Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Teknik Juggling dengan Lutut

teknik juggling dengan lutut

Teknik juggling dengan lutut – Dalam permainan sepak bola, banyak teknik-teknik yang bisa dilatih untuk meningkatkan skill dalam permainan tersebut. Mulai dari teknik dribbling, passing, teknik mengontrol bola, juggling dan masih banyak lagi teknik-teknik yang lain.

Salah satu teknik dalam permainan sepak ada yang dinamakan teknik juggling. Teknik juggling di dalam permainan sepak bola sudah cukup banyak dilakukan. Selain itu, teknik ini merupakan salah satu skill dasar yang bisa dilakukan oleh para pemain sepak bola.

Juggling dalam sepak bola, yaitu memainkan bola menggunakan beberapa bagian mulai dari punggung kaki, lutut atau tubuh bagian atas tanpa menyentuh lantai atau jatuh. Teknik juggling sangat populer sejak adanya freestyle soccer.

Tak perlu panjang lebar, berikut ini penjelasan mengenai teknik juggling dengan lutut.

Teknik Juggling dengan Lutut

teknik juggling dengan lutut

Teknik juggling bisa dilakukan dengan mudah oleh pemain sepak bola, mengapa demikian? Karena teknik ini merupakan salah satu teknik dasar yang harus dilatih oleh setiap pemain sepak bola. Meskipun terkadang pemain sepak bola pemula hanya bisa melakukan 2-3 juggling itupun sudah bagus.

Para pemain sepak bola yang mahir sudah bisa melakukan 10-15 juggling, bahkan lebih. Teknik juggling sangat membantu kalian dalam melakukan permainan sepak bola.

Teknik Juggling menggunakan lutut termasuk teknik yang cukup mudah untuk dilakukan. Bagi kalian yang masih pemula, bisa mencoba teknik ini. Sebelum itu, kalian harus mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut.

Perlengkapan Juggling Harus Tepat

Sebelum kalian melakukan teknik juggling ini, hendaknya kalian menggunakan perlengkapan jungling yang tepat. Seperti halnya menggunakan sepatu bola yang permukaan atasnya datar, untuk memudahkan kalian saat melakukan teknik ini.

Gunakan bola yang tidak terlalu keras, atau kempeskan sedikit, untuk apa? Agar lutut kalian tidak terasa sakit nantinya saat melakukan teknik junggling ini.

Menggunakan Kaki Dominan

Apa tujuannya? Untuk mempermudah kalian bagi pemula yang masih belum bisa menggunakan kedua kaki. Kalian bisa menggunakan kaki yang dominan terlebih dahulu.

Setelah kalian sudah mulai handal menggunakan kaki yang dominan, cobalah sesekali untuk menggunakan kaki yang non-dominan agar memudahkan dalam teknik juggling ini.

Mengempeskan Bola Sepak

Mengempeskan bola sepak disini bertujuan untuk melindungi kalian, agar tidak terlalu sakit saat nanti akan melakukan juggling. Karena banyak teknik-teknik juggling seperti juggling pada punggung kaki, lutut, bahkan bagian tubuh atas seperti dada.

Tujuan selain diaatas adalah, meminimalisir rasa sakit apabila bola sepak mengenai bagian tubuh kalian.

Nah, jika bola sepak terlalu keras akan menimbulkan nyeri atau rasa sakit. Jadi, hendaknya untuk mengempeskan bola sepak terlebih dahulu sebelum melakukan juggling.

Menekuk Lutut Sedikit

Saat melakukan juggling, kalian harus menstabilkan bola sepak kalian dalam keadaan kaki menekuk. Namun, jangan sampai lutut dalam keadaan terkunci.

Mengapa demikian? Agar mencegah lutut tidak terjadi kecelakaan atau cedera. Karena jika terjadi cedera, penanganannya akan sulit dan butuh beberapa hari untuk pulih.

Baca juga : Mengenal apa itu radang sendi lutut

Juggling Hingga Berkali-kali

Setelah kalian mulai berlatih melakukan teknik juggling ini, jangan lupa untuk latih dengan mengulang gerakan juggling ini secara terus-menerus.

Mengapa melakukan seperti itu? Agar kalian mahir dalam melakukan teknik juggling ini. Semakin banyak latihan, semakin mahir pula melakukan juggling.

Pergantian Kaki

Jika kalian sudah mahir menggunakan satu kaki dominan, selanjutnya kalian bisa melakukan variasi dengan menggunakan dua kaki kalian.

Setelah menyiapkan persiapan-persiapan yang tertera diatas, sekarang kalian sudah bisa memulai melakukan teknik ini. Berikut cara melakukan junggling dengan menggunakan lutut:

  1. Angkatlah salah satu paha kalian hingga membentuk sudut yang tegak lurus dengan tubuh.
  2. Pegang bola tepat diatas paha dan jatuhkan hingga memantul di paha.
  3. Pada tahap awal tangkap kembali bola ketika telah terpantul ke atas.
  4. Setelah itu, ketika bola terpantul dan jatuh kembali, maka gunakan paha satunya untuk kembali memantulkan bola.
  5. Lakukan latihan tersebut berulang kali.

Teknik juggling ini dipercaya mampu membuat pemain memiliki reaksi yang cepat tanggap terhadap bola. Jika kalian melakukannya secara rutin, bisa dibayangkan betapa handalnya koordinasi tubuh kaian selama bermain sepak bola nantinya.

Demikian penjelasan tentang cara melakukan teknik juggling dengan menggunakan lutut. Latihan yang dilakukan berulang kali akan membuat kalian menjadi pemain sepak bola yang handal.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Teknik Mengoper Bola

Mandhom
2 min read

How to Make a YouTube…

Mandhom
3 min read
%d blogger menyukai ini: