Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Contoh Brosur

9 min read

contoh brosur

Contoh brosur – Ada salah satu elemen yang bisa menjadi pemicu dalam sebuah kesuksesan, yaitu adanya sebuah promosi. Maka tidak heran, kalau banyak perusahaan yang mempromosikan produknya lewat media apapun.

Medianya apa saja? Bisa lewat iklan di koran, majalah, atau bahkan bisa melalui brosur yang disebarkan ke masyarakat umum.

Nah, saat ini teknologi sudah berkembang dengan cepat, dan banyak perusahaan yang menggunakan media digital untuk menjalankan sebuah promosi.

Lalu bagaimana dengan brosur, apakah masih banyak yang tertarik? Atau bahkan hanya sebatas baca kemudian buang begitu saja?

Penasaran dengan konten ini? Simak selengkapnya ada di bawah ini.

Alasan Brosur Sebagai Media Promosi

Mungkin sebagian orang mengatakan, bahwa brosur itu tidak akan menarik pelanggan sebagai media promosi. Jika ada yang bilang seperti itu, maka salah besar.

Mengapa? Karena pada kenyataannya, media internet atau digital yang sudah canggih seperti saat ini. Namun, media brosur sebagai promosi masih banyak diminati orang.

Media brosur juga lebih efektif jika digunakan untuk promosi, meskipun lebih mahal. Saat ini juga, banyak kaum muda yang memakai internet sebagai promosi produk, tapi tidak semua. Maka, brosur juga bisa digunakan untuk menyebarkan info mengenai suatu produk.

Dengan keadaan seperti ini, maka banyak juga orang mengakibatkan percetakan dan brosur  sebagai usahanya. Dan terbukti, usaha semacam ini bisa membuahkan hasil yang lumayan.

Ragam Contoh Brosur

Ada beberapa contoh brosur yang biasa kita temui, baik itu di toko, perumahan, rumah makan, atau bahkan di mall. Ada berapa contoh brosur tersebut? Jawabannya ada di bawah ini.

Contoh Brosur Sekolah

contoh brosur sekolah
colabdigital.co.uk

Contoh brosur pertama yaitu brosur sekolah, merupakan brosur jenis promo. Brosur ini bisa ditemukan di berbagai pameran pendidikan, baik itu pameran pendidikan dalam negeri ataupun luar negeri.

Bahkan, di dalam pameran pesta buku juga biasanya terdapat brosur sekolah. Lebih pentingnya lagi, brosur ini tidak dibagikan secara massal dan hanya pada acara tertentu.

Selain itu, brosur ini juga dipakai untuk konsumsi internal promo murid baru. Jadi, pihak sekolah hanya membuat beberapa brosur dalam setiap tahunnya.

Contoh Brosur Pendidikan Non-Formal

brosur pendidikan non formal
fiverr.com

Kalau tadi contoh brosur pendidikan formal atau sekolah, tapi ada juga brosur pendidikan non-formal. Brosur ini pada umumnya diselenggarakan oleh pemerintah daerah secara langsung atau lembaga.

Disamping itu, lembaga juga bekerjasama dengan pemerintah daerah yang lebih bernuansa tekstual dan informasi.

Brosur ini cenderung lebih standar dan konservatif, mengapa? Karena brosur pendidikan non-formal lebih mendahulukan redaksi teks dan kumpulan informasi juga teknis penyelenggaraan.

Contoh Brosur Universitas

contoh brosur universitas
dribbble.com

Pernah lihat brosur yang disebarkan di sekolah menengah atas (SMA)? Ya, itu adalah contoh brosur dari universitas. Biasanya para mahasiswa atau BEM, itu menyebarkan berbagai brosur di sekolah yang pernah mereka tempati.

Isi dari brosur universitas itu, biasanya ada konten informasi tentang proses belajar mengajar dan penerimaan mahasiswa baru.

Bahkan, dalam brosur universitas tidak lupa juga dicantumkan beberapa promosi event, dan juga beasiswa yang memiliki prestasi.

Contoh Brosur Bimbel

contoh brosur bimbel
flickr.com

Selanjutnya yaitu contoh brosur bimbel, merupakan brosur yang bertolak belakang dengan brosur pendidikan. Artinya apa? Dalam brosur bimbel ini lebih menekankan pada promo.

Jadi, kebanyakan dari contoh brosur bimbel ini tidak terlalu menekankan pada info kegiatan, pusat informasi dan juga prasarana.

Contoh Brosur Rumah Makan

brosur rumah makan
freelancer.in

Pernah ke rumah makan? Pasti pernah dan melihat brosur yang ada dalam meja makan? Iya kan! Nah, itulah contoh dari brosur rumah makan.

Mengapa hanya ada di tempat rumah makan saja? Mengapa tidak disebarkan? Memang tujuan dari brosur rumah makan ini hanya untuk pengunjung saja.

Jadi, siapa saja yang mengunjungi atau mampir ke rumah makan. Maka mereka akan menemukan brosur yang ada dalam rumah makan.

Brosur rumah makan biasanya berisikan menu makanan, minuman dan daftar harga. Bahkan, biasanya dicantumkan juga adanya promo dalam hari atau bulan tersebut.

Contoh Brosur Makanan

contoh brosur makanan
techmix.xyz

Beda dengan brosur rumah makan, contoh brosur makanan ini biasanya ada di berbagai kantin ataupun restoran. Tidak hanya itu saja, bahkan di kedai kaki lima juga menyediakan brosur makanan.

Bahkan, brosur makanan ini juga biasa ditempatkan di sela-sela kupon yang ada diskonnya

Pada umumnya, brosur ini berisi mengenai promo produk yang ditawarkan atau bisa juga pengenalan produk.

Contoh Brosur Minuman

contoh brosur minuman
thehungryjpeg.com

Kalau yang di atas tadi brosur makanan, sekarang brosur minuman. Brosur ini biasa digunakan untuk memperkenalkan jenis minuman baru. Atau bisa juga dinamakan dalam istilah marketing dengan sebutan building awareness.

Contoh brosur minuman ini biasanya dijumpai di berbagai sudut ibukota. Sales promotion girl atau SPG, yang membagikan selembaran brosur ini.

Contoh Brosur Perumahan

contoh brosur perumahan
pelaburemasperak.com

Selanjutnya yaitu contoh brosur perumahan, merupakan brosur yang pada umumnya bersifat informasi teknis bangunan rumah, lokasi dan list harga.

Brosur ini bisa ditemui di beberapa stand gerai perumahan di berbagai titik pembelanjaan. Ada satu yang menjadi daya tarik contoh brosur ini adalah, promo iklan diskon atau lokasi fasilitas umum, pendidikan di sekitar lokasi.

Contoh Brosur Real Estate

brosur real estate
sinnott-design.com

Berbeda dengan contoh brosur perumahan, brosur real estate ini memiliki isi yang lebih luas, mengapa? Karena brosur ini memetakan bentuk cluster keseluruhan bidang dalam bangunan.

Brosur ini tidak berupa 1 lembar saja, melainkan beberapa lembar. Apa saja isinya? Berisikan info tambahan penjelasan dari produk real estate secara keseluruhan.

Contoh Brosur Apartemen

brosur apartemen
visuallure.com

Kalau contoh brosur real estate itu bisa mengetahui gambaran besar dari cluster. Sedangkan untuk brosur apartemen ini merupakan bagian dari cluster tersebut.

Brosur apartemen ini juga termasuk dari bagian paket brosur real estate. Ada yang namanya superblok, dimana ada pengembangan untuk membuat blok maka tambah satu lagi brosur yang harus ada, yaitu brosur perumahan.

Contoh Brosur Pesantren

contoh brosur pesantren
darunnajah.com

Selanjutnya yaitu ada contoh brosur dari pesantren, merupakan brosur yang diproduksi oleh yayasan pendidikan non-formal. Tujuan dibuatnya brosur ini adalah, untuk mempromosikan dan menginformasikan pendidikan yang ada di dalamnya.

Ini dilakukan karena banyak pendidikan non-formal yang melahirkan output terdidik. Selain itu, kompeten dan tidak terinformasi oleh banyak kalangan.

Contoh Brosur Properti

brosur properti
clintonsmith.co.uk

Kalau contoh brosur properti ini hampir sama dengan brosur perumahan tadi. Tapi, isi dari brosur ini lebih luas daripada brosur perumahan.

Adapun isi dari brosur ini mencakup apartemen dan rumah tapak. Brosur ini hanya untuk konsumsi internal calon konsumen yang langsung datang ke kantor agen. Selain itu, brosur ini tidak disebarluaskan secara massal.

Contoh Brosur Ruko

contoh brosur ruko
marketplace.canva.com

Brosur ruko atau rumah toko, merupakan brosur yang menginformasikan calon pembeli dengan spek teknik, harga juga benefit yang akan didapat. Selain itu, contoh brosur ini bisa diperoleh dari selipan brosur utama real estate.

Mengapa demikian? Karena brosur ini satu paket dengan brosur real estate dan juga bagian dari cluster block real estate. Pada umumnya, brosur ini ditempatkan di depan jalan dan juga perumahan.

Contoh Brosur Promo

brosur promo
amilna.inweb.id

Contoh brosur ini sering banyak ditemui oleh masyarakat, yaitu brosur promo. Brosur ini yang paling menonjolkan gambar dan teks untuk tampilannya, dan jarang sekali menonjolkan redaksi teks.

Dengan banyaknya jumlah brosur promo, maka brosur ini harus bersifat mengikat pandangan dan juga tajam.

Biasanya brosur ini sering ditemukan di jalanan, baik itu dalam keadaan yang tercecer, tertempel ataupun dibagikan secara langsung.

Contoh Brosur Handphone

brosur handphone
freepik.com

Pernah melihat kertas atau sebuah brosur yang ada di dalam counter HP? Nah, itulah yang dinamakan contoh sebuah brosur handphone.

Brosur tersebut biasanya berisi informasi dari HP yang bersifat teknis dan beberapa fitur menarik. Namun, brosur HP ini jika ditempatkan di event besar, maka isinya lebih banyak promo.

Contoh Brosur Komputer

contoh brosur komputer
fotonium.com

Suka main komputer, atau sering mengotak-atik hardware? Jika iya, jika ada event kalian pasti mengoleksi brosur pada stand yang berbeda-beda.

Untuk apa? Untuk bisa memilih antara produk stand satu dengan yang lainnya. Tidak lain dan bukan, untuk menyesuaikan budget yang ada. Nah, jika sudah mantap, langkah selanjutnya adalah membeli sesuai list hitungan.

Agar, saat komputer sudah dibeli tidak kecewa dengan komputer tersebut. Maka diperlukan langkah-langkah seperti yang di atas.

Contoh Brosur Salon

contoh brosur salon
computerartist.org

Usaha salon juga membutuhkan sebuah promosi atau iklan, agar usaha yang dijalani biar lancar dan banyak pelanggan. Brosur ini hanya disebar melalui internal.

Apa maksudnya? Yaitu disisipkan atau ditaruh di sudut yang mudah terjangkau untuk mudah dilihat dan diambil oleh konsumen.

Biasanya brosur ini lebih mempromosikan jasa dan produk kecantikan lainnya. Selain itu, tujuan dibuatnya brosur ini agar lebih tertarik dan yakin kemudian mengunjungi salon tersebut.

Contoh Brosur Laundry

brosur laundry
creativemarket.com

Bahkan tidak hanya salon saja, laundry pun juga ikut mempromosikan jasanya dalam media brosur. Tidak lain, hanya untuk memberi informasi kepada pengunjung yang diberikan harga khusus untuk pelanggan tetap.

Terkadang contoh brosur ini hanya memiliki satu muka atau sisi saja. Tujuannya untuk menghemat dan hanya bagi konsumen lama yang memiliki diskon khusus untuk itu.

Selain itu, kadang juga ada yang mencantumkan promo khusus bagi reguler, dan juga memberikan diskon khusus pada kuantitas tertentu.

Contoh Brosur Motor

contoh brosur motor
behance.net

Sekarang sudah banyak yang menggunakan brosur untuk promosi, apalagi kalau promosi untuk motor. Contoh brosur motor ini banyak bentuknya, seperti promo, list harga ataupun informasi teknis.

Bentuk yang promo biasanya didapat pada stand event produsen pemegang merk. Dan untuk memberitahukan kepada khalayak ramai kalau akan diluncurkan harga kepada orang banyak.

Biasanya list harga yang didapat pengunjung, itu disebarkan oleh dealer setempat kepada masyarakat.

Untuk informasi teknis, biasanya dicetak, disupervisi dan di distribusi oleh kantor pusat.

Contoh Brosur Mobil

contoh brosur mobil
besttemplates.com

Berbeda dengan brosur motor, brosur mobil ini lebih sering menawarkan jenis mobil terbaru. Selain itu, dalam brosur tersebut terdapat promo dan juga gebyar hadiah yang bisa menarik konsumen.

Brosur ini tidak sembarangan disebar, ada tempat atau titik tertentu untuk menyebarkan brosur ini, dimana? Seperti di pusat perbelanjaan dan toserba.

Contoh Brosur Ramadhan

brosur ramadhan
creativemarket.com

Brosur ini sering ditemui jika menjelang bulan puasa, dan pada umumnya dicetak oleh perusahaan atau instansi. Brosur ini memiliki isi informasi dan juga promo dalam bulan ramadhan.

Biasanya dapat ditemukan di rumah ibadah, untuk memberitahukan pengunjung bahwa ada jadwal penceramah atau kegiatan ramadhan.

Contoh Brosur Buku

brosur buku
designcrowd.com

Terakhir contoh brosur yaitu brosur buku, yang  biasanya ditemukan di pameran buku. Bahkan, jika ada kegiatan berseri, biasanya ada tambahan poster atau brosur yang tersebar.

Tidak hanya itu, bahkan toko buku besar atau penerbit juga ikut meluncurkan beberapa buku baru untuk dipamerkan. Atau bisa juga produk yang terkait maupun brosur promo diskon besar-besaran.

Tips Desain Menarik

Nah, agar desain brosur terlihat menarik dengan tampilan visual, maka ada beberapa hal yang bisa mengundang perhatian publik.

Bagaimana cara membuat desain brosur agar bisa terlihat menarik?

Simak beberapa langkah yang bisa kalian terapkan untuk membuat desain brosur.

Singkat Namun Informatif

Pertama yaitu memilih frasa yang singkat, tapi bisa menjelaskan inti dari informasi yang disampaikan. Sebisa mungkin meminimalisir kata-kata yang bertele, yang dimana nantinya akan membuat target malas untuk membaca.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan nomor yang bisa dihubungi, mengapa? Agar target yang kita tuju bisa bertanya lebih lanjut dan menerima info lebih jelas lagi.

Pakai Judul yang Menarik

Bagian yang paling atas, apalagi kalau bukan judul. Karena judul teks akan dibaca pertama kali oleh setiap target. Maka dari itu, buatlah judul yang menarik perhatian dan juga membawa emosi para target.

Mulainya bagaimana? Mencari beberapa alternatif keyword atau kata kunci yang sudah dialami oleh target.

Mengatur Layout

Jika semua sudah tertata rapi, maka selanjutnya yaitu mengatur layout. Atau tata letak dari tulisan, agar yang membaca brosur tidak kesulitan saat membaca tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk mengatur layout atau tata letak teks. Apa saja? cek di bawah ini.

  • Jenis font
  • Teks box
  • Ukuran font
  • Infografis
  • Poin-poin

Gunakan Kata “Anda”

Sering kali diremehkan yang satu ini, menggunakan kata “Anda”. Contoh brosur akan lebih indah, jika dalam bahasanya menggunakan kata “Anda”.

Selain itu, akan memberi kesan bahwa kita sedang berbicara dengan mereka secara langsung. Menggunakan kata “Anda” juga lebih terkesan menghormati.

Pemilihan Font

Pemilihan font dalam membuat brosur juga harus diperhatikan, mengapa? Agar tulisan tersebut bisa dibaca. Selain itu, informasi yang kita sampaikan harus bisa tersampaikan dengan benar.

Adapun jenis font yang biasa digunakan dalam membuat brosur yaitu, Palatino, Garamond, Times New Roman, Georgia, Courier dan Bookman. Ukuran dari font tersebut, biasanya ada di bawah ukuran 10.

Menonjolkan Penawaran Spesial

Apa artinya? Jika dalam brosur ada yang namanya diskon, maka kalian bisa menonjolkan tersebut di dalam brosur.

Hal tersebut dibuat dengan tujuan, agar bisa memperkuat keinginan konsumen untuk segera membeli. Selain itu, agar mereka terburu-buru untuk membeli karena takut kehabisan.

Informasi Harus Relevan

Ya benar, dalam membuat brosur harus memiliki data yang lengkap dan benar. Agar yang menerima informasi tidak salah jika membacanya.

Selain itu, dalam brosur juga harus dicantumkan keberadaan perusahaan, informasi yang terkait dengan produk, produk atau layanan yang ditawarkan dan juga cara menghubunginya.

Menyebutkan Benefit dari Produk

Alangkah baiknya lagi, jika dalam sebuah brosur ada benefit atau manfaat dari produk yang ditawarkan. Hal ini juga dapat menarik calon konsumen untuk segera membeli produk.

Dengan demikian, konsumen memiliki alasan mengapa mereka memilih produk ini.

Mengetahui Audience

Agar pembuatan brosur tidak sia-sia, maka harus ada riset terlebih dahulu. Mengapa? Agar kita bisa mengetahui siapa yang menjadi target pembaca dari brosur kita.

Jangan sampai kita buat, tapi tidak ada target tertentu dan itu hanya akan membuang waktu saja.

Mencantumkan Kontak Perusahaan

Jangan lupa untuk mencantumkan kontak perusahaan, agar mereka mengetahui kalau adanya brosur ini dari perusahaan tersebut.

Pada umumnya, nama bisnis atau kontak perusahaan ini terletak di bagian paling bawah sendiri. Ini juga akan mempengaruhi pembaca untuk selalu ingat kontak perusahaannya.

Mencantumkan Testimoni Pelanggan

Bahkan, testimoni dari pelanggan bisa menjadi salah satu faktor untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Mereka lebih suka mencari testimoni dari pelanggan yang sudah memakai produk yang ditawarkan, dengan tujuan apa? Untuk membuktikan, bahwa produk itu bisa dipercaya.

Mencantumkan Call to Action

Nah, cara untuk calon pelanggan bisa langsung menghubungi kita yaitu dengan cara call to action, apa itu? Jadi orang akan memesan produk kita setelah membaca brosur.

Adapun kalimat yang biasa sering digunakan, antara lain:

  • “Hubungi Kami”
  • “Pesan Sekarang”
  • “Daftarkan Diri Anda”

Dengan demikian, bisa membuat target yakin bahwa kita ingin mereka menghubungi kita.

Lebih Unggul dari Kompetitor

Usahakan kata-kata yang kita gunakan itu lebih baik daripada kompetitor lainnya. Selain itu, harus saling menghargai dengan kompetitor lainnya.

Jangan sampai menjelek-jelekkan produk kompetitor. Usahakan, brosur yang kalian buat itu lebih unggul dan lebih menarik untuk dilihat apalagi untuk dibaca.

Menempatkan Diri Sebagai Pelanggan

Untuk lebih nyaman dalam membaca, maka kita sebagai pembuat brosur harus menempatkan diri sebagai pelanggan.

Kalian bisa membuat kata-kata secara langsung dan juga sesimple mungkin. Dan jangan sampai isi dari brosur ini seolah-olah memaksa untuk menggunakan produk tersebut.

Periksa Kembali Tulisan

Jika semua sudah selesai, maka tahap terakhir yaitu memeriksa kembali tulisan. Ini bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan atau typo dalam penulisan.

Jadi, minta tolong kepada satu teman untuk mengoreksinya. Karena jika ada yang salah dalam penulisan, maka brosur tersebut menjadi kurang berharga di mata orang banyak.

Itulah sedikit ulasan mengenai contoh, cara desain dan juga alasan mengapa brosur sebagai media promosi. Mungkin ada yang kurang atau salah dari ulasan ini, bisa isi komentar di bawah.

Artikel ini akan bermanfaat, jika kalian mau like dan share ke teman-teman kalian. Semoga bisa membantu dalam menganalisa brosur dan media promosi lainnya seperti poster.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran ID Card

Mandhom
4 min read

Ukuran Pamflet

Mandhom
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: