Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Ukuran Pamflet

7 min read

Kembali lagi di blog masnid, yang kemarin sudah membahas tentang ukuran flyer dan sekarang tentang ukuran pamflet. Apakah jenis media promosi tersebut sama atau tidak?

Sebenarnya apa itu pamflet? Baik, mari kita simak bersama-sama mengenai pamflet ini. Baik dari pengertian, ukuran, tujuan, jenis, cara membuat desainnya dan juga manfaat dari pamflet ini.

Pengertian Pamflet

pengertian pamflet
mycreativeshop.com

Pengertian pamflet menurut UNESCO, merupakan bagian dari keperluan publikasi yang bisa terdiri dari 5 sampai 48 halaman. Halaman tersebut sudah tanpa adanya sampul, dan jika melebihi halaman tersebut disebut dengan buku.

Ada  juga pengertian lain dari pamflet ini, yaitu tulisan yang berisi suatu informasi yang terdiri atas tulisan juga gambar yang ada di dalamnya. Umumnya, pamflet ini dibuat pada lembaran dan tidak dijilid atau dibukukan.

Adapun sifat dari penggunaan gambar pada pamflet ini tidaklah wajib. Penggunaan gambar hanya untuk menarik minat orang-orang terhadap pamflet tersebut.

Pengertian lain dari pamflet, yaitu tulisan yang disertai gambar yang dicantumkan dalam selembar kertas pada satu sisi atau dua. Kemudian lembaran tersebut dilipat  atau dipotong menjadi setengah, sepertiga atau seperempat sehingga terlihat lebih kecil.

Pamflet juga bisa didefinisikan sebagai selebaran yang memuat informasi-informasi tertentu. Dimana pamflet tersebut dibuat oleh perusahaan atau organisasi dan ditujukan kepada masyarakat luas.

Sebaran, selebaran, tebaran atau risalah merupakan nama lain dari pamflet. Adapun isinya untuk mempopulerkan beberapa ide agama, atau sebagai media promosi.

Banyak orang yang sudah menggunakan pamflet ini sebagai media promosi. Alasannya, yaitu pamflet lebih hemat dan juga mudah untuk dibuat.

Tujuannya pun berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Semua sesuai dengan jenis pamflet yang digunakan tersebut.

Ciri-ciri Pamflet

ciri ciri pamflet
fastwork.id

Tidak hanya poster atau brosur, pamflet juga memiliki ciri-ciri dengan karakteristik berbeda. Nah, agar tidak salah paham dengan media promosi lainnya, berikut adalah ciri-ciri dari pamflet.

  • Bahasanya singkat, padat tapi bisa menjelaskan maksud keseluruhan
  • Sifat dari pamflet yaitu persuasif atau ajakan, untuk membeli produk atau menghadiri acara
  • Font yang digunakan itu jelas dan mudah untuk dibaca
  • Tema yang digunakan juga up to date atau aktual untuk disampaikan

Ukuran Pamflet

ukuran pamflet
graphicsalon.com

Pamflet ternyata bisa dicetak sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan atau bisa sesuai kebutuhan. Ukuran yang sering digunakan dan dijadikan acuan, biasanya bisa menghemat biaya potong kertas dan lebih murah.

Adapun ukuran umum yang sering digunakan, antara lain:

Ukuran Pamflet A3

Pertama yaitu ukuran  pamflet A3, merupakan ukuran yang paling umum digunakan. Ukuran ini sangat cocok jika digunakan untuk menyampaikan informasi yang lebih banyak.

Dengan ukuran sebesar A3, bisa kalian lipat sesuai dengan selera. Jika dibiarkan terbuka lebar, maka akan sulit untuk diedarkan ke masyarakat. Akan tetapi, biaya cetak yang dikeluarkan lebih mahal dari ukuran lainnya.

Adapun ukuran A6 dalam satuan cm, mm dan inchi  ada di bawah ini.

Ukuranmmcminchi
A3297 x 42029,7 x 42,011,69 x 16,54

Ukuran Pamflet A4

Ukuran selanjutnya yaitu bawahnya ukuran A3, ukuran A4. Ukuran ini sangat ideal jika digunakan untuk mempromosikan produk. Ukuran ini bisa kalian cetak dalam kuantitas besar atau kecil.

Selain itu, bisa juga kalian cetak dengan offset printing maupun dengan printer biasa. Bahkan, ukuran pamflet A4 ini sangat cocok untuk pameran dagang atau selebaran yang diletakkan di toko atau tempat usaha.

Berikut adalah ukuran A4 dalam satuan cm, mm dan inchi.

Ukuranmmcminchi
A4210 x 29721,0 x 29,78,27 x 11,69

Ukuran Pamflet A5

Ukuran pamflet A5, merupakan ukuran yang sering dibagikan secara langsung di tempat tertentu dan juga di pameran dagang.

Ukuran ini biasanya sering digunakan dalam kuantitas banyak, mengapa? Karena sangat fleksibel. Ukuran A5 cukup untuk memuat banyak informasi yang diperlukan.

Dibawah ini adalah ukuran A5 dalam satuan cm, mm dan inchi.

Ukuranmmcminchi
A5148 x 21014,8 x 21,05,83 x 8,27

Ukuran Pamflet A6

Terakhir yaitu pamflet dengan ukuran A6, atau  bisa disebut dengan post card. Dengan ukuran A6, maka informasi yang digunakan tidak terlalu banyak dan memiliki ruang yang terbatas.

Adapun isi yang disampaikan dengan ukuran A6 ini, yaitu singkat dan to the point. Biasanya pamflet ukuran A6 ini dimasukkan ke dalam paket tertentu, untuk mempromosikan produk atau layanan.

Adapun ukuran A6 dalam satuan cm, mm dan inchi ada di bawah ini.

Ukuranmmcminchi
A6105 x 14810,5 x 14,84,13 x 5,83

Tujuan dari Pamflet

tujuan pamflet
uprint.id

Apa sebenarnya tujuan dari pamflet? Apakah hanya  untuk media promosi saja? Tidak, pamflet tidak hanya untuk promosi saja. Melainkan juga bisa digunakan untuk komunikasi dalam berbisnis.

Selain itu, pamflet juga memberi tujuan untuk memberi informasi, edukasi juga menghibur penerima target.

Sudah berabad-abad, pamflet sudah berperan sebagai penggerak ekonomi. Selain itu juga sebagai sarana distribusi yang cepat dan luas, terutama pada pelanggan.

Bahkan pamflet dulu berfungsi sebagai alat penting bagi protes politik dan kampanye.

Seiring berjalannya waktu, isi pamflet saat ini sudah banyak macamnya. Bahkan bisa menginformasikan mengenai perlengkapan dapur hingga obat-obatan, atau berisi publikasi penelitian ilmiah.

Mengapa sampai saat ini pamflet masih digunakan? Karena pamflet termasuk salah satu media promosi produk, jasa dan cara yang mudah, murah, efektif.

Jenis-jenis Pamflet

jenis jenis pamflet
saltlakeprinting.com

Ada berapa jenis pamflet? Pamflet memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Adapun jenis pamflet tersebut adalah:

Pamflet Politik

Pernah melihat pamflet yang berisikan calon pemilu? Ya, itu adalah jenis contoh dari pamflet politik.

Apa itu pemflet politik? Pamflet politik merupakan pamflet yang biasa digunakan saat diadakan pemilu. Adanya pamflet ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat, agar memilih salah satu calon pasangan.

Baik itu calon pasangan dalam tingkat Gubernur, DPR, Presiden bahkan sampai lurah sekaligus.

Pamflet Pendidikan

Selanjutnya yaitu pamflet pendidikan, biasanya isi dari pamflet ini adalah seputar informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Adapun contoh dari pamflet pendidikan ini adalah pamflet seminar, lomba dan akademik. Bahkan, bisa juga tentang kegiatan sosial pemerintah sosial dalam bidang pendidikan.

Pamflet Kegiatan

Pamflet kegiatan, merupakan pamflet yang berperan untuk mempublikasikan sebuah kegiatan yang akan dilaksanakan.

Contoh dari pamflet kegiatan ini, bisa berupa kegiatan tentang pentas seni, reuni, pengajian maupun sejenisnya.

Pamflet Niaga

Terakhir yaitu pamflet niaga, merupakan pamflet yang kebanyakan digunakan untuk katalog produk.

Apa tujuannya? Untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai produk yang akan dijual. Biasanya jenis pamflet ini disertai dengan kalimat ajakan, seperti penawaran gratis serta potongan harga.

Kelebihan dan Kekurangan Pamflet

kelebihan dan kekurangan pamflet
gapuradesign.com

Seperti media promosi cetak yang lain, pamflet juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan yang ada pada pamflet.

Kelebihan Pamflet

Apa kelebihan dari pamflet? Kelebihan pamflet yang paling unggul disini adalah memiliki desain yang menarik. Nah, dengan desain yang menarik tersebut bisa membuat audien lebih tertarik untuk membacanya.

Selain itu, informasi yang ada di dalam pamflet juga sangat luas. Ini menguntungkan bagi yang menggunakan pamflet, mengapa? Karena bisa digunakan untuk membuat media promosi dengan bercerita.

Kekurangan Pamflet

Nah, disamping kelebihan dari pemflet dengan desain yang menarik, membutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk menciptakan hal tersebut.

Mengapa? Karena pada umumnya penyajian pamflet dilipat dengan bentuk atau didesain dengan cara tertentu. Jika ada yang salah dari desainnya, maka akan berakibat fatal.

Tempat Penyebaran Pamflet

tempat penyebaran pamflet
indiamart.com

Umumnya, pamflet dibuat untuk disebarkan kepada masyarakat. Nah, penyebaran ini juga harus memperhatikan tempatnya, dan disesuaikan dengan target yang dituju.

Berikut adalah beberapa tempat yang digunakan untuk menyebar pamflet, antara lain:

  • Tempat masyarakat yang menjadi target dari pamflet tersebut
  • Tempat orang-orang berkumpul, seperti toko atau warung, dekat pasar, atau tempat yang lain
  • Balai desa atau kantor kelurahan
  • Sekolah
  • Madding desa atau masjid

Cara Membuat Desain Pamflet

cara membuat desain pamflet
stocklayouts.com

Sudah disinggung di atas, bahwa kekurangan dalam pamflet ini adalah cara mendesainnya agar tidak ada kesalahan. Berikut ada beberapa cara atau langkah dalam membuat desain pamflet.

  1. Subjek yang dipilih akan dijadikan topik, seperti kesehatan lingkungan, imunisasi, PHBS dan lainnya
  2. Mengumpulkan tulisan terkait topik yang sudah ditentukan dan mengatur tulisan
  3. Adanya gambar untuk memberikan pesan, kemudian membuat sketsa dan tempat tulisan
  4. Ilustrasi yang digunakan harus ada hubungan dengan head line
  5. Memberikan selogan yang terlihat mencolok
  6. Kombinasi warna yang pas dan mudah untuk dibaca
  7. Jangan memakai embel-embel yang tidak perlu
  8. Gambar yang sederhana
  9. Perhatikan jarak, bentuk dan juga font
  10. Meminta tolong kepada teman untuk mengoreksi pamflet yang sudah dibuat, agar mengetahui apakah ada yang salah atau tidak

Tips Mendesain Pamflet

tips mendesain pamflet
simakterus.com

Sudah mengetahui langkah pembuatan pamflet, sekarang penulis akan memberikan tips agar desain yang kalian buat bisa sempurna. Tips ini akan mempermudah dan membantu dalam membuat pamflet.

Isi Konten

Isi yang ada dalam pamflet, harus mencakup keseluruhan dari materi yang sudah dikumpulkan. Kemudian teks tersebut diringkas menjadi kalimat yang jelas dan mudah untuk dipahami bagi pembaca.

Disisi lain, pamflet juga ada yang mencantumkan materi hanya 30% saja. Kemudian pembaca akan di arahkan ke website atau contact person yang sudah tercantum.

Gambar

Gambar, merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dimasukkan ke dalam desain pamflet. Baik itu gambar bitmap atau vector akan berpengaruh terhadap tampilan pamflet.

Namun, gambar harus diperhatikan dan harus sesuai dengan tema. Jika sesuai dengan tema, maka akan lebih mengena ke pembaca.

Warna

Warna juga mempengaruhi tampilan pamflet yang akan dibuat. Mengapa? Karena setiap warna memiliki arti atau makna yang berbeda. Maka dari itu, pemilihan warna dapat disesuaikan dengan jenis pamflet yang digunakan itu.

Tipografi

Pemilihan jenis font akan mempengaruhi estetika tampilan teks pada pamflet. Jika fontnya tepat, maka bisa dijadikan pengganti dari gambar.

Begitu juga menggunakan tipografi, kalian bisa mengubahnya atau memodifikasi bentuk dari font tersebut. asalkan font yang digunakan mudah untuk dibaca dan tidak terlalu rumit.

Layout

Apa itu layout? Yaitu perpaduan atau tata letak antara gambar dan teks yang cocok dimana. Maka dari itu, layout sangat penting dan berkaitan erat dengan ukuran, isi dan bentuk atau lipatan pamflet.

Nah, dengan adanya layout, maka semua isi yang ada pada pamflet akan tertata menjadi rapi. Selain itu, mempermudah pembaca menjadi lebih enak dalam membaca.

Desain Grafis

Tambahkan elemen desain grafis, guna untuk menampilkan pamflet lebih menarik dan unik. Sentuhan sedikit dalam desain pamflet, akan mempengaruhi pembaca dalam kenyamanan membaca pamflet tersebut.

Bahan Pamflet

Lalu apa saja bahan atau jenis kertas yang biasa digunakan dalam membuat pamflet? Kertas yang biasa digunakan adalah art paper, art karton, kertas HVS dan juga matt paper.

Dengan adanya jenis kertas yang berbeda-beda, maka akan mempengaruhi hasil dari tampilan pamflet. Jika menggunakan kertas exclusive, maka hasilnya akan menimbulkan kesan elegan pada pamflet tersebut.

Ukuran atau Jenis Lipatan

Sudah dijelaskan di atas, bahwa ukuran pamflet ada 4 macam, yaitu:

  • Pamflet ukuran A3
  • Pamflet ukuran A4
  • Pamflet ukuran A5
  • Pamflet ukuran A6

Lalu bagaimana dengan lipatan pamflet? Agar lebih enak saat dibaca, maka pamflet bisa dilipat sesuai dengan keinginan. Berikut adalah beberapa lipatan pada pamflet yang bisa digunakan.

  • Pamflet lipat tengah, bisa digunakan dalam ukuran kertas A4 sehingga memiliki sampul depan dan belakang
  • Pamflet lipat roll, maksudnya bagaimana? Lipatan ini akan memberikan sampul depan dan belakang, dengan halaman yang berisi 4. Selain itu, bisa menyesuaikan dalam jumlah atau ukuran lainnya.
  • Pamflet lipat zigzag, berbeda dengan lipatan roll. Jenis lipatan ini bisa membentuk huruf Z atau bisa disebut dengan lipatan paralel.

Varnish, Spot dan Laminasi

Agar terlihat lebih menarik dan awet, maka pamflet diberikan lapisan luar. Adapun lapisan yang bisa digunakan untuk pamflet adalah sebagai berikut.

  • UV Varnish, lapisan ini berupa seperti zat kimia cair yang diletakkan pada permukaan kertas. Kertas yang diberikan lapisan ini akan cepat kering, jika disinari oleh ultraviolet pada mesin UV.
  • Spot UV, lapisan ini hanya ditambahkan pada posisi tertentu saja. Seperti pada tulisan utama atau gambar yang ditonjolkan. Lapisan ini akan memberikan tampilan yang lebih mengkilap.
  • Laminasi Doff, lapisan ini akan memberikan kesan yang mengkilap, melainkan memberikan kesan yang lembut jika disentuh.
  • Laminasi Glossy, berbeda dengan laminasi doff, laminasi ini berwarna putih dan bisa memberikan efek mengkilap. Laminasi ini akan diletakkan pada permukaan pamflet dan menjaga daya tahan dari air.

Pond

Terakhir yaitu pond, atau pond yang terdiri dari beberapa model. Tujuannya untuk menambahkan lubang, sehingga pamflet akan terlihat lebih unik dan menarik.

Manfaat Pamflet

manfaat pamflet
uprint.id

Membuat sesuatu, pastinya akan memberikan manfaat atau keuntungan pada sesuatu tersebut. Begitu juga dengan pamflet, memiliki manfaat yang begitu penting bagi para pembaca. Berikut adalah manfaat dari pamflet.

  1. Memberikan informasi, baik itu informasi kegiatan atau pemberitahuan. Seperti contoh, pengolahan sampah untuk didaur ulang.
  2. Mengingatkan kembali, seperti contoh bagaimana cuci tangan yang benar.
  3. Memberikan anjuran, tentang makanan atau buah-buahan yang mentah dicuci terlebih dahulu sebelum dimakan.
  4. Memberikan asuhan, cuci tangan sebelum makan atau gosok gigi sebelum tidur.

Itulah penjelasan dari pamflet,mulai dari pengertian, ciri-ciri, ukuran sampai dengan manfaatnya. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Jika ada salah kata atau kurang, bisa isi komentar di bawah. Penulis akan senang jika artikel ini diberi like dan share kepada teman kalian.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran ID Card

Mandhom
4 min read

Ukuran Flyer

Mandhom
6 min read

2 Replies to “Ukuran Pamflet”

    1. terima kasih kak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: