Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Mengenal Kertas Untuk Kartu Nama | Jenis, Ukuran dan Finishing

5 min read

kertas untuk kartu nama

Kertas untuk kartu nama – Anda buka usaha tapi belum punya kartu nama? Padahal, kartu nama sangatlah penting dalam suatu usaha atau dalam sebuah perusahaan yang Anda pegang.

Kartu nama juga bisa menjadi sumber pencitraan bagi Anda atau usaha yang Anda bangun saat ini. Oleh karena itu, Anda juga harus membuat kartu nama dengan sebaik-baiknya. Agar bisa memberi kesan yang ingin ditimbulkan pemilik kartu nama kepada orang yang akan membacanya.

Selain itu, desain untuk kartu nama juga perlu diperhatikan, karena akan menentukan hasil yang memberi kesan cipta dari kartu nama tersebut.

Maka dari itu, mari kita simak lebih lanjut pembahasan tentang kertas untuk kartu nama yang cocok buat Anda dengan usaha yang sudah ada.

Jenis Kertas Untuk Kartu Nama

Selain desain dan ukuran, salah satu yang harus dipertimbangkan yaitu jenis kertas untuk kartu nama yang akan digunakan.

Bahan kertas untuk kartu nama tentunya berbeda dan juga memberi hasil yang berbeda. Berikut di bawah ini adalah beberapa macam kertas untuk kartu nama yang sering digunakan.

Art Paper

kertas untuk kartu nama art paper
blog.printera.com

Lagi-lagi kertas art paper yang bisa digunakan untuk kartu nama. Bahkan, kertas ini juga bisa digunakan untuk brosur, poster sampai undangan.

Kertas ini memiliki tekstur kertas yang mengkilap, licin dan juga halus. Gramatur dari kertas ini juga banyak varian, dari 100 gram, 120 gram, 150 gram, 210 gram, 230 gram hingga 310 gram.

Sayangnya, kertas ini dalam hal menyerap tinta sangat sulit. Karena kertas ini dilapisi (coated).

Art Carton.

kertas untuk kartu nama art carton
jagonya-percetakan.blogspot.com

Jika dibandingkan dengan kertas art paper, kertas art carton ini memiliki kemiripan. Hanya saja kertas art carton ini lebih tebal dibanding kertas art paper.

Permukaan yang memiliki tekstur yang mengkilap dan halus, menjadikan kertas ini cocok untuk digunakan sebagai kartu nama. Selain kartu nama, kertas ini juga bisa digunakan untuk kalender duduk, katalog, cover majalah bahkan bisa dibuat untuk sertifikat.

Gramatur dari kertas ini juga bermacam-macam, yaitu 190, 210, 230, 310, 360 dan 400 gram.

Inkjet Paper

kertas untuk kartu nama inkjet paper
osiva.biz

Kertas untuk kartu nama selanjutnya yaitu inkjet paper. Kelebihan dari inkjet paper ini adalah jika terkena air, cetakan kartu nama pada inkjet paper tidak mudah luntur.

Ketebalan dari kertas ini yaitu 120 gram sampai 240 gram saja. Selain digunakan kartu nama, kertas ini bisa dibuat kartu ucapan atau cover buku.

Glossy Photo Paper

kertas untuk kartu nama Glossy Photo Paper
blog.tjetak.com

Glossy photo paper termasuk jenis kertas yang mempunyai permukaan yang licin dan mengkilap. Apalagi jika terkena cahaya lampu, tekstur kilaunya akan terlihat lebih jelas.

Inilah yang membuat cetakan pada kertas ini cukup menarik dan menawan. Kertas ini selain dibuat untuk kartu nama, bisa juga digunakan untuk mencetak foto.

Kertas BC (Brief Card)

kertas untuk kartu nama Brief Card
permatahijausuites.com

Banyak orang menyebut kertas ini sebagai kertas manila. Tapi siapa sangka, bahwa kertas ini bisa juga dibuat untuk kartu nama.

Selain kartu nama, kertas ini berfungsi sebagai bahan untuk mencetak sertifikat, buku gambar, kartu undangan dan lainnya.

Kertas ini memiliki gramatur 160 gram, 220 gram dan 250 gram.

Kertas Kartu Nama Translucent

kertas untuk kartu nama translucent
atlas.opencertificates.co

Kertas jenis translucent ini memiliki tekstur yang sangat unik yaitu transparan. Bisa tembus pandang dari sisi depan maupun belakang dan tidak seperti kertas pada umumnya.

Sangat cocok sekali jika Anda memiliki kartu nama dengan kertas model seperti ini. Akan terasa mewah dan juga elegan.

Ukuran Standar Kartu Nama

Selain jenis kertas untuk kartu nama, Anda juga harus mengetahui ukuran kertas kartu nama berdasarkan setiap negara. Karena pada umumnya, setiap negara memiliki standar ukuran yang berbeda-beda.

Berikut macam ukuran standar kartu nama dari beberapa negara.

Standar Nasional Indonesia

Standar Nasional Indonesia atau disingkat dengan SNI, memiliki kartu nama dengan ukuran standar 9 x 5.5 cm atau 90 x 55 mm.

Jika Anda sudah punya kartu nama, apakah sudah sesuai dengan ukuran SNI? Jika tidak, itu bukan masalah karena tidak ada yang mengharuskan untuk mencetak kartu nama sesuai SNI.

Selain negara Indonesia, ada juga negara lain yang menggunakan ukuran SNI ini. Seperti Australia, Vietnam, India, Taiwan, Denmark, Swedia dan negara lainnya.

Standar Asia

Untuk Asia sendiri yang luas dengan banyaknya negara, hanya negara Singapura, Malaysia, Hongkong dan China memiliki ukuran standar kartu nama seperti Indonesia, yaitu 9 x 5,4 cm atau 90 x 54 mm.

Tidak ada perbedaan yang sangat jauh antara dalam ukuran kartu nama standar Asia dan Indonesia.

Standar Jepang

Begitu juga dengan ukuran standar kartu nama negara Jepang. Ukuran kartu nama dari negara ini hanya selisih 1 mm saja, yaitu 9 x 5,5 cm atau 90 x 55 mm.

Jika dicetak, tidak terlihat perbandingan antara kartu nama standar Indonesia dan kartu nama standar Jepang.

Standar Eropa

Selanjutnya yaitu ukuran kartu nama standar Eropa yang mempunyai ukuran sama seperti kartu kredit, yaitu sekitar 8,5 x 5,5 cm atau 85 x 55 mm. Bahkan, standar pembuatan kartu kredit internasional mengharuskan sudutnya melingkar dengan ketebalan tertentu.

Kartu nama standar Eropa ini biasa digunakan di Belanda, Swiss, Belgia, Portugal, Spanyol, Prancis dan negara Eropa lainnya.

Standar Amerika

Ukuran standar kartu nama terakhir yaitu dari Amerika, yaitu 51 x 89 mm atau setara dengan 5,1 x 8,9 cm.

Banyak negara selain dari Amerika yang menggunakan ukuran standar kartu nama ini. Misalnya Mexico, Rusia, Brazil, Kroasia dan negara lainnya.

Finishing Kartu Nama

Finishing atau bisa disebut dengan tahap akhir dalam suatu percetakan termasuk berperan penting pada hasil jadi. Finishing biasa dilakukan agar hasil cetak bisa awet dan terlihat menarik.

Untuk itu, di bawah ini akan ada beberapa jenis finishing yang biasa digunakan dalam dunia percetakan.

Penasaran? Yuk, lanjut simak pembahasan terakhir dari artikel ini.

Laminasi Doff dan Glossy

kertas untuk kartu nama laminasi doff
laminasi doff : tokopedia.com

Finishing pertama dalam kartu nama yaitu dengan laminasi doff yang memberi tampilan lembut. Beberapa orang menyamakannya dengan kain sutra. Hasil dari laminasi doff ini tidak terlalu mengkilap dan lebih natural.

Sedangkan untuk laminasi glossy sendiri memiliki karakteristik pada bahan plastik yang mengilat, licin dan juga bisa memantulkan sinar.

Penggunaan laminasi doff ini biasanya dalam bahan kertas, seperti pin. Sedangkan untuk laminasi glossy digunakan dalam bentuk brosur, katalog atau pun flayer.

kertas untuk kartu nama laminasi glossy
laminasi glossy : kartunama.net

Cetak Timbul Emboss dan Deboss

kertas untuk kartu nama timbul emboss
timbul emboss : kartunama.net

Tidak seperti laminasi doff atau glossy, baik dari emboss maupun deboss lebih menekankan pada proses menatah kertas dan lebih bertekstur 3 dimensi (3D).

Pada emboss sendiri, proses cetaknya akan menghasilkan tekstur yang timbul. Sedangkan, pada deboss membuat cetakan menjadi terlihat tenggelam.

Pada umumnya, teknik finishing ini sering digunakan dalam bentuk seperti kartu undangan pernikahan, katalog bahkan sampul buku.

Hasil akan lebih unik, jika kartu nama menggunakan teknik finishing ini.

kertas untuk kartu nama timbul deboss
timbul deboss : markodiletisim.com

UV Spot dan Varnish

kertas untuk kartu nama uv spot
uv spot : pixelprint.co.id

Pernah mendengar kata ini? UV spot dan varnish ini berbeda dengan laminasi, tapi cenderung menggunakan cairan. Hasil dari finishing ini hampir sama seperti doff dan glossy, memberi kesan halus dan mengkilap.

Berdasarkan hasil jadi, Anda bisa menemukan beberapa spot yang terlihat mencolok atau menjadi prioritas dalam logo perusahaan dari pada yang lain.

“UV spot hanya bisa diterapkan pada area tertentu yang akan di-highlight.

Hot Print

kertas untuk kartu nama hot print
pinterest.co.uk

Teknik finishing pada kartu nama selanjutnya yaitu dengan hot print. Hot print ini sering melibatkan kertas tinta emas atau perak yang sengaja di press pada cetakan.

Hot print juga bisa dikombinasi dengan emboss, yang nantinya akan menghasilkan kartu nama yang terlihat mewah dan elegan.

Die Cut dan Pond

kertas untuk kartu nama die cut
kartunama.net

Jenis finishing terakhir yaitu die cut dan pond. Die cut termasuk teknik memotong kertas sesuai bentuk yang diinginkan. Die cut ini bergantung pada pola desain yang dicetak. Ada mesin khusus tersendiri untuk proses pemotongan ini.

Teknik ini biasanya digunakan dalam hasil cetakan undangan, stiker, kartu ucapan dan pastinya kartu nama juga.

Sedangkan, untuk pond lebih fokus pada teknik memotong, tapi tidak sampai terpisah. Hasilnya dapat dilihat dari beberapa bagian kertas yang menjadi lentur, sehingga mudah untuk dilipat.

Teknik ini sering digunakan dalam pembuatan kemasan yang berbahan kertas seperti kardus atau duplek.

Itulah beberapa penjelasan tentang jenis, ukuran dan finishing kertas untuk kartu nama. Sudah mengetahui jenis kertas untuk kartu nama, Anda juga bisa mempelajari tentang jenis-jenis kertas yang sering digunakan dalam percetakan.

Jika artikel ini ada yang salah atau kurang, bisa komentar di bawah. Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman Anda yang belum mempunyai kartu nama dan bisa mengusulkan jenis kertas untuk kartu nama yang cocok untuk digunakan. Semoga bermanfaat.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran ID Card

Mandhom
4 min read

Ukuran Pamflet

Mandhom
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: