Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil

Asupan nutrisi atau makanan terbaik memang diperlukan untuk ibu hamil, terutama untuk seorang yang masih tergolong trimester pertamanya.

Pola makan yang sangat baik ini, diperlukan untuk selalu menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Nah, agar kehamilan dari bunda berjalan baik, ada beragam cara untuk bisa mewujudkannya. Mulai dengan istirahat yang cukup, rutin mengontrol kehamilan, rutin berolahraga dan mengikuti segala saran oleh dokter.

Selain itu, tentunya juga memerlukan asupan makanan oleh ibu hamil yang nyatanya tidak kalah penting untuk dilakukan.

Makanan Terbaik Ibu Hamil

makanan terbaik untuk ibu hamil

Kemudian, apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini adalah penjelasannya.

Kaya Protein

Protein merupakan makanan untuk trimester pertama yang tidak boleh ketinggalan. Jangan salah lagi ya, protein tidak hanya tentang otot saja, akan tetapi juga mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil.

Protein ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh untuk ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Tidak hanya itu, protein juga dapat membantu ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga ibu hamil tidak akan mudah mengalami sakit.

Lantas, makanan apa saja yang bagus untuk ibu hamil dan baik dikonsumsi pada trimester pertama? Bunda yang sedang hamil bisa mengkonsumsi makanan mulai daging tanpa lemak, ikan, telur dan juga unggas.

Kaya Asam Folat

Asam Folat adalah salah satu jenis nutrisi penting dalam pembentukan sel otak pada bayi. Suplemen prenatal atau masa sebelum kelahiran dengan asam folat, sehingga sangat penting untuk kecerdasan si kecil walau dalam kandungan.

Makanan yang Kaya Akan Serat

Serat adalah salah satu nutrisi atau makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Serat ini dapat membantu ibu hamil untuk mengontrol kenaikan berat badan dan juga mencegah preeklamsia.

Keistimewaan dari serat bukan hanya untuk merangsang perkembangan janin saja. Akan tetapi, nutrisi ini juga dapat membantu mencegah bumil mengalami konstipasi atau masalah buang air besar.

Susu atau Produk Olahan Susu

Susu atau jenis produk olahan ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil di trimester pertama kehamilan. Katakanlah protein, vitamin D, iodium asal folat, sampai kalsium.

Pada trimester pertama bumil ini dianjurkan untuk mengkonsumsi produk olahan susu yang kaya akan kalsium. Kalsium ini sangat baik untuk ibu dan juga pertumbuhan tulang dan janin.

Harus Mengandung Zat Besi

Selain beberapa nutrisi di atas, makanan ibu hamil ini perlu mempunyai kandungan zat besi di dalamnya. Untuk alasannya jelas, makanan yang kaya akan zat besi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia.

Yang harus diingat adalah, jangan Anda menganggap remeh anemia, mengapa? Karena kondisi ini bukan hanya berdampak pada ibu saja.

Anemia tentunya dapat memicu berbagai masalah pada janin, salah satunya adalah penyebab kelahiran premature. Karena itulah zat besi adalah salah satu nutrisi makanan bagus untuk ibu hamil.

Perhatikan Asupan Karbohidrat

Jangan lupa, ibu hamil juga sangat membutuhkan karbohidrat selama menjaga kehamilan. Karbohidrat kompleks ini menjadi salah satu nutrisi yang bisa membentuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan pencernaan selama kehamilan.

Mengkonsumsi karbohidrat selama kehamilan tentunya juga baik untuk memenuhi kebutuhan energi janin yang sedang berkembang.

Ada banyak sekali jenis makanan untuk ibu hamil yang telah mengandung karbohidrat. Misalnya buah pisang, sayur bayam dan kacang-kacangan dan oatmeal.

Lemon atau Air Kelapa

Lemon dan juga air kelapa tentunya dapat menjadi pilihan untuk ibu hamil yang biasa mengalami mual di trimester pertama kehamilan. Menariknya lagi, air kelapa tentu dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan juga mencegah dehidrasi.

Buah Srikaya

Buah khas dari Negara tropis ini kaya akan vitamin A dan C yang penting untuk perkembangan mata, kulit dan jaringan tubuh janin lainnya.

Selain itu, buah srikaya ini juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil, mengapa demikian? Karena bisa membantu mendukung perkembangan fungsi kognitif pada bayi.

Itulah beberapa macam makanan terbaik untuk ibu hamil. Penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda dengan baik, agar kebaikan dan juga kesehatan terbaik tidak hanya Anda rasakan. Tapi juga akan dirasakan oleh buah hati ketika di kandungan.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.
%d blogger menyukai ini: