Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Macam Kertas Foto dengan Kualitas Terbaik di Indonesia [Recommended]

kertas foto yang bagus

Jaman modern yang sekarang ini, apapun pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis yang hanya melalui bantuan alat canggih. Salah satunya dalam dunia cetak foto yang memerlukan sebuah kertas foto yang bagus tentunya.

Kertas foto disini sangat berperan penting dan menentukan hasil akhir dari cetakan yang diinginkan. Kertas foto juga mempengaruhi permukaan foto secara keseluruhan seperti kontras, tekstur dan juga jenis fotografi yang diinginkan.

Nah, untuk memilih kertas foto yang bagus memang harus perlu diperlukan. Mengapa demikian? Karena jenis kertas yang semakin banyak dan juga merk kertas foto yang banyak menjadi kebingungan saat memilih.

Pada artikel ini akan kami rekomendasikan kertas foto yang bagus dengan kualitas yang baik dan tips agar menghasilkan foto yang bagus juga.

Kertas Foto yang Bagus

Dalam memilih kertas foto yang bagus tidaklah mudah, tentunya membutuhkan berbagai pertimbangan sebelum memilihnya. Hasil dari cetak foto juga harus berkualitas dan mendapatkan hasil foto yang tajam tentunya.

Nah, dibawah ini terdapat jenis kertas foto yang bisa digunakan untuk mencetak foto dengan hasil yang diinginkan.

1. Kertas Glossy

kertas foto yang bagus glossy
bukalapak.com

Kertas foto pertama yang kami rekomendasikan yaitu kertas glossy. Kertas glossy yang merupakan salah satu kertas foto yang terbaik dan bisa dipilih sebagai bahan cetak foto dengan kualitas terbaik juga pastinya.

Kertas ini juga paling banyak digunakan di Indonesia dan sudah populer. Memiliki permukaan yang cukup halus dan menghasilkan refleksi lebih banyak jika diarahkan ke cahaya. Hal seperti inilah yang membuat kertas ini terlihat mengkilap dan terlihat seperti kertas berkelas juga.

Kertas glossy berwarna putih ini juga bisa menghasilkan cetakan yang bagus dan jelas. Tapi, kertas ini tidak bisa menghasilkan tampilan yang bertekstur ketika diubah atau dipindai menjadi format digital.

Pada saat ini, kertas glossy menjadi kertas standar untuk cetak foto dengan gramaturnya berukuran 120-240 gram.

Secara garis besar, karakteristik kertas glossy ini yaitu:

  • Mengkilap dan reflektis
  • Berwarna cerah
  • Halus tanpa ada tekstur di permukaannya
  • Hasil dengan kualitas foto yang tajam
  • Hidup dalam berwarna
  • Sedikit lengket jika diletakkan pada bahan gelas atau kaca
  • Harganya juga lebih murah.

2. Kertas Kanvas

kertas foto yang bagus kanvas
pixabay.com

Tidak kalah populernya dengan kertas glossy, kertas kanvas ini juga populer di Indonesia. Dilihat dari namanya sudah jelas, bahwa jenis kertas ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan kanvas lukisan.

Kanvas lukisan yang mempunyai sifat atau karakteristik bahan yang lumayan kasar, agak bergaris-garis dan juga hasil yang dibuat sangatlah bagus. Ciri dari kertas inilah yang cocok digunakan untuk mencetak foto dengan hasil yang berkualitas dan memiliki nilai artistik yang tinggi.

Kertas ini jika dilukis dengan tinta, maka tintanya akan cepat mengering. Mengapa seperti itu? Karena kertas kanvas memiliki daya serap yang sangat tinggi terhadap tinta.

Kertas ini memiliki daya tingkat keawetan yang jauh lebih baik dari kertas lainnya. Inilah yang membuat kertas ini memiliki harga yang cukup mahal, tapi memiliki kualitas hasil yang tidak akan mengecewakan.

Saat ini kertas kanvas yang sering digunakan untuk mencetak foto dengan gramatur berukuran minimal 180 gram lebih tebal dari pada kertas glossy.

Secara garis besar, kertas ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Memiliki tekstur permukaan yang kasar
  • Terdapat garis menyerupai kanvas lukisan
  • Hasil cetak sangat bagus
  • Mempunyai gramatur minimal 180 gram
  • Tahan lama dan awet

3. Kertas Inkjet

kertas foto yang bagus inkjet
indiamart.com

Sama seperti kertas pada umumnya, kertas inkjet ini memiliki tekstur yang sama seperti jenis kertas lainnya. Tapi, kertas ini memiliki gramatur yang cukup tipis dan bisa dikatakan berbeda dengan jenis kertas foto lainnya.

Mengapa berbeda dengan lainnya? Karena kertas ini bisa digunakan untuk mencetak cover CD/DVD, mencetak poster, kalender bisa juga dibuat kertas sketsa.

Kertas ini terlihat sedikit lebih unik karena memiliki kelebihan yang sifat kertasnya tahan terhadap cairan juga air. Sehingga, hasil dari cetakan tidak cepat memudar dan juga luntur. Selain itu, kertas ini juga mampu memberikan hasil warna dan gambar yang jelas dan juga tajam.

Secara garis besar, kertas foto yang bagus menggunakan kertas inkjet ini memiliki kelebihan yaitu:

  • Gramatur atau ketebalan kertas cukup tipis
  • Tahan terhadap air atau cairan
  • Sulit memudar
  • Bisa mencetak cover CD/DVD, mencetak poster, kalender bahkan sketsa
  • Menghasilkan warna dan gambar yang jelas dan tajam

4. Kertas Luster

kertas foto yang bagus luster
redrivercatalog.com

Lain halnya dengan kertas luster ini, kertas foto yang bagus dan bisa dikatakan kertas yang paling awet dari pada jenis kertas lainnya. Mengapa dibilang seperti itu? Karena kertas ini sering digunakan untuk kepentingan pencetakan dokumenter.

Nah, maka dari itu kertas luster ini kami rekomendasikan sebagai kertas foto yang bagus dengan resolusi tinggi. Kertas luster juga memiliki sedikit tekstur lapisan yang berkilau dan halus seperti mutiara.

Jika dibandingkan dengan kertas matte, kertas ini memiliki saturasi warna yang lebih dalam dan lebih tinggi kontras warnanya. Kertas ini tidak bisa menampilkan sidik jari, silau dan terlihat profesional jika digunakan untuk bingkai.

Hasil dari kertas ini bisa menangkap campuran glossy dan matte dengan hasil tekstur yang mengkilap dan juga indah.

Adapun kualitas dari kertas luster secara garis besar, yaitu:

  • Halus, mengkilap tapi tidak menyilaukan
  • Kertasnya lebih tebal
  • Sidik jari biasanya tidak terlihat
  • Warna lebih kontras dan tajam seperti mutiara
  • Saturasi warna yang kaya
  • Bagus jika dibuat bingkai foto
  • Terlihat profesional

5. Kertas Matte (Doff)

kertas foto yang bagus matte
indiamart.com

Kertas foto yang bagus selanjutnya yaitu kertas matte. Mempunyai permukaan yang lebih bertekstur dan juga sedikit refleksi cahaya. Kertas ini tidak menimbulkan bekas meskipun sering dipegang dan juga cukup awet.

Selain itu, kertas ini sangat cocok untuk digunakan dalam percetakan foto yang hasil cetakannya memiliki kualitas yang tinggi. Daya serap tinta pada kertas ini juga cukup cepat, sehingga bisa dipakai untuk memperbaiki hasil foto meskipun menggunakan tinta dan printer dengan kualitas yang rendah.

Kertas ini menjadi pilihan terbaik untuk framing dan sangat cocok untuk foto wisuda, pernikahan maupun foto bayi. Hasil dari kertas ini terlihat kasar dan teksturnya terlihat jika dikonversi ke format digital.

Secara garis besar, kertas ini memiliki kualitas sebagai berikut:

  • Bertekstur halus di permukaan
  • Tidak mengkilap
  • Tahan goresan
  • Sidik jari biasanya tidak terlihat
  • Bisa digunakan bingkai foto

6. Kertas Metallic

kertas foto yang bagus Metallic
wlcoller.co.uk

Hampir seperti kertas kanvas, kertas metallic juga memiliki kualitas yang tahan lama dan hasilnya juga mengkilap seperti chrome. Ciri khas metalik pada kertas ini halus dan warna khas yang menonjol seperti logam. Selain itu, kertas ini memiliki kontras warna yang beragam dan ketajaman yang luar biasa.

Adapun kualitas dari kertas ini yaitu:

  • Tahan lama
  • Terlihat mengkilap
  • Memiliki warna yang kaya
  • Hasil cetak yang halus
  • Warnanya juga tajam

7. Double Sided Paper

kertas foto yang bagus Double Side Paper
indiamart.com

Kertas foto yang bagus terakhir yang kami rekomendasikan adalah double sided paper. Kertas yang memiliki bagian glossy pada bagian depan dan juga belakangnya, sehingga bisa digunakan dua-duanya.

Tekstur dari kertas ini sedikit lebih mengkilap bahkan cenderung doff. Kertas ini sangat cocok digunakan untuk digunakan mencetak foto. Selain mencetak foto, kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak pamflet, brosur atau jenis periklanan yang lain.

Secara garis besar, kertas ini memiliki kualitas sebagai berikut:

  • Daya tahan kertas yang cukup lama
  • Kertas yang cenderung doff
  • Bisa digunakan cetak foto bolak-balik
  • Bahkan, bisa digunakan untuk mencetak dalam media promosi seperti brosur, pamflet, dan lainnya

Tips Mencetak Foto dengan Hasil Maksimal

Setelah memilih kertas foto yang bagus untuk digunakan mencetak foto. Selanjutnya, kami akan memberikan tips mencetak foto agar bisa menghasilkan foto yang diinginkan dan juga membuat puas.

Adapun tipsnya sebagai berikut:

1. Pilihlah Ukuran Cetak yang Sesuai

kertas foto yang bagus dengan ukuran cetak foto
berakal.com

Tips pertama yaitu memiliki ukuran cetak yang sesuai. Dalam pengertian harus bisa menentukan ukuran cetak yang harus disesuaikan dengan dpi.

Mengapa? Karena jika dpi terlalu rendah, maka hasil tidak akan memuaskan. Tapi kalau memilih dpi yang tinggi maka akan menghasilkan cetak foto yang maksimal

72dpi akan menghasilkan foto yang kurang jelas, sedangkan 300 dpi akan menghasilkan foto yang jelas dan terang.

2. Memilih Kertas Foto yang Tepat

memilih kertas foto yang Tepat
munifahajrina.blogspot.com

Sudah kami sampaikan diatas tadi, bahwa kertas yang dipilih untuk mencetak foto itu bukan kertas yang sembarangan. Hasil dari mencetak foto juga mempengaruhi kualitas kertas yang digunakan.

3. Gunakan Tinta yang Tepat

memilih kertas foto yang bagus untuk Tinta foto yang Tepat
bisakomputer.id

Tinta disini juga berperan penting dalam mencetak foto. Membutuhkan tinta dengan formula yang tepat untuk mendapatkan cetakan foto yang sempurna.

4. Memilih Printer yang Tepat

memilih kertas foto yang bagus untuk printer foto yang Tepat
ssl.www8.hp.com

Tidak kalah pentingnya juga dengan printer, harus bisa memilih printer untuk cetak foto yang nantinya tidak eror saat proses cetak. Settingan printer juga harus sudah siap untuk mencetak foto dan posisi kertasnya juga harus pas. Agar cetakan yang dihasilkan bisa sesuai keinginan dan mendapat hasil cetakan yang bagus juga.

Penutup

Nah, demikian informasi tentang kertas foto yang bagus dengan kualitas kertas yang sudah tidak diragukan lagi. Dan tanpa disadari, bahwa ada penemu dibalik kertas ini. Mau tahu siapa penemu kertas ini? Baca penemu kertas ini, dengan begitu akan tahu siapa penemunya.

Mungkin ada salah atau kurang kata, bisa langsung komentar di bawah. Semoga bisa menambah wawasan dan bisa menerapkannya.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jual Banner Bekas

Mandhom
3 min read

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: