Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Mesin Sablon Kaos Digital

3 min read

mesin sablon kaos

Berbicara tentang mesin sablon kaos, merupakan alat yang digunakan untuk membantu proses sablon dari tinta ke bahan. Dimana proses tersebut akan mempermudah jika dilakukan dengan bantuan mesin.

Pada zaman yang sudah berkembang ini, sudah banyak jenis sablon yang menjadi upaya untuk membuka suatu usaha. Dimana usaha tersebut kebanyakan anak muda yang melakukannya.

Nah, sablon juga ada yang menggunakan proses manual dan digital. Dimana alat sablon manual dan digital itu berbeda-beda serta memiliki kegunaan yang berbeda juga.

Pada artikel kali ini, akan membahas tentang mesin sablon kaos yang memiliki kualitas yang baik dan juga sering digunakan. Simak lanjut pembahasan di bawah ini.

Mesin Sablon Kaos

Sudah disebutkan di atas tadi, mesin sablon ini bisa mempermudah proses cetak. Selain itu, juga bisa mempercepat cara kerja dari mesin sablon tersebut.

Terutama bagi yang ingin menyablon dalam jumlah yang banyak, maka mesin ini akan sangat membantu.

Adapun mesin sablon kaos sebagai berikut.

1. Mesin Printer Col-Desi (DTG Digital) M2

mesin sablon kaoa - Mesin Printer Col-Desi (DTG Digital) M2
dtgprintermachine.com

Mesin sablon kaos yang pertama yaitu mesin printer Col-Desi (DTG Digital) M2. Mesin printer ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar. Pada bagian atas printer ini bisa dibuka, sehingga memudahkan untuk mencetak gambar yang ukurannya lebih besar dari ukuran mesin.

Kelebihan selanjutnya dari mesin ini adalah mudah untuk dibersihkan dan biaya perawatannya juga terjangkau.

2. Mesin Printer M&R M-Link X

Mesin Printer M&R M-Link X
youtube.com – Infographie Broceliande Serigraphie

Mesin printer M&R M-Link X ini bisa disebut dengan mesin M-Link X saja. Mesin ini mempunyai ukuran yang besar dari pada ukuran mesin sebelumnya, sehingga tidak perlu khawatir terbatas oleh batas printer yang kecil.

Selain itu, desain dari printer ini sangat cocok untuk industri percetakan dan tidak cocok untuk digunakan di rumah. Untuk biaya perawatan dari printer ini juga masih bisa terjangkau.

3. Mesin Printer Brother GTX

Mesin Printer Brother GTX
youtube.com – MHMDirectGB

Selanjutnya yaitu mesin printer Brother GTX yang juga tidak kalah canggih dengan printer sebelumnya. Aturan dari printer ini adalah harus lebih berhati-hati dalam menjaga kelembaban printer pada bagian bawah printer yang bisa dibuka.

Mengapa perlu dilakukan? Karena hal tersebut bisa juga untuk merawat printer agar awet dan tahan lama.

Sedangkan, untuk biaya pengeluaran operasi dari printer ini sangatlah hemat untuk digunakan. Dalam ukuran printer ini, memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada M-Link X.

4. Mesin Printer Kornit Breeze

mesin sablon kaos - Mesin Printer Kornit Breeze
fibre2fashion.com

Kemudian mesin sablon kaos dari kornit dengan ukuran yang paling kecil dari seri Breeze merupakan mesin yang mempunyai desain yang terkini.

Dari desain ini, banyak orang yang tertarik untuk membeli mesin ini. Selain itu, mesin ini memiliki tinta yang bisa kering dengan pengering gas saja. Jadi, akan memperingan biaya perawatan seperti mesin sablon lainnya.

5. Mesin Printer Epson F2100

Mesin Printer Epson F2100
youtube.com – Hobby Print Indonesia

Epson F2100 merupakan jenis mesin printer kaos yang paling baik kerjanya. Mesin ini memiliki ukuran yang kecil, waktu operasi yang optimum dan biaya yang juga terlalu banyak untuk dikeluarkan.

Biaya ini mungkin akan menjadi perhitungan dalam keuntungan yang bisa didapat. Tapi dibalik itu semua, pasti hasil cetaknya lebih memuaskan.

Mesin ini harus dipasang suatu tempat dan tidak boleh dipindah-pindah. Hal itu merupakan menjadi kekurangan dari mesin ini.

6. Mesin Printer Mimaki TS300

mesin sablon kaos - Mesin Printer Mimaki TS300
deprintz.com

Mesin sablon kaos digital yang memiliki 8 pilihan warna merupakan mesin yang dimiliki oleh Mimaki TS300. Termasuk dalam warna yang ada dalam mesin ini adalah warna kuning dan merah muda yang sangat populer.

Kecanggihan teknologi yang dimiliki mesin ini, bisa menghasilkan kualitas cetak yang luar biasa. Selain itu, mesin ini bisa memantau sendiri proses percetakan yang sedang berlangsung. Hal ini merupakan pilihan yang tepat yang ingin menyablon tapi tidak punya tenaga untuk pengawasan.

7. Mesin Printer Mimaki TX300P-1800

Mesin Printer Mimaki TX300P-1800
teespro.id

Mesin printer sablon kaos selanjutnya yaitu merek Mimaki TX300P-1800, merupakan mesin yang cocok untuk digunakan mencetak sablon bagi pemula dan menengah. Terutama jika dalam menggunakan kain anyaman atau tenunan.

Printer ini memiliki kecanggihan teknis untuk membantu memonitor kinerjanya. Selain itu, printer ini juga dalam penggunaan dan perawatannya sangatlah mudah.

Jenis printer ini termasuk mesin cetak yang menggunakan teknik cetak DTG (Direct to Garment).

8. Mesin Printer Mimaki TX300P-1800B

Mesin Printer Mimaki TX300P-1800B
fespa.com

Printer Mimaki TX300P-1800B merupakan teknologi percetakan kain yang hampir sama dengan Mimaki Mimaki TX300P-1800. Tapi, untuk mengangkut kain melalui printer harus menggunakan selimut cetak berperekat.

Mengapa demikian? Karena alat tersebut sangat penting untuk percetakan produksi pada kain halus dan barang rajutan.

Printer ini memiliki sabuk yang dimana kegunaannya agar tidak terdistorsi atau melengkung pada bagian tepinya.

9. Mesin Printer Epson F9370

mesin sablon kaos - Mesin Printer Epson F9370
teespro.id

Jika printer Mimaki TX300P-1800 menggunakan teknik cetak DTG, maka printer yang satu ini menggunakan teknik cetak sublimasi, yaitu printer Epson F9370.

Tidak semua jenis bahan kaos menggunakan printer ini untuk proses sablon. Ada bahan tertentu yang bisa digunakan dalam printer ini, yaitu kain olahraga, barang dekorasi rumah seperti tirai dan karpet.

10. Mesin Printer Mutoh VJ-1638

Mesin Printer Mutoh VJ-1638
asabadigitalprinting.com

Selain mesin printer Epson F9370 yang bisa menggunakan teknik sablon sublimasi, maka printer Mutoh VJ-1638 juga bisa untuk menyablon dengan teknik sublimasi.

Seperti halnya printer Mimaki TS300 yang bisa mengeluarkan 8 pilihan warna, printer ini juga bisa mengeluarkan 8 pilihan warna cetak dengan pilihan tinta fleksibel.

Bagi yang baru memulai atau ingin membuka usaha sablon digital, printer ini sangat cocok untuk digunakan.

Penutup

Sekian penjelasan singkat mengenai mesin sablon kaos. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dalam membuka usaha sablon, khususnya sablon digital.

Jika ada kurang atau salah dalam artikel ini, bisa komentar langsung di kolom bawah. Jangan lupa juga untuk like dan share artikel ini, agar teman-teman lain juga bisa termotivasi untuk membuka usaha dengan adanya artikel ini.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: