Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda

7 min read

kata kata lucu bahasa sunda campur indo

Kembali lagi di blog masnid, kali ini penulis akan membahas tentang kata-kata lucu dari bahasa sunda. Dimana bahasa sunda cukup populer dan terkenal di Indonesia.

Bahkan, orang Jawa Barat berbicara menggunakan bahasa sunda, itu sudah merupakan hal yang biasa.

Tapi, sebagian ada beberapa orang sunda yang masih belum lancar dalam mengatakan bahasa sunda sendiri. Entah itu dari keturunan atau orang tuanya yang  hanya mengajari untuk berbahasa indonesia saja.

Berikut ini ada beberapa kata-kata sunda lucu yang sudah penulis rangkum lengkap dan pastinya terbaru. Cek langsung di bawah ini.

Kosakata Singkat Bahasa Sunda dan Artinya

kosakata singkat bahasa sunda dan artinya

Tahukah kamu? Bahasa sunda merupakan bahasa kedua setelah Bahasa Jawa, yang paling banyak digunakan di Negara Indonesia. Kebanyakan orang yang memakai bahasa sunda yaitu orang Jawa Barat dan Banten.

Bahkan, penulis ini sampai ingin belajar bahasa sunda. Karena menarik dan saat diucapkan itu seperti bahasa yang sangat halus. Itu menurut penulis sih, nggak tahu kalau menurut kalian.

Nah, meskipun masih belajar bahasa sunda, penulis juga akan berbagi kosakata yang mudah dan umum untuk dipelajari.

Berikut adalah kosakata bahasa sunda.

No. Bahasa SundaArtinya
1NaonApa
2IrahaKapan
3TimanaDarimana
4KamanaKemana
5KunaonKenapa
6KumahaBagaimana
7Sahasiapa
8Nuju naon?Lagi ngapain?
9Aya naon?Ada apa?
10Aya-aya waeAda-ada saja
11Bade kamana?Mau kemana?
12Nanaonan leuApa-apaan ini
13PuntenPermisi
14Hatur nuhunTerima kasih
15Kumaha, damang?Bagaimana, sehat?
16Ari eta teh naon?Kalau itu apaan?
17Sakedap deuiSebentar lagi
18Bade moal?Jadi nggak?
19Tunduh euyNgantuh ih
20Hoyong/hayangPengen
21Namina saha?Namanya siapa?
22Nu leres?Yang bener?
23Terang teu?Tahu nggak?
24Sugan teh sahaKirain siapa
25Gelo manehGila kamu
26Teu bisanggak bisa
27Hareudang ueyGerah ih
28Hoream ahMales ah
29Ngan kitu hungkulCuma gitu doang
30Rame jiganaSeru kayaknya

Itulah beberapa kosakata yang bisa kamu pelajari untuk berbahasa sunda dalam kehidupan sehari-hari.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda

Setelah membaca kosakata, pastinya akan mempermudah dalam membaca bahasa sunda.

Nah, kali ini penulis akan memberikan kata-kata lucu dari bahasa sunda. Mulai dari kata lucu tentang cinta, buat story wa atau ig dan masih banyak lagi.

Ingin tahu kata-katanya seperti apa? Cek selengkapnya di bawah ini.

Tentang Cinta

tentang cinta
gambarunik.id

Pertama yaitu kata lucu dari bahasa sunda tentang cinta. Jadi, kata-kata ini bisa untuk guyonan semata dan menghibur buat kamu yang sedang diejek sama temen kamu yang jomblo.

Kata-katanya seperti ini.

Bro, ari sia ngomong teh baleg, bisi ditamasan ku coca-cola geura ku aing.
Bro, kalau kamu ngomong yang bener, nanti mukamu dicuci pakai coca-cola sama saya.

Nah, kalimat tersebut hanya ada di daerah sunda. Mungkin kamu bisa main kesana jika ingin lihat kejadian seperti itu, hehe.

Kalimat di atas sudah termasuk dalam bahasa sunda yang kasar tapi lucu. Buat kamu yang masih dalam belajar bahasa sunda, jangan pernah mencoba mengatakan seperti itu, jika nggak ingin disiram air coca-cola, wkwk.

Lamun dina bobogohan kedah sepertos palajaran elmu kimia. Sanes teori hungkul, nanging kedah aya praktekna oge.
Kalau pacaran harus seperti pelajaran ilmu kimia. Bukan hanya teori saja, tapi juga disertai dengan praktek.

Dalam menjalani hubungan baik itu pacaran atau yang sudah menikah, implementasi adalah hal yang paling penting.

Mengapa seperti itu? Karena pratek itu lebih sulit daripada teori, begitupun dalam urusan cinta.

Pasti peurih sih mun putus, leuwih peurih deui putusna lantaran di gigiwing babaturan sorangan.
Pasti sakit jika putus, terlebih sakit jika putusnya ditikung temen sendiri.
Nginjem kabogoh lah sapoe we atuh, hayang malam mingguan.
Pinjem pacar satu hari, pengen malam mingguan.
Ari lila teuing pdkt sok ka salip ku batur. Gancang teuing sok dianggap hereuy. Pas teu lila teuing teu gancang teuing ngomongna ngan nyaman sebagai teman.
Jika terlalu lama pdkt biasanya kesalip orang lain. Terlalu cepat dianggapnya bercanda. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat malah dijawab nyaman sebagai teman.

Buat Pasangan dan Mantan

kata sunda buat pasangan dan mantan
memebae.blogspot.com

Selanjutnya ada kata-kata lucu sunda buat pasangan kamu. Dan juga mantan yang sudah pergi meninggalkan kamu.

Seperti ini kata-katanya.

Awewe siga cucunguk, ari di udag-udag hese. Namung lamun geus nangkarak, oseh-oseh.
Cewek itu seperti kecoa, kalau di kejar-kejar sulit. Tapi kalau sudah terlentang, meronta-ronta.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kecoa kalau dikejar itu pasti lari menjauh nggak jelas arahnya. Belum lagi kalau kecoanya itu ada yang terbang saat dikejar.

Lalu persamaannya apa? Nah, kalau kecoa sudah terlentang, dia tidak bisa berbalik arah dan hanya bisa meronta-ronta memakai kakinya.

Cewek pun juga seperti itu, sangat sulit untuk didapatkan, tapi kalau sudah jatuh dalam pelukan pasti…… “lanjut sendiri kata-katanya, hihi.

Aing sabar kusabab boga hate. Cobi lamun aing ngan boga batu, geus dibabetkeun eta batu ka beungeut maneh.
Aku sabar karena punya hati. Coba kalau aku punya batu, udah aku tabokin itu batu ke muka kamu.

Kalimat diatas biasanya datang dari seseorang yang punya salah dan mencoba untuk bersabar.

Inilah ujian yang mungkin pernah kamu alami dalam kehidupan sehari-hari. Memang sulit pastinya, karena setan nggak akan pernah tinggal diam untuk terus menggoda manusia agar selalu emosi.

Saran dari penulis, cobalah untuk diam sejenak untuk menjernihkan hati dan pikiran. Insyaallah hati kamu akan bisa terkendali dan lebih tenang.

Panceng hiji hate. Ulang ingkah, lamun aing tara barang bere.
Tetep satu hati. Jangan pergi, kalau aku nggak pernah ngasih sesuatu.
Ari sia jelama atawa kalkulator? Meni henteu menang salah.
Lo itu orang atau kalkulator? Sampek nggak boleh salah.

Lucu tapi Bijak

kata sunda lucu tapi bijak
insidenesia.com

Kali ini ada kata-kata sunda yang lucu tapi bijak. Mau tahu seperti apa? Yuk simak kata-katanya di bawah ini.

Hirup mah ulah sok loba kahayang lur, komo deui lamun masih menta kakolot mah.
Hidup jangan terlalu banyak keinginan, apalagi masih minta orang tua.

Sudah jelas kata-kata di atas, bahwa kita yang masih bergantung kepada orang tua, janganlah banyak keinginan.

Kebanyakan orang yang seperti ini adalah orang yang tidak bisa bekerja dengan baik, mengapa seperti itu? Karena yang ada dalam pikirannya hanya keinginan saja.

Ulah ngarasa nalangsa kusabab ngarasa sorangan. Tingali bulan, anjeunna ogé sorangan nanging anggeur katémbong masihan cahyana.
Jangan merasa sedih karena sendiri. Lihatlah bulan, dia juga sendiri tapi dia masih memberi cahaya.

Pernahkah kamu merasa sendiri dalam menjalani kehidupan? Merasa sendiri dan tidak ada siapa-siapa. Kalau penulis sih pernah mengalami seperti ini, sendiri dan tidak ada seorang pun yang menemani.

Dalam kalimat diatas, kamu bisa kok seperti bulan yang bisa menerangi cahaya. Artinya kamu bisa memberi ilmu atau apa yang kamu punya kepada orang lain.

Jadi sendiri bukanlah masalah, yang menjadi masalah adalah saat kita nggak bisa bersinar lagi, meskipun sudah bersama orang lain.

Hirup mah ulah loba gaya, namung kudu loba duit.
Hidup itu jangan banyak gaya, tapi harus banyak duit.
Naon anu ku urang lakuken, kudu dipertimbangkan hela.
Apa yang akan kita lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Lucu dan Kocak

kata kata sunda lucu dan kocak
gambarlucu.me

Kamu pastinya punya temen yang bermaca-macam sifatnya, ada yang raji, pendiam sampai temen yang lucu. Nah, kali ini ada kata-kata lucu dan kocak buat temen kamu yang biasanya guyonan atau bercanda.

Babaturan nyaeta manehna anu sok nginjeuman duit bari tara daek dibayar.
Temen adalah dia yang suka meminjam uang dan nggak dibayar.

Pernah nggak kamu mengalami hal seperti ini? temen pinjem ke kita terus nggak balik uang itu? Wkwk, kalau penulis sih pernah mengalami seperti ini.

Tapi nggak semua temen seperti itu kan? Pastinya cuma beberapa doang. Anehnya lagi, kalau temen kita pinjem uang, terus kita ingatkan takutnya dia belum punya uang. Tapi kalau nggak diingatkan nggak dibayar-bayar.

Nah, itulah dilema yang kita hadapi, kalau punya temen yang model nya suka ngutang dan nggak dikembalikan.

Sakumaha berat na pagawean, bakal lewih hampang lamun teu di gawean.
Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan kalau tidak dikerjakan.

Pasti pernah dong memiliki pekerjaan yang berat? Penulis tahu cara mengatasinya, ya biarin aja dan jangan dikerjakan, pasti ringan dan nggak ada beban, wkwk.

Tapi jangan macam-macam kalau pekerjaan itu masih menyangkut pekerjaan kantor, bisa dipecat kamu nanti, haha.

Jaman ayeuna mah ulah percaya kitu wae kana foto profil di media sosial, loba bohongna! Ngan foto KTP nu paling jujur salila ieu.
Jaman sekarang jangan percaya gitu saja sama foto profil di media sosial, banyak bohongya! Cuma foto KTP yang paling jujur selama ini.
Ulah waka sombong, lamun acan bisa balap motor bari di konci setang mah.
Jangan sombong dulu, kalau belum bisa balap sambil di kunci satang.
Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.
Tetap tersenyum walaupun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

Buat Story WA, IG dan FB

kata sunda lucu buat story ig wa dan fb
m.waptrick.ltd

Nah, kali ini yang biasanya buat story di WA atau IG, bisa menggunakan kata-kata sunda ini. kata-katanya seperti ini.

Tetap menawan senajan ulin kaditu, ulin kadieu tanpa pasangan.
Tetap menawan meskipun main kesana, main kesini tanpa pasangan.

Ini yang dinamakan salah satu ciri orang jomblo terhormat seperti penulis, wkwk. Tapi itu sudah menjadi keputusan penulis untuk memilih jomblo, karena sejatinya manusia itu sudah diciptakan berpasangan.

Bahkan, jomblo juga tidak banyak menguras banyak uang dan kebutuhan buat cewek, yang nantinya belum jadi jodoh kita.

Bener nggak???

Urang tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, ambyarrr!!!
Aku tanpamu, bagaikan nasi kuning hilang karetnya, ambyarrr!!!

Nasi kuning yang dibungkus dan diikat dengan karet, itu berfungsi untuk bisa rapi dan tidak ambyar nasinya.

Kalimat di atas menunjukkan, jika ada seorang yang belum memiliki pasangan, itu seperti nasi kuning yang tidak ada karetnya.

Lamun aya nu nanya, urang keur naon? Bajakeun, urang keur lieur.
Jika ada yang bertanya, aku lagi ngapain? Bilang saja, aku lagi pusing.
Hirup mah tong lempeng teuing wa, da maneh teh jelema, lain jidar.
Hidup jangan terlalu lurus, karena kamu manusia, bukan mistar.

Pakek Bahasa Sunda Lemes atau Halus

pakek bahasa sunda lemes atau halus
isplbwiki.net

Dalam bahasa daerah, pastinya memiliki bahasa yang halus dan ada yang kasar. Begitupun dalam bahasa sunda, ada juga yang memakai bahasa sunda yang halus atau lemes.

Nah, di bawah ini ada bahasa sunda lucu tapi menggunakan bahasa yang halus atau lemes.

Upami anjeun jadi beurit, urang mah rela jadi gotna. Supados anjeun tiasa kukucuprakan samaotna.
Kalau kamu jadi tikus, aku rela kok jadi gotnya. Biar kamu puas kena air sampai mati.

Kalau ini untuk seorang yang telah ditinggal kekasihnya pergi tanpa pamit. Kemudian, si cowok mengibaratkan dia seperti tikus yang nantinya masuk ke dalam got.

Punten, iraha bade mayar sametan tea, abdi tos teu gaduh artos.
Permisi, kapan mau bayar hutang, saya udah nggak punya uang.

Kalimat di atas menunjukkan kata sindiran kepada orang yang sudah memiliki utang, tapi belum di bayar-bayar.

Tong nanya iraha kawin, engkeh gek apal lamun abdi ngulem.
Jangan tanya kapan nikah, nanti juga tahu kalau saya undang.

Pakek Bahasa Sunda Kasar

pakek bahasa sunda kasar
monkeyelvin.blogspot.com

Seperti halnya bahasa jawa, ada yang kasar atau disebut dengan krama madya. Dan ada juga yang kasar yang disebut dengan krama inggil. Bahasa sunda juga begitu, berikut adalah bahasa sunda kasar dengan artinya.

Tai ucing dina rantang, cing sabatang!
Kotoran kucing di atas rantang, minta satu batang!

Jadi, kalimat di atas menunjukkan minta tolong untuk mengambilkan kotoran kucing kepada temannya, dengan menggunakan kalimat sunda yang kasar.

Ayeuna uing keur teu hayang ngomong jeung api-api poho ingetan.
Sekarang aku lagi nggak mau ngomong dan pura-pura hilang ingatan.

Mungkin kalimat di atas menunjukkan, kalau temannya sedang kesal dengan perbuatan yang sudah dilakukan kepada dia. Sampai-sampai temannya berpura-pura kalau sudah lupa.

Lamun hirup ulang lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar.
Kalau hidup, jangan lurus-lurus amat kayak penggaris.
Ulah waka sombong, lamun acan bisa balap motor bari di konci setang mah.
Jangan sombong dulu, kalau belum bisa balap motor sambil di kunci setang.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda Campur Indo

kata kata lucu bahasa sunda campur indo
cahpeni.com

Terakhir yaitu ada kata-kata sunda lucu yang campur dengan bahasa Indonesia. Pastinya beberapa kata nanti akan menjadikan beberapa kalimat yang menarik dan kocak.

Berikut adalah kata-kata sunda lucu yang bercampur dengan bahasa Indonesia.

Apaa!! Cewek kayak gitu masih aja lu gebet? Segitu mukanya orowodol kitu?
Itu mah cuma rarasan kamu aja we.
Ihh, kamu kemana aja. Kok aing pernah ngadeuleu kamu.
Gue tuh sudah kukurilingan mall ini. Tapi kenapa nggak nyampak baju yang gue teang yah.
Semalam aing mimpi diudag anu gelo! Aing lari dan akhirnya tikudawet… bangun.

Itulah beberapa kata-kata lucu dalam bahasa sunda yang memiliki variasi banyak. Semoga bisa memberi manfaat untuk kamu bagi para pembaca.

Jangan lupa juga untuk like dan share artikel ini, agar teman-teman kamu juga bisa belajar atau bercanda dengan kata-kata di atas.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: