Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jenis Media Promosi

5 min read

jenis media promosi

Jenis Media Promosi – Bagi pembisnis yang sedang atau akan membuka usaha, pastinya harus mempunyai branding yang bertujuan untuk membangun sebuah merek agar dikenal oleh publik.

Branding ini tidak lepas dengan yang adanya promosi atau periklanan, yang dimana bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada calon konsumen.

Nah, untuk jenis media promosi ini sangatlah beragam, adapun jenisnya akan dijelaskan di bawah ini.

Jenis Media Promosi

Media promosi termasuk sarana yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan mengenai suatu produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Hampir semua jenis media promosi ini memberi dampak positif.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah jenis media promosi yang bisa digunakan untuk memasarkan produk atau jasa, juga mendukung untuk branding perusahaan atau untuk pengusaha.

Jenis Media Cetak

Media cetak ini termasuk media statis dan mengutamakan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan. Kertas atau pun sejenisnya menjadi bahan baku dasar maupun sarana penyampaian pesan.

Ini bisa berbentuk sebagai dokumen atas segala hal tentang rekaman peristiwa yang telah diubah dalam kata-kata, gambar maupun foto yang sudah disusun sehingga bisa menarik perhatian publik.

Adapun beberapa bentuk dari media cetak ini adalah sebagai berikut.

1. Media Massa Cetak

media massa cetak
kompasiana.com

Media massa cetak ini merupakan cara yang paling efektif untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas maupun untuk membangun brand perusahaan.

Mengapa demikian? Karena media massa cetak pada umumnya ini dicetak dalam jumlah banyak dan disebarkan kepada banyak orang, sehingga iklan akan bisa dilihat dan dibaca banyak orang dan promosi akan bisa tersampaikan.

Contoh dari media massa cetak ini adalah koran, majalah, tabloid dan jenis lainnya.

2. Media Company Profile

company profile
waohost.com

Setiap perusahaan pasti memiliki company profile, yang nantinya akan menjelaskan tentang profil perusahaan secara umum dan lengkap.

Pada company profile ini berisi tentang sejarah perusahaan, sambutan direktur, produk unggulan perusahaan dan prestasi yang pernah diraih oleh perusahaan tersebut.

Company profile ini didesain secara eksklusif dan dicetak dalam jumlah tertentu, yang nantinya akan dibagikan kepada pihak tertentu.

3. Media Kartu Nama

jenis media promosi - kartu nama
blog.printera.com

Kartu nama ini juga masih dibutuhkan dalam aktivitas branding perusahaan, meskipun teknologi saat ini sudah canggih dan bisa menampilkan informasi yang cepat.

Pada umumnya, kartu nama ini merupakan duta bisnis yang mencerminkan dan mewakili image perusahaan.

Adapun kertas dari kartu nama ini akan digunakan untuk semua personal perusahaan untuk memperkenalkan data dirinya, yang nantinya akan ada nomor kontak yang bisa dihubungi.

4. Media Flayer

flayer
freepik.com

Flayer merupakan media informasi berupa lembaran yang berbentuk satu lembar kertas tanpa ada lipatan dan bisa dikatakan jumlah cetaknya juga banyak agar bisa menjangkau banyak orang.

Flayer ini praktis dan sangat cocok digunakan untuk menampilkan informasi yang singkat dan padat.

5. Media Brosur

jenis media promosi - brosur
soocadesign.com

Sedangkan brosur ini hampir sama dengan flayer, tapi brosur ini memiliki lembaran informasi yang bisa digunakan dalam satu sisi maupun dua sisi. Sehingga, brosur ini bisa dilipat menjadi dua atau tiga lembar sesuai dengan kebutuhan.

Brosur ini biasanya dicetak dalam jumlah yang cukup banyak dengan kualitas desain dan kertas yang bagus. Brosur ini biasanya disebarkan pada saat ada event pameran atau event tertentu.

6. Media Poster

poster
drutterdesign.com

Selanjutnya yaitu media promosi dari poster, poster ini merupakan sarana komunikasi pemasaran yang sering digunakan dalam pengiklanan.

Ada berbagai ukuran poster yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan periklanan dan pesan penjualan yang tertarget.

7. Media Kalender

kalender
gurucorel.blogspot.com

Bahkan, kalender juga bisa dijadikan untuk media promosi cetak yang efektif dalam memperkenalkan produk dan membangun brand perusahaan.

Fungsi dari kalender ini ada berbagai macam, yaitu sebagai alat penunjuk hari, tanggal, bulan dan tahun. Selain itu, bisa juga untuk menampilkan pesan-pesan promosi kepada publik dalam jangka waktu yang panjang.

Bentuk dari kalender ini bermacam juga, mulai dari satu lembar seperti poster, bentuk yang banyak lembaran sesuai dengan jumlah bulan sampai jenis kalender duduk.

8. Media Katalog

jenis media promosi - katalog
sribu.com

Katalog ini bisa digunakan sebagai alat alternatif pilihan media promosi cetak yang mampu menampilkan banyak informasi. Baik itu tampilan informasi produk secara detail maupun terperinci.

Hal seperti itu yang nantinya akan memudahkan pembaca untuk mengetahui tentang produk yang akan ditawarkan.

Dengan katalog juga, pembaca akan merasa lebih yakin dengan produk yang akan dibelinya.

9. T-Shirt

jenis media promosi - t shirt
theartofcritism.blogspot.com

T-shirt atau lebih dikenal dengan sebutan kaos, merupakan media promosi cetak yang populer dan banyak disukai orang. Kegunaan dari kaos ini untuk merchandise atau oleh-oleh perusahaan dari event tertentu.

Tanpa disadari, bahwa ada logo yang menempel di kaos dan secara tidak langsung, kamu telah mempromosikan brand pada banyak orang secara massal.

Jenis Media Elektronik

Selanjutnya yaitu media elektronik, merupakan media iklan yang proses bekerjanya berdasar pada prinsip elektronik dan elektromagnetis.

Untuk jangkauan dari media elektronik ini mempunyai kelebihan yaitu mampu menjangkau audience yang lebih luas dalam waktu yang bersamaan.

Dari kelebihan itu, ada kekurangan dari media elektronik ini, yaitu harga promosi bisa lebih mahal dari pada media cetak.

Nah, berikut di bawah ini ada beberapa contoh media promosi dari elektronik.

1. Internet

internet
faktualnews.co

Saat ini sudah tidak asing dengan yang namanya internet, semua kalangan mulai dari anak yang masih sekolah sampai orang yang bekerja sudah tidak bisa lepas dari internet.

Internet ini bisa berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyedia informasi dan fasilitas untuk promosi. Internet juga bisa menghubungkan dengan berbagai pihak dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

Selain itu, internet juga bisa digunakan untuk mengetahui kondisi lingkungan termasuk pesaing atau perkembangan usaha dari temannya.

2. Televisi

televisi
catatandodi.wordpress.com

Media promosi lainnya yaitu televisi yang sering kita lihat setiap harinya. Iklan yang ditayangkan dari televisi ini berisi gambar dan suara dalam bentuk audio-video.

Biasanya iklan yang terdapat pada televisi ini memiliki durasi 15-30 detik saja.

3. Radio

jenis media promosi - radio
guesehat.com

Sedangkan untuk media promosi lain selanjutnya yaitu ada radio, yang disiarkan melalui radio dengan durasi yang hampir sama dengan televisi.

Tapi, radio ini tidak seperti televisi yang bisa mengeluarkan gambar dan audio. Radio ini hanya bisa mengeluarkan audio atau suara saja.

Jenis Media Outdoor (Luar Ruangan)

Terakhir dari jenis media promosi yaitu media promosi outdoor atau luar ruangan, merupakan media promosi yang ditempatkan di luar ruangan seperti di jalan, pasar, terminal atau tempat publik lainnya.

Adapun jenis dari media promosi outdoor ini sebagai berikut.

1. Banner dan Spanduk

spanduk dan banner
sribu.com

Mengapa disini ada kata sambung “dan”, tidak menggunakan kata sambung “atau”? Ini karena banner dan spanduk memiliki perbedaan.

Perbedaan banner dan spanduk ini hanya terletak pada ukuran dan penempatan media. Kamu bisa membaca perbedaan dari spanduk dan banner disini.

Jika banner ini memiliki ukuran yang bisa berbentuk horizontal dan vertikal, namun untuk spanduk hanya bisa berbentuk hirizontal dan bisa di custom ukurannya.

Untuk penempatan media banner ini biasanya di tempatkan di depan perusahaan, toko atau mall dan jenis lainnya. Sedangkan untuk spanduk ini penempatannya bisa dibentangkan di pagar, di ikat di tiang-tiang dan lainnya.

2. Billboard

jenis media promosi - billboard
musebycl.io

Billboard ini termasuk salah satu bentuk promosi iklan luar ruang yang berbentuk seperti poster, tapi memiliki ukuran cukup besar.

Billboard ini menjadi pilihan yang bagus dan juga bisa sebagai media promosi dalam sebuah perusahaan, yang kemungkinan produk yang dijual akan semakin mudah dilihat oleh banyak orang. Penempatan dari billiboard ini biasanya ada di jalanan.

3. Baliho

baliho
blog.3dmediaadv.com

Sedangkan baliho merupakan media promosi yang digunakan untuk memberitakan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat. Selain itu, baliho juga digunakan untuk mengiklankan suatu produk baru.

Sebenarnya, baliho dan billiboard ini hampir sama, yang membedakan hanya ukuran dan cara pemasangannya.

Ukuran baliho ini sedikit kecil dari pada billiboard dan cara pemasangannya baliho ini mudah dari pada cara pemasangan billiboard.

4. Neon Box

jenis media promosi - neon box
advertisingpromosi.com

Jenis media promosi yang berupa outdoor selanjutnya adalah neon box, merupakan media promosi yang berbentuk box yang di dalamnya diterangi lampu neon.

5. Shop Sign Branding

shop sign branding
centurionsigns.co.uk

Sedangkan untuk shop sign branding ini hampir sama dengan neon box, merupakan media promosi yang berfungsi sebagai ciri atau identitas sebuah perusahaan, yang dimana memberikan petunjuk kepada para konsumen.

6. Iklan Tembok

iklan tembok
bitebrands.co

Media iklan tembok ini merupakan media promosi yang menggunakan tembok sebagai media promosinya. promosi ini biasanya dilukis di dinding jembatan, pagar, rumah, gedung, atau pun lainnya yang berada di keramaian.

Penutup

Demikian penjelasan tentang jenis media promosi, yang bisa menambah wawasan bagi calon pengusaha maupun pengusaha yang sedang menjalankan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mungkin ada kurang atau salah dari artikel ini, bisa langsung komentar di bawah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar bisa membantu teman yang kesulitan dalam hal promosi.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Fungsi Logo

Mandhom
4 min read

Jenis Logo Desain

Mandhom
5 min read

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: