Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Arti Warna dalam Desain Grafis

5 min read

arti warna dalam desain grafis

Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan informasi tentang arti warna dalam desain grafis. Dimana jika ada sebuah logo atau identitas visual akan berkompromi dengan warna, bentuk, simbol, angka dan kata.

Nah, setiap warna juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan atau memberikan kesan arti tanpa menggunakan kata.

Penasaran dengan makna dan arti warna dalam desain grafis? Simak langsung penjelasan di bawah ini.

Arti Warna dalam Desain Grafis

arti warna dalam desain grafis
pixabay.com

Warna termasuk unsur yang ada dalam desain grafis, serta menjadi salah satu daya tarik dalam dunia desain grafis. Macam-macam warna seperti warna soft, bisa menghasilkan kenyamanan tersendiri bagi mata yang melihatnya.

Selain itu, warna juga paling dominan dan aspek yang paling relatif dalam desain kehidupan. Menurut psikologi  atau emosi manusia, makna dan arti dari warna bisa menunjukkan kesan pada objek, cahaya, mata dan otak.

Macam-macam Warna dalam Desain Grafis

Di bawah ini adalah penjelasan dari macam-macam dan arti warna desain grafis.

Warna Hitam

arti warna dalam desain grafis - warna hitam
pixabay.com

Hitam merupakan kombinasi dari semua warna yang memberikan efek gelap, suram dan menakutkan, tapi memiliki kesan yang elegan. Elemen apa saja jika diletakkan di atas background hitam akan terasa lebih bagus.

Jika dalam pembuatan desain dengan kombinasi warna yang tepat, bisa memberikan karakter dan vibrasi. Warna lain yang bisa disandingkan dengan warna ini bisa seperti putih, merah dan masih banyak lagi, tergantung yang dibutuhkan dalam memberikan pesan kepada orang lain.

Warna hitam juga bisa dilambangkan dengan arti keagungan, kecanggihan, kemakmuran serta merupakan warna independent dan juga penuh misteri.

Black : Dark, elegant, spooky and mystical.

Warna Putih

warna putih
pixabay.com

Putih seperti kertas kosong, merupakan warna murni yang tidak ada campuran dari warna lain. Kelebihan dari warna ini mampu untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Ini dikarenakan warna putih memberi kesan kesan kebebasan dan keterbukaan.

Banyak yang mengartikan tantang warna ini sebagai warna yang netral, sangat murni. Sehingga, warna putih selalu cocok jika disandingkan dengan warna apapun.

Memberi kesan yang suci dan bersih merupakan harga mati dari warna yang satu ini. Jika saat membuat desain yang simple dan minimalis, bisa menggunakan warna putih sebagai langkah yang tepat.

White : Elegant, romantic, pure, clean, radiant, glare and sterile.

Warna Merah

warna merah
pixabay.com

Warna merah merupakan macam-macam warna yang termasuk dalam bagian warna premier. Warna ini memberikan kesan yang kuat dan juga hangat.

Pada umumnya, warna ini digunakan untuk memberikan efek psikologi panas, berani dan juga marah. Warna ini juga bisa menggambarkan reaksi fisik terkuat dari diri kita sendiri.

Dari sisi negatif warna ini, identik dengan kekerasan. Sedangkan untuk menjaga keseimbangan dari warna merah, bisa dipadukan dengan warna biru, untuk apa? Agar arti yang positif dari warna merah bisa memberikan simbol keberanian.

Red : Energetic, productive, dynamic, strong and brave.

Warna Oranye

warna oranye
pixabay.com

Warna oranye merupakan kombinasi antara warna merah dan warna kuning. Warna oranye bisa memberikan kesan hangat dan bersemangat, serta merupakan simbol dari optimisme, perjuangan, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi.

Menurut arti psikologis, warna oranye merupakan warna yang memberikan kesan tidak nyaman dan sedikit gaduh. Mungkin dari hal inilah warna oranye sering digunakan seorang desainer untuk dijadikan penarik perhatian untuk suatu yang baru.

Orange : Carefree, friendly, erotic, happy, creative and crowded.

Warna Biru

arti warna dalam desain grafis - warna biru
pixabay.com

Selanjutnya yaitu warna biru, merupakan warna yang tidak kalah menarik dengan warna yang lainnya. Warna ini biasanya menjadi warna favorit bagi beberapa pria yang memiliki sifat dingin.

Menurut psikologi, warna biru muda bisa membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Sedangkan biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih.

Dalam arti desain grafis, warna biru sering disebut dengan warna corporate, mengapa demikian? Karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Selain itu, warna biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat penyendiri.

Blue : Classic, stable, optimistic, calm, prestige, bonafide, dependable and have credibility.

Warna Hijau

warna hijau
pixabay.com

Identik dengan alam atau lingkungan sekitar dan mampu memberi suasana yang santai, merupakan arti yang sangat berkaitan dengan warna hijau.

Menurut arti psikologi, warna hijau sangat membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan, dimana akan mampu untuk menyeimbangkan emosi dan juga keterbukaan dalam berkomunikasi.

Sedangkan, arti warna dalam desain grafis dari warna ini memberikan kesan yang segar. Selain itu, bisa memberikan nuansa natural dengan kombinasi antara warna hijau dan coklat gelap.

Green : Cool, fresh, calm, renewed, comfort and peace.

Warna Kuning

arti warna dalam desain grafis - warna kuning
pixabay.com

Memberikan kesan warna yang ceria, menyenangkan dan menimbulkan hasrat ingin bermain, merupakan sifat yang dimiliki oleh warna kuning. Maka dari itu, tidak ada rasa heran jika warna ini indentik dengan sesuatu yang baru.

Secara psikolog, arti dari warna kuning ini mengarah pada warna yang sangat bahagia, menyolok dan juga menyatu dengan ekstrovet. Penggunaan warna ini biasanya oleh orang yang ingin tampil atau ingin diperhatikan orang lain.

Sedangkan arti warna dalam desain grafis, warna ini biasanya digunakan untuk memperkenalkan sebuah produk atau ciptaan baru.

Yellow : Young, cheerful, gentle, warm, eye catching and the source of life.

Warna Emas

warna emas
pixabay.com

Arti warna dalam desain grafis yang berupa warna emas ini , yaitu memberikan kesan kesuksesan, prestasi, kemenangan dan juga kemakmuran.

Seperti halnya emas dalam bentuk fisik, yang dimana sudah menjadi komoditas berharga dan juga prestise di setiap negara.

Gold : Success, achievement, victory and prosperity.

Warna Coklat

warna coklat
pixabay.com

Selanjutnya arti warna dalam desain grafis yang memberikan kesan hangat, nyaman dan juga aman adalah warna coklat atau warna bumi. Selain itu, warna coklat juga memberikan kesan mutakhir, mengapa demikian? Karena warna ini dekat dengan warna emas.

Bisa dibayangkan, jika membuat desain menggunakan warna coklat muda yang dikombinasikan dengan warna hitam, maka akan menghasilkan sebuah desain yang menakjubkan.

Selain itu, warna ini juga bisa memberikan nuansa yang bisa andalkan dan juga kuat.

Brown : Superb, awake, safe, sweet and authoritative.

Warna Ungu

arti warna dalam desain grafis - warna ungu
pixabay.com

Warna ungu merupakan campuran dari warna biru dan merah. Arti warna dalam desain grafis yang satu ini memberikan kesan damai. Selain warna pink yang juga memberikan kesan romantis, waran ini juga memberikan kesan romantis.

Sedangkan secara tradisional, warna ini diasosiasikan dengan kerajaan, keagungan atau kaum bangsawan dengan kualitas spiritual dan juga misterius.

Purple : Majestic, myterious, artistic, eccentric and spiritual.

Warna Merah Muda

arti warna dalam desain grafis - warna merah muda
pixabay.com

Mungkin warna yang satu lebih banyak disukai oleh para wanita, yaitu warna merah muda atau pink. Artinya warna ini memiliki efek cinta romantis yang akan muncul ketika warna ini dilihat. Selain itu, warna pink juga mengidikasikan bermuda, energi, seru dan menyenangkan.

Warna ini merupakan pencampuran dari warna merah dengan warna putih. Tapi secara keseluruhan, terdapat arti warna yang berbeda jika dibandingkan dengan warna kedua asalnya.

Banyak desainer yang berani menggunakan warna ini dengan terang-terangan. Seperti contoh, mengkombinasikan warna merah muda dengan warna hitam, yang nantinya akan menghasilkan desain yang mengikuti trend sekarang.

Pink : Lovable, cute, romance, interest, charming and exciting.

Warna Abu-abu

warna abu abu
pixabay.com

Warna abu-abu merupakan hasil pencampuran dari warna hitam dan putih, dimana warna ini sering kali digunakan sebagai penetral. Warna abu-abu memiliki arti kestabilan, kemandirian, keseriusan dan bahkan memberikan kesan bertanggung jawab.

Tapi, dalam penggunaan warna abu-abu itu terlalu dominan berdampak pada munculnya kesan tidak komunikatif dan juga membosankan. Selain itu, ada kesan negatif yang akan muncul dari warna ini, yaitu kurang energi atau tidak atraktif, kurang percaya diri bahkan sampai depresi.

Warna Tosca

warna tosca
acepaints.acehardware.co.id

Warna tosca, merupakan warna yang baik untuk membantu dalam konsentrasi dan menenangkan sistem saraf, sehingga pikiran akan menjadi lebih jernih serta percaya diri.

Penggunaan warna tosca ini cocok untuk pembicara ataupun bagi kalian yang sering bekerja multi-tasking.

Dalam psikologi warna, warna tosca bisa disebut dengan turquoise yang memiliki arti keseimbangan emosional, ketenangan, stabilitas dan juga kesabaran.

Warna ini juga dipercaya bisa memberikan semangat ketika seorang stres mental atau sedang kelelahan dan juga dihadapi dalam rasa kesepian.

Warna Magenta

warna magenta
pixabay.com

Arti warna dalam desain grafis yang terakhir yaitu warna magenta, merupakan campuran warna antara warna merah dengan warna ungu. Dimana warna ini memiliki arti  semangat, kekuatan dan energi tertahan oleh energi tenang dari warna ungu, sehingga menciptakan keseimbangan.

Keseimbangan tersebut bisa berupa keseimbangan dalam aspek mental, fisik, spiritual ataupun emosional.

Selain itu, warna ini memiliki filosofi perubahan atau transformasi. Perubahan yang berasal dari rasa ketidakbahagiaan, frustasi dan marah menjadi kearah yang lebih baik.

Penutup

Demikian informasi tentang arti warna dalam desain grafis yang bisa saya bagikan. Semoga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan dalam warna, khususnya bagi kalian yang menyukai desain grafis.

Perlu diketahui, jika membuat desain harus mengetahui software yang cocok, ingin tahu software apa saja yang digunakan untuk membuat desain? Langsung cek disini.

Jangan lupa juga untuk memilih dalam membuat desain yang cocok, apakah vektor atau bitmap. Karena dalam desain grafis vektor dan bitmap memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika ada kurang atau salah dalam artikel ini, bisa komentar langsung di kolom bawah. Jangan lupa juga untuk like dan share agar bisa mengetahui update dari blog ini.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Fungsi Logo

Mandhom
4 min read

Jenis Logo Desain

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: