Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Printer Untuk Cetak Foto Terbaik dan Terbaru [Recommended]

9 min read

printer untuk cetak foto

Memilih printer untuk cetak foto bukanlah hal yang mudah. Mengapa demikian? Karena saat ini sudah cukup banyak merk atau tipe printer yang mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda.

Selain itu, kecanggihan dan kualitas dari hasil cetak juga dibutuhkan dengan penawaran yang banyak. Tapi, pada kenyataannya semua yang ditawarkan hanya omong kosong dan setelah dibuktikan hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Hal seperti itulah yang menjadi kendala, bagi sebagian orang yang belum mengenal jenis printer untuk cetak foto yang cocok dan menghasilkan gambar yang jelas.

Pada artikel kali ini, akan menjelaskan tentang jenis printer untuk foto yang bisa memberi hasil cetak yang terbaik.

Printer Epson

Jenis printer pertama yang kami rekomendasikan yaitu printer epson. Kelebihan dari printer ini yaitu tidak mudah rusak dan awet. Printer ini memiliki ketahanan dan keawetan yang lebih lama dari pada printer lainnya.

Tapi yang perlu diketahui juga, pemilik harus bisa merawat dan menjaga printer ini dengan baik-baik. Jika pemilik sembarangan dalam pemakaiannya, maka printer ini bisa eror.

Berikut adalah jenis printer epson yang cocok dibuat cetak foto yang sudah kami rangkum dalam artikel ini.

Epson PictureMate PM225

printer untuk cetak foto Epson PictureMate PM-225
bhphotovideo.com

Printer epson yang kami rekomendasikan pertama yaitu jenis printer Epson PictureMate PM225. Printer ini merupakan jenis printer untuk foto terbaik dengan hasil gambar yang bagus dan berkualitas juga.

Selain itu, printer jenis ini juga memiliki harga yang cukup murah. Jika dibuat usaha, sangat cocok dengan modal yang kecil untuk membeli printer foto murah dan berkualitas juga.

Epson PictureMate PM245

printer untuk cetak foto Epson PictureMate PM245
sg.carousell.com

Jenis printer untuk cetak foto selanjutnya yaitu printer Epson PictureMate PM245. Printer ini mempunyai kelebihan dalam kecepatan, dalam 37 detik printer ini bisa mencetak foto dengan ukuran 10×15 cm.

Foto dalam format 16:9 juga mendukung dalam printer ini. Juga mempunyai resolusi cetak sampai 5.760×1.440 dpi yang hasilnya pun penuh ke seluruh area tanpa ada batas di pinggiran foto.

Kelebihan yang ada dalam printer ini, bisa mengedit foto tanpa melalui komputer atau laptop. Terdapat layar LCD 2,5 inci yang tersedia di printer ini. Sangat ringan dan mudah jika ingin mencetak foto dengan cepat.

Epson PictureMate PM400

printer untuk cetak foto Epson PictureMate PM400
digitaltrends.com

Printer yang bisa jadi andalan untuk mencetak foto selanjutnya yaitu Epson PictureMate PM-400. Printer ini menggunakan tinta dengan sistem pewarna 4 tinta yang bisa membuat percaya diri. Palet tinta dari printer ini yaitu cyan, magenta, yellow dan black.

Keunggulan dari printer ini bisa mencetak foto ukuran 4×6 inci (tanpa border) dalam waktu 36 detik. Memiliki maksimal resolusi cetak 5.750×1.440 dpi dengan kapasitas 50 lembar kertas foto.

Sekilas printer ini hampir mirip dengan printer Epson PictureMate PM-245. Tapi, printer ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan. Memudahkan printer ini bisa dibawa kemana-mana.

Epson PictureMate PM520

printer untuk cetak foto Epson PictureMate PM520
iconofficeequipments.com

Beda halnya dengan printer ini, printer Epson PictureMate PM520 bisa dibilang printer epson yang kecil-kecil cabe rawit. Mengapa tidak? Ukuran yang relatif kecil dan memiliki kualitas cetak foto yang mengagumkan.

Hanya dengan waktu 36 detik printer ini bisa mencetak foto dengan ukuran 5×7 inci tanpa border. Artinya seluruh kertas ini penuh dengan hasil cetak tersebut.

Kelebihan lain dari printer ini yaitu memiliki LCD ukuran 2,7 inci di bagian atas printer. Lebih menarik lagi, printer ini memiliki teknologi nirkabel Wi-Fi Direct yang bisa mencetak foto langsung dari perangkat sejenis handphone.

Epson L850

printer untuk cetak foto Epson L850
amazon.in

Jenis printer untuk cetak foto berikutnya yaitu Epson L850, yang menggunakan gamut 6 warna untuk memberikan hasil cetak foto yang berkualitas tinggi.

Selain itu, printer ini bisa mengirit percetakan, mengapa seperti itu? Karena dalam satu set botol tangki 6 warna printer yaitu cyan, magenta, yellow, black dan warna tambahan gamut yaitu light cyan dan light magenta, yang mampu mencetak 1.800 foto berukuran 4R, ngerikan?

Keunggulan yang unik lagi dari printer ini yaitu bisa mencetak cover CD/DVD langsung dalam medianya, tanpa harus menggunakan lebel stiker. Hal seperti ini yang mempermudah dan mempercepat hasil cetak.

Epson L805

printer untuk cetak foto Epson L805
klikglodok.com

Seperti halnya dengan Epson L850, Epson L805 ini bisa mencetak dokumen warna dari ukuran A4 dengan kualitas hasil yang mengagumkan juga.

Nah, pada saat digunakan untuk mencetak foto berukuran 4×6 inci hanya membutuhkan waktu sekitar 12 detik saja. Sedangkan, jika memakai resolusi yang lebih tinggi membutuhkan waktu 27 detik. Hasil dari cetakannya juga menutup seluruh bagian kertas.

Printer ini dilengkapi juga dengan Wi-Fi IEEE 802.11b/g/n, sehingga bisa mencetak dari perangkat yang digunakan untuk mengambil foto dengan koneksi cepat.

Epson L1800

printer untuk cetak foto Epson L1800
epson.eu

Rekomendasi printer Epson L1800 menjadi alat printer untuk cetak foto yang bisa mencetak sampai ukuran A3+ dan bersifat borderless. Artinya, printer ini sangat cocok digunakan untuk mencetak foto dalam bentuk poster atau sejenisnya yang bersifat besar.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas tadi, printer ini menggunakan 6 warna gamut. Tapi, satu set tangki 6 warna bisa digunakan untuk mencetak sampai 1500 foto ukuran 4R.

Epson Stylus Photo R3000

printer untuk cetak foto Epson Stylus Photo R3000
epson.eu

Jenis printer epson selanjutnya adalah Epson Stylus Photo R3000, jenis printer ini termasuk yang banyak dipilih, mengapa? Karena memiliki kapasitas yang cukup memadai untuk kebutuhan profesional.

Namun, jika printer ini digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran A3 membutuhkan waktu yang cukup lama. Dibalik itu semua, printer untuk cetak foto ini bisa mencetak foto dengan resolusi yang cukup tinggi.

Epson Stylus Photo R2000

printer untuk cetak foto Epson Stylus Photo R2000
epson.eu

Lain halnya dengan printer Epson Stylus Photo R2000, yang menggunakan tinta set dengan 8 warna. Warna itu termasuk photo black, mate black, magenta, kuning, merah, biru dan oranye.

Tinta pigmen Epson UltraChore Hi-Gloss® 2, bisa menghasilkan cetakan foto yang memberikan warna sempurna, natural dan warna yang tajam. Printer ini bisa mencetak dengan kertas foto sampai art paper dengan ukuran maksimal A3.

Bahkan, kelebihan lain dari printer ini yaitu bisa mencetak hasil pada roll kertas yang biasa digunakan dalam mencetak spanduk. Selain itu, printer ini dilengkapi dengan koneksi nirkabel untuk mempermudah dan membantu dalam mencetak setiap foto.

Epson Stylus Photo T60

printer untuk cetak foto Epson Stylus Photo T60
diyprinting.com.ph

Harga dan kualitas yang seimbang dari printer Epson Stylus T60 menjadi alasan fotografer untuk bisa memilikinya. Selain itu, proses percetakan foto juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Hasil dari printer ini juga tidak mengecewakan dan sangat memuaskan dengan hasil yang sempurna.

Epson SureColor SC-P800

printer untuk cetak foto Epson SureColor SC-P800
printerland.co.uk

Kalau printer Epson Stylus Photo R2000 menggunakan tinta dengan 8 warna, tapi printer Epson SureColor SC-P800 ini menggunakan tinta UltraChrome HD dengan 9 warna. Menakjubkan bukan?

Printer jenis ini sangat cocok digunakan oleh fotografer profesional yang ingin menghasilkan foto yang benar-benar hidup di berbagai media. Dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi untuk memudahkan para pengguna mencetak dari sejumlah perangkat seperti handphone, tablet maupun PC.

Kelebihan lain dari printer ini yaitu ada layar LCD sentuh ukuran 2,7 inci dan tidak merepotkan pengguna untuk menggunakan bantuan PC. Selain itu, masih ada banyak fitur-fitur yang sangat berguna dalam mencetak foto hasil dari tangkapan kamera bagi para pengguna.

Printer ini memiliki resolusi cetak 2.880×1.440 dpi dengan kapasitas 120 lembar kertas foto. Resolusi itu bisa mencetak foto sampai 3 halaman per menit. Memberikan hasil dengan kualitas yang terbaik, tentunya dengan harga yang cukup mahal.

Epson SureColor SC-P407

printer untuk cetak foto Epson SureColor SC-P407
iconofficeequipments.com

Jenis printer epson untuk cetak foto yang terakhir yaitu Epson SureColr-P407. Printer ini bisa memberikan warna yang mengagumkan karena ada bantuan dari tinta Hi-Gloss 2. Tinta jenis ini mengandung pigmen yang mempunyai rentang warna yang lebar dan menghasilkan warna yang halus dan mengkilap.

Masalah kecepatan mencetak, printer ini membutuhkan waktu 102 detik untuk ukuran kertas A3. Sedangkan, untuk ukuran A4 printer ini membutuhkan waktu 68 detik.

Kelengkapan lain dari printer ini ada koneksi kabel USB dan Ethernet dengan kecepatan tinggi. Selain itu, ada koneksi nirkabel Wi-Fi IEEE802.11/b/g/n. Sehingga lebih luwes saat melakukan koneksi dari perangkat yang digunakan untuk mengambil foto.

Printer Canon

Rekomendasi printer untuk cetak foto berikutnya yaitu printer canon. Hasil cetak dari printer dalam mencetak foto ini tidak bisa diremehkan lagi, mengapa? Karena foto yang akan dicetak dalam printer ini akan memberi kualitas terbaik dan juga sebanding dengan harganya.

Selain itu, printer ini memiliki daya tahan dari sparepartnya yang akan menjamin keawetannya. Kerusakan dalam printer ini jarang ditemukan seperti rusak pada sensor, roll paper atau perangkat lainnya.

Dibawah ini adalah printer canon yang cocok dijadikan sebagai alat cetak foto.

Canon Pixma Pro-100

printer untuk cetak foto Canon Pixma Pro-100
amazon.com

Salah satu andalan dari printer Canon Pixma Pro-100 yaitu memiliki kemampuan dalam mencetak foto monochrome. Printer ini menggunakan 8 cartridge tinta dengan model CLI-42, 8 warna tersebut yaitu abu-abu, abu-abu muda, hitam, kuning, cyan, cyan photo, magenta, dan magenta photo.

Dalam 8 warna ini, ada 3 diantara yang didedikasikan untuk membuat foto monochrome. Warna tersebut yaitu abu-abu, abu-abu muda dan hitam yang menjadi kekuatan utama dalam mencetak foto monochrome.

Printer ini menggunakan teknologi FINE yang bisa memberikan kualitas hasil sampai 4.800×2.400 dpi. Hasil yang detail, tajam juga penuh warna. Juga bisa mencetak ukuran kertas A3.

Canon Pixma iP8770

printer untuk cetak foto Canon Pixma iP8770
tokopedia.com

Selain printer Canon Pixma Pro-100 yang bisa mencetak ukuran A3, ternyata printer Canon Pixma iP8770 ini juga bisa mencetak ukuran A3. Printer ini sangat cocok untuk mendukung aktivitas fotografi.

Selain itu, printer ini juga bisa digunakan untuk usaha percetakan khusus mencetak gambar. Hasil dari cetakan printer ini juga memiliki warna dan hasil gambar yang lebih tajam.

Canon Pixma MG8220

printer untuk cetak foto Canon Pixma MG8220
jtfbus.com

Perlu diketahui, printer Canon Pixma MG8220 didukung dengan koneksi Wi-Fi 802.11n dan Wi-Fi Protected Setup (WPS), sehingga memungkinkan banyak perangkat yang mendukung koneksi nirkabel .

Fitur All in One sudah dimiliki oleh printer ini, apa maksudnya? Printer ini tidak hanya bisa mencetak gambar tapi juga bisa memindai gambar.

Canon Pixma TS9150

printer untuk cetak foto Canon Pixma TS9150
harveynorman.ie

Jenis printer untuk cetak foto bermerk canon selanjutnya yaitu Canon Pixma TS9150 yang mampu memberikan kualitas cetak foto yang bagus. Bisa mencetak foto dengan kecepatan 1 menit dalam 15 lembar foto untuk hitam putih. Sedangkan, 10 lembar membutuhkan waktu 1 menit untuk foto yang berwarna.

Printer ini juga dilengkapi dengan latar ukuran 12,6 cm dengan konektivitas Wi-Fi, Bloetooth, Ethernet, dual paper feeder dan juga creative filter. Kelebihan lain dari printer ini bisa digunakan untuk scan dokumen dengan ukuran maksimal A4.

Canon imagePROGRAF PRO-1000

printer untuk cetak foto Canon imagePROGRAF PRO-1000
bhphotovideo.com

Printer imagePROGRAF PRO-1000 merupakan printer foto yang memiliki lebar 17 sebagai printer art inkjet. Bisa mencetak kertas dengan ukuran 13×19 inci atau ukuran A3 dalam waktu 2 menit 30 detik.

Selain itu, printer ini bisa mencetak foto sampai resolusi 4800×2400 dpi yang hasil gambar yang dicetak akan mempunyai detail yang tajam dan natural. Bahkan, printer ini juga bisa mencetak foto sampai maksimal ukuran 17×22 inci dengan kualitas detail yang lebih tajam.

Apa yang menjadi sebab itu semua? Printer ini menggunakan 11 tinta warna dan sentuhan teknologi Chroma Optimizer yang dapat menciptakan hasil cetakan yang sempurna dan elegan.

Canon Selphy CP1200

printer untuk cetak foto Canon Selphy CP1200
printerbase.co.uk

Printer merk Canon Selphy CP1200 yang mempunyai kelebihan yaitu mudah, cepat dan ada koneksi. Dari ketiga kelebihan ini sering banyak ditonjolkan oleh para produsen.

Printer ini bisa dibilang murah, karena tidak harus menyambungkan langsung dengan listrik. Cocok sekali buat fotografer untuk dijadikan andalan saat pergi berwisata.

Kualitas dari printer ini juga bisa dicetak dan saat cetakan sudah keluar, langsung mendapat pelapis pelindung. Nah, lapisan ini bisa melindungi foto dari debu atau air, sehingga hasil cetak bisa bertahan lama. Keren bukan?

Fujifilm Instax Share SP-2

printer untuk cetak foto Fujifilm Instax Share SP-2
digitaltrends.com

Fujifilm yang dulunya dikenal sebagai produsen kamera, sekarang ikut mengeluarkan printer foto portabel guna meramaikannya. Meluncurkan Instax Share SP-2 yang menjadi generasi kedua sebelum Instax Share SP-1.

Tentunya desain dari Instax Share SP-2 ini lebih ramping dan ergonomis yang memudahkan untuk dipegang. Dalam kecepatan cetaknya pun sudah lebih baik, hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk mencetak foto dengan jumlah 100 gambar dan kualitas 320 dpi.

Printer ini juga menyediakan program edit sederhana yang bisa diatur sesuai keinginan. Template yang bernama split bisa membagi satu gambar menjadi dua foto dan collage bisa membuat foto kolase dalam satu lembar. Sangat keren bukan?

Sebelum proses mencetak, harus mempunyai aplikasi Instax Share yang ada pada App Store atau Google Play Store.

Fujifilm Instax Share SP-3

printer untuk cetak foto Fujifilm Instax Share SP-3
fstoppers.com

Hampir sama dengan printer Instax Share SP-2, memiliki desain yang ramping dan juga ergonomis.

Perbedaannya ada pada kecepatan. Jika printer Instax Share SP-2 membutuhkan waktu 10 detik dengan jumlah 100 gambar, sedangkan printer Instax Share SP-3 bisa mencetak foto dengan jumlah 160 gambar dalam waktu 13 detik.

Yang menjadi perbedaannya lagi yaitu printer Instax Share SP-2 bisa mencetak dengan ukuran persegi panjang, sedangkan printer Instax Share SP-3 bisa mencetak dengan ukuran persegi.

Polaroid ZIP

printer untuk cetak foto Polaroid ZIP
bestbuy.com

Jenis printer untuk foto ini bisa dibawa kemana-mana, namanya Polaroid ZIP. Ukurannya sekitar 8×12 cm dengan tebal 3 cm dan berat 186 gram, yang tidak jauh beda dengan ukuran handphone pada umumnya.

Baterai printer ini berkapasitas 500 mAh yang bisa mencetak foto sampai 25 lembar foto saja. Selain itu, printer ini didesain untuk bisa mencetak foto dimana dan kapan saja.

Cara mencetak foto dengan printer ini bisa menggunakan koneksi bluetooth yang ada pada HP. Atau bisa dengan melalui aplikasi Polaroid ZIP yang sudah disediakan sebagai paket saat membeli printer ini.

HP Sprocket Photo Printer

printer untuk cetak foto HP Sprocket Photo Printer
bhphotovideo.com

Hasil cetak dari HP Sprocket Photo Printer mungkin tidak berkualitas dari printer yang lain, tapi printer ini bisa mencetak foto dengan kecepatan 40 detik dan sangat praktis. Ukuran dari printer ini sangat mungil yaitu 75x116x23 mm dengan berat 170 gram.

Selain itu, ukuran foto yang bisa dicetak dengan printer ini yaitu 5×7,6 cm. Keunikan dari printer ini yaitu tidak menggunakan tinta untuk bisa mencetak foto, tapi dengan menggunakan teknologi Zero Ink atau ZINK.

Printer ini menggunakan panas untuk mengubah lembaran kertas yang sudah dicelup ke dalam bentuk foto. Unik bukan? Tidak repot-repot menggunakan tinta.

HP OfficeJet Pro 8720

printer untuk cetak foto HP OfficeJet Pro 8720
store.hp.com

HP OfficeJet Pro 8720 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik printer untuk cetak foto. Printer ini memberikan kualitas foto yang profesional, tapi dengan harga yang cukup terjangkau.

Printer ini bisa mencetak foto dengan kecepatan 24 halaman per menit untuk foto hitam putih. Bahkan, bisa sampai 20 halaman per menit untuk foto yang berwarna.

Kelengkapan lain dari printer ini yaitu ada layar sentuh ukuran 4,3 inci yang memudahkan mencetak foto secara langsung. Ada juga konektivitas Wi-Fi yang nantinya bisa diprint lewat handphone.

Kodak Mini 2 HD

printer untuk cetak foto Kodak Mini 2 HD
sea.pcmag.com

Rekomendasi printer untuk cetak foto yang terakhir yaitu printer Kodak Mini 2 HD. Printer ini mungil dan keren ini memiliki ukuran yang hanya 3×5,2×1 inci saja. Bisa mencetak foto dengan ukuran 2,1×3,4 inci.

Selain itu semua, printer ini menawarkan berbagai pilihan konektivitas agar bisa terhubung melalui Wi-Fi, Bluetooth, Wi-Fi Direct dan NFC. Jika belum support NFC, bisa menempelkan langsung ke printer tersebut untuk langsung dicetak. Sangat hebat bukan?

Nah, itulah rekomendasi printer yang sudah kami ulas dengan detail. Tapi yang harus diperhatikan juga dengan obyek yang akan dicetak nanti. Harus mengetahui jenis-jenis kertas dengan baik serta kegunaannya. Mengapa demikian? Karena jenis kertas stiker dan jenis kertas foto itu berbeda.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan untuk semua orang yang membutuhkan.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran ID Card

Mandhom
4 min read

Ukuran Pamflet

Mandhom
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: