3. Bahan kainnya tidak panas.
  4. Mempunyai serat bahan yang halus dan rapat.
  5. Permukaan bahannya tidak licin.
  6. Kain wolfis mempunyai sifat tidak transparan atau tidak tembus pandang.
  7. Kainnya mudah untuk disetrika.

Sebagai catatan, dalam poin ke tujuh harus diperhatikan. Kain ini mudah disetrika, tapi dengan kondisi setrika tidak boleh terlalu panas karena kain ini tidak tahan terhadap panas.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Wolfis

Kain wolfis yang begitu banyak kelebihan, tapi juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilikinya.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari bahan kain wolfis.

Kelebihan Bahan Wolfis

bahan kain wolfis banyak varian warna halus dan lembut
yainiaja.com

Adapun kelebihan dari bahan wolfis ini yaitu:

1. Kain Wolfis Mudah Ditemukan

Kain wolfis ini bukan jenis kain yang sulit ditemukan atau bahan kain yang langka. Tingginya permintaan di pasar, membuat kain ini diproduksi dalam jumlah besar dengan berbagai jenis dan kualitas yang berbeda.

2. Berat Bahan Wolfis Ringan

Tingkat ketebalan kain wolfis ini juga berbeda-beda. Meskipun ada jenis kain wolfis yang tebal, tapi berat dari kain ini ringan dan tidak akan merepotkan saat mencuci bahan ini.

3. Bahan Kain Wolfis Tidak Mudah Kusut

Sifat dari bahan kain ini tidak mudah kusut atau pun lecek, ini yang menjadi keuntungan tersendiri dari bahan kain wolfis. Sehingga, tidak butuh perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas dari bahan ini.

4. Memiliki Tekstur Kain yang Halus.

Kelebihan selanjutnya yaitu memiliki tekstur permukaan serat yang halus. Selain itu, sifat dari kain ini juga lentur. Ini yang membuat pemakai merasa nyaman.

5. Karakter Bahannya Jatuh

Karakter dari bahan kain ini jatuh, tapi kain yang dihasilkan jenis ini tidak sampai memperlihatkan lekukan pada tubuh. Apabila akan membeli jenis kain ini, sebaiknya memilih ukuran yang sedikit longgar, agar bisa mengantisipasi efek jatuh pada bahan yang terlalu ketat.

5. Banyak Varian Warna

Bukan rahasia umum lagi, kalau kain ini memiliki banyak pilihan warna yang menjadi idaman para wanita. Pilihan warna yang banyak inilah yang menjadi penggemar setia dari kain wolfis ini.

6. Bahan Kain Tidak Transparan

Sifat tidak transparan inilah yang juga menjadi favorit dari bahan kain wolfis ini. Selain itu, bahannya juga nyaman dan membuat produsen memilih jenis kain wolfis untuk bahan pembuatan baju muslimah.

7. Harga Sangat Terjangkau

Inilah yang menjadi kelebihan terakhir dari bahan kain wolfis. Harga yang murah dan sangat terjangkau, sangat cocok untuk dicari dengan bahan yang berkualitas.

Kekurangan Bahan Wolfis

bahan kain wolfis banyak warna tapi bagus
tokokaintextileonline.com

Adapun kekurangan dari bahan wolfis ini yaitu:

1. Terlalu Banyak Warna

Benar sih kalau bahan kain dengan tekstur halus ini memiliki banyak warna yang berbeda, tapi ini juga menjadi kelemahan tersendiri dari bahan kain ini.

Misal, saat membeli bahan kain wolfis dengan warna merah maroon sepanjang 1 meter, ternyata saat dibuat menjadi rok dengan ukuran besar masih kurang. Pasti ada keinginan untuk membeli jenis wolfis dengan warna yang sama tadi.

Kemudian dapat jenis warna bahan dan di tempat yang sama, tapi bisa saja gelap warnanya berbeda dengan warna sebelumnya. Hal ini menjadikan repot untuk diri sendiri.

2. Tingkat Ketebalan Bahan Kain Terlalu Banyak

Kemudian satu lagi yang harus diperhatikan sebelum membeli jenis bahan walfis ini. Bahan ini memiliki kualitas yang berbeda dan ketebalan yang berbeda juga. Jenis kainnya ada yang tebal, ada yang tipis bahkan ada juga yang hampir transparan.

Oleh karena itu, jika ingin membeli bahan kain jenis ini harus diperhatikan ketebalannya. Selain itu, jangan memilih bahan wolfis yang memiliki karakter bahan yang terlalu jatuh, agar bisa memperlihatkan lekuk tubuh pemakainya.

Cara Merawat Kain Wolfis

Agar kain wolfis tetap awet, harus ada perhatian khusus dalam merawat kain ini. Berikut cara merawat kain wolfis agar tetap nyaman saat dipakai.

Cara Mencuci Kain

cara mencuci bahan kain wolfis perlahan
klikdokter.com

Cara pertama yaitu mencuci kain wolfis, cukup rendam dengan campuran deterjen sedikit, kemudian kucek dengan pelan-pelan sampai bersih. Tekstur bahan yang halus membuat kain ini tidak tahan dengan kucekan dengan tenaga besar.

Saat mencuci, pisahkan antara warna gelap dan terang. Ini bertujuan, agar warnanya tidak tercampur saat mencuci dan mencegah warna menjadi pudar.

Cara Menjemur Kain

menjemur bahan kain wolfis dengan hanger
sukita.info

Menjemurnya pun mudah, hanya perlu di tempatkan di bawah terik matahari langsung. Agar menjaga warnanya tidak pudar jangan lupa balik bagian dalam baju ke luar saat dijemur.

Gunakan hanger (gantungan baju) juga, agar serat kain tidak tertarik ketika dijemur.

Cara Menyetrika Kain

menyetrika bahan kain wolfis suhu panas rendah
pabrikmesinlaundry.com

Saat menyetrika harus diperhatikan juga, karena pakaian bahan wolfis ini tidak tahan terhadap panas. Gunakan panas setrika dengan suhu yang rendah atau bisa diakali dengan menambah lapisan kain pada setrika, sehingga setrika tidak langsung terkena kain.

Cara Menyimpan Kain

menyimpan bahan kain wolfis dengan benar
nova.grid.id

Untuk menyimpannya, bisa gantung kain ke hanger, lalu masukkan ke dalam lemari. Atau bisa dengan melipatnya dengan rapi kemudian masukkan lemari.

Ingat, jangan menyimpan kain saat masih basah atau kain masih lembab, karena itu akan menjadi sarana tumbuhnya jamur.

Demikian informasi tentang bahan kain wolfis yang bisa saya bagikan. Mohon maaf apabila ada kata yang salah atau kurang, bisa komentar di bawah. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tidak hanya bahan kain wolfis yang harus diketahui, tapi juga jenis kain dan jenis kaos dengan kain katun yang biasa digunakan dalam sehari-hari.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: