Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

21+ Jenis Kain Katun Cocok Untuk Pakaian Kamu di Tahun 2020

6 min read

jenis kain katun

Produk tekstil dari beragam jenis kain yang ada di kalangan masyarakat sudah banyak beredar. Salah satu dari bahan kain yang populer adalah bahan dari jenis kain katun.

Meskipun sudah banyak yang mendengar, tapi masih banyak orang yang belum mengetahui tentang jenis kain katun ini.

Kain katun sendiri memiliki pengertian, karakteristik dan jenisnya yang juga penting untuk diketahui. Jenis kain ini juga mempunyai kegunaan selain menjadi bahan dasar pembuatan baju.

Oleh karena itu, disini akan membahas semua jenis kain katun yang bisa dijadikan refrensi dalam memilih jenis katun yang berkualitas.

Pengertian Kain Katun dan Bahan Dasarnya

pengertian jenis kain katun
pixabay.com

Apa itu kain katun? Kain katun adalah salah satu jenis kain yang berasal dari serat alami tanaman kapas atau gossypium.

Perlu diketahui juga, bahan ini menduduki posisi paling tinggi sebagai bahan baku tekstil yang sudah banyak diproduksi dari pada serat buatan atau sintetis.

Kapas ini mulai dipanen saat buah kapas sudah mekar dengan sempurna. Buahnya kering dan sudah cukup umur untuk dipanen. Jika warna kelopak tanaman kapas ini sudah berubah warna menjadi sawo matang, itu bertanda bahwa tanaman kapas sudah siap dipanen.

Adapun beberapa jenis kapas yang menjadi bahan utama serat kapas yang sering digunakan di dunia:

  • hirsutum, jenis kapas ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Florida dan Karibia.
  • herbaceum, jenis kapas ini berasal dari Levantia (hulu Sungai Tigris).
  • arboreum, jenis kapas ini berasal dari lembah Sungai Indus yang ada di wilayah India dan Pakistan.
  • barbandes, jenis kapas ini asli dari Amerika Selatan Tropika.

Sebelum menjadi benang kapas, serat kapas harus dipilih terlebih dahulu kemudian diproses yang memerlukan waktu yang cukup panjang. Seperti, pemisahan serat yang panjang dan pendek dan juga pemisahan kotoran yang ada di kapas.

Setelah serat tersebut sudah menjadi benang katun, proses selanjutnya yaitu ditenun yang nantinya akan menjadi lembaran kain. Lembaran ini yang nantinya akan dibuat menjadi beberapa jenis busana seperti gamis, baju embos, celana dan lainnya.

Karakteristik Kain Katun

karakateristik jenis kain katun lembut halus
kompasiana.com

Mungkin sebagian orang belum bisa mengetahui karakteristik bahan katun yang sudah banyak di toko atau pasar. Oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri dari katun pada umumnya.

  • Dingin atau adem saat dipakai.
  • Tekstur dari kain yang halus dan lembut.
  • Ada beberapa jenis katun yang mengkilap.
  • Daya tahannya kuat atau awet.
  • Memiliki sifat hypoalergic, yaitu tidak menyebabkan alergi pada banyak orang.
  • Terdapat beberapa serabut halus (tergantung jenis katunnya).

Jenis Kain Katun

Banyak sekali jenis katun yang sering ditemui di toko atau pasar. Tapi, tidak semua jenis katun yang memiliki kualitas sama namun berbeda-beda. Maka dari itu, dibawah ini ada beberapa jenis kain katun yang sering dicari di pasaran.

1. Kain Katun Biasa

jenis kain katun biasa banyak variasi
ethicafashion.com

Jenis kain katun pertama yaitu kain katun biasa, mempunyai kualitas dengan bahan yang standar dan harganya juga cenderung lebih murah dari pada kain katun lainnya.

Ciri dari kain katun biasa ini yaitu:

  • Mempunyai banyak motif seperti garis, polos, abstrak, bunga, kotak atau
  • Memiliki daya serap keringat yang cukup baik.
  • Pada gulungan atau pinggir kain, tidak ada kode warna.

2. Kain Katun Silk Sutra

jenis kain katun silk sutra licin
bahankain.com

Kain katun silk sutra ini memiliki sifat kain yang licin, bahannya adem, kuat atau awet juga saat kainnya diraba akan terasa lembut dan halus. Hasil dari campuran kain sutra dan kain katun inilah yang menjadi kain katun silk sutra.

3. Kain Katun Cina

jenis kain katun cina variasi banyak
gamisjilbabsyari.com

Kain katun cina juga memiliki karakteristik tersendiri, yaitu bahannya yang lebih tipis, warna kainnya tidak mencolok dan juga kualitas dari bahannya kurang bagus.

Kain ini lebih dikenal dengan sebutan katun twill yang kualitas bahannya hampir sama dengan jenis katun jepang.

4. Kain Katun Bangkok

jenis kain katun bangkok bermotif
gamisjilbabsyari.com

Berbeda lagi dengan kain katun bangkok, kain ini memiliki tekstur kain yang sedikit kasar dan lebih tipis. Bahkan, ada beberapa kainnya bersifat transparan atau tembus pandang.

Kota Bangkok merupakan nama kota tempat kain ini diproduksi, jadi tidak heran kalau motif lukisannya berbau Thailand.

5. Kain Katun Satin Jepang

jenis kain katun satin jepang motif bagus
mixzutex.com

Kain katun satin jepang juga diambil dari nama negara tempat memproduksi bahan katun ini. Ciri dari katun satin jepang ini mempunyai warna yang cenderung kuat, tekstur kain lembut dan terasa adem saat dipakai.

6. Kain Katun Minyak

jenis kain katun minyak lebih murah
aminama.com

Kain karun ini masih jarang ditemui oleh orang indonesia. Nama katun ini diambil dari sifat bahannya yang mengkilap seperti minyak.

Karakteristik dari kain ini hampir sama dengan kain silk sutra, bedanya hanya bahan katun ini lebih mengkilap. Selain itu, kain ini memiliki kelebihan yang memiliki daya serat keringat yang cukup baik.

7. Kain Katun Combed

jenis kain katun combed adem
kaos-kerah.com

Kain katun combed ini termasuk jenis kaos yang sudah umum di kalangan anak remaja. Jenis kain katun ini mempunyai bahan yang halus, lembut dan bisa menyerap keringat.

Ada jenis katun combed dengan ketebalan yang berbeda-beda.

  1. Combed 20s (bahannya tebal).
  2. Combed 24s (bahannya sedang, tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal).
  3. Combed 30s (bahannya tebal).

8. Kain Katun Carded

jenis kain katun carded dingin
pusatkonveksi.com

Hampir sama dengan katun combed, tapi bahan katun ini memiliki serat benang yang tidak terlalu halus layaknya katun combed. Meskipun begitu, jenis katun ini memiliki daya serap keringat yang hampir sama dengan katun combed.

9. Kain Katun Rayon

jenis kain katun rayon ha;us
kaos-kerah.com

Jenis kain katun selanjutnya yaitu kain katun rayon, yang memiliki tekstur kain yang licin, ringan dan juga kualitas daya serap keringatnya cukup baik.

Ada yang bilang, kalau jenis katun rayon ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan busana muslim.

10. Kain Katun Sateen

jenis kain katun sateen lembut
kaos-kerah.com

Lain halnya dengan kain katun sateen ini, memiliki bahan yang mirip dengan jenis katun biasa. Perbedaannya hanya proses penenunan katun sateen ini dilakukan dengan cara satin. Teknik satin sendiri merupakan teknik tenun untuk menghasilkan bahan kain yang mengkilap.

11. Kain Katun Flanel

jenis kain katun flanel distro
asset.kompas.com

Proses dari katun flanel ini dengan teknik plain weave, kemudian dilanjutkan dengan proses penyikatan (brushed) di salah satu sisinya menggunakan mesin untuk menghasilkan tekstur kain yang lembut.

Katun flanel ini memiliki motif kotak-kotak atau biasa disebut dengan flanel yarn dyed dan kainnya sedikit berbulu.

12. Kain Katun Stretch

jenis kain katun stretch baik
kaos-kerah.com

Katun stretch merupakan hasil campuran dari serat kapas dan serat spandek. Jenis kain katun stretch ini bisa melar (elastis) dan bisa juga menyerap keringat.

Katun stretch ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos, legging, pakaian dalam, celana atau pun gamis panjang.

13. Kain Katun Denim

jenis kain katun denim celana
meowwwhoney.blogspot.com

Tahukah kamu merk celana Jeans atau Levi’s? Produk itu termasuk jenis kain katun denim yang biasanya digunakan oleh produsen untuk membuat celana bahkan jaket.

Sehingga tidak heran, kalau celana Jeans atau Levi’s sering ditemui di pasaran. Kedua jenis celana ini menggunakan katun denim sebagai bahan dasar pembuatannya.

14. Katun Paris

jenis kain katun paris ringan
s3.bukalapak.com

Katun paris ini memiliki sifat kain yang lebih ringan dan tipis dari pada katun biasa. Jenis kain katun ini biasanya digunakan untuk membuat hijab, kerudung, jilbab, blouse, bahkan gamis syar’i.

15. Katun Jepang Polos Tokai Senko

jenis kain katun jepang polos tokai senko asli
mixzutex.com

Beda halnya dengan katun jepang ini, katun tokai senko ini berasal dari pabrik lokal yang telah mengantongi lisensi dari jepang. Katun tokai senko ini diproduksi dalam bentuk katun jepang polos.

Jenis kain katun ini memiliki bahan yang cukup tebal, warnanya awet, halus dan serat benangnya tidak mudah terurai meskipun dicuci berulang kali.

16. Katun Supernova

jenis kain katun supernova terbaik
olympics30.com

Tekstur dari katun ini apabila dilihat lebih dekat, maka akan terlihat jelas serat benang halus yang terurai tipis pada permukaan kainnya. Jenis kain katun ini memiliki sifat bahan yang dingin, halus, lembut juga termasuk bahan yang ringan.

Jenis katun ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar baju formal, gamis syar’i, jilbab bahkan baju koko.

17. Katun Madinah

jenis kain katun madinah gamis
mixzutex.com

Jika diamati serat kainnya, akan terlihat halus yang mirip dengan katun supernova. Tetapi, kualitas dari katun madinah ini ada di atas katun supernova karena harganya yang lebih mahal.

Katun madinah ini memiliki sifat bahan yang sangat lembut, ringan, jatuh, dingin serta tidak transparan. Katun ini cocok untuk dijadikan sebagai jilbab dan gamis syar’i.

18. Katun Linen Euro

jenis kain katun linen euro jilbab
mixzutex.com

Bahan katun linen euro ini memiliki serat yang paling longgar dan besar. Karakter kain yang kaku juga dimiliki oleh kain ini. Tapi, bahan katun ini cocok untuk digunakan bahan dasar pembuatan baju casual karena sifatnya yang lembut juga dingin saat menyentuh di kulit.

19. Katun Toyobo Original Import

jenis kain katun toyobo original import asli
mixzutex.com

Jika dibandingkan dengan bahan supernova, serat halus pada katun toyobo tidak terlalu jelas. Mengapa demikian? Karena kain katun ini memiliki sifat bahan yang tidak kaku, halus, dingin, ringan dan kainnya sedikit licin.

Katun toyobo ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan seragam kantor, baju koko, jilbab dan lainnya. Kualitasnya tergolong premium dan eksklusif.

20. Katun Toyobo Fodu Import Premium

jenis kain katun toyobo fodu import premium lembut
olympics30.com

Lain halnya dengan katun toyobo fodu ini, katun ini termasuk salah satu jenis katun yang memiliki grade di atas katun toyobo original. Serat benangnya juga rapat dan sedikit lebih tebal. Kedua jenis katun ini termasuk produk import.

21. Katun Ima Polos dan Slub Import

jenis kain katun ima slub polos
bukalapak.com

Jenis kain katun selanjutnya yaitu katun ima yang merupakan produk dari Jepang. Katun ini bisa dibilang sebanding dengan katun supernova, tapi kualitas dan ketahanan bahannya masih berada di atas katun supernova.

Jenis katun ima polos dan ima slub ini terlihat hampir sama, tapi kedua jenis katun ini berbeda dari segi teksturnya. Katun ima polos memiliki permukaan kan yang mulus dengan motif yang polos, sedangkan katun ima slub memiliki tekstur benang yang bersilang-silang pada permukaannya.

22. Katun Ima Royal Platinum

jenis kain katun ima royal platinum mengkilap
aminama.com

Beda lagi dengan katun ima royal platinum ini, yang memiliki tekstur kotak-kotak kecil yang terlihat jelas pada permukaan kainnya.ciri lain dari katun royal ima platinum ini yaitu kainnya yang ringan tidak terlalu jatuh dan juga tidak menerawang.

Kegunaan Kain Katun Selain Sebagai Baju

kegunaan pelapis sofa jenis kain katun
dekoruma.com

Setelah mengetahui jenis kain katun yang sudah dijelaskan di atas dengan kegunaannya yang macam-macam. Selanjutnya, kain katun ini juga bisa bermanfaat selain untuk baju. Kain katun juga bisa digunakan sebagai kebutuhan rumah tangga, seperti:

  • Selimut dari bahan katun
  • Pelapis sofa dari bahan katun
  • Sarung bantal dari bahan katun
  • Tas belanja dari bahan katun
  • Tirai jendela dari bahan katun
  • Sarung tangan dan celemek dari bahan katun
  • Kain lap dari bahan katun

Itulah informasi tentang jenis kain katun. Ada juga kain wolfis yang mempunyai karakteristik dan kelebihan yang berbeda. Semoga informasi ini bermanfaat dan apabila ada salah dalam penjelasan ini bisa komentar di bawah.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: