Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

9+ Kerajinan dari Bahan Alam Terlengkap Beserta Contohnya

kerajinan dari bahan alam

Kerajinan dari bahan alam – Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan alam. Kerajinan alam Indonesia yang memiliki inovasi, kreasi dan beragam jenisnya sehingga banyak masyarakat mancanegara yang sudah menyukai dan mengakuinya.

Bahan alam sebagai salah satu bahan dasar dari banyaknya kerajinan yang tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Kerajinan yang diciptakan oleh anak bangsa yang inovatif dan kreatif berkembang mengikuti kebutuhan, serta perkembangan teknologi terkini.

Kerajinan dari bahan alam merupakan kerajinan yang dibuat dengan bahan dasar yang telah disediakan oleh alam seperti tanah liat, serat alam, rotan, bambu dan lainnya. Sehingga, hasil dari kerajinan tersebut memiliki ciri khas sendiri dan beraneka ragam disetiap daerahnya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan lokal dengan keunggulannya masing-masing dengan bahan dasar alam yang banyak tersedia di sekitarnya. Misalnya, tersedianya tanah liat yang banyak di daerah Plered (Jawa Barat). Penduduk setempat banyak membuat kerajinan dari tanah liat seperti patung, keramik dan kerajinan yang lain.

Dibawah ini adalah contoh berbagai kerajinan dari bahan alam yang terbuat dari berbagai bahan.

Kerajinan Alam dari Tanah Liat

Sifat elastis, plastis yang dimiliki tanah liat memudahkan untuk dibentuk menjadi berbagai bentuk. Kerajinan tanah liat ini, juga sudah banyak kita jumpai di Indonesia.

Bahan alam yang dimanfaatkan sebagai salah satu produk kerajinan yang terbuat dari tanah liat. Berbagai contoh kerajinan dari bahan alam yang bisa dibuat dari bahan dasar tanah liat seperti berikut:

Kerajinan Celengan

kerajinan dari bahan alam celengan hewan
wajibbaca.com

Bagi yang rajin menabung, pasti sudah tahu celengan. Banyak motif dan bentuk yang beraneka ragam dari celengan ini, mulai dari bentuk kendi, kotak dan juga bentuk hewan. Celengan dari tanah liat ini, sering dijual di acara sekatenan di sekitar wilayah keraton.

Kerajinan Teko atau Kendhi

kerajinan dari bahan alam berupa teko atau kendhi
simbokvenus.com

Hampir sama dengan celengan dari segi bentuk dan pembuatannya, tapi hanya fungsi yang membedakannya. Penggunaan benda ini adalah untuk menyeduh teh atau campuran herbal lain dalam air panas. Bisa digunakan untuk tempat air minum atau pun bisa digunakan acara di acara adat jawa.

Kerajinan Asbak

kerajinan dai bahan alam berupa asbak
zulfahri41jkt.blogspot.com

Bagi perokok pasti sudah tahu asbak. Ya, asbak merupakan tempat yang digunakan untuk membuang sisa hasil dari pembakaran atau sisa rokok. Barang yang biasanya diletakkan di meja ruang tamu atau teras untuk menyiapkan ketika ada orang yang merokok. Asbak sendiri terbuat dari berbagai macam bahan, salah satunya dari tanah liat ini.

Kerajinan Vas Bunga

kerajinan dari bahan alam berupa vas bunga
youtube.com

Apakah kamu tahu? Vas bunga bisa dibuat dengan bahan dasar tanah liat. Motif dan bentuk dari vas bunga yang terlihat minimalis tapi juga terlihat elegan. Vas bunga juga bisa dibuat untuk hiasan dalam rumah.

Mau tahu cara buatnya? Lihat tutorial ini.

Kerajinan Genthong

kerajinan dari bahan alam berupa genthong
youtube.com

Kerajinan genthong pada zaman dulu, ini biasanya dibuat untuk tempat penyimpanan beras atau tempat tandon air. Tidak jauh beda dengan cara pembuatan vas bunga, tapi ukuran genthong ini lebih besar.

Kerajinan Keramik

kerajinan dari bahan alam berupa keramik
rumahku10-wordpress.com

Kerajinan keramik yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang dibuat dengan melalui berbagai proses. Proses pembuatan keramik dengan teknik seperti butsir, pili, pembakaran dan diakhiri dengan proses glatsir, sehingga menghasilkan sebuah produk hias yang indah.

Kerajinan Gelas dan Piring

kerajinan dari bahan alam berupa piring dan gelas
dekoruma.com

Bahan dasar dari tanah liat, gelas dan piring merupakan salah satu kerajinan tangan yang memiliki nilai lebih. Bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisa dibuat untuk hiasan dalam rumah.

Kerajinan Bunga

kerajinan dari bahan alam berupa bunga
suttriani-b14.blogspot.com

Belum pernah kan, kamu membuat kerajinan bunga dari tanah liat? Kamu bisa membuatnya sendiri, yang pertama kamu harus mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan nanti. Kemudian buat kepingan tipis dari tanah liat, setelah itu keringkan kepingan yang sudah dibuat tadi. Setelah kering, gulung kepingan tanah liat sampai membentuk bunga mawar. Kalau sudah terbentuk bunga, cat dengan warna agar lebih menarik lagi.

Kerajinan Tungku Pembakaran

kerajinan dari bahan alam berupa tungku pembakaran
bondowosokabmuseumjatim.wordpress.com

Orang zaman dulu pasti sudah mengenal dengan tungku ini. Tungku yang diperlukan untuk memasak dengan bahan bakar kayu bakar sebelum adanya kompor modern sekarang ini. Tungku pembakaran ini juga, biasanya dijual oleh para pengrajin gerabah.

Kerajinan Kura-kura

kerajinan dari bahan alam berupa kura-kura
kalakita.com

Tekstur yang lunak dan lentur membuat tanah liat ini mudah dibuat. Tanah liat juga bahan yang mudah dalam membuat miniatur. Salah satunya adalah miniatur kura-kura yang ada di atas.

Kerajinan Alam dari Serat Alam

Tidak sembarangan tanaman yang bisa dibuat untuk membuat kerajinan tangan, karena kerajinan dari serat alam terbuat dari daun atau batang tanaman tertentu yang hanya memiliki serat. Memperhatikan kualitas untuk pemilihan bahan dari tanaman itu sendiri, karena kamu bisa mengetahui tingkat keawetan, kekuatan dan kelenturan dari bahan tersebut.

Sebenarnya ada banyak jenis bahan serat alam yang belum kamu ketahui. Tapi disini akan membahas sedikit tentang kerajinan dari serat alam. Berikut adalah contoh tanaman yang bisa digunakan kerajinan dari bahan alam yang diambil dari serat alam.

Kerajinan Serat Alam dari Daun Pandan

kerajinan dari bahan alam berupa serat alam dari daun pandan
artfire.com

Tanaman pantai yang dulu tidak banyak dimanfaatkan. Tapi daun pandan sekarang ini, banyak manfaat bagi pengrajin pandan untuk diolah menjadi berbagai kerajinan. Kerajinan serat alam dari daun pandan ini, dibuat dengan cara menganyam daun pandan yang sudah dikeringkan. Seperti alas sajadah, topi, tikar dan kerajinan lainnya.

Kerajinan Serat Alam dari Sabut Kelapa

kerajinan dari bahan alam berupa serat alam dari sabut kelapa
sekat.co

Hampir semua bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari akar sampai daunnya bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Salah satu bagian dari kelapa yang jarang dimanfaatkan oleh manusia adalah sabut atau serabut kelapa (bagian dari kulit buah kelapa).

Buah yang memiliki kulit inilah yang menjadi bahan serat alam dengan olahan kerajinan. Seperti contoh bahan sabut kelapa adalah sapu, keset, coconet dan kerajinan lainnya.

Kerajinan Serat Alam dari Pelepah Pisang

kerajinan dari bahan alam berupa serat alam dari pelepah pisang
sarungpreneur.com

Mungkin terdengar asing di telinga kita. Sebagian orang menganggap, pelepah pisang merupakan sampah kering yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Bahkan pelepah pisang itu dibakar karena dianggap sebagai sampah yang mengotori kebun.

Lain bagi orang yang kreatif, mereka menjadikan pelepah pisang ini sebagai kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi. Mereka menjadikan limbah seperti itu sebagai sebuah berkah. Contoh kerajinan pelepah pisang seperti lukisan, sandal, tempat pensil dan tempat tisu.

Kerajinan Serat Alam dari Eceng Gondok

kerajinan dari bahan alam berupa serat alam dari eceng gondok
kerajinanambarawa.com

Bagi orang awam, tumbuhan eceng gondok dianggap sebagai tanaman pengganggu. Tumbuhan yang mempunyai kecepatan tumbuh yang cepat, sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang merusak lingkungan air.

Tumbuhan air yang hidup mengapung di atas air yang mudah dijumpai orang Indonesia. Tumbuhan ini juga bisa diolah menjadi kerajinan, karena seratnya yang kuat dan mudah untuk dibentuk. Bahkan orang yang tinggal di Kulon Progo, Ambarawa menjadikan eceng gondok sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan.

Kerajinan Serat Alam dari Kulit Jagung

kerajinan dari bahan alam berupa serat alam dari kulit jagung
romadecade.org

Jagung merupakan tanaman pokok yang biasa ditanam oleh petani di Indonesia. Jagung yang biasanya diambil buahnya saja yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis. Sedangkan bagian kulitnya hanya dijadikan makanan ternak atau dibakar karena dianggap sebagai sampah.

Ternyata, kulit jagung juga bisa diolah menjadi produk yang mempunyai nilai jual cukup tinggi. Butuh ketrampilan dan ketekunan, kamu bisa membuat kerajinan dengan bahan dasar kulit jagung. Contoh kerajinan dari bahan dasar kulit jagung seperti tas, bunga, topi dan kerajinan lain tergantung kreativitas kamu.

Kerajinan Serat Alam dari Rotan

kerajinan dari bahan alam berupa serat alam dari rotan
bbkb.kemenperi.go.id

Menurut Wikipedia, rotan adalah tumbuhan yang berbatang langsing dengan diameter 2-5 cm, beruas-ruas panjang, tidak berongga dan dilindungi oleh duri yang panjang. Pada tumbuhan rotan ini, bagian kulit batangnya yang dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan.

Ada kerajinan dari rotan yang berbentuk rotan batangan yang disatukan menggunakan paku seperti, meja dan kursi. Ada juga kerajinan dari rotan selain itu, misalnya dompet, topi, tas, alas meja dan tempat lampu. Teknik pembuatan dari serat alam ini sebagian dibuat dengan cara menganyam, merajut dan makrame.

Kerajinan Alam dari Bambu

kerajinan dari bahan alam berupa dari bambu
hamparan.net

Kerajinan dari bahan alam selanjutnya adalah memanfaatkan bambu. Bambu disini memiliki manfaat yang dijadikan kerajinan dengan nilai jual yang tinggi. Hasil dari kerajinan bambu juga menjunjung tinggi dari nilai estetikanya.

Kerajinan dari bambu ini memiliki nilai kerumitan, sehingga hasil dari kerajinan ini sangat menarik. Kerajinan ini banyak digunakan di toko, spa, bank, cottages, hotel berbintang maupun interior bangunan modern.

Anyaman Indonesia sangat dikenal di mancanegara dengan motif dan bentuk yang menarik. Teknik dari pembuatan kerajinan bahan alam dari bambu ini adalah teknik anyaman dan teknik kontruksi tempel atau sambung.

Kerajinan Alam dari Kulit Hewan

kerajinan dari bahan alam berupa kulit hewan
materi4belajar.blogspot.com

Hasil dari kulit hewan seperti kambing, kerbau, sapi, buaya dan hewan lainnya bisa dijadikan kerajinan dari bahan alam. Bahan dasar kulit ini dapat diubah menjadi kerajinan dengan proses yang sederhana, sehingga memiliki nilai jual tinggi dan juga unik.

Kulit hewan dicuci terlebih dahulu kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari. Menghilangkan bulu dan kotoran yang menempel di kulit hewan dengan cara digosok dan disayat dengan pisau setelah proses pengeringan.

Setelah dibersihkan dari bulu dan kotoran, kulit dicuci dan dikeringkan kembali. Kulit yang sudah disamak ini kemudian diubah menjadi produk kerajinan seperti wayang kulit, tas, kipas, aksesoris dan kerajinan lainnya.

Bisa juga dijadikan dompet maupun sepatu dari bahan dasar kulit ini. Teknik yang digunakan pengrajin kulit ini adalah teknik jahit, teknik sungging, press, rekat dan pahat.

Kerajinan Alam dari Logam

kerajinan dari bahan alam berupa logam
materi4belajar.blogspot.com

Jenis logam yang banyak seperti emas, perak, perunggu, besi, aluminium dan kuningan bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan dari bahan alam. Tidak mudah membuat kerajinan dari bahan logam ini, karena sifatnya yang begitu keras. Teknik yang digunakan yaitu dengan teknik bakar atau pemanasan dan tempa.

Kerajinan dari bahan logam banyak dibuat sebagai aksesoris atau perhiasan. Kemudian berkembang sebagai benda hias dan fungsional seperti piala, teko, nampan, gelas bahkan sampai wadah serbaguna.

Daerah Kalimantan Selatan maupun Jawa menjadi penghasil dari kerajinan emas. Daerah Bali, Yogyakarta maupun Sumatra Barat juga terdapat kerajinan dari bahan perak.

Kerajinan Alam dari Batu

kerajinan dari bahan alam berupa batu
materi4belajar.blogspot.com

Memanfaatkan batu untuk dijadikan kerajinan dari bahan alam, karena di Indonesia memiliki beragam jenis bebatuan dan memiliki banyak warna. Diantaranya hasil dari kerajinan dari batu adalah hiasan interior dan eksterior, hiasan dinding dan juga bisa jadi aksesoris perlengkap busana.

Jenis batu warna yang memiliki nilai unik bertempat di daerah Martapura, Kalimantan. Penghasil batu mulia dengan beraneka ragam bentuk dan warna bertempat di Pacitan, sedangkan penghasil batu marmer bertempat di Tulungagung.

Kerajinan Alam dari Kayu

kerajinan dari bahan alam berupa kayu
yosadya2.wordpress.com

Apakah kamu tahu, bahwa di Indonesia memiliki hutan tropis yang menyimpan kekayaan alam kayu terbesar di dunia? Ya, sumber daya alam kayu ini cukup banyak dan memiliki jenis yang beragam.

Terbagi cukup banyak bahan alam kayu ini, seperti kayu jati, kayu pinus, kayu kelapa, kayu nangka, kayu sawo, kayu mahoni dan masih banyak jenis kayu lain lagi.

Woodcraft adalah salah satu kerajinan yang memanfaatkan kayu sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Beberapa macam teknik untuk membuat kerajinan dari bahan alam kayu seperti teknik pahat, bubut, ukur, strol, tempel atau sambung. Baik dengan kontruksi perekat maupun dengan paku.

Kerajinan Alam dari Tulang Ikan

kerajinan dari bahan alam tulang ikan
dictio.id

Pernah tidak, kamu menemui tulang ikan yang dibuat untuk kerajinan? Kebanyakan orang menilai tulang ikan sebagai limbah yang tidak berguna. Tapi pemikiran orang bisnis dimulai saat mereka mampir ke warung-warung seafood.

Mereka melihat tumpukan tulang ikan, bekas makan para pengunjung yang mengotori lingkungan. Melihat keadaan seperti itu, mereka menjadikannya sebagai peluang bisnis. Kerajinan dari limbah organik yang berupa tulang ikan menjadi kreasi cenderamata unik.

Kerajinan dari bahan tulang ikan seperti perhiasan gelang, kalung dan miniatur dapat dijumpai di art shop yang berada di pasar Sukawati dan Ubud. Tapi kalau diamati dengan teliti, bahan bakunya tidak semua dari tulang ikan melainkan ada kombinasi dari bahan kayu, karet atau kain.

Kerajinan Alam dari Getah

kerajinan dari bahan alam berupa getah
indonesiakaya.com

Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah memiliki kerajinan getah nyatu. Bahan utama dari kerajinan ini adalah pohon nyatu, yang memiliki kemampuan berkembang biak dalam waktu yang sangat singkat.

Pohon ini banyak dijumpai, sehingga mereka memanfaatkan getah dari pohon nyatu sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan dari bahan alam. Menjadikan kerajinan yang memiliki nilai ekonomis dengan warna yang terang dan bentuk yang unik.

Proses pembuatan kerajinan dari getah nyatu ini tidaklah mudah, karena memiliki tingkat kedetailan yang tinggi. Hasil dari kerajinan getah nyatu ini adalah bentuk perahu naga atau perahu burung tingang. Selain itu, getah nyatu bisa dibentuk menjadi replika prajurit Dayak lengkap dengan mandau, talawang dan cawat.

Demikian kerajinan dari bahan alam yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan bisa memanfaatkan alam sekitar agar memiliki nilai estetika dan nilai jual yang tinggi juga.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Berbagai kerajinan dari bahan alam yang bisa membuat otak kita untuk lebih meningkatkan kreativitas kembali.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

One Reply to “9+ Kerajinan dari Bahan Alam…”

  1. Mantapss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: