Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Perbedaan Spanduk dan Banner juga Media Promosi Lainnya

perbedaan spanduk dan banner

Sudah tahu perbedaan spanduk dan banner itu apa? Ternyata, mereka berdua termasuk bagian dari media iklan atau promosi.

Nah, media promosi sendiri merupakan sebuah sarana komunikasi yang dipakai sebuah perusahaan dengan target tertentu. Bahkan seorang bisa menggunakannya dengan tujuan untuk menyampaikan pesan kepada pasar yang dituju.

Mau tahu kelanjutan dari artikel ini? Yuk, lanjut baca penjelasan di bawah ini.

Macam Perbedaan Media Promosi

Bukan hanya spanduk dan banner saja, tapi ada juga media promosi lain . Seperti baliho, billiboard, poster dan lainnya. Cara membuatnya pun sangatlah mudah, karena di jaman seperti ini sangat banyak percetakan yang berdiri.

Media promosi juga mempunyai peran yang cukup besar, seperti halnya bentuk promosi lain yang menyerupai sales promotion, public relation, personal setting, direck marketing atau pun publisty.

Sebenarnya ada banyak macam media promosi yang sering ditemui, tapi sebagian ada kaum awam yang terkadang lupa atau tidak tahu namanya. Nah, disini akan membahas tuntas tentang spanduk itu seperti apa dan media promosi lain itu seperti apa.

Secara garis besar, media promosi bisa dikelompokkan menjadi tiga bagian. Yaitu promosi media cetak, promosi media elektronik dan juga promosi luar ruang atau outdoor. Perbedaannya yaitu terletak dalam fungsinya, hanya saja bentuk yang terlihat berbeda.

Berikut penjelasan perbedaan spanduk dan banner serta media promosi lain.

Perbedaan Spanduk dan Banner

perbedaan spanduk dan banner -ukuran 200x80 cm
djukarna.wordpress.com

Spanduk ini merupakan jenis bahan cetakan yang terbuat dari bahan flexy dan hasil cetakannya bisa dibentangkan memanjang secara horizontal. Dalam spanduk ini biasanya berisi propaganda, slogan atau pun berita yang perlu diketahui oleh umum.

Nah, penempatan dari spanduk ini biasanya dibentangkan di atas pagar, di ikat di tiang-tiang atau bisa digantungkan di atas tempat tertentu dan masih banyak lagi penempatannya.

Pada umumnya, ukuran dari spanduk ini banyak macamnya. Mulai dari 80 x 200 cm, 90 x 200 cm, 100 x 250 cm, 150 x 300 dan masih banyak lagi. Tapi tidak menutup kemungkinan, bahwa ukuran spanduk ini bisa di custom sesuai dengan kebutuhan.

perbedaan spanduk dan x banner ukuran 60x160 cm
theprintroomayrshire.co.uk

Sedangkan untuk banner sendiri mempunyai fungsi yang hampir sama dengan spanduk, yaitu sebagai media informasi yang cukup baik.

Banner ini termasuk cetakan yang di print dengan menggunakan mesin digital printing dan biasanya berbentuk horizontal atau vertikal. Adapun ukurannya itu bermacam-macam dan bisa memesannya sesuai dengan kebutuhan.

Nah, untuk ukuran banner sendiri sangat banyak. Mulai dari ukuran x banner, roll up banner dan lainnya, mulai dari 60 x 160 cm, 80 x 180 cm, 80 x 200 cm dan lainnya. Banner saat ini sudah banyak digunakan dimana-mana, terutama di tempat mall, toko-toko, parusahaan dan bahkan bisa juga di bank.

Perbedaan Billboard dan Baliho

billiboard ukuran 12x6 meter
womensfundmiami.org

Apakah sudah tahu, apa itu billiboard? Billiboard merupakan cetakan yang dicetak dengan ukuran yang sangat besar dan biasanya sebagai media promosi yang akan dipajang di papan iklan di jalanan pada umumnya.

Seperti yang biasanya dilihat di jalanan, yang terbentang panjang diletakkan di atas menggunakan tiang. Nah itu yang namanya billiboard.

Kenapa billiboard ini diletakkan di jalanan? Karena billiboard ini menjadi pilihan yang bagus dan juga bisa sebagai media promosi dalam sebuah perusahaan, yang kemungkinan produk yang dijual akan semakin mudah dilihat oleh banyak orang.

Selain itu, billiboard ini dibuat dari bahan fiberglass yang tidak akan terpengaruh oleh cuaca dan lebih maksimal dalam mempromosikan produk. Contoh promosi yang menggunakan billiboard yaitu tentang produk kecantikan, rokok dan jenis promosi lainnya.

Untuk ukuran billiboard ini bermacam-macam, mulai dari 4 x 8 meter, 5 x 10 meter, 6 x 12 meter dan masih banyak lagi dan bisa di custom sesuai dengan kebutuhan.

baliho sifat sementara
gokasima.com

Untuk baliho sendiri hampir sama dengan billiboard, cetakan yang dicetak dengan ukuran besar dan biasanya diletakkan di jalanan. Pemasangan baliho ini biasanya di jalanan secara horizontal menggunakan bambu atau besi yang menjadi tiangnya.

Baliho sendiri berisi tentang tulisan atau kalimat yang bersifat mengajak untuk datang ke sebuah acara yang nantinya akan datang. Contoh halnya acara event games, event pameran atau acara lainnya.

Pemasangan baliho sendiri hanya bersifat sementara, mengapa? Karena penggunaan baliho hanya untuk kegiatan yang sementara atau sebentar. Seperti contoh yang sudah dijelaskan di atas, biasanya hanya berlangsung selama 1 minggu atau hanya beberapa hari saja.

Perbedaan Poster, Brosur atau Leaflet dan Flayer

poster ukuran a3
xtreemtc.com.au

Poster merupakan sebuah media yang menggabungkan antara kekuatan gambar dan juga kata-kata, atau bisa disebut desain yang elegan.

Poster ini biasanya berisi tentang ajakan atau seruan untuk mengikuti hal positif yang disampaikan. Dimana poster ini berada? Poster ini biasanya bisa ditemui di sekolah, mall dan juga kantor.

Selain itu, poster sendiri ada banyak jenisnya. Seperti poster kegiatan, poster pendidikan, poster niaga dan juga poster iklan layanan masyarakat.

Hal yang diperhatikan dalam membuat poster yaitu kalimat yang tidak boleh terlalu panjang. Mengapa? Karena akan membuat poster menjadi tidak efektif.

Poster harus memiliki kalimat yang singkat, jelas dan padat.

Bukan hanya kalimat saja, tapi juga harus menggunakan gambar, agar orang yang melihat poster tersebut akan memperhatikan dengan lebih baik lagi.

brosur lipat 3
soocadesign.com

Sudah pasti yang membaca artikel ini mengenal dengan namanya brosur atau leaflet. Tapi apakah brosur itu? Brosur merupakan suatu alat publikasi yang resmi dari perusahaan yang berbentuk cetakan.

Isinya apa? Isinya ada berbagai informasi mengenai suatu produk, layanan, program dan lain sebagainya. Target yang dituju yaitu kepada pasar sasaran yang sudah ditentukan.

Cara menyampaikannya sangat mudah sekali, yaitu hanya diberikan oleh para salesman atau agen penjualan kepada calon pelanggan secara efektif.

Pada umumnya, brosur terbuat dari jenis kertas yang lebih tebal serta berat. Memiliki lipatan yang terdiri dari beberapa halaman informasi dan produk atau jasa yang ditawarkan.

flayer satu lembar
youtube.com

Sedangkan flayer adalah lembaran kertas yang tercetak secara tunggal atau tidak ada lipatan. Tujuannya untuk menarik perhatian publik terhadap sebuah acara, produk, pelayanan atau ide.

Flayer ini biasanya dibagikan secara manual dari tangan ke tangan (hand to hand). Baik kepada orang yang berjalan, di pinggir jalan, dalam sebuah acara, pameran atau pun tempat umum populer yang ada di sekitar.

Secara umum, flayer ini menggunakan banyak ukuran kertas yang dipakai. Diantaranya yaitu ukuran kertas A4, A5 dan ukuran kertas yang lainnya.

Perbedaan antara brosur dan flayer ini yaitu terletak pada jenis bahan kertasnya. Brosur menggunakan jenis kertas yang tebal.

Sedangkan untuk jenis kertas flayer tidak bisa dicetak dengan menggunakan kertas yang tebal dan berat. Mengapa? Karena proses promosi jenis flayer ini sangat singkat.

Perbedaan Neon Box dan Shop Sign Branding

perbedaan neon box dan shop sign branding
eannovate.com

Apa itu neon box? Sesuai dengan namanya, suatu alat media yang pembuatannya berbentuk kotak, yang dimana di dalamnya terdapat penerangan lampu neon.

Alat media yang satu ini sangat berguna sekali untuk promosi, baik pada siang hari atau malam hari.

Mengapa? Karena saat malam hari, neon box ini akan menyala dengan terang dan itu menjadi daya tarik perhatian konsumen pada malam itu. Dengan demikian, maka banyak konsumen yang akan datang menghampiri perusahaan tersebut.

perbedaan neon box dan shop sign branding
signarama.com.au

Sedangkan untuk shop sign branding yaitu media promosi outdoor yang berfungsi sebagai ciri atau identitas sebuah perusahaan, yang dimana memberikan petunjuk kepada para konsumen.

Jika neon box memiliki kotak sebagai backgroud nama tulisan, sedangkan shop sign baranding ini tidak memiliki kotak yang menjadi backgroud.

Jadi, apabila alat media ini dilihat dari jauh, makan akan terlihat hanya brandingnya saja dan terlihat lebih jelas.

Penutup

Nah, itulah beberapa perbedaan spanduk dan banner, juga media promosi lainnya. Semoga dengan artikel ini, diharapkan para pembaca lebih teliti sebelum menggunakan media promosi seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jika ada kurang atau salah kata dalam pembuatan artikel ini, pembaca bisa memberi komentar di bawah, agar penulis bisa memperbaiki lagi.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jual Banner Bekas

Mandhom
3 min read

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: