Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Perbedaan Produk dan Jasa

perbedaan produk dan jasa

Setelah membahas tentang jenis media promosi, mungkin sebagian orang sudah mengetahui tentang perbedaan produk dan jasa. Produk dan jasa ini, sering ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka.

Saat ini, keberhasilan bisnis terletak pada kombinasi kualitas produk yang terbaik dengan layanan jasa yang berorientasi pada pelanggan.

Nah, dalam artikel ini akan membahas tentang perbedaan produk dan jasa. Untuk lebih jelasnya lagi, simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Produk

pengertian produk
pelajaran.co.id

Secara umum, produk adalah hasil proses produksi yang dilakukan oleh produsen atau perusahaan kemudian dijual kepada konsumen yang akan membutuhkan nantinya.

Suatu perusahaan bisa menghasilkan pendapatan karena sudah berhasil menjual produk yang telah dibuatnya kepada konsumen. Konsumen yang nantinya akan tertarik dan membeli produk tersebut, untuk keperluannya sehari-hari maupun untuk memenuhi kepuasannya.

Banyak perusahaan yang berpendapat, bahwa konsumen saat ini lebih menyukai harga produk yang relatif murah tapi dengan kualitas yang baik.

Pengertian Produk Menurut Para Ahli

pengertian produk menurut para ahli
rumahumkm.net

Ada beberapa para ahli mengutarakan pendapat yang berbeda-beda tentang pengertian produk. Berikut pendapat para ahli mengenai pengertian produk.

Fandy Tjiptono (1999:95)

Menurut Fandy Tjiptono, produk yaitu segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminya, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.

Djaslim Saladin, SE

Djaslim Saladin, SE mengemukakan beberapa pengertian produk diantaranya, yaitu:

  • Dalam arti sempit, produk yaitu sekumpulan sifat fisik dan kimia yang berwujud yang dihimpun dalam suatu bentuk serupa dan yang telah dikenal.
  • Dalam arti luas, produk yaitu sekelompok sifat yang berwujud dan tidak berwujud yang didalamnya tercakup warna, harga, kemasan, prestise pabrik, prestise pengecer, dan pelayanan yang diberikan konsumen dan pengecer yang dapat diterima konsumen sebagai kepuasan yang ditawarkan terhadap keinginan atau kebutuhan konsumen.
  • Secara umum, produk yaitu segala sesuatu yang dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

Kotler dan Amstrong

Kotler mengemukakan bahwa produk mempunyai arti yang luas, yaitu segala sesuatu yang ditawarkan, dimiliki, dipergunakan atau dikonsumsi. Sehingga, bisa memuaskan keinginan dan kebutuhan termasuk didalamnya fisik, jasa, orang, tempat organisasi dan gagasan.

Stanton (1996:222)

Menurut Stanton, produk merupakan kumpulan dari atribut-atribut yang nyata maupun tidak nyata. Termasuk didalamnya ada kemasan, warna, harga, kualitas dan merk ditambah dengan jasa dan reputasi penjualan.

Swastha dan Irawan (1990:165)

Menurut Swastha dan Irawan, produk yaitu suatu yang bersifat kompleks, baik dapat diraba maupun tidak diraba. Termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan, pelayanan pengusaha dan pengecer, yang diterima pembeli untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan.

William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, Dalam arti sempit, Produk adalah sekumpulan atribut fisik secara nyata yang berhubungan dalam bentuk yang bisa diidentifikasikan.

Sedangkan secara umum, produk yaitu sekumpulan atribut yang nyata dan tidak nyata yang didalamnya tercakup warna, harga, kemasan, prestise pengecer dan pelayanan dari pabrik dan pengecer yang mungkin diterima oleh pembeli sebagai sesuatu yang dapat memuaskan keinginannya.

Jenis Produk

perbedaan produk dan jasa - jenis produk
markey.id

Setelah mengetahui beberapa pengertian dari para ahli, kemudian disini akan membahas tentang jenis produk itu sendiri. Jenis produk ini ada dua, yaitu produk konsumsi dan produk industri, berikut penjelasannya.

Produk Konsumsi

Produk konsumsi yaitu produk yang digunakan oleh konsumen tingkat akhir. Jadi konsumen membeli lalu digunakan langsung, sehingga tidak dijual kembali.

Secara umum produk yang sering di konsumsi masyarakat digolongkan menjadi tiga bagian, antara lain:

  • Produk kebutuhan sehari-hari
  • Produk belanja
  • Produk khusus

Produk Industri

Produk industri merupakan produk yang dibeli oleh produsen atau perusahaan, yang nantinya akan dijual kembali atau digunakan sebagai bahan baku untuk proses produksi sehingga menghasilkan barang lain.

Jadi intinya, produk industri digunakan untuk proses produksi, antara lain yaitu:

  • Bahan baku dan suku cadang
  • Barang modal
  • Perlengkapan dan layanan bisnis

Pengertian Jasa

perbedaan produk dan jasa - pengertian jasa
forum.teropong.id

Secara umum, jasa adalah pemberian suatu kinerja atau tindakan kasat mata dan satu pihak kepada pihak lain.

Sedangkan pengertian secara luas dari jasa adalah kegiatan yang bisa diidentifikasi dengan sifat tidak dapat diraba, yang direncanakan sebagai pemenuhan kepuasan dari konsumen.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari yang tidak lepas dari manusia adalah jasa laundry, yang dimana orang kebanyakan malas untuk mencuci bajunya sendiri. Akhirnya baju kotor tersebut di laundry kan ke tetangga atau tetangga desa lainnya.

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

pengertian jasa menurut para ahli
getjob.co.id

Beberapa para ahli mengutarakan pendapat yang berbeda-beda tentang pengertian jasa. Berikut pendapat para ahli mengenai pengertian jasa.

Adrian Payne

Jasa adalah kegiatan ekonomi yang memiliki sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, melibatkan sejumlah interaksi dengan pelanggan atau barang-barang, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

Christian Gronross

Jasa yaitu suatu proses yang terdiri atas serangkaian kegiatan berwujud yang biasa, tetapi tidak selalu terjadi pada interaksi antara pelanggan dan layanan karyawan.

Tidak juga terjadi pada sumber daya fisik atau barang atau penyedia sistem, yang disediakan sebagai solusi untuk masalah pelanggan.

Djaslim Saladin (2004:134)

Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain dan pada dasarnya tidak berwujud, serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Proses produksinya mungkin tidak dikaitkan dengan suatu produk fisik.

Kotler & Keller (2012:214)

Jasa adalah setiap aktivitas, manfaat atau performance yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain, yang bersifat intangible dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun, yang dimana dalam produksinya dapat terikat maupun tidak dengan produk fisik.

Lovelock (2007:5)

Jasa yaitu layanan yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak yang lain. Proses ini tidak terkait dengan produk fisik, jasa tidak berwujud, dan biasanya tidak menyebabkan kepemilikan dari salah satu faktor produksi.

Norman (1984)

Menurut Norman, jasa terdiri dari tindakan dan interaksi yang merupakan kontak sosial. Jasa lebih dan sekadar hasil sesuatu yang terhalang, dan jasa merupakan interaksi sosial antara produsen dan konsumen.

Zeithaml dan Bitner

Jasa yaitu seluruh aktivitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat bersamaan, memberikan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud (intangible) bagi pembeli pertamanya.

Jenis Jasa

perbedaan produk dan jasa - jenis jasa
markey.id

Secara garis besar, jenis jasa dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

  1. Jasa perumahan, seperti penyewaan tempat tinggal. Contoh hotel, apartemen, rumah kos dan lainnya.
  2. Jasa usaha rumah tangga, seperti reparasi alat rumah tangga, air minum, jasa perawatan rumah atau perkebunan.
  3. Jasa perawatan pribadi, seperti perawatan kecantikan, pijit, salon dan lainnya.
  4. Jasa komunikasi, seperti warnet, wartel pengiriman fax dan lainnya.
  5. Jasa transportasi, seperti travel, angkutan umum, bus umum dan lainnya.
  6. Jasa hiburan atau rekreasi, semua hal berhubungan dengan hiburan atau penyewaan tempat untuk melakukan kegiatan.
  7. Jasa bisnis, seperti jasa akuntan, konsultan dan lainnya.
  8. Jasa keuangan, seperti leasing, pajak, pinjaman dan lainnya.
  9. Jasa pendidikan, seperti guru privat, guru les, guru ngaji dan lainnya.
  10. Jasa kesehatan, seperti bidan, perawatan di rumah sakit dan lainnya.

Perbedaan Produk dan Jasa

perbedaan produk dan jasa
jasperutama.com

Dari penjelasan di atas, mulai dari pengertian sampai jenisnya. Sekarang kita akan bahas tentang inti dari artikel ini, yaitu perbedaan produk dan jasa.

Bahwa sudah disimpulkan, antara produk dan jasa ini memiliki perbedaan yang terletak pada wujud, likuidasi, proses identifikasi mutu dan kepemilikan. Berikut penjelasannya satu persatu.

Perbedaan Wujud

Perbedaan pertama dari produk dan jasa adalah terletak pada wujudnya. Produk memiliki wujud tertentu yang bisa dilihat dan diraba, sementara jasa tidak memiliki wujud tetapi fungsinya tetap bisa dirasakan.

Perbedaan Likuidasi

Perbedaan dari produk dan jasa selanjutnya yaitu dalam hal likuidasi, Likuidasi merupakan perubahan nilai produk ke dalam nilai uang. Produk bisa didistribusikan, disimpan, maupun dijual kembali kepada konsumen.

Mengapa demikian? Karena proses produksi dan konsumsinya terpisah oleh rantai distribusi yang panjang.

Sedangkan untuk jasa tidak bisa didistribusikan, disimpan, maupun dijual kembali, mengapa? Karena proses produksi dan konsumsi ada pada ruang dan waktu yang sama.

Perbedaan dalam Mengukur Mutu

Mutu produk merupakan faktor penting dalam proses konsumsi. Pada umumnya, konsumen ingin memperoleh produk (baik barang maupun jasa) dengan mutu terbaik. Nah, dalam hal pengukuran mutu, produk dan jasa juga mempunyai perbedaan.

Mutu produk lazimnya bisa diketahui saat proses produksi, distribusi, maupun saat proses konsumsi. Oleh karena itu, lakukan pengujian mutu terlebih dahulu dan pengkelasan terhadap mutu produk tersebut.

Sedangkan mutu layanan dari sebuah jasa, hanya akan diketahui jika seseorang telah menggunakan jasa tersebut dan memberikan penilaian terhadap kepuasannya sendiri.

Perbedaan Kepemilikan

Perbedaan terakhir dari barang dan jasa yaitu terletak pada proses transaksi kepemilikannya. Dalam proses transaksi produk akan terjadi perpindahan kepemilikan dari si penjual ke si pembeli.

Sedangkan dalam proses transaksi jasa, kepemilikan tidak dipindahkan karena jasa tidak memiliki wujud dan hanya bisa dirasakan.

Penutup

Demikian artikel tentang perbedaan produk dan jasa yang bisa dipelajari bersama-sama disini. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang produk dan jasa ini.

Mungkin ada kurang atau salah kata dalam artikel ini, bisa langsung komentar di bawah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar mereka yang di luar sana juga paham tentang perbedaan produk dan jasa.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Aplikasi Desain PC

Mandhom
2 min read

Font Untuk Nickname

Mandhom
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: