Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Ukuran ID Card

4 min read

Ukuran ID Card – Jika kalian mengunjungi tempat wisata atau keramaian, pastilah menemui orang-orang baru. Setelah bertemu, mungkin dari kalian juga ingin tahu nama dari orang tersebut.

Bahkan, tanpa berjabat tangan untuk berkenalan, pasti sebagian sudah mengenal orang tersebut. Kok bisa? Karena orang tersebut memakai ID card.

Tapi tidak semua orang memakai ID card yang diletakkan di sakunya. Biasanya orang-orang yang bekerja dalam perusahaan besar yang memakai ID card tersebut.

Lalu apa sebenarnya ID card ini? Apakah untuk tanda pengenal seorang diri? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian ID Card

pengertian id card
creativemarket.com

Apa itu ID card? Identity Card, itulah singkatan dari ID card yang artinya kartu tanda pengenal. Sebenarnya benda ini sudah tidak asing lagi bagi kalian.

Mengapa demikian? Karena dalam kehidupan sehari-hari, kalian bisa menemukan benda ini dengan mudah. Apalagi kalian yang bekerja di perusahaan besar, pasti menemui benda ini.

Selain itu, ID card ini bisa juga kalian temui di sebuah acara atau event besar. Pada bagian sekretariat pasti menggunakan ID card. Apa tujuannya? Untuk bisa memanggil nama orang tersebut tanpa harus berkenalan atau berjabat tangan terlebih dahulu.

Masih banyak lagi penggunaan dari ID card ini, misalnya untuk seorang pelajar atau mahasiswa, kartu anggota dan sejenisnya.

Isi daripada ID card adalah yang pasti ada nama, nomor telpon dan juga tugas atau jod desc.

Fungsi dari ID Card

fungsi id card
behance.net

Seperti yang sudah penulis singgung di atas, bahwa fungsi ID card ini berguna sebagai tanda pengenal. Bahkan, banyak orang yang sudah menggunakan ID card sejak lama.

Seiring berkembangnya zaman, ID card ini semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Selain tanda pengenal, ID card juga berperan sebagai tanda pengenal identitas diri sebagai kepengurusan, seperti kepentingan komersial, misalnya:

  • Kartu kredit atau debit
  • Kartu member pusat perbelanjaan atau
  • Kartu dalam sebuah permainan

Bahkan dalam sebuah event atau suatu pagelaran, ID card sangat berperan penting. Mengapa? Karena kalau kalian sebagai pengunjung akan lebih mudah untuk mengenal orang atau panitia yang bertugas.

Jenis ID Card

jenis id card
id.pinterest.com

Seperti yang kalian ketahui, bahwa ID card merupakan benda yang digunakan sebagai identitas. Maka jangan heran, kalau ID card ini memiliki banyak jenisnya.

Lalu apa saja jenis ID card yang sering ditemui? Berikut adalah jenis ID card yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

  • KTP
  • SIM
  • ATM
  • Tanda Pengenal Karyawan
  • ID Card Organisasi, dll

Mungkin kalian tidak sadar, bahwa KTP merupakan jenis ID card yang sangat penting. Dan itu sebagai bukti, bahwa yang sudah memiliki KTP merupakan bagian warga negara Indonesia.

Ukuran Standar ID Card

ukuran standar id card
creativemarket.com

Berapa ukuran standar ID card? Nah, ini pertanyaan yang sangat cocok buat kalian yang belum paham. Ukuran standar ID card ini sudah sesuai dengan standar internasional yang diatur dan ditetapkan oleh, International Organization for Standards (ISO).

Tahukah kamu? ISO juga sudah menyesuaikan ukuran ID card sesuai dengan ukuran kertasnya.

Mengapa demikian? Karena mesin printer juga sudah memiliki standar berbeda untuk ukuran kertas yang dicetak. Dengan demikian, proses cetak ID card akan lebih mudah.

Bahkan ISO juga sudah menjelaskan mengenai karakteristik atau ciri-ciri fisik dari ID card. Berikut adalah ciri-ciri tersebut:

  • Bahan kimia
  • Kelenturan
  • Suhu dan kelembapan
  • Resistensi terhadap air
  • Toxisitas

Tidak hanya ukuran saja, ISO juga menentukan ketebalan standar ID card. Adapun ketebalan dari ID card adalah 0.76 mm (0.030 in).

Nah, di bawah ini adalah ukuran standar ukuran ID card menurut ISO.

ID-1

Pertama yaitu ukuran ID-1, ukuran ini biasanya digunakan untuk pembuatan kartu perbankan. Seperti contoh  kartu ATM, kartu kredit, kartu debit atau ID card pada umumnya.

ID-1 ini memiliki ukuran kertas 85.60 x 53.98 mm (3.370 x 2.215 in), dan memiliki sudut bulat dengan radius 2,88-3,48 mm.

Di negara lain, ukuran ini juga digunakan dalam pembuatan KTP, tiket transportasi umum, kartu member berlangganan dan juga kartu nama.

ID-2

Kedua yaitu ukuran ID-2, memiliki ukuran kertas 105 x 74 mm atau setara dengan 4.134 x 2.913 in.

Tahukah kamu? Ukuran ini tidak begitu populer atau terkenal. Namun, hanya ada beberapa negara yang menggunakan ukuran kertas ini. Ini disebabkan ukurannya kurang praktis dari segi penyimpanannya, dan saat ini sudah tidak digunakan lagi.

Adapun negara yang menggunakan ukuran ini sebagai KTP adalah, warga Jerman, Kroasia dan Luxemburg.

Tahukah kamu? Negara Jerman menggunakan ukuran ini sudah sejak sebelum November 2010. Namun setelah itu kembali lagi ke ukuran ID-1.

ID-3

Selanjutnya ukuran ID-1, merupakan ukuran yang biasa digunakan untuk Paspor dan juga Visa di berbagai negara.

Perlu diketahui, ukuran ID-3 ini cukup besar. Karena ukurannya cukup besar, maka tidak bisa disimpan dalam dompet atau saku.

Ukuran ID-3 memiliki ukuran kertas 125 x 88 mm (4.921 x 3.465 in).

ID-4 atau 000

Terakhir adalah ukuran ID-4, memiliki ukuran sangat kecil dari ukuran sebelumnya. Ukuran ini setara dengan 15 x 25 mm atau jika di jadikan satuan lain menjadi, 1,5 x 2,5 cm.

Ukuran ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu salah satu sudutnya terpotong sebanyak 3 mm.

Jika dibayangkan, ukuran ID-4 atau 000 ini setara dengan ukuran kartu SIM Card atau kartu perdana telepon seluler. Adapun sebutan lain dari ukuran ID-4 ini adalah ukuran CR80.

Ukuran ID Card Secara Umum

ukuran id card secara umum
uprint.id

Ada ukuran standar, ada juga ukuran umum yang digunakan pada ID card. Ada beberapa jenis dan ukuran umum yang bisa kalian ketahui, sebagai berikut.

Ukuran KTP / E-KTP

Adapun ukuran KTP saat ini adalah 85.60 x 53.98 mm, atau dalam satuan lainnya adalah 8.56 x 5.39 cm.

Ukuran Name Tag atau Co Card

Sedangkan untuk ukuran ini, biasa digunakan untuk tanda peserta dan lainnya. Ada beberapa jenis dalam ukuran ini, yaitu:

  1. 7 x 13.7 cm
  2. 5 x 11.9 cm
  3. 1 x 11.2 cm
  4. 8 x 8.6 cm

Nah, untuk Co Card memiliki ukuran yang berbeda juga, dan terbagi sebagai berikut:

  1. Ukuran ID Card-A1, Memiliki ukuran 100 x 68 mm, dengan bentuk lanscape.
  2. Ukuran ID Card-A2, memiliki ukuran 106 x 82 mm, dengan bentuk lanscape.
  3. Ukuran ID Card-B1, memiliki ukuran 85 x 55 mm, dengan ukuran plastik 100 x 65 mm.
  4. Ukuran ID Card-B2, memiliki ukuran 105 x 70 mm, dengan ukuran plastik 123 x 80 mm.
  5. Ukuran ID Card-B3, memiliki ukuran 105 x 85 mm, dengan ukuran plastik 122 x 95 mm.
  6. Ukuran ID Card-B4, memiliki ukuran 135 c 95 mm, dengan ukuran plastik 150 x 105 mm.
  7. Ukuran ID Card-B6, memiliki ukuran 125 x 176 mm.
  8. Ukuran ID Card-A5, memiliki ukuran 148 x 210 mm.
  9. Ukuran ID Card PNS, memiliki ukuran 54 x 86 mm.
  10. Ukuran ID Card Panitia, memiliki beberapa jenis ukuran, bisa ukuran B1, B2, B3 ataupun B4.

Ukuran Kartu Nama

ukuran kartu nama
subur.co.id

Sebelumnya sudah penulis bahas di artikel kertas kartu nama, tapi disini penulis akan singgung sedikit. Kartu nama atau dalam bahasa inggrisnya adalah name card, merupakan tanda pengenal yang isinya identitas seseorang.

Di negara kita Indonesia, ukuran kartu nama yang paling umum digunakan adalah 90 x 55 mm. Sedangkan dalam satuan cm, ukurannya adalah 9 x 5.5 cm ( 1063 x 650 pixels ).

Manfaat ID Card

manfaat id card
zonacetakbandung.com

Sudahkah kalian mengetahui mengenai manfaat dari ID card? Karena ID card bukan hanya sebagai formalitas perusahaan saja. Di bawah ini adalah beberapa manfaat ID card.

  • Bisa membedakan antara karyawan dengan non-karyawan.
  • Bisa memfasilitasi antara karyawan dengan direktur, serta mengetahui divisi dan nama yang terkait.
  • Memberikan kesan rapi dan formal bagi orang yang menggunakan.
  • Bisa menjadi media promosi atau branding saat ada salah satu karyawan yang mengunjungi perusahaan lain.
  • Bisa juga menjadi aplikasi kontrol akses, dimana hanya karyawan saja karyawan yang bisa memasuki ruang kerja.

Contoh Desain ID Card

Pembahasan terakhir dalam artikel ini adalah beberapa contoh desain dari ID card. Jika tertarik, kalian bisa memesan desain ID card atau kartu nama dengan cara klik disini.

contoh desain id card 1
dribbble.com
contoh desain id card 2
creativemarket.com
contoh desain id card 3
designtrends.com
contoh desain id card 4
hazken.com
contoh desain id card 5
creativemarket.com

Demikian pembahasan mengenai ukuran ID card sampai dengan contoh desainnya. Semoga bermanfaat bagi kalian yang belum paham dan lebih paham lagi bagi yang sudah paham, *kata-katanya mbulet ya, hehe.

Jangan lupa like dan share artikel ini, agar penulis lebih semangat untuk memberikan konten terbaik buat kalian.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran Pamflet

Mandhom
7 min read

Ukuran Flyer

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: