Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Mengenal Bahan Kain Monalisa yang Memiliki Banyak Motif

7 min read

bahan kain monalisa

Bagi kaum muslimah yang ingin memiliki busana dengan bahan kain yang tidak transparan serta tidak membentuk lekuk tubuh, ada baiknya mengenal kain monalisa ini.

Mengapa harus mengenal kain tersebut? Karena salah satu kelebihan dari bahan monalisa adalah memiliki kerapatan serat yang tinggi.

Nah, dengan keunggulan tersebut, kain monalisa sangatlah cocok jika digunakan untuk bahan dasar pakaian yang menutup aurat atau bersifat syar’i.

Selain itu, pada kain monalisa ini memiliki sifat kain yang adem serta ketahanan warna yang baik.

Lalu seperti apa kain monalisa ini? Apa yang menjadi keunggulan, sampai banyak kaum hawa yang mencari kain ini?

Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini.

Mengenal Bahan Kain Monalisa

mengenal bahan kain monalisa
pusathijabterbaru.com

Apa itu bahan kain monalisa? Bahan monalisa merupakan salah satu jenis kain yang populer dengan kerapatan serat kain yang cukup tinggi. Dengan begitu, kain ini memiliki sifat yang tidak menerawang.

Selain itu, kualitas dari kain ini sangatlah baik, mengapa demikian? Karena serat dari kain ini terbuat dari katun microfiber.

Dimana katun tersebut dilengkapi dengan teknologi High Definition Printing, sehingga bisa menghasilkan kualitas gambar yang tajam dan tentunya bagus.

Bisa dikatakan, bahwa jenis kain ini termasuk dalam golongan yang cukup tebal. Tapi kamu jangan khawatir, karena kain ini akan terasa ringan dan sangat nyaman saat dikenakan.

Hasil dari kain ini bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan seperti gamis, mukena hijab dan jenis lainnya.

Selain itu, kain ini sering juga digunakan dalam pembuatan baju, rok, celana dan masih banyak lagi.

Motif Bahan Monalisa

Banyak sekali ragam motif yang terkenal dari bahan kain monalisa ini, yang dimana motif tersebut memiliki keunikan dan menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, agar kamu lebih paham betul tentang motif yang ditawarkan kain ini, ada baiknya mengetahui jenis motif yang ada pada kain ini yang sering beredar di pasaran.

Berikut adalah motifnya:

1. Motif Sakura

motif sakura
shopee.co.id

Motif pertama yang dikeluarkan kain monalisa adalah motif bunga sakura. Motif ini akan memberikan kesan yang anggun serta cantik bagi kaum hawa yang memakainya.

2. Motif Bunga Cantik

motif bunga cantik
aminama.com

Selanjutnya ada motif yang sering ada di pasaran dan sering diburu orang untuk mebelinya, yaitu motif bunga cantik.

Motif ini sangat cocok jika digunakan dalam bahan dasar pembuatan kerudung atau gamis. Perpaduan warna yang kalem dan cerah, akan memberikan tampilan yang menarik dan cantik.

Atau kalian mempunyai ide kombinasi warna lain, bisa isi kolom komentar di bawah.

3. Motif Tentara atau Army

motif tentara atau army
tokopedia.com

Bagi wanita yang menyukai kesan pakaian tegas dan santai, maka motif monolisa yang satu ini cocok untuk digunakan, yaitu tentara atau army.

Motif ini bisa dikombinasikan dengan beberapa warna yang kalem, dan akan memberikan tampilan yang lebih segar.

4. Motif Bulu Abstrak

motif bulu abstrak
aminama.com

Ingin memiliki pakaian yang formal atau santai, maka motif kain ini sangat cocok untuk pakaian tersebut, yaitu bulu abstrak.

Motif ini memiliki kombinasi corak yang bangun datar dan menghasilkan tampilan yang lebih modern.

5. Motif Flamingo

motif flamingo
shopee.co.id

Selanjutnya ada motif yang menjadikan tampilan lebih kece, yaitu flamingo. Pada motif ini akan memberikan kesan pada pakaian yang cantik, imut dan lucu.

Adapun motif ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar seperti hijab segi empat, pasmina, tunik, dress sampai gamis.

6. Motif Daffodil

motif daffodil
bukalapak.com

Ingin memiliki kemeja dengan motif yang terlihat simple? Maka kamu layak untuk memakai bahan kain monalisa pada motif daffodil ini. Selain kemeja, motif ini juga cocok digunakan pada tunik ataupun blouse.

7. Motif Polkadot

motif polkadot
tokopedia.com

Motif polkadot merupakan motif yang sudah banyak diminati orang. Memberikan kesan pakaian yang casual dan santai jika kamu memakainya.

Jika ingin mengkombinasikan kain ini dengan setelan kain lain, harus lebih berhati-hati. Jika tidak, maka kesan tampilan pakaian akan terlihat lawas atau kuno.

8. Motif Bulan dan Bintang

motif bulan dan bintang
shopee.co.id

Kamu termasuk orang yang menyukai benda yang ada di langit? Jika iya, maka kamu bisa memakai pakaian yang bermotif bulan dan bintang, seperti kain monalisa ini.

9. Motif Gracia

motif gracia
bukalapak.com

Motif terakhir dari kain monalisa ini yaitu gracia, motif yang sering digunakan dalam bahan dasar baju, seperti kemeja wanita.

Adapun kesan yang ditampilkan pada motif ini adalah cantik dan saat dikenakan terlihat lebih dewasa.

Karakteristik Bahan Kain Monalisa

karakteristik bahan kain monalisa
lazada.co.id

Setelah mengetahui motif kain monailsa, ada baiknya sebelum kamu membeli kain monalisa juga mengetahui karakteristiknya. Mengapa demikian? Karena mencegah untuk terjadinya penyesalan saat memiliki kain monalisa.

Berikut adalah karakteristik pada kain monalisa:

  1. Tidak transparan, karena serat kain yang rapat.
  2. Bahan kain yang cukup tebal.
  3. Jika diraba, mak tekstur kain akan terasa halus.
  4. Tidak membutuhkan furing untuk lapisan pakaian.
  5. Karakter kain yang cukup ringan dan jatuh.
  6. Warna pada motif cukup awet dan tidak mudah pudar.
  7. Daya serap keringat yang medium.
  8. Rentan terhadap panas yang berlebihan.
  9. Nyaman saat dipakai.

Kelebihan dan Kelemahan Kain Monalisa

kelebihan dan kelemahan kain monalisa
insidenesia.com

Setiap jenis kain pasti memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda, begitu juga kain monalisa. Lalu apa saja kelebihan dan kelemahan yang ada pada kain monalisa ini?

Berikut adalah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki kain monalisa.

Kelebihan Bahan Kain Monalisa

Kain monalisa merupakan kain yang banyak diminati oleh kaum hawa. Hal tersebut dikarenakan bahan kain monalisa memiliki keunggulan yang atau kelebihan yang tidak dimiliki jenis kain lainnya.

Adapun keunggulan dari kain ini sebagai berikut:

1. Tekstur Kain yang Halus, Lembut dan Tidak Mudah Kusut

Bahan kain yang halus dan terasa lembut jika dipegang, merupakan keunggulan pertama yang dimiliki kain monalisa. Bagi kaum hawa yang menyukai kelembutan, sangat cocok jika menggunakan kain ini.

Selain halus dan lembut, kain ini juga memiliki kelebihan yang tidak mudah kusut, dan tidak perlu repot-repot untuk merapikan saat akan memakainya.

2. Bahan Kain yang Adem dan Jatuh

Kelebihan selanjutnya yang ada pada kain ini adalah memberikan kesan bahan kain yang dingin dan tidak membuat gerah. Dengan kelebihan ini, maka kain ini cocok jika digunakan untuk pakaian di dalam atau luar ruangan.

Selain itu, kain ini tidak membentuk lekukan tubuh, karena kain ini bersifat jatuh.

3. Tidak Transparan

Seperti yang sudah diketahui, bahwa bahan monalisa memiliki serat kain yang rapat dan cukup tebal. Ini yang membuat kain monalisa menjadi tidak menerawang atau tidak transparan.

Jadi, jika kamu ingin membuat busana atau pakaian yang terbuat dari kain ini, maka tidak perlu menambahkan furing sebagai pelapisnya.

4. Banyak Motifnya

Hal yang membuat kain monalisa terkenal di pasaran, yaitu memiliki banyak motif yang ditawarkan.

Dengan berkembangnya teknologi, motif kain ini menggunakan High Definition Printing, dan ini yang menghasilkan warna kain terlihat lebih tajam dan awet.

Teknologi tersebut juga membuat kain monalisa memiliki banyak motif yang tidak terbatas.

5. Warna Tidak Mudah Luntur dan Awet

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki kain monalisa adalah warna bahan kain yang tidak mudah luntur dan juga awet.

Meskipun pakaian yang terbuat dari bahan monalisa dicuci beberapa kali, maka warna tidak akan mudah pudar. Tapi, kualitas yang ditawarkan adalah premium.

Nah, untuk keawetan dalam kain ini, semua tergantung pemakai yang memiliki cara tersendiri untuk merawatmya.

6. Tidak Elastis (Mudah Melar)

Meskipun kain monalisa dicuci beberapa kali, maka kain tidak akan melar. Ini yang menjadi keunggulan sendiri bagi calon pembeli, karena pakaian bisa dipakai lebih lama.

7. Sangat Cocok Jika Dikombinasikan dengan Pakaian Lain

Banyak variasi motif yang ditawarkan kain ini, maka akan mempermudah kamu untuk mengkombinasikan dengan jenis pakaian yang lain.

Sehingga hasil dari perpaduan tersebut, maka akan menampilakan kesan yang cantik dan anggun saat dipakai. Ini tidak hanya untuk kaum wanita saja, tapi juga kaum pria.

Kelemahan Bahan Kain Monalisa

Banyak sekali keunggulan atau kelebihan yang dikeluarkan oleh bahan kain monalisa. Namun, setiap kain pasti memiliki kelemahan tersendiri, begitupun kain monalisa.

Kain monalisa ini memiliki kelemahan kain yang tidak tahan terhadap panas. Oleh karena itu, lakukan pencucian pakaian pada bahan monalisa dengan air dingin, dan sebisa mungkin tidak menggunakan mesin cuci.

Penerapan Kain Monalisa

Seiring berkembangnya teknologi, kain monalisa banyak digunakan atau diaplikasikan sebagai bahan dasar pembuatan busana. Adapun hasil dari penggunaan bahan kain monalisa ini sebagai berikut:

1. Jilbab Monalisa

jilbab monalisa
shopee.co.id

Bagi yang menyukai jilbab atau khimar yang memiliki sifat kain adem, maka kain monalisa bisa dijadikan jilbab dengan berbagai macam motif. Inilah yang membuat para wanita banyak yang menyukainya.

Selain itu, kain ini juga memiliki motif polos, jika kamu tidak menyukai motif yang rame.

Dari berbagai penelusuran menyebutkan bahwa, motif bunga banyak diminati kaum hawa untuk dijadikan jilbab. Selain itu, di pasaran juga sudah tersedia jilbab yang bentuknya segi empat.

2. Scarf Monalisa

scarf monalisa
lyst.com

Selain jilbab, kain monalisa juga bisa diterapkan sebagai scarf. Scarf biasanya sering digunakan saat ada acara pernikahan, kerja, atau saat hangout bersama teman.

Banyak motif yang tersedia yang digunakan dalam bentuk scarf ini. Selain motif, bentuk scarf ini juga memiliki banyak macam warnanya.

3. Baju Atasan Monalisa

baju atasan monalisa
bukalapak.com

Kain monalisa yang bisa digunakan seperti contoh di atas, ternyata bisa juga diterapkan dalam baju atasan atau kemeja wanita.

Dengan motif yang bermacam-macam, seperti bunga, garis-garis, polkadot dan lainnya, akan memberikan kesan yang cantik dan juga terlihat dewasa.

4. Gamis Monalisa

gamis monalisa
katalogbajugamismu.com

Penggunaan kain monalisa juga bisa diterapkan sebagai bahan dasar pembuatan gamis. Jadi, sangat cocok untuk kamu untuk memiliki busana yang sudah memenuhi syariat.

Mengapa demikian? Karena kain ini memiliki sifat yang tidak transparan, sehingga tidak perlu repot-repot untuk menambahkan furing.

Walaupun gamis yang terbuat dari bahan kain monalisa tebal, tapi bahan kain ini jika dikenakan akan terasa ringan.

5. Mukena Monalisa

mukena monalisa
elevenia.co.id

Memiliki sifat kain yang lembut, halus, adem dan kenyamanan saat dipakai, membuat kain monalisa juga bisa digunakan untuk pembuatan mukena.

Selain itu, ibadah akan menjadi khusyuk jika pemakainya menggunakan bahan kain monalisa, insya allah.

6. Blouse Monalisa

blouse monalisa
insidenesia.com

Kamu pecinta blouse atau tunik? Jika iya, maka patut dicoba blouse dari kain monalisa ini. blouse dari kain monalisa ini memiliki motif yang beragam. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sendiri motif apa yang sesuai dengan keinginan.

7. Baju Muslim Monalisa

baju muslim monalisa
zarifahouse.com

Terakhir yaitu penggunaan kain monalisa untuk baju koko atau baju muslim seorang pria. Jadi, kain monalisa tidak hanya untuk kaum hawa saja, tapi juga bisa digunakan untuk kaum adam.

Ciri kain monalisa yang dingin dan nyaman saat dikenakan, membuat para pria banyak juga yang mencari kain ini.

Kaum pria biasanya menyukai motif yang polos dan sedikit gelap, karena akan menampilkan kesan yang simpel dan keren.

Perbedaan Kain Monalisa dan Wolfis

perbedaan kain monalisa dan wolfis
aminama.com

Jika diperhatikan antara kain monalisa dan kain wolfis, memang terlihat sama. Baik itu sama dari hal tekstur permukaan kain yang lembut dan halus sampai serat kain yang rapat.

Tapi, kedua jenis kain ini memiliki perbedaan yang belum banyak orang ketahui. Apa saja perbedaan tersebut? jawabannya ada di bawah ini.

Kain Monalisa

  • Karakteristik dari kain monalisa adalah memiliki serat yang rapat dan bahan yang tebal, namun ringan.
  • Memiliki daya serap keringat yang medium atau tidak terlalu baik.
  • Motif yang ada pada kain monalisa sangat beragam, mulai dari yang cantik sampai menarik. Contohnya seperti motif bunga, flaminggo, polkadot abstrak dan masih banyak lagi.

Kain Wolfis

  • Bahan kain wolfis ada yang tipis dan tebal, tapi tidak membuat kain ini menjadi ringan dan tidak licin juga. Adapun serat yang ada di kain wolfis juga rapat sama seperti kain monalisa.
  • Bahan dari kain wolfis tidak bisa menyerap keringat.
  • Motif yang ada pada kain wolfis terbatas, dan sebagian besar hanya berwarna polos. Namun, ada banyak macam warna yang ditawarkan pada kain ini.

Dengan adanya penjelasan mengenai perbedaan di atas, semoga kamu tidak salah memilih antara kain monalisa dan wolfis yang ingin dibeli.

Harga Kain Monalisa

harga kain monalisa
notepam.com

Dari berbagai sumber yang sudah dikumpulkan salah satunya marketplace, jenis kain ini biasanya dijual dalam ukuran meteran atau per roll, bahkan sampai kiloan.

Adapun harga yang ditawarkan kain ini beragam macamnya, dan semua tergantung motif, yaitu sekitar 20,520 ribu sampai 36 ribu per meternya.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli motif yang bagus, maka sebaiknya mengunjungi toko kain terdekat. Untuk apa? Agar bisa langsung mengetahui kualitas dan tidak akan kecewa saat sudah membelinya.

Perlu diingat, bahwa harga di atas bukan menjadi patokan harga kain. Kadang kamu menemukan kain dengan harga yang jauh berbeda, tapi motif dan kualitasnya sama.

Demikian informasi tentang bahan kain monalisa, mulai karakteristik sampai harga jual kain tersebut.

Jika ingin mengetahui kain drill yang sering digunakan dalam seragam, baik itu seragam militer ataupun seragam komunitas, bisa membacanya disini.

Jangan lupa untuk menyukai dan membagikan artikel ini, agar mengetahui artikel terbaru dari blog ini. Tinggalkan jika ada kurang atau salah dalam artikel ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: