Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Promosi Penjualan

pengertian promosi penjualan

Apakah kamu tahu pengertian promosi penjualan? Pastinya kata promosi ini sudah asing lagi dan beberapa kali didengar. Mulai dari obrolan keluarga, tetangga, teman bahkan dari media cetak juga.

Tapi, mungkin sebagian orang masih belum mengetahui dengan jelas apa itu pengertian promosi. Nah, dalam artikel kali ini akan membahas tentang pengertian promosi penjualan sampai dengan contohnya.

Sebelumnya ketahui dulu macam media komunikasi yang hampir semua orang sudah menggunakannya.

Pengertian Promosi Penjualan

pengertian promosi penjualan
careerbuilder.com

Pengertian promosi penjualan merupakan suatu kegiatan komunikasi antara perusahaan dan konsumen sebagai usaha. Dengan tujuan untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian sesuai keinginan dan kebutuhan calon konsumen.

Pada bagian penjualan atau pemasaran dari sebuah perusahaan, akan mengembangkan promosi, dengan tujuan apa? Untuk menginformasikan mengenai produk mereka sehingga bisa mempengaruhi konsumen untuk membelinya.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Adapun sebagian para ahli mengartikan promosi sebagai berikut.

Julian Cummins (1991:11)

Menurut Julian Cummins, promosi merupakan sebagian serangkaian teknik yang digunakan untuk mencapai sasaran penjualan atau pemasaran dengan penggunaan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa.

Philip Kotler (1997:142)

Menurut Philip Kotler, promosi sebagai dari suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen agar membeli.

Rambat Lupiyaadi (2001:108)

Menurut Rambat Lupiyaadi, promosi termasuk salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk jasa.

Harper Boyd

Menurut Harper Boyd, promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.

Boone dan Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, promosi merupakan proses menginfomasikan, membujuk dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.

Jenis-jenis Promosi

jenis jenis promosi
linkedin.com

Ada beberapa jenis dan cara orang melakukan promosi, yang dimana akan berbeda dalam produk atau jasa, cara dan media promosinya. Nah, berikut ini adalah jenis promosi yang biasanya ditemui.

Promosi Secara Fisik

Promosi ini ternyata bisa diadakan di lingkungan fisik yang rata-rata dilakukan pada acara tertentu atau event khusus. Contoh dari promosi secara fisik ini seperti acara pameran, bazar, festival, konser dan sejenis lainnya.

Para penjual yang ada dalam acara tersebut, biasanya membuka stand atau booth untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.

Kelebihan dari jenis promosi ini adalah bisa menjangkau langsung para calon konsumen. Mereka bisa secara langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu, calon konsumen bisa langsung bertanya dalam segala sesuatu yang mengenai produk atau jasa tersebut. Hal tersebut menjadikan penjual untuk bisa membujuk atau merayu calon konsumen agar membelinya.

Disisi lain, interaksi langsung antar calon konsumen di lapangan, akan sangat memungkinkan konsumen tersebut akan langsung melakukan pembelian.

Dalam kelebihan tersebut, ada juga kekurangan dari promosi secara fisik ini, yaitu sangat terbatas jumlah calon konsumen, mengapa? Karena hanya dilakukan di lingkungan tertentu seperti sekolah, kampus, perkantoran dan lainnya.

Promosi Media Tradisional

Maksud dari promosi melalui media tradisional yaitu jenis media promosi yang dilakukan dengan via cetak, seperti koran, majalah, tabloid dan semacamnya.

Selain media cetak, ada juga dengan media elektronik seperti radio, televisi dan jenis lainnya. Serta juga media luar ruangan atau outdoor seperti banner, baliho, billboard dan lainnya.

Kelebihan dari jenis promosi melalui media tradisional ini yaitu bisa menjangkau banyak calon konsumen dari pada dengan promosi secara fisik, mengapa? Karena jangkauan media yang memang cukup luas.

Adapun untuk kekurangan dalam media ini adalah membutuhkan biaya yang sangat besar, mengapa? Karena akan melibatkan media besar seperti televisi, papan untuk billboard dan lainnya.

Promosi Media Digital

Jenis terakhir dari media promosi adalah promosi melalui media digital, media ini bisa mencakup seperti internet dan sosial media atau jejaring sosial.

Ini merupakan cara modern dalam berpromosi, karena memungkinkan orang akan melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui jenis teknologi saat ini, seperti ponsel atau laptop.

Para pengusaha banyak menggunakan media digital seperti ini, mengapa demikian? Karena media digital saat ini merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen dalam setiap harinya.

Untuk kelebihan dari media digital ini adalah bisa menjangkau orang secara luas dengan waktu dan biaya yang efisien.

Sedangkan untuk kelemahan dari media promosi digital ini adalah sangat banyak sekali kompetitor atau pasaing yang turut bermain di dalamnya. Tugas yang cukup berat dalam pemasaran, agar lebih kreatif lagi dalam berpromosi.

Nah, dapat disimpulkan bahwa promosi yang melalui media digital merupakan  jenis media yang sudah banyak digunakan saat ini, mengapa? Karena faktor efisien biaya dan penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.

Tujuan Promosi

tujuan promosi
proxera.net

Ada beberapa tujuan dari kegiatan promosi pada umumnya ini, yaitu:

1. Penampakan

Salah satu bagian yang penting dari promosi yaitu promosi tersebut harus bisa menyampaikan pesan dalam jumlah calon konsumen yang dituju. Dengan demikian, perusahaan akan memilih media yang tepat ke konsumen yang dituju tersebut.

2. Perhatian

Dalam kegiatan promosi harus bisa menarik perhatian calon konsumen atau konsumen yang dituju. Tapi, kebanyakan itu sulit untuk menarik calon konsumen terhadap promosi yang dilakukan.

Mengapa? Karena ada banyak promosi yang dilakukan oleh perusahaan lainnya, sehingga perhatian calon konsumen tidak hanya terpusat pada satu promosi saja.

Adapun promosi yang biasa dilakukan oleh perusahaan meliputi advertensi, promosi penjualan dan usaha promosi lainnya.

3. Pemahaman

Tujuan lain dari promosi ini yaitu pemahaman yang dicapai saat calon konsumen menginterprestasikan pesan yang sampai kepadanya. Seringkali calon konsumen tidak bisa memahami promosi yang direncanakan dengan baik atau bisa menarik perhatian.

Terkadang juga perhatian dari media yang digunakan bisa menyebabkan pesan yang disampaikan menjadi tidak jelas. Sehingga, dalam mengubah penggunaan media juga harus melihat apakah perlu diadakan perubahan pesan atau tidak.

4. Perubahan Sikap

Sesudah promosi yang sudah bisa dipahami oleh calon konsumen, maka perusahaan mengharapkan sebuah tanggapan dari calon konsumen terhadap promosi tersebut.

Nah, setiap perusahaan harus bisa menyesuaikan promosinya dengan produk yang sudah dihasilkan, dengan tujuan untuk bisa mengubah sikap calon konsumen yang dituju.

5. Tindakan

Tahap terakhir dari tujuan promosi ini adalah untuk meningkatkan hasil perusahaan melalui peningkatan hasil penjualan.

Maka, tujuan promosi yang terpenting adalah untuk memicu tindakan calon konsumen yang dituju, mengapa? Karena hal ini bisa dijadikan tanpa berhasil atau tidaknya suatu promosi.

Keuntungan Promosi

keuntungan promosi
rectmedia.com

Adapun keuntungan dari kegiatan promosi ini adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan omzet penjualan.
  • Memperpendek hutang perusahaan
  • Membentuk product movie (mau membeli karena barang tertentu).
  • Meningkatkan produk agar menjadi lebih kuat.
  • Meningkatkan pembeli tentang produk yang akan dibeli.
  • Mempercepat perputaran modal kerja perusahaan.

Contoh Promosi

contoh promosi
blog.arfadia.com

Ada beberapa contoh dari promosi yang banyak sekali dan bisa ditemui dalam sehari-hari dengan tampilan yang berbeda. Berikut adalah contoh promosi yang sudah umum.

  • Promosi di sebuah toko, beli 2 pasang sepatu gratis 1 pasang sepatu tambahan.
  • Promosi dari suatu provider telekomunikasi, nelpon 5 menit gratis telpon selama 30 menit.
  • Promosi di sebuah restoran, beli makan tertentu gratis minum.
  • Promosi di sebuah depatement store, dapat potongan harga 30% untuk suatu produk tertentu.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian promosi penjualan, jenis-jenis, tujuan dan contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa menerapkan dalam sebuah perusahaan.

Jika ada kurang atau salah kata dalam artikel ini, bisa langsung komentar di bawah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar juga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Aplikasi Desain PC

Mandhom
2 min read

Font Untuk Nickname

Mandhom
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: