Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

√9 Jenis Printer Untuk Percetakan Terbaik di Indonesia [Rocommended]

printer untuk percetakan

Di dalam dunia percetakan saat ini, pasti tidak luput dengan namanya komputer atau laptop dan printer. Printer untuk percetakan yang menjadi alat untuk mencetak dokumen atau foto yang telah dibuat dalam komputer.

Jenis printer yang berbeda-beda, salah satunya printer A3 yang memiliki banyak kegunaan. Pada umumnya, printer A3 ini sering digunakan untuk mencetak dokumen dan draft gambar.

Adapun printer ini banyak digunakan oleh jasa percetakan atau perusahaan tertentu untuk mencetak berbagai kebutuhan. Misalnya desain grafis, desain arsitektur, desain interior bahkan pekerjaan teknik sipil.

Printer yang dipilih juga sebaiknya berkualitas dan bagus. Untuk lebih jelasnya, mari ikuti penjelasan artikel ini.

Jenis Printer Untuk Percetakan

Memang sudah banyak merek printer yang ada di pasaran dengan pilihan masing-masing pengguna. Terutama keunggulan yang ditawarkan dan harga yang bisa disesuaikan. Printer juga merupakan mesin kantor yang begitu penting dalam perusahaan dan juga jenis tinta yang tidak ingin ketinggalan dalam peran percetakan.

Pada umumnya, printer A3 merek Epson adalah yang paling banyak dicari. Tapi, merek Canon dan HP juga ikut bersaing secara kompetitif.

Jadi, jika kamu berminat untuk membuka usaha atau sedang mencari printer A3 untuk mencetak. Maka berikut ini ada beberapa jenis printer untuk percetakan dengan ukuran A3 yang berkualitas dan bagus.

1. Printer Brother MFC – J3720

printer Brother MFC – J3720
csmsbrunei.com

Jenis printer untuk percetakan yang pertama yaitu printer Brother MFC – J3720. Printer A3 ini mempunyai kelebihan yang banyak sekali, yaitu bisa untuk digunakan scan, fax dan juga fotocopy.

Selain itu, printer ini dilengkapi dengan wireless wifi, yang memungkinkan user melakukan percetakan dokumen melalui jaringan tersebut.

Oleh sebab itu, printer ini biasa dijuluki dengan printer multifungsi. Selain itu juga, printer ini menjadi pilihan printer A3 terbaik.

2. Printer Epson L1800

jenis printer percetakan - Epson L1800
epson-middleeast.com

Rekomendasi printer untuk cetak ukuran A3 selanjutnya yaitu printer dari Epson dengan tipe L1800. Printer ini memiliki seri printer ukuran A3 yang mumpuni meski tidak dilengkapi dengan banyak kemampuan lengkap lainnya seperti yang ditawarkan printer brother.

Merek dari printer Epson ini merupakan printer favorit banyak percetakan karena memiliki kemampuan cetaknya yang luar biasa.

Selain itu, printer ini menggunakan 6 jenis warna yaitu cyan, magenta, yellow, black, light cyan dan light magenta. Kombinasi warna ini bisa membuat hasil cetak dokumen menjadi lebih baik, bahkan diklaim memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Untuk resolusi maksimal dari printer ini yaitu 5760 x 1440 dpi. Sedangkan untuk kecepatan cetaknya untuk dokumen berwarna 5.5 ipm dan hitam hanya 15 dpi. Untuk cetak foto bisa 45 detik per fotonya.

3. Printer Epson T1100

Epson T1100
epson.eu

Masih di merek Epson, kali ini hadir dengan seri T1100 yang memiliki keunggulan berupa teknologi terbaru yang membantu mencetak gambar terbaik.

Teknologi tersebut dinamakan Stylus office, dengan kualitas cetak yang dihasilkan detail dan tidak buram. Kemampuan lain dari teknologi tersebut yaitu bisa mencetak ukuran 4R sampai A3 dengan hasil cetak yang bisa berupa poster, grafik serta diagram pada ukuran kertas A3.

Selain itu, hasil dari cetak printer ini bisa bertahan lama dan tidak luntur walaupun itu mengenai air. Printer ini sangat cocok digunakan untuk mencetak dengan ukuran kertas A3. Karena kualitas cetak yang diberikan sangat tinggi.

Selain itu, printer ini bisa digunakan untuk mencetak kartu undangan, foto, kartu nama dan masih banyak lainnya. Karena pada dasarnya jenis kertas undangan dan jenis kertas kartu nama itu berbeda.

4. Printer All in One Epson L1455

jenis printer percetakan - All in One Epson L1455
iconofficeequipments.com

Printer ini merupakan alat yang wajib dimiliki bagi percetakan untuk meningkatkan produktivitas percetakannya. Karena cetakan dari printer ini menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi.

Selain itu, kemampuan dari printer ini bisa mencetak pada ukuran kertas A3, yang dimana produk ini merupakan printer produksi pertama jenis Epson.

Dalam kecepatan cetaknya, printer ini bisa mencetak dengan kecepatan 10 ipm pada ukuran kertas A3. Sedangkan untuk ukuran kertas A4 bisa mencetaknya dengan kecepatan 18 ipm.

Printer ini bisa mencetak foto dengan resolusi tinggi, yaitu bisa mencapai 4800 dpi dengan kualitas foto yang berkualitas.

5. Printer Epson Stylus Photo 1390

Epson Stylus Photo 1390
pinoydeal.ph

Printer untuk percetakan dari jenis Epson yaitu Epson Stylus Photo 1390. Dilihat dari namanya yang identik dengan mencetak foto maupun dokumen dalam ukuran kertas A3.

Printer ini sudah menggunakan teknologi catridge terbaru yang disebut teknologi catrin. Teknologi catrin yang bisa mengoptimalkan dalam penggantian catridge, yang dimana nantinya jika salah satu catridge kehabisan tinta, maka yang diganti hanya satu catridge saja.

Pada printer ini sudah menggunakan catridge 6 warna yaitu cyan, magenta, yellow, light cyan, light magenta dan catridge inkdividual.

Untuk kecepatan printer ini bisa mencetak dengan kecepatan sampai 15 halaman per menit untuk file monokrom, tapi tergantung jenis file dan kualitas cetak yang diinginkan.

Sedangkan dalam untuk mencetak halaman teks ukuran A4 penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 34 detik. Untuk ukuran A3 sendiri membutuhkan waktu sekitar 173 detik.

6. Printer Canon Pixma iX6560

jenis printer percetakan - Canon Pixma iX6560
klikglodok.com

Berpindah dari printer jenis Canon, yaitu Canon Pixma iX6560. Teknologi cetak yang digunakan printer ini yaitu Inkjet, kapasitas cetak besar yang bisa mencetak ukuran A3.

Selain ukuran A3, printer ini juga mendukung untuk mencetak dalam ukuran kertas A4, A5, B5, B4 dan jenis ukuran kertas lainnya.

Untuk kecepatan dari printer ini yaitu bisa mencapai 11,3 ipm dengan cetak hitam putih, atau bisa juga dikatakan bisa mencetak 11 lembar dalam satu menit pada ukuran A3. Sementara untuk kecepatan cetak yang berwarna bisa mencapai 8,8 ipm atau setara dengan 8 lembar per menitnya.

Printer ini bisa menghasilkan cetak yang sangat diunggulkan dan pastinya detail yang sangat jelas, mengapa? Karena printer ini bisa mencapai resolusi cetak sampai 9600 x 2400 dpi.

7. Printer Canon Pixma iX7000

Canon Pixma iX7000
1cs1.com

Jenis printer Canon selanjutnya yaitu Canon Pixma iX7000 yang hampir sama dengan printer Canon Pixma iX6560. Bisa mencetak ukuran kertas A3 dan bisa juga digunakan untuk mencetak pada ukuran A4, A5, B4, B5 dan ukuran lainnya.

Tapi, yang membedakan dari printer ini terletak pada resolusi, printer ini memiliki resolusi masih di bawah printer Canon Pixma iX6560 yaitu 4800 x 1200 dpi.

Dengan resolusi tersebut, printer ini juga masih bisa digunakan untuk mencetak foto dengan kualitas cetak yang bagus untuk printer inkjet.

Untuk kecepatan mencetak pada printer ini bisa mencapai 10 ipm pada kertas A4 untuk dokumen monokrom. Sedangkan, untuk full color membutuhkan waktu 8,1 ipm.

8. Printer Canon Pixma Pro 10

jenis printer percetakan - Canon Pixma Pro 10
hniesfp.imgix.net

Canon Pixma Pro 10 termasuk salah satu printer yang memiliki fitur hi-class. Printer ini fokus ke dalam cetak foto dengan kualitas tinggi, dengan tujuan untuk menghasilkan cetakan foto dengan cepat dan tanpa batasan warna.

Printer ini bisa melakukan cetak dengan maksimal ukuran kertas A3. Selain itu, printer ini memiliki sistem pewarnaan yang sangat bagus sekali dan dilengkapi dengan gradasi warna yang lembut dan halus.

Untuk kecepatan mencetak, printer ini mampu mencetak foto dalam waktu 5 menit 30 detik pada ukuran kertas A3. Sedangkan untuk ukuran kertas A4 bisa mencetak dengan kecepatan 3 menit 10 detik.

Sedangkan resolusi pada printer ini mencapai 4800 x 2400 dpi, yang bisa menghasilkan warna yang lembut dan halus.

Canon Pixma Pro 10 termasuk salah satu printer yang memiliki fitur hi-class.

9. Printer HP Officejet 7110

HP Officejet 7110
store.hp.com

Jenis printer untuk percetakan yaitu tipe printer HP Officejet 7110, yang bisa dimanfaatkan oleh kalangan profesional baik itu arsitek, desainer, pemborong proyek maupun pengusaha percetakan.

Printer ini mengeluarkan produk printer A3 dengan harga yang cukup murah. Tapi, keunggulan dari printer ini banyak sekali.

Apa saja keunggulan tersebut? Dari resolusi cetak printer ini bisa mencapai 600 x 1200 dpi dengan warna hitam, sedangkan resolusi 4800 x 1200 dpi dengan full color.

Selain itu, bisa mencetak poster, diagram, grafik atau tebal yang berukuran kertas A3 dengan sangat baik.

Pada kecepatan cetak printer ini bisa mencapai 15 ppm untuk cetak dokumen hitam putih, sedangkan 8 ppm untuk cetak dokumen warna.

Penutup

Nah, itulah jenis printer untuk percetakan yang bisa saya rekomendasikan. Sebenarnya masih banyak lagi jenis printer yang biasa digunakan dalam percetakan. Tapi, ada baiknya juga untuk bisa mengetahui cara kerja printer dengan baik dan benar.

Semoga artikel ini bisa membantu dalam usaha yang sedang kamu jalani sekarang atau kamu yang ingin buka usaha. Ada kurang lebihnya bisa komentar di bawah. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini, agar bisa berbagi pengetahuan kepada teman.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jual Banner Bekas

Mandhom
3 min read

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: