Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

10 min read

Kata Mutiara Bahasa Sunda – Bahasa sunda merupakan bahasa unik bagi para pendengar yang masih awam. Hal tersebut ternyata sering digunakan dalam menyusun kata-kata motivasi dari bahasa sunda.

Sama halnya seperti artikel yang sudah penulis bahas sebelumnya, yaitu kata bijak bahasa jawa dan madura.

Hampir sama memang, tapi yang membedakan dari kata-kata mutiara tersebut adalah bahasanya. Apalagi negara kita, Indonesia itu memiliki banyak bahasa dan suku.

Tapi dari berbagai suku dan bahasa, tetap saja kita masih “Bhineka Tunggal Ika”  berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Kelamaan ya? Hihi, langsung saja simak kata-kata mutiara bahasa sunda di bawah ini.

Kata Bijak Bahasa Sunda Kahuripan

kata bijak bahasa sunda kahuripan

Apa sih yang dinamakan kahuripan itu? Jadi kahuripan itu sama dengan kehidupan. Orang sunda mungkin juga sudah terbiasa kalau memakai kata mutiara dengan bahasanya sendiri.

Apalagi kalau kata-kata bijak yang diucapkan orang sunda ini, memiliki banyak makna dan juga bahasa yang indah.

Nah, bagi kamu yang belum paham atau kurang mengerti dalam mengartikan bahasa sunda, bisa menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sendiri. Atau kamu bisa meminta bantuan dari teman kamu yang pintar dalam bahasa sunda.

Jadi, kamu perlu khawatir kalau belum memahami kata-kata bijak dari bahasa yang belum dimengerti. Mengapa demikian? Karena artinya atau maknanya itu sama dengan kata bijak pada umumnya.

Berikut adalah kata-kata bijak bahasa sunda tentang kahuripan.

Gunakan Akal

Manuk hiber ku jangjangna jalma hirup ku akalna.

Gunakan akal dalam melangkah, buat apa Yang Maha Kuasa menciptakan akal kalau nggak digunakan sebagai mestinya, itulah maksud dari kutipan mutiara kahuripan bahasa sunda di atas.

Jadi, setiap makhluk atau manusia itu diberi kemuliaan untuk bisa berfikir. Diberi otak dan digunakan untuk hal yang baik.

Jangan disalahgunakan untuk hal yang itdak baik. Mengapa? Karena dampaknya nanti bisa merugikan kamu sendiri, bahkan bisa juga  merugikan orang lain.

Jangan Menyalahkan Orang

Omat urang kudu bisa ngaji diri.

Apa maksud kutipan bahasa sunda di atas? Maksudnya yaitu, kita harus bisa mengkaji diri sendiri, jangan suka menyalahkan orang lain.

Koreksi terlebih dahulu diri kita, apakah sudah benar atau belum. Kalau sudah benar, baru kita bisa mengingatkan orang lain di jalan yang benar.

Jangan sampai kita belum benar, tapi sudah membenarkan orang lain. Kita saja salah, apalagi bisa membenarkan orang lain, itu hal yang sangat mustahil untuk bisa terjadi.

Menjadi diri lebih baik dahulu, kemudian bisa mengajak orang lain berbuat baik juga.

Kembali Ke Asal

Mulih kajati muang kaasal.

Setiap orang pasti akan mengalami kematian, sama seperti halnya kata-kata di atas. Semuanya berasal dari Yang Maha Kuasa, dan semua orang akan kembali keasalnya.

Kita ada karena Allah perantara ayah dan ibu. Kita nanti juga akan mati, entah itu kapan kita nggak tahu dan kembali kehadapan-Nya lagi.

Persiapkan diri untuk menghadap-Nya, apakah kita sudah menjalani perintah-nya dan menjauhi larangan-Nya?

Pantaskah kita masuk surga, dan apakah kita juga kuat dengan api neraka? Semua tergantung amal setiap orang, lekas bertaubat dan mohon ampun kepada Allah Yang Maha Kholiq.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahuripan Singkat

kata mutiara bahasa sunda kahuripan singkat

Dalam kehidupan, kamu bisa jadikan itu sebuah pelajaran, baik itu dalam hal baik ataupun jelek. Tapi semua pelajaran tersebut hanya diambil sisi positifnya saja.

Dibawah ini adalah beberapa kumpulan kata mutiara kahuripan dalam bahasa sunda yang singkat.

Jangan Diam

Sanajan teu lumpat, tapi ulah cicing.

Tau artinya  apa? Biarpun tidak berlari, tapi janganlah diam. Maksudnya apa? Kutipan tersebut mengajarkan kita untuk jangan berdiam diri, kalau kita belum bisa berlari.

Pak Presiden Habibi pernah mengatakan, bahwa kehidupan ini seperti mengayuh sepeda, dan kalau tidak dikayuh maka akan terjatuh.

Perlu ditegaskan lagi dalam kutipan tersebut, bersepeda tidak harus cepat, cukup pelan-pelan saja yang penting masih berjalan kedepan.

Ditertawakan Orang Lain

Misalkeun aya jalmi anu nyengseurikeun urang, ulah bae ngarasa ngarasula.

Dalam menjalankan hidup yang berjalan seperti saat ini, jangan terlalu dikhawatirkan, apalagi kalau ada orang lain yang nggak suka dengan kita. Semua kita pasrahkan kepada Allah saja, biar Dia yang merubah orang tersebut.

Hiraukan semua perkatan dan perbuatan orang lain yang mentertawakan kita, dia juga belum tentu baik dari kita.

Jangan jadikan ejekan dari orang lain itu membuat kita putus asa. Tapi jadikan ejekan tersebut menjadi  semangatbuat kita untuk merubah diri kita lebih baik lagi.

Dunia Itu Tempat Mengembara

Jadikeu kahirupan di dalam dunia kaya-kaya keur ngumbara atawa ngaliwat dina haji jalan.

Jadikan kehidupan di dunia ini seperti pengembaraan atau seperti melewati suatu jalan. Itulah arti dari kutipan bahasa sunda di atas.

Intinya, dunia ini sebagai tempat kita untuk lewat dan hanya persinggahan sementara saja. Satu lagi, dunia bukanlah tujuan untuk mendapatkan semua.

Lalu dimana tujuan yang asli? Tempatnya  tidak bukan dan tidak salah, hanya ada di negeri akhirat yang kekal.

Begitu juga singgah di dunia, hanya sementara saja dan sebentar akan merasakan bosan. Jadi kita juga tidak menetap di satu tempat, tapi kita juga harus berpindah untuk mencari persinggahan lagi.

Rasa Takut Itu Musuh Terbesar

Musuh anu kalintang bahaya di dunya ieu nyaeta rarasa’an sieun sareng hariwang.

Maksud dari kalimat dari bahasa sunda di atas adalah, musuh yang paling berbahaya di dunia yaitu perasaan takut dan khawatir.

Mulai dari sekarang, hilangkan rasa takut dan khawatir  yang ada dalam diri kita. Jika nggak segera dihilangkan, maka rasa takut dan khawatir tersebut akan menyelimuti diri.

Padahal kalau ada rasa takut dalam diri kita, itu merupakan hal yang sangat berbahaya. Nah, jika rasa takut itu hilang atau semakin kecil. Maka rasa yakin dan keberanian semakin tumbuh.

Orang Pernah Sedih

Teu aya jalmi di dunya ieu nu hirup teu make nalangsa. Kabeh jalma ge tangtos bakalanngarasa nalangsa.

Arti dari kata bijak bahasa sunda di atas adalah, nggak ada seorangpun di dunia ini yang hidup tanpa pernah sedih. Semua orang sudah pasti merasakan yang namanya kesedihan.

Setuju nggak dengan kalimat di atas? Kalau penulis sih setuju aja, bahwa yang namanya sedih itu pasti akan dialami oleh setiap orang.

Rasa sedih nggak memandang apapun dan siapapun. Baik itu orang kaya, jabatan tinggi, bahkan orang sudah bahagia pasti pernah mengalami kesedihan. Karena kesedihan ini merupakan sunnatullah, kebalikan dari kesenangan.

Nah satu lagi, jangan sampai kesedihan yang terjadi saat ini membuat kita terus terjebak di bawah. Bangkit dan mampu berdiri adalah hal yang terbaik setelah mengalami kesedihan.

Kata Mutiara Sunda Kahuripan Kalem

kata mutiara sunda kahuripan kalem

Dalam berbagai macam bahasa yang ada di Indonesia, pastinya ada yang bertutur kata halus dan juga kasar. Begitu juga dalam bahasa sunda, ada halus atau kalem dan juga kasar.

Untuk yang pertama yaitu tentang kata-kata mutiara bahasa sunda dalam bertutur lemes atau kalem.

Kemajuan Dunia

Kemajuan dunia kudu dibarengan ku motekar akal jeung lengkah nu basajan.

Artinya apa? Kemajuan dunia harus dibarengi dengan kemajuan lokal dan tingkah laku. Maksudnya, jangan sampai kita sebagai kaum pemuda tertinggal jauh oleh peradaban bangsa lain.

Mengapa demikian? Karena pada abad-20 ini merupakan abad yang sudah modern.

Dimana semua pekerjaan di modernisasi, teknologi dan komputer sudah dimana-mana. Hal tersebut juga harus dibarengi dengan langkah dan perilaku yang seimbang, agar kita nggak tertinggal sama yang lain.

Kesalahan

Rumaos diri seuer kalepatan, neda pengapunten anu saageunga tina samudaya kalepatan.

Merasa diri banyak dosa, mohon dimaafkan atas segala kesalahan. Itulah arti dari kutipan bahasa sunda di atas.

Kata-kata mutiara bahasa sunda tersebut merupakan sebuah kata permintaan maaf, dimana kata tersebut menggunakan bahasa sunda yang halus atau kalem.

Buat kamu yang merasa banyak salah kepada seseorang, maka segeralah minta maaf. Karena dengan minta maaf, akan membuat hati tenang.

Percaya

Sing percaya kana diri, nu diniati pasti ngawujud bukti, asal usaha jeung percaya kanu maha suci.

Arti dari kutipan mutiara bahas sunda di atas adalah, harus percaya diri, yang dinanti pasti menjadi bukti, asalkan usah dan percaya kepada Allah.

Ngomong-ngomong mimpi atau cita-cita, pasti setiap orang memilikinya. Tapi hanya sedikit yang berani mewujudkannya. Faktor tercapainya apa? Ya itu tadi, berani untuk mewujudkan.

Nah, buat kamu yang sedang mengejar mimpi, kata-kata di atas sangatlah cocok. Bisa menjadi penyemangat untuk mengejar mimpi yang ingin dicapai.

Bukan Soal Harta

Kasenangan teh sanes ku seerna harta, kasanangan teh ayana dina hate nu teu weleh ngucap sukur.

Maksud dari kutipan mutiara bahasa sunda di atas yaitu, kebahagiaan itu bukan soal banyaknya harta, kebahagiaan ada di dalam hati yang senantiasa mengucap rasa syukur.

Beberapa orang ada yang bilang, kalau kebahagiaan itu bisa dilihat. Tapi yang penulis rasakan itu beda, kebahagiaan itu nggak selalu terlihat, karena hal tersebut adanya di dalam hati.

Nah, kalau ingin merasakan kebahagiaan itu benar-benar ada, bisa diungkapkan dengan rasa syukur yang mendalam.

Bahagia nggak harus kita dapat dari harta, bahkan banyak orang kaya yang belum tentu bahagia. Menurut penulis, bahagia itu apa kita lakukan merasa senang.

Mengontrol Diri

Tong leungpang dina hayang, tong cicing dina embung.

Jangan berjalan dalam keinginan, jangan diam dalam ketidakmauan. Begitulah maksud dari kata-kata sunda di atas. Keinginan belum tentu menjadi sebuah kebutuhan, dan adakalanya kita harus menahan keinginan tersebut.

Tapi, kita juga nggak boleh berdiam diri dengan kemalasan, harus ada paksaan untuk bergerak dan melakukan sesuai dengan kebutuhan.

Jalani itu semua dengan bahagia dan juga semangat, maka akan merasakan hasil yang nggak terduga.

Kata Mutiara Sunda Kahuripan Kasar

kata mutiara sunda kahuripan kasar

Nah, kalau yang tadi dari bahasa sunda yang kalem atau halus, sekarang ada kata mutiara bahasa sunda yang kasar, berikut kata-katanya.

Malam Mingguan

Sakirana malem mingguan saukuran jalan-jalan mah mending ngijeg, puguh meunang duit gojek mah!

Kutipan tersebut memiliki arti seperti ini, sekiranya malam mingguan hanya jalan-jalan saja, mending ngojek. Karena ngojek dapat mendatangkan uang.

Bagi para remaja, malam minggu menjadi hal yang sangat luar biasa. Bahkan, ada yang menganggap malam minggu itu sebagai kebutuhan.

Dalam kutipan di atas dijelaskan, agar kita bisa mengambil manfaat dari hari sabtu malam minggu. Apa kegiatan yang bisa mendapat manfaat? Ngojek, pasti banyak yang mencari dan bisa mendatangkan uang.

Belajar Sabar

Diajar sabar teh hese da, lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasansaraan.

Belajar sabar itu memang susah, kalau mudah nggak akan ada orang yang sengsara. Itulah maksud dari kata-kata mutiara bahasa sunda di atas.

Kamu pernah bersabar dalam hal apa saja? Semua hal atau yang lain? Sabar itu memang butuh proses, jam terbang dan kalau bisa jadikan kebiasaan dalam menghadapi apapun.

Saar juga bukan soal umur, tapi sabar itu soal keteguhan dan keyakinan. Penulis sampai saat ini bersabar, dalam hal apa? Dalam hal menunggu yang tidak pasti :v.

Ciri Orang Hebat

Seuri bari hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.

Tersenyum dalam keadaan hati sedih adalah ciri-ciri orang hebat, kuat dan banyak jerawat. Banyak jerawat!! Hehe, sedikit bercanda bolehkan ya!!

Jadi, kata mutiara bahasa sunda yang di atas tersebut memang sedikit lucu. Namun nggak akan mengurangi arti yang terkandung  di dalamnya.

Bisa disimpulkan, bahwa orang yang masih bisa tersenyum dengan keadaan sedih atau terpuruk, itu merupakan ciri dari orang yang hebat, kuat dan tegar. Dan nggak banyak orang yang bisa seperti itu.

Mengapa? Karena dalam kondisi sedih, beberapa orang seakan-akan hancur seperti nggak ada hari untuk besok.

Penulis berharap, semoga kita termasuk orang yang kuat dan hebat, sehingga bisa tersenyum dengan bahagia.

Jangan Banyak Keinginan

Hirup mah tong loba kahayang lur mun menta keneh ka kolot.

Nah, untuk kamu yang masih dalam bangku sekolah, jangan banyak keinginan kalau uang jajan masih minta orang tua.

Seperti kutipan bahasa sunda di atas, hidup itu jangan banyak keinginan kalau masih minta orang tua. Karena kebanyakan anak remaja, khususnya yang masih sekolah banyak sekali keinginannya.

Lihat kondisi orang tua terlebih dahulu sebelum minta sesuatu, jangan egois atau mementingkan diri sendiri.

Memaksimalkan Bekerja

Digawe satakeur kebek eungke oge milik mah nuturakeun.

Kamu pekerja keras? Jika iya kutipan di atas sangat cocok buat kamu, bekerjalah dengan maksimal, nanti rizki akan menyusul.

Lakukan semua pekerjaan dengan ikhlas tanpa ada rasa keluh. Lakukan dengan semangat dan sungguh-sungguh, pasti rizki akan datang dengan hal yang sama.

Sama maksudnya gimana? Sama dalam artian, usahamu akan seimbang dengan rizki yang akan kamu terima nantinya.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahuripan Sedih

kata mutiara bahasa sunda kahuripan sedih

Jangan jadikan sedihmu sebagai penghalang untuk melanjutkan hidup, dan jangan boleh mengalahkan segalanya.

Nah, untuk menghilangkan rasa sedih tersebut bisa dengan cara mendatangkan tekad dan motivasi dalam diri sendiri. Motivasi tersebut bisa dalam bentuk kata, seperti di bawah ini.

Ujian Kehidupan

Sagala masalah nu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun anjen. Nanging eta kanggo nguji sabaraha kuat anjen tiasa nahana.

Apa artinya kalimat di atas? Semua masalah yang datang hari ini, bukan untuk menjatuhkan kalian. Tapi untuk menguji seberapa kuat kalian bisa menahannya.

Pasti setiap orang ingin melewati kehidupan ini tanpa adanya beban dan ujian. Tapi yang perlu diingat adalah, ujian yang datang untuk kita itulah yang akan memperkuat dalam menjalani hidup.

Jika dalam menjalani hidup nggak ada yang namanya ujian. Maka hal besar yang datang di kita, nggak akan kuat untuk menghadapi tersebut.

Mensyukuri Hidup

Sa’acana urang ngeluh sabab ngarasa ka diri sorangka paling buru. Cobi pikirkeun heula ka, jalmi-jalmi nu aya dina tingkat paling buruk di kahirupana.

Kalimat di atas memiliki arti sebagai berikut, sebelum kita mengeluh sebab diri sendiri merasa paling buruk. Coba pikirkan dan bayangkan, orang-orang yang memiliki tingkat kehidupan paling buruk.

Bersyukur itu bisa membuat hati kita menjadi tenang, nggak gelisah, bahkan bisa jadi obat untuk penyakit hati.

Lebih pentingnya lagi, bersyukur itu merupakan hal yang paling mulia. Bayangkan saja, kita sudah diberi rizki yang nggak bisa dihitung, mulai dari bisa berjalan, bisa berbicara, sampai bisa bernafas.

Hal tersebut masih belum banyak orang yang sadar. Bahwa nikmat tersebut merupakan rizki setiap hari yang kita terima.

Jangan Pernah Menyerah

Etong sekali-kali nyerah, lamun slaira ruamos masih keneh aya rasa sanggup.

Kata motivasi dari bahasa sunda di atas memiliki arti, jangan sekali-kali menyerah, jika kalian merasa masih sanggup.

Hampir sama dengan kutipan yang di atas, jangan lupa untuk bersyukur. Kali ini ada kata mutiara dari bahasa sunda, yaitu jangan pernah menyerah. Lalu apa yang harus dilakukan? Tetap bertahan dan terus berusaha dalam menghadapi persoalan.

Hilangkan kata yang membuat kamu lemah, buang kata menyerah dalam pikiran. Mengapa seperti itu? Karena dalam menjalani hidup pasti memiliki masalah.

Lalu apa yang harus dilakukan? Kembali yang di atas tadi, bertahan dan selalu berusaha. Karena setiap perjuangan pasti akan membuahkan hasil.

Mensyukuri Hadirnya Anak

Sa’acan urang ngarasakeun ngeluh ka barudak (anak-anak) urang, pikirkeun heula ka jelami anu mandul, anu hoyong pisan ngagaduh anak.

Anak adalah titipan dari Allah melalui orang tua kita. Kalau kamu sebagai orang tua, maka bersyukurlah atas hadirnya anak dalam keluarga.

Mengapa? Seperti yang ada dalam kata-kata bahasa sunda di atas, bahwa sebelum kita mengeluh kepada anak kita. Coba pikirkan orang yang mandul, dimana mereka sangat ingin memiliki anak.

Hadirnya anak juga merupakan anugerah yang sangat besar. Kalau menyia-nyiakan, maka kita juga telah menyia-nyiakan anugerah dan titipan dari-Nya.

Bahkan, anak juga bisa menghantarkan kita sebagai orang tua bisa masuk surga. Hal yang perlu diketahui satu lagi yaitu, anak sholeh dan sholehah merupakan harta yang terbaik bagi orang tua.

Bersyukur Atas Makanan

Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang. Cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang.

Kalau yang tadi bersyukur atas hadirnya anak, kali ini juga harus bisa mensyukuri atas nikmat makanan yang kita makan sehari-hari.

Nah, sebelum kita mengeluh mengenai apa yang kita makan saat ini. Coba pikirkan sejenak orang yang tidak memiliki makanan sama sekali. Apakah kamu pernah memikirkan sampai kesana?

Mereka yang belum makan hari ini malah sangat kelaparan. Tapi kita yang sudah makan hari, masih saja belum bisa bersyukur.

Kita makan tiap hari saja sudah alhamdulillah, apalagi kalau ada yang traktir kita, hihi. Tapi coba kita bayangkan yang mereka yang ada di kolong jembatan, pasti kelaparan dan berusaha untuk mencari makan.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahuripan Buhun

kata mutiara bahasa sunda kahuripan buhun

Apa itu buhun? Jadi buhun itu berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti tua atau kuno. Nah, di bawah ini ada beberapa kata mutiara dari bahasa sunda.

Konsisten

Sacangreud pageuh sagolek pangkek.

Selalu menepati janji dan konsisten, itulah arti dari kalimat bahasa sunda di atas. Maksudnya apa? Dalam menjalani hidup, jangan terlalu banyak mengatakan janji kepada seseorang.

Menepati janji memang hal yang sangat baik, tapi kalau sudah berkata janji dan nggak ditepati. Maka akan berakibat fatal dan susah untuk dipercaya orang.

Jadi saran dari penulis adalah, kurangi berkata janji kepada seorang. Lalukan yang sebaiknya kamu lakukan, dan jangan karena seseorang.

Perlu Pertimbangan

Bobot pengayon timbang taraju.

Apa maksud kutipan bahasa sunda di atas, semua yang dilakukan itu harus penuh pertimbangan. Lebih singkatnya lagi, berfikir sebelum bertindak.

Semua memang perlu pertimbangan kalau melakukan sesuatu. Berfikirlah sebelum melakukan, entah itu dalam hal kecil maupun besar.

Contohnya apa? Menentukan tujuan hidup, memilih pasangan dan yang lain. Beberapa orang ada yang memilih pasangan itu dilihat dari harta dan fisik. Padahal, yang menentukan bahagianya rumah tangga itu dari kesetiaan pasangan dan kekuatan hati.

Tugas Baik dan Benar

Taraje nageuh dulang tinande.

Setiap tugas harus dilaksanakan dengan baik dan benar, begitulah maksud dari kata mutiara bahasa sunda di atas.

Menyambung kutipan yang di atas tadi, sebelum melakukan harus dipertimbangkan. Nah, dalam mengerjakan suatu apapun itu, harus dilakukan dengan baik dan benar.

Mengapa seperti itu? Agar hasil dari pekerjaan tersebut bisa memuaskan. Percuma kalau kita melakukan hal tersebut, tapi tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, itulah beberapa kata-kata mutiara bahasa sunda yang insyaallah bisa membuat kamu semangat menjalani hidup. Semoga dengan kata-kata di atas, bisa juga membuat motivasi hidup.

Jika ada kutipan atau kata-kata mutiara bahasa sunda yang lain, bisa mengisi komentar di bawah. Dan jangan lupa like dan share artikel ini, agar teman kamu juga ikut termotivasi.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: