Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Peran Venture Capital

peran venture capital

Peran venture capital – Orang awam yang baru saja ingin merintis suatu bisnis, pasti akan mencari info-info penting apa saja yang ada di bidang tersebut. Banyak istilah yang kurang dipahami oleh orang awam mulai dari startup, business model, inkubator, akselerator, venture capital dan lain-lain.

Entah kenapa, memulai sesuatu bisnis harus lebih berhati-hati. Hati-hati disini dimaksudkan karena sering kali beberapa orang takut mengalami kerugian saat merintis bisnis baru.

Selain itu, memahami hal-hal yang belum pernah diketahui sebelumnya. Untuk apa? Agar bisa menjadi pebisnis yang benar-benar kompeten dalam bidangnya.

Mengenal Venture Capital

mengenal venture capital

Apakah Anda tahu, apa itu venture capital?

Venture Capital merupakan sebuah jenis pembiayaan yang disediakan para investor untuk perusahaan startup, baik itu kecil hingga menengah. Venture capital berasal dari investor besar sampai dengan investor bank.

Tidak hanya itu, para perusahaan startup harus memiliki perkembangan bisnis yang bagus. Karena para investor besar pasti akan tertarik untuk melakukan investasi ke perusahaan startup Anda.

Sudah jelas, venture capital disini menjadi bagian yang sangat penting bagi sebuah perkembangan perusahaan rintisan kecil atau startup.

Selain istilah venture capital, ternyata ada juga istilah venture capitalist. Venture capitalist merupakan bagian yang mengawasi atau mengelola jalannya venture capital.

Apa tugas dari seorang venture capitalist? Tugas adalah memproyeksikan keuntungan dari kepemilikan yang didapatkan dari perusahaan yang diberikan dana.

Sedangkan, dana yang diberikan kepada perusahaan startup didapatkan dari para investor besar disebut dengan Limited Partners. Limited Partners ini terdiri dari orang-orang kaya, dana pensiun, dana mengendap, perusahaan besar dan sumber lainnya.

Peran Venture Capital

peran venture capital

Berikut peran dari venture capital terutama untuk para perusahaan startup:

1. Memastikan Startup Mendapat Untung Besar

Investor atau venture capital akan memberikan dana pinjaman kepada perusahaan Anda kelola sekarang. Biasanya dari pihak pengelola venture capital akan membantu perusahaan rintisan untuk mendapat keuntungan yang besar.

Jasa modal venture capital yang besar akan mempermudah para perusahaan startup untuk menaikkan jumlah perputaran uang. Hal ini tentu saja bukan tanpa sebab, karena apabila bisnis yang didanainya memiliki nilai saham yang tinggi jasa, maka jasa yang menyediakan modal seperti ini akan meraup keuntungan besar.

2. Memangkas Waktu Penggalangan Dana Bisnis Baru

Jika Anda adalah orang baru yang akan memulai sebuah bisnis, tentu akan berpikir bagaimana dan berapa besar modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Hal ini terjadi karena terbatasnya modal dan membuat perusahaan kecil terlambat berkembang.

Nah, untuk bisa lebih fokus memajukan startup, Anda bisa mencoba memasukkan berkas ke salah satu venture capital. Dimana perusahaan Anda tidak akan membuang waktu yang banyak hanya untuk menggalang dana.

Salah satu perusahaan yang bisa memberikan suntikan dana adalah Convergence Ventures. Firma Venture Capital yang satu ini akan memaksimalkan potensi & mengembangkan produk dari perusahaan Anda.

3. Mencadangkan Tambahan Modal

Adanya venture capital memang tidak bisa dipisah dari bisnis startup, mengapa demikian? Karena memiliki peran yang sangat penting.

Apa peran penting tersebut? Yaitu mencadangkan modal yang telah disediakan. Sehingga bos atau pemimpin perusahaan dapat berkembang tanpa perlu pusing-pusing mencari pinjaman dana tambahan.

Venture capital akan menyimpan tambahan modal sebagai dana lanjutan. Tujuannya yaitu untuk pengembangan bisnis jangka waktu yang lebih panjang.

4. Akses Mudah Jaringan VC

Akses jaringan merupakan keuntungan besar lainnya yang bisa didapatkan setelah kesepakatan kerjasama dengan venture capital. Keuntungan ini bisa berupa jaringan klien dan juga karyawan untuk menggunakan jasa atau produk dari perusahaan yang sedang Anda jalani sekarang.

Modal memang menjadi suatu bagian yang sangat penting demi keberlangsungan sebuah perusahaan yang sedang berkembang. Tetapi, ada beberapa hal lain yang tidak kalah penting.

Venture capital di Indonesia sudah tidak diragukan lagi, dan sudah menangani berbagai macam bisnis yang tentunya memiliki jaringan yang kuat. Tentu saja, bukan orang sembarangan yang masuk ke dalam jaringan venture capital.

Sebagian dari mereka mempunyai berbagai keahlian, sebagian juga merupakan seorang pengusaha dan memiliki pengalaman yang lebih dalam bidang yang Anda kelola. Sehingga akan memberikan sudut pandang yang berbeda pada masalah yang akan muncul, agar perusahaan Anda bisa berkembang menjadi besar.

Demikian penjelasan tentang peran dari venture capital. Memulai suatu bisnis tidaklah mudah tetapi dengan berusaha tentu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.
%d blogger menyukai ini: