Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Bahan Kain Drill yang Sering Digunakan untuk Seragam

6 min read

bahan kain drill

Setiap pabrik yang memproduksi kain, pasti memiliki sifat atau karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki jenis kain lainnya, salah satunya yaitu bahan kain drill.

Jika kamu belum mengetahui jenis kain ini, maka kamu bisa menemukan kain ini pada pakaian seragam atau olahraga.

Kain ini memiliki jenis yang berbeda-beda pada tingkat ketebalannya. Selain itu, penggunaan dari bahan kain ini sangat beragam macamnya, seperti seragam, kemeja sampai seragam militer.

Lalu seperti apa kain drill yang sebenarnya ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Bahan Kain Drill

mengenal bahan kain drill
ahyanahijab.com

Apa itu kain drill? Kain drill merupakan kain yang terbuat dari campuran bahan dasar seperti katun ataupun polyester.

Adapun tekstur yang dimiliki kain ini adalah bentuk diagonal atau miring dengan jalinan benang yang tergolong sangat kuat.

Jika kain ini dilihat dengan seksama, maka kamu akan menemukan banyaknya warna yang cenderung berwarna khaki. Apa itu khaki? Merupakan bahasa Hindi yang berarti khak atau warna debu, dan ini cenderung berwarna coklat.

Dengan warna tersebut, maka kain ini kebanyakan digunakan sebagai pakaian seragam tentara, karena hampir sama dengan warna lingkungan.

Mengapa demikian? Karena bertujuan untuk kamuflase, dan merasa sangat cocok dalam mode penyamaran tentara saat perang dunia. Selain itu, kain ini sangat terkenal untuk dijadikan bahan dasar pembuatan pakaian militer.

Bahkan setelah peperangan sudah selesai, beberapa tentara masih menggunakan pakaian ini untuk aktivitas kesehariannya.

Dengan berjalannya waktu, jenis bahan kain drill ini sering digunakan sebagai bahan dasar pakaian casual oleh para desainer.

Karakteristik Kain Drill

karakteristik kain drill
bukalapak.com

Untuk mengenal lebih dalam mengenai kain drill, di bawah ini ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri yang ada pada kain ini.

Berikut adalah karakteristik dari bahan kain drill:

  1. Memiliki ketebalan serat kain berbeda (besar, medium dan kecil)
  2. Tekstur berbentuk diagonal atau garis miring
  3. Tekstur permukaan kain cukup lembut
  4. Bahan kain yang kuat dan kokoh
  5. Permukaan kain bagian depan dan belakang berbeda
  6. Cenderung berwarna debu atau khaki
  7. Kain tidak mudah kusut

Perlu diketahui, meskipun bahan kain ini tebal tapi tidak memberikan efek panas saat pakaian dari bahan kain drill ini dikenakan.

Bahkan, kain ini akan menghantarkan kenyamanan pada pengguna serta adem. Tapi, itu semua kembali pada kualitas kain yang dibeli.

Jenis Bahan Kain Drill

Seperti halnya kain satin, kain drill juga mempunyai beberapa jenis yang mudah ditemukan di pasaran. Pastinya, setiap jenis kain memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan kemampuan bahan yang berbeda juga.

Di bawah ini adalah jenis kain drill:

1. Japan Drill

japan drill
shopee.co.id

Jenis kain drill yang pertama yaitu japan drill, memiliki konsentrasi katun yang tinggi. Selain itu, sifat dari kain ini lebih tebal dan kuat, sehingga membuat jenis kain ini memiliki harga cukup mahal.

Keistimewaan lain dari jenis kain ini adalah, mampu menyerap keringat maupun air, dan bahan kain yang adem.

Jenis kain japan drill ini sering kali digunakan untuk bahan dasar pembuatan seragam lapangan.

Ada beberapa merek dari jenis kain ini yang terkenal, yaitu Taipan Japan Drill, Nagata Japan Drill, Verlando Japan Drill, Bravada Japan Drill, Avana Japan Drill, Namura Japan Drill, Obor Japan Drill Dan Passukan Japan Drill.

2. American Drill

american drill
shopee.co.id

Jika kain japan drill tadi memiliki ketebalan yang lebih dan kuat, maka untuk jenis kain american drill ini memiliki ketebalan di bawah kain japan drill (medium).

Tahukah kamu? Bahwa kain ini terbuat dari katun dan polyester, dan memiliki sifat bahan yang lembut.

Kain ini sangat cocok jika digunakan dalam pembuatan jas almamater, atau seragam yang masih ada hubungannya dengan bisnis otomotif.

3. Twist Drill

twist drill
bikin-baju.com

Dibanding jenis kain japan dan american drill, kain twist drill memiliki serat kain yang lebih rendah atau cukup kecil.

Sifat kain ini susah untuk ditembus air, karena memiliki sifat yang bisa tahan air atau water repellent.

Penggunaan kain ini biasanya sebagai bahan dasar pembuatan jaket almamater dengan tambahan zipper atau resleting, dan cocok untuk pakaian dalam kegiatan outdoor.

4. Castillo Drill

castillo drill
sintesakonveksi.com

Selanjutnya ada kain yang sering digunakan sebagai bahan dasar seragam dengan harga yang ekonomis, yaitu kain castillo drill.

Kain ini memiliki karakteristik yang lembut dan tidak mudah kusut. Tekstur kan yang cukup rapat dan kuat, sehingga kain ini lebih awet atau tahan lama.

5. Hisofy Drill

hisofy drill
aminama.com

Jenis kain drill yang terakhir yaitu hisofy drill, memiliki tekstur kain yang hampir sama dengan kain japan drill, tapi karakternya lebih lembut dan lemas.

Kain ini sangat cocok jika digunakan di daerah yang beriklim tropis sampai beriklim panas, karena kain ini bisa membuat para pengguna lebih nyaman dan sejuk.

Namun, yang menjadi kekurangan dari kain ini adalah memiliki pilihan warna yang terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Kain drill

Nah, sebelum kamu membeli bahan kain drill, alangkah baiknya mengetahui kelebihan dan juga kekurangannya terlebih dahulu.

Untuk memilih jenis kain yang nantinya dibuat bahan dasar pakaian, harus memperhatikan pakaian nanti dibuat yang seperti apa, jenis pakaian seperti apa dan tempat pemakaiannya di dalam atau di luar lapangan.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari bahan kain drill adalah sebagai berikut.

Kelebihan Kain Drill

kelebihan kain drill
harga.web.id

Kain ini sangat cocok jika digunakan dalam pakaian resmi atau casual, karena memiliki keunggulan yang unik. Apa keunggulan atau kelebihan dari bahan kain drill? Berikut penjelasannya.

1. Bahan Kain yang Awet

Kamu tahu bahan katun? Jika belum tahu, maka kualitas dari bahan tersebut masih di bawah kain drill. Mengapa demikian? Karena kain drill tergolong kain yang sangat awet bahannya.

Pastinya dalam penggunaan dan cara pencucian kain ini akan menentukan keawetan pakaian yang dimiliki.

2. Memiliki Warna yang Tidak Mudah Pudar

Kemudian dari segi warna, kain ini juga termasuk sangat awet. Artinya jika kain dalam melakukan pencucian dan penjemuran yang benar, maka warna akan tetap seperti baru dan tidak terlihat pudar.

3. Tekstur Kain yang Unik

Jika dilihat dengan teliti pada permukaan kain, maka akan terlihat tekstur bentuk pada permukaan dengan alur yang membentuk diagonal atau garis miring.

Sebagian orang mengatakan, bahwa tekstur ini cukup menarik perhatian, unik dan jarang ditemukan pada jenis kain lainnya.

4. Banyaknya Variasi Tingkat Ketebalan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa jenis kain ini pada umumnya memiliki tiga tingkatan ketebalan yang berbeda berdasarkan ukuran serat.

Dengan demikian, maka akan mempermudah calon pembeli untuk membuat pakaian yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Bahan Kain yang Adem

Nah, meskipun bahan kain drill tebal, tapi tidak membuat kain ini panas saat dikenakan. Bahkan, kain ini bisa menghantarkan kenyamanan dan cenderung cukup dingin.

6. Tidak Mudah Kusut

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki kain ini, yaitu kainnya yang tidak mudah kusut, dan karakter ini yang membuat para konsumen untuk minat membelinya.

Selain itu, dengan karakter ini, kamu tidak perlu repot-repot merapikan saat melakukan aktivitas keseharian.

7. Daya Serap Keringat yang Baik

Dengan keunggulan yang tetap terasa dingin saat dipakai, membuat kain ini memiliki daya serap keringat yang cukup baik.

8. Kain yang Sangat Kuat dan Kokoh

Jika dilihat secara detail, jalinan benang pada kain ini tergolong sangat kuat dan juga kokoh.

Jadi, jika kamu mencari kain yang selanjutnya digunakan untuk pekerjaan lapangan, maka kain jenis ini adalah pilihan yang tepat.

9. Cocok untuk Pakaian Resmi atau Casual

Untuk penggunaan dari bahan kain ini banyak macamnya, baik itu pakaian resmi atau casual.

Seperti contoh jenis kain drill yang memiliki serat besar, dimana jenis kain tersebut sangat cocok jika digunakan sebagai bahan dasar pembuatan seragam lapangan atau seragam dinas lapangan.

Kekurangan Kain Drill

kekurangan kain drill
indonative.com

Ada keunggulan, pastinya memiliki kekurangan juga. Adapun kekurangan dari kain ini adalah sebagai berikut.

1. Bahan Kain yang Cukup Berat

Sebagian orang ada yang mengatakan, bahwa kain drill ini memiliki bahan yang cukup berat. Ini dikarenakan serat kain yang cukup tebal.

Tapi perlu diketahui, bahwa kain ini masih tergolong dalam kain yang ringan, jadi tidak perlu khawatir akan beratnya.

2. Beberapa Jenis Drill Ada yang Mudah Pudar

Tadi disebutkan, bahwa kain drill memiliki warna yang tidak mudah pudar. Tapi kenyataannya, dari jenis kain american drill ini memiliki warna yang mudah pudar dibanding jenis lainnya.

3. Harga Cukup Mahal, untuk Jenis Tertentu

Beberapa jenis kain drill tertentu, memiliki kandungan kadar katun yang cukup tinggi dan bisa dikatakan cukup mahal, yaitu kain japan drill.

Perbedaan Kain Drill dan Twill

perbedaan kain drill dan twill
lapakbelanjaku.wordpress.com

Kain drill dan twill termasuk dalam bahan kain yang memiliki bentuk diagonal atau garis miring. Tapi kedua kain tersebut memiliki perbedaan tersendiri.

Adapun perbedaannya sebagai berikut:

Kain Drill

  • Kain drill memiliki permukaan yang bagian depan dan belakangnya berbeda.
  • Keseluruhan kain drill, memiliki permukaan yang bergaris miring atau diagonal. Bahan kainnya terbuat dari bahan campuran antara katun dan polyester.
  • Kain drill memiliki tekstur yang lembut, tidak mudah kusut dan tahan lama.

Kain Twill

  • Memiliki permukaan yang sama seperti kain drill, tapi sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan kain drill.
  • Kain twill terbuat dari serat wol yang umumnya memiliki kualitas bahan bagus.
  • Tekstur kain twill cenderung sedikit kasar, tapi masih terasa lembut dan dingin jika dikenakan sebagai bahan pakaian.

Hasil Pakaian dari Bahan Kain Drill

hasil pakaian dari bahan kain drill
fitinline.com

Banyak pabrik yang sudah memproduksi bahan kain drill dengan berbagai macam keperluan. Adapun penggunaan dari kain drill ini bisa kita temui di kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Jaket almamater
  • Seragam militer
  • Seragam pabrik
  • Seragam kerja
  • PDL (Pakaian Dinas Lapangan)
  • Pakaian juru masak atau koki
  • Jaket safari
  • Kemeja
  • Rok celana
  • Blazer
  • Tote bag
  • Baggy pants, dan lainnya

Harga Kain Drill

harga kain drill
dictio.id

Di pasaran, kain drill biasanya dijual dalam satuan meter, kilo dan gulungan. Setelah meninjau sejumlah toko dan pasar online terkenal, kain memiliki harga yang bermacam, yaitu 20 ribu sampai 55 ribu per meternya.

Nah, jika pembelian secara grosir, biasanya akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Harga dari kain ini akan dipengaruhi oleh jenis dan kualitas bahan. Jadi, harga akan menentukan kualitas kain yang diperoleh.

Namun, terkadang harga kain yang tinggi tidak dapat digunakan sebagai referensi untuk kualitas bahan. Ini karena setiap toko kain, online dan offline, memiliki harga referensi yang berbeda.

Agar kamu tidak kecewa dengan kualitas kain ini, sebaiknya mengunjungi langsung ke toko kain terdekat untuk memeriksa kualitas bahan.

Bagi yang tinggal di wilayah Jabodetabek, kamu bisa mengunjungi Pasar Tanah Abang, karena ada harga yang sangat lengkap dan terjangkau disana.

Itulah penjelasan mengenai bahan kain drill yang sering digunakan sebagai bahan dasar seragam. Jika ada kurang atau salah dalam artikel ini, bisa meninggalkan komentar di kolom bawah.

Bahan kain yang memiliki tekstur permukaan yang licin dan lembut, merupakan karakteristik yang dimiliki kain twiscone. Ingin mengetahui kain tersebut lebih dalam? Cek selengkapnya disini.

Jangan lupa untuk like dan share, untuk bisa mengetahui artikel terbaru dari blog ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: