Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa

6 min read

Setelah membahas mengenai kata lucu bahasa sunda, saatnya penulis akan membahas kata-kata lucu bahasa jawa. Dimana kata lucu bahasa jawa ini nggak kalah kocak dan akan membuat kamu ngakak.

Tertawa dengan temen juga merupakan hal yang sangat digemari, apalagi anak muda.

Kalau ada kumpul-kumpul sama temen juga pasti nggak akan tertinggal yang namanya becanda. Terlebih kalau sesama orang jawa sendiri, pasti nggak ada batasnya lagi kalau becanda.

Nah, kalau kamu kehabisan dalam mengutarakan percakapan saat becanda, penulis sudah menyediakan banyak kata-kata lucu tentang bahasa jawa.

Mau tau apa aja kata-kata itu? Simak lanjut penjelasan di bawah ini.

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa Bikin Ngakak

kata kocak bahasa jawa bikin ngakak

Pertama yaitu ada kata lucu bahasa jawa yang akan membuat kamu ngakak sepuasnya. Mungkin bisa sampai membuat perut kamu kram, hehe.

Pacar Malu Sama Mukamu

Nek pacarmu ora gelem masang fotomu, mungkin wonge isin karo raimu.

Kamu mempunyai pasangan? Atau jomblo kayak si penulis ini? *ups. Nah, kalau kamu punya pasangan, biasanya akan memamerkan foto pasangannya di akun sosmed.

Tapi, kalau pacar yang nggak pernah memamerkan foto pasangannya di sosmed, itu tandanya masih malu dengan muka pasangannya.

Kalimat di atas, sangat cocok digunakan untuk guyonan buat temen yang sudah biasa becanda sama kamu. Jadi kamu bisa mengejek temen kamu yang kebetulan juga mengalami seperti itu, haha.

Mama Keren, Papa Kere

Mama keren, tapi papa ora kopen.

Artinya apa? Mama keren, tapi papa nggak terurus. Maksudnya yaitu, cowok itu selalu ingin membahagiakan pasangannya apapun itu caranya. Meskipun cowok nggak peduli dengan penampilannya, asal pasangannya bahagia.

Kata-kata lucu orang jawa memang selalu membuat perut kram, sampai-sampai menggelitik saraf tawa.

Kutipan tersebut memang sudah berdasarkan pengalaman dan benar-benar dialami dari penulis. Sudah beberapa kali yak kayak gitu penulis ini, wkwk.

Dibawa Santuy Aja

Ra usah sepaneng, pokok awak dewe iso seneng-seneng.

Buat kamu yang merasa sedih, galau atau habis diputusin sama pacar, kamu masih punya temen yang setia dengan kamu, semua itu bisa dibawa santuy.

Kamu bisa ajak temenmu pergi ke suatu tempat, agar pikiranmu bisa lebih tenang. Atau pilihan paling simple yang dilakukan anak seperti itu adalah ngopi di gunung, sambil menikmati sunset.

Awet yang Biasa Aja

Bojo iki asline luweh awet sing biasa-biasa wae, kenopo? Mergo ayu iki paling banter mek 20 tahun wes ilang ayune. Lha nek bojo sing biasa wae, sampek tuwek yo panggah biasa wae.

Kutipan bahasa jawa di atas bisa kamu jadikan acuan untuk dalam memilih pasangan hidup. Jadi maksud dari kalimat di atas adalah, mencari wanita pendamping hidup itu nggak perlu yang cantik, tapi nggak jelek juga.

Cantik hanya bisa bertahan sampai umur 20 tahun saja. tapi kalau kamu mencari pasangan yang biasa, maka pasanganmu akan selamanya biasa-biasa saja.

Kalah Sama Truk

Truk wae gandengan, mosok kowe ra nduwe gandengan?

Pernah dengar kata “truk saja gandengan, masak kamu tidak?”. Pasti semua sudah tahu dengan kata-kata itu.

Nah dalam bahasa jawa, kata tersebut ditujukan untuk kamu yang sudah mempunyai pasangan, tapi nggak pernah bergandengan kalau jalan. Artinya kamu yang mempunyai pasangan, kalah sama truk.

Terus yang jomblo gandengan sama siapa? Sini sama si penulis, kan penulis masih jomblo juga, hehe.

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa Tentang Cinta

kata lucu jawa tentang cinta

Nggak tertinggal juga dengan kata-kata lucu bahasa jawa tentang cinta dong. Pastinya ini yang ditunggu temen-temen pembaca, apalagi anak muda yang membacanya.

Perlahan tapi Move On

Pokok alon-alon, sing penting iso move on.

Move on memang susah bagi kamu yang baru putus cinta. Tapi, lama kelamaan pasti akan hilang semua kenangan bersama dia.

Mau cepat move on? Penulis kasih tau tipsnya. Sangat mudah sih sebenarnya, hapus semua kenangan yang ada dalam hp dan lakukan aktivitas apapun itu, yang penting bermanfaat.

Insyaallah dengan tips tersebut, kamu bisa dengan cepat melupakan semua kenangan sama mantan kamu. Nggak percaya? Sini pindah pelukan sama si penulis, wkwk.

Pacaran Nggak Usah Pamer

Pacaran kui ora usah diumbar-umbar, sing penting undangan moro-moro kesebar.

Jadi, pacaran itu nggak harus dipamerkan atau diumbar ke sosial media. Bukan berarti kalau pacaran itu secara sembunyi-sembunyi, itu malah lebih berbahaya.

Maksudnya seperti ini, pacaran itu dijalani apa adanya dan mengalir seperti air, nggak perlu dipemerkan segala.

Dan yang paling penting adalah, undangannya sudah menyebar dan itu yang menjadi tujuan akhir dari pacaran.

Jangan Tergoda Sama yang Lain

Nek pancen tresno tenan kui kudu dijogo, ora malah keno gudo karo wong liyo.

Mungkin ini yang sering dialami oleh pasangan yang sudah lama menjalani hubungan. Dan ini kebanyakan terjadi oleh kedua belah pihak, baik itu cewek ataupun cowok.

Jadi maksud kalimat bahasa jawa di atas yaitu, kalau benar-benar sayang itu harus dijaga, nggak tergoda sama orang lain. Kata-kata itu juga bisa dijadikan motto hidup.

Jadi harus saling membuktikan kesetian tersebut pada pasangannya masing-masing.

Nggak Mau Ditinggal Pergi

Jare gawe loro, tapi kok wegah ditinggal lungo.

Kata-kata lucu bahasa jawa tersebut mempunyai arti, “katanya dibuat sakit, tapi kok nggak mau ditinggal pergi”.

Artinya ada seseorang yang teralalu sayang dengan pacarnya, tapi dia sering disakiti. Dari sakit hati tersebut, dia nggak mau putus begitu saja dengan pacarnya.

Bahkan dia terus berusaha untuk bisa mempertahankan hubungannya, meskipun tahu kalau itu sakit.

Cokelat Vs Seperangkat Alat Sholat

Mergo sing ngekeki cokelat, bakalan kalah karo sing ngekeki seperangkat alat sholat.

Cokelat itu sering dijadikan sebuah hadiah oleh cowok untuk pasangannya, agar ceweknya tambah suka dan sayang sama cowoknya.

Tapi kamu nggak akan tahu, kalau memberi serangkat alat sholat itu hadiah yang indah untuk cewek. Hadiah yang sudah ditunggu-tunggu dari dulu, dan itu merupakan cowok yang sudah siap untuk membangun rumah tangga.

Karena hadiah cokelat sudah umum digunakan, tapi kalau seperangkat alat sholat akan lebih mengikat dan anti mainstream.

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa Kasar

kata kata bahasa jawa kasar

Selanjutnya ada kata-kaa lucu dalam bahasa jawa yang kasar. Jadi, di bahasa jawa ini ada dua tipe bahasa dalam pengucapannya, yaitu kasar dan halus.

Untuk dalam kasarnya seperti berikut.

Teman Kok Gitu

Ngaku konco kok mek pengen nunut mulyo. Pas konco ciloko malah budal.

Pertama yaitu kata-kata lucu bahasa jawa yang pas buat temen, yang hobinya datang saat butuh saja. Pasti kamu yang baca ini pernah  mengalami kejadian seperti?

Tapi saat kamu kesusahan dan butuh bantuan, ada juga temen yang pergi nggak jelas dan menghilang tanpa ada bekas.

Nah, kutipan tersebut sangat cocok buat temen yang macam itu. Tapi, kita hanya bisa berdo’a yang terbaik buat dia, agar diberikan petunjuk oleh Allah dan kembali ke jalan-Nya.

Bagaikan Pohon Pisang

Urupmu koyok wit gedhang, duwe jantung tapi ora duwe ati.

Kalau kutipan ini mungkin sudah biasa dan banyak ditemui. Karena temen itu ada yang nggak tegaan dan ada juga yang menjerumuskan atau kejam dengan temannya.

Nah, kamu bisa menyindir temen seperti itu dengan kalimat di atas. Jadi, bagaikan pohon pisang yang punya jantung, tapi nggak punya hati.

Becanda Boleh, tapi…

Guyon ora popo, sing penting ora jotos-jotosan.

Jadi, maksud dari kalimat di atas itu, kalau becanda jangan sampai kelewatan. Becanda nggak papa, yang penting nggak saling baku hantam, ok!

Kalau becanda yang ya sewajarnya aja, kan udah pada besar semua. Masalah becanda jangan juga dibesar-besarkan dan jangan diambil hati.

Yang peting, selow dan santuy, ok!

Jangan Ngaku Teman

 Ora usah ngaku konco kenthel nek pas awor aku, atimu isih nggerundel.

Buat temen kamu yang suka ngambekan atau kesel, maka kata-kata di atas itu sangat cocok buat dia. Katanya temen, tapi kok cemberut mulu kalau ngumpul sama temen-temen.

Padahal kamu sebenarnya nggak punya masalah sama dia. Tapi kalau dibilagin blak-blakan, bisa jadi temen kamu itu darah tinggi, wkwk.

Jadi, baiknya itu diomongin langsung masalahnya apa, atau to the point. Nggak pakek sindir-sindiran segala.

Jangan Kebablasan

Guyon iki jo sampek kelewatan. Nek kelewatan, puter balik e kadohan.

Nah, kalimat tersebut mengartikan bahwa kalau bacanda jangan sampai kelewatan. Nanti kalau kelewatan, muternya kejauhan.

Masih nyambung sama kata-kata sebelumnya sih, jadi sebagai pengingat kalau becanda jangan sampek melebihi batas. Atau bisa berdampak nggak baik buat temen.

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa Halus

kata bahasa jawa halus

Kelanjutannya yang di atas tadi, kata-kata lucu bahasa jawa yang halus.

Semua Berasal dari Diri Sendiri

Abot entheng soko penggaweane dewe.

Jadi, berat atau ringgannya suatu pekerjaan itu dari perbuatan kita sendiri. Nah, ini yang biasanya dilakukan semua orang termasuk penulis ini memberatkan pekerjaan.

Kalau bisa, mulai sekarang kita harus bekerja keras dan tidak malas-malasan dalam menjalankan perkerjaan. Meskipun itu berat, tpai kalau dilakukan akan terasa ringan dan pekerjaan akan cepat selesai.

Oh Tuhan!

Kulo ngertos nek rejeki niku mung titipan. Tapi, nek nitip sing katha mesisan Gusti.

Berdo’a memang harus bersungguh-sungguh dan serius seperti mengerjakan soal ujian. Tapi coba berdo’a seperti kalimat di atas.

“Saya tahu kalau rizki itu hanya titipan. Tapi, kalau nitip yang banyak sekalian Gusti”. Syukur-syukur nanti malaikat memberikan langsung ke kita, hehe. Sambil di-aamiin i dong, aamiin.

Jangan Sok Tahu

Aja keminter mundhak keblinger, aja cidra mundhak cilolo.

Artinya seperti ini, jangan sok pintar nanti salah, jangan curang nanti celaka. Kalimat tersebut mengajarkan kita untuk merendah, baik itu dalam segi ilmu ataupun lainnya.

Tapi, kalau kamu sedang mengajar menjadi guru. Maka ilmu yang kamu dapat harus disampaikan agar murid bisa memahami dengan baik.

Lain halnya kalau kamu sama-sama belajar, lebih baik tidak tahu dan mencari tahu daripada sok tahu seperti itu.

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa Status FB

kata bahasa jawa status FB

Terakhir yaitu ada kata-kata lucu bahasa jawa yang bisa kamu buat story di FB atau IG.

Janji Nggak Akan Nakal

Aku janji ora bakal nakal maneh, kecuali nakali kowe.

Senakal-nakalnya cowok, pasti akan berubah jika dia sudah menemukan cewek yang dia sayangi. Lama kelamaan cowok akan berubah dengan sendirinya, karena sudah memiliki belahan jiwa.

Tapi, semua itu butuh proses dan nggak langsung berubah. Dan yang dulunya sering godain cewek, sekarang sudah nggak lagi.

Yang Lain Blur

Tresna ku ning kowe iku koyo kamera, fokuse ning awakmu tok liane blur.

Bahasa jawa juga memiliki banyak gombalan, salah satunya ya kata-kata lucu di atas. Dan kamu juga bisa memakai kata-kata itu untuk dibuat status di FB atau IG.

Jadi artinya seperti ini, “sayangku padamu itu seperti kamera, fokusnya ke kamu saja lainnya blur”.

Selamanya Cinta

Tresna iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati.

Cinta itu datang dan muncul dari hati, buka dari rupa, tahta atau harta. Kalau cinta datang dari hati, maka akan bersama selamanya sampai mati.

Nah, kalau cintanya karena harta, rupa atau tahta, dijamin nggak akan bisa selamanya. Meskipun itu nanti selamanya, tapi pasti ada aja masalah yang bermunculan.

Nggak Perlu Obral

Ora usah diobral, ben payu.

Kalimat di atas sangat cocok buat kamu yang masih jomblo dan merasa santuy saja. Kamu bisa buat status di FB dengan kata-kata seperti itu, agar orang lain tau bahwa kamu yang masih jomblo ini bisa bertahan tanpa adanya pasangan.

Mengapa seperti itu? Karena jodoh itu sudah ada yang menentukan dan sudah ada yang menyediakan. Jadi buat kamu kaum jomblo, tetaplah kuat menjalani hidup, karena kamu masih memiliki temen yang baik.

Cukup yang Bisa Membuat Bahagia

Ora usah golek sing wah, opo mane sing mewah. Pokok sing iso gae bungah, wis alhamdulliah.

Kata-kata lucu terakhir yang bisa kamu buat status di FB dalam bahasa jawa seperti di atas. Apa artinya? Nggak usah mencari yang wah, apalagi yang mewah. Yang peting bisa membuat senang, sudah alhamdulillah, bener nggak?

Kata-kata ini bisa kamu gunakan prinsip hidup, kalau kamu nggak akan pacaran sebelum menikah, dan pacaran kalau sudah menikah.

Nah, itulah beberapa kata-kata lucu bahasa jawa yang bisa kamu gunakan saat kumpul sama temen, dan juga bisa kamu gunakan buat pasangan.

Apapun itu kata-katanya, semoga bisa menambah wawasan kamu, dan bisa mengucapkan kalimat yang baik untuk orang lain.

Kalau ada kata-kata lucu dalam bahasa jawa, kamu bisa tulis komentar di bawah. Berapapun itu, kamu bisa masukkan disana sebanyak-sebanyaknya.

Jangan lupa untuk like dan share artikel ini, agar nggak kamu aja yang tertawa. Berbagai itu indah.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: