Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jenis-jenis Font Terbaik dalam Desain Grafis

4 min read

jenis jenis font

Ada jenis-jenis font yang biasa digunakan oleh seorang desainer dalam pembuatan sebuah karya. Dalam setiap font yang dipakai harus sesuai dengan tujuan dan kebutuhan dari karya yang dibuat tersebut.

Selain itu, dalam penggunaan font juga harus menyesuaikan dengan tema desain yang akan dibuat. Seperti contoh, saat membuat desain sebuah poster, maka font yang digunakan harus menyesuaikan dengan tema tersebut.

Lalu apa saja jenis-jenis font yang harus diketahui seorang desainer dalam membuat suatu karya? Mari ikuti penjelasan berikut ini.

Pengertian Font

pengertian font
masnid.com

Sudah tahu, apa itu font? Menurut Wikipedia, font merupakan sebuah bentuk yang mempunyai ukuran, gaya dan juga berat tertentu.

Font juga bisa ditemui dalam perangkat digital yang biasa digunakan dalam sehari-hari, seperti handphone, laptop dan sebagainya.

Dalam dunia desain grafis, jenis font bisa mempengaruhi terhadap desain yang akan ditampilkan, mengapa demikian? Karena akan memudahkan dalam menyampaikan pesan dan mengungkapkan rasa dalam sebuah desain tersebut.

Jenis-jenis Font

jenis jenis font
masnid.com

Dalam pemilihan jenis font yang baik dan sesuai, akan membuat audien lebih tertarik untuk membaca. Sedangkan dalam penerapannya, tipografi biasanya diaplikasikan dalam sebuah media cetak ataupun media digital.

Berikut ini adalah jenis-jenis font terbaik dalam pembuatan desain grafis.

1. Serif

font serif
masnid.com

Serif merupakan salah salah satu jenis font yang memiliki garis kecil yang berada pada bagian ujung hurufnya. Font ini juga bisa disebut dengan font yang mempunyai kaki atau berkaki.

Bahkan, dalam font serif yang mempunyai garis pada bagian ujung hurufnya itu memudahkan untuk dibaca.

Adapun contoh jenis-jenis font dari serif ini adalah:

  • Times New Roman
  • Century
  • Georgia
  • Cambria
  • Trajan Pro
  • Dan lainnya

2. Sans Serif

jenis jenis font - font sans serif
masnid.com

Arti dari kata sans yaitu tidak atau tanpa, sedangkan serif memiliki arti garis. Jadi, font ini tidak memiliki garis atau kaki pada bagian ujung hurufnya, atau tidak berkaki.

Tidak seperti font serif yang mempunyai kaki pada bagian sudut hurufnya. Font sans serif merupakan font yang tidak mempunyai kaki pada bagian ujung hurufnya. Perlu diketahui juga, bahwa tipe dari font ini bersifat solid.

Adapun contoh font sans serif yaitu:

  • Calibri
  • Lucida Sans
  • Gill Sans
  • Segoe UI
  • Helvetica
  • Dan lainnya

3. Script

font script
masnid.com

Hampir mirip dengan tulisan biasa, itulah yang disebut dengan jenis font script. Font yang mempunyai karakter personal atau sendiri.

Dalam penggunaan font ini, biasanya sangat populer pada penulisan undangan atau pertemuan informal.

Contoh dari font script ini antara lain:

  • Lucida
  • Segoe Script
  • Vivaldi

4. Slab Serif

font slab serif
masnid.com

Font slab serif merupakan font yang berasal dari Inggris dengan usia sekitar 200 dan dengan sangat cepat populer.

Font yang memiliki ketebalan disetiap ujungnya dan berbentuk balok, menjadikan font ini memiliki karakter yang mengandung kesan berani.

Hal itulah yang menjadikan font ini sering digunakan dalam dunia desain grafis, khususnya periklanan atau promosi dan percetakan. Seperti contoh dalam pembuatan poster atau pamflet.

5. Comic

jenis jenis font - font comic
masnid.com

Yang biasanya suka baca komik, mungkin kenal dengan font yang satu ini, yaitu font comic. Font ini memiliki karakter yang ramah, mudah dibaca dan sangat populer dalam komik.

Pada font comic yang memiliki ciri khas sendiri ini, yaitu memiliki kesan yang sangat mudah untuk dibaca pada bagian balon percakapan dalam komik.

6. Stencil

font stencil
masnid.com

Penemu dari font ini adalah R. Hunter Middleton pada tahun 1937. Font ini memiliki karakter dengan ujung bulat pada huruf kapitalnya dan coretan utama yang mencolok.

Pada zaman dulu, font ini digunakan untuk mengatur judul atau headline koran. Tapi sekarang sudah berkembang dan bisa digunakan dalam pembuatan label, poster bahkan graffiti dan juga street art.

7. Blackletter

font blackletter
masnid.com

Gaya Gothic atau Old English, merupakan nama lain yang sudah biasa dikenal oleh font blackletter ini.

Tanda dari font ini adalah adanya tekstur hitam dan topi dekorasi. Adapun ciri dari font ini, yaitu bergaya sedikit rumit dan dekoratif, tapi tidak mengurangi tingkat kelancaran saat dalam membacanya.

8. Display

font display
masnid.com

Maksud dari font ini adalah font untuk judul yang dimana akan menarik perhatian pembaca.

Pada umumnya, font ini digunakan sebagai iklan pada sampul buku, poster, billboard dan juga kemasan. Biasanya seorang desainer menggunakan font ini dengan ukuran di atas 14.

9. Typewriter

jenis jenis font - font typewrriter
masnid.com

Tahu mesin tik atau mesin ketik zaman dulu? Mesin tersebut juga termasuk dalam macam-macam mesin kantor, dimana font yang ada di mesin ketik tersebut adalah font typewriter.

Jenis font ini biasanya cocok untuk digunakan pada proyek yang membutuhkan tampilan retro atau vintage.

10. Hand Drawn

font hand drawn
masnid.com

Font yang masih masuk dalam kelompok font script yaitu font hand down. Jika font ini termasuk bagian dari kelompok font script, maka font ini bisa disebut dengan tulisan tangan.

Jenis font hand drawn ini real dari tangan kreatif seorang desainer, kemudian discan. Setalah itu, diatur menggunakan software desain grafis seperti illustrator atau photoshop.

Ada beberapa macam dari font ini yang sangat mudah untuk dibaca. Tapi, ada juga beberapa dari jenis font ini yang memiliki tingkat baca yang cukup baik.

11. Dekoratif

font dekoratif
masnid.com

Jenis font yang satu ini biasanya dimodifikasi dari bentuk huruf yang sudah ada. Dalam hal modifikasi tersebut, biasanya ditambahkan ornamen atau garis yang dibuat dengan bentuk dekoratif.

Penggunaan dari jenis font ini bisa untuk pembuatan desain, tapi tidak terlalu banyak. Mengapa demikian? Karena jika terlalu banyak tulisan, maka tidak enak untuk dibaca dan pembaca akan merasa tidak nyaman.

12. Calligraphic

font calligraphic
masnid.com

Dasar dari font calligraphic ini adalah pada teknik tulisan kuno yang menggunakan pena dengan ujung datar. Dimana hasilnya nanti akan bisa membuat huruf yang unik dan artistik.

Teknik penulisannya dengan gerakan dan arah pena, akan menentukan ketebalan pada garis. Penggunaan jenis font ini juga bisa untuk undangan.

13. Retro

jenis jenis font - font retro
masnid.com

Jenis-jenis font selanjutnya yaitu font retro, apa itu font retro? Font retro ditemukan dalam macam font serif, sans serif dan juga script.

Font ini termasuk font yang kuno, dimana font ini dikembangkan lagi menjadi tulisan atau huruf yang bisa digunakan untuk desain vintage atau klasik, bahkan bisa juga digunakan pada judul iklan atau kemasan.

14. Pixel

font pixel
masnid.com

Screen font merupakan nama lain yang dikenal dari font pixel. Font ini dibuat dengan tujuan untuk mengisi tampilan layar komputer, dengan ciri font yang terlihat tajam karena struktur bentuknya yang kotak.

Jenis font yang satu ini populer, karena bentuknya yang berukuran kecil. Penggunaan dari font ini biasanya ditampilkan dalam warna yang kontras, seperti hitam, putih atau abu-abu.

15. Dingbat

jenis jenis font - font dingbat
masnid.com

Dingbat merupakan nama bisa dikenal sebagai ornamen atau karakter yang dicetak. Font ini termasuk jenis font yang memiliki bentuk juga simbol di ranah karakter alfabet dan numerik.

Disebut dengan ormanen karena font ini bukan bentuk huruf, melainkan bentuk seperti ornamen. Bentuk yang biasanya ada dari font ini lebih pada element tertentu, seperti button, ilustrasi, bullet list bahkan element UI dan lain sebagainya.

16. Grunge

font grunge
masnid.com

Font dalam desain grafis yang terakhir yaitu grunge, merupakan font yang memiliki karakteristik dengan style yang kotor atau rusuh dan juga tidak teratur. Pada tahun 80 dan 90-an, font ini banyak digunakan dan cukup populer pada masa itu.

Adapun kesan dari font yang tidak beraturan ini yaitu memiliki sifat yang penuh emosi dan berontak.

Seorang desainer yang bernama David Carson, merupakan desainer yang terkenal dengan pembuatan majalah Ray Gun. Dimana beliau dikenal dengan sebutan ayah dari font grunge. Pada masanya, beliau mengenalkan tipe font ini dengan gaya yang baru dan original.

Penutup

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis font yang bisa digunakan dalam pembuatan desain. Semoga bisa menambah wawasan dan membantu dalam mengetahui jenis font.

Jika ada kurang atau salah dalam artikel ini, bisa komentar di kolom bawah. Jangan lupa juga untuk like dan share artikel ini.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Fungsi Logo

Mandhom
4 min read

Jenis Logo Desain

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: