Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Inilah 10 Teh Terbaik di Dunia, Termasuk Indonesia

4 min read

teh terbaik di dunia

Teh terbaik di dunia – Kamu suka minum teh, atau suka minum kopi? Minuman teh saat ini sudah bukan pelepas saat kita haus saja, namun teh juga menjadi salah satu bagian dari gaya hidup.

Minuman ini sangat mudah untuk ditemukan, dengan cita rasa yang dimiliki oleh teh ini. apalagi kalau minuman ini ditambah dengan es batu.

Minuman yang memiliki banyak khasiatnya ini, ternyata sudah terkenal di dunia dengan berbagai jenisnya, dan salah satunya ada di Indonesia.

Teh Terbaik di Dunia

Pernahkah kamu memikirkan, apa saja teh yang terbaik di dunia? Jika pernah, apakah sudah menemukan jawabannya?

Jika belum, maka kamu pantas membaca artikel ini. Berikut adalah teh terbaik yang ada di dunia.

1. Teh Putih Fujian (China)

teh putih fujian
stagging.mbigroup.co.id

Kamu ingin diet atau mengkuruskan badan? Kamu bisa mencoba teh putih fujian ini. Mengapa demikian? Karena teh ini memiliki khasiat yang bisa menurunkan berat badan.

Selain itu, teh putih ini juga bisa untuk menghambat pembentukan sel lemak yang ada dalam tubuh.

Adapun proses pembuatan dari teh ini berbeda dengan yang lain, atau bisa dibilang unik, yang dimana hasil pengolahan tersebut akan membuat cita rasa semakin nikmat saat diseduh.

Teh yang berasal dari Tiongkok, China ini, merupakan teh terbaik di dunia, yang memiliki warna yang bersih dan juga bening.

2. Teh Hitam Kayu Aro dari Indonesia

teh terbaik di dunia - teh hitam kayu aro
travel.detik.com

Selanjutnya yaitu berasal dari negeri kita tercinta Indonesia dengan nama tehnya adalah teh hitam kayu aro.

Potensi alam yang melimpah di Indonesia, membuat negara kita mempunyai banyak hasil alam dan juga perkebunan yang berkualitas.

Salah satunya yaitu teh hitam kayu aro, yang dimana teh ini berasal dari kaki Gunung Jambi. Lebih tepatnya, perkebunan teh ini berada di kawasan Kayu Aro, tepat di kaki Gunung Kerinci.

Perlu diketahui, bahwa perkebunan teh ini termasuk salah satu perkebunan yang tertua di Indonesia.

Dimana perkebunan ini sudah berdiri sejak tahun 1925, yang bisa menghasilkan teh alami dan juga berkualitas sampai sekarang.

Ratu Belanda, merupakan orang yang sangat menyukai teh ini dengan rasa dan khasiatnya yang khas, pada masa kolonial dulu.

3. Teh Sencha Negeri Sakura

teh sencha
idntimes.com

Negeri sakura atau Jepang yang sangat terkenal dengan tehnya. Dimana negeri ini termasuk ke dalam penghasil teh terbaik di dunia, dengan nama tehnya yaitu teh sencha.

Proses pembuatan teh dengan cara dikukus, merupakan cara unik yang dilakukan oleh masyarakat disana, agar bisa menghasilkan teh yang berkualitas.

Setelah proses tersebut, maka selanjutnya yaitu digulung dan siap untuk diseduh dalam gelas dengan air panas.

Selain rasa yang nikmat dan unik, teh ini juga memiliki manfaatnya. Salah satu manfaatnya yaitu bisa memperkuat sistem imun pada tubuh.

Salah satu manfaat lain dari teh ini adalah mampu mengstimulasi kinerja kognitif otak.

4. Mate Tea

mate tea
topleafnz.com

Tahu pohon mate? Pohon ini tumbuh di hutan hujan Amerika Selatan, seperti Argentina, Brazil, Peru dan sekitarnya.

Sedangkan mate tea, merupakan teh yang berasal dari ekstrak daun pohon mate.

Teh ini memiliki cita rasa yang unik dan enak. Selain itu, teh ini juga memiliki manfaat yang bisa meningkatkan vitalitas tubuh dan relaksasi otot.

Bagi kamu yang ingin beristirahat sejenak setelah beraktivitas, bisa mencoba minuman ini.

5. Teh Pu’erh

teh terbaik di dunia - teh puerh
food.detik.com

Beralih ke negeri Tirai Bambu atau China, dimana negeri tersebut memiliki teh yang juga diakui terbaik di dunia, namanya teh pu’erh.

Cara pembuatan dari teh ini melalui prose fermentasi, dimana nantinya akan memiliki cita rasa yang khas. Jadi tidak heran, kalau teh ini sudah dianggap sebagai teh premium di daerah Yunnan.

Cita rasa yang didapat oleh teh ini berasal dari proses fermentasi yang dihasilkan dari kegiatan mikroorganisme termofil dari daun teh yang sudah dikumpulkan.

Proses tersebut terbilang cukup rumit, tapi sudah terbukti bahwa bisa menghasilkan cita rasa yang nikmat.

6. Teh Chai

teh terbaik di dunia - teh chai
food.detik.com

Selanjutnya ada teh terbaik di dunia yang berasal dari India, yaitu teh chai. Teh ini merupakan sajian minuman yang umum di rumah warga India.

Perlu di ketahui, bahwa teh ini merupakan teh yang terbuat dari jenis teh hitam, yang dimana sudah ada tambahan beberapa rempah dan tanaman herbal lainnya.

Campuran yang biasanya digunakan dalam teh ini adalah jahe, lada hitam, kayu manis juga kapulaga.

Selain itu, kamu bisa menambahkan pemanis lainnya, seperti susu, gula serta madu.

7. Teh Oolong

teh oolong
hellosehat.com

Teh oolong, merupakan teh yang berasal dari negeri Tirai Bambu, dengan berbagai manfaat dan cukup familiar di masyarakat.

Teh ini termasuk dalam teh terbaik di dunia, dengan banyak varian yang dikeluarkan.

Adapun proses fermentasi yang dialami oleh teh oolong ini lebih singkat, sehingga mampu memberikan rasa yang kuat pada teh ini.

Cita rasa unik dari teh inilah yang membuat rasa masih melekat di mulut, yaitu aftertaste-nya.

8. Teh Earl Grey

teh earl grey
merdeka.com

Teh terbaik di dunia selanjutnya yaitu teh earl grey, merupakan nama teh yang diambil dari aristokrat dari Inggris, yaitu Charles Grey.

Teh ini termasuk salah satu teh yang dicampur dengan teh hitam dan serutan kulit jeruk bergamot. Cita rasa yang lembut dan sangat cocok di lidah membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang.

Adapun penyajian dari teh ini tidak sesederhana mencampur susu atau cara membuat teh tarik.

Masak teh di infuser, kemudian siram dengan air manis. Setelah itu, masukkan susu ke dalam cangkir yang sudah dipanaskan, lalu tuangkan teh secara perlahan ke atas susu tadi.

9. Roobois Tea

roobois tea
winnetnews.com

Apa itu roobois tea? Merupakan teh yang asli dari Afrika Selatan, atau bisa disebut dengan teh merah. Teh ini banyak digemari oleh banyak orang, sehingga termasuk ke dalam teh terbaik di dunia.

Nama asal dari roobois tea ini lebih tepatnya berasal dari negara Nelson Mandela.

Cara pembuatan dari teh ini dengan melalui proses fermentasi pada daun roobois. Teh ini memiliki manfaat yang bisa membuat kamu bisa lebih fokus dan tetap sehat.

Ini dikarenakan teh ini mengandung kadar antioksidan yang tinggi, tapi rendah kafein.

10. Teh Maghrebi

teh terbaik di dunia - teh maghrebi
review.bukalapak.com

Teh mint Maroko, merupakan nama lain yang lebih dikenal daripada teh maghrebi. Teh ini terkenal di dunia karena memiliki cita rasa dan cara penyajiannya yang nikmat.

Teh ini termasuk teh terbaik di dunia, karena dianggap sebagai salah satu teh mint yang terenak.

Adapun cara penyajian dari teh ini terbilang unik, yaitu disajikan oleh laki-laki dan dituangkan pada ketinggian tertentu. Cara ini dilakukan agar bisa menciptakan buih atau busa dalam gelas teh.

Keunikan lain dari minuman teh ini, yaitu dalam penyajiannya, minuman ini dituangkan sampai 3 kali berturut-turut.

Semakin mendekati gelas terakhir, maka cita rasa yang dikeluarkan akan semakin kuat.

Penutup

Itulah beberapa teh terbaik di dunia yang bisa kamu coba sendiri di rumah, tapi yang di Indonesia saja ya, takutnya kalau di luar negeri belum bisa kesana, hehe.

Jangan lupa untuk like dan share artikel ini, agar bisa mengetahui artikel yang baru dari blog ini.

Boleh copy paste, asalkan cantumkan sumbernya.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: