Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata-kata Bijak Bahasa Madura

8 min read

kata kata bijak bahasa madura

Kata-kata bijak bahasa madura – Ada beberapa suku atau bahasa yang ada di Indonesia ini, salah satunya bahasa yang asing di telinga orang Indonesia yaitu Bahas Madura.

Kata-kata yang biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah perasaan itu memang hal yang lazim. Tapi dengan bahasa madura, mungkin  banyak orang yang belum paham.

Apalagi kalau kata-kata yang diungkapkan itu memiliki kesan yang sangat indah, pasti membuat penasaran.

Satu lagi, apalagi kalau yang diungkapkan itu tentang perasaan yang kita sayangi, double kill penasarannya, hehe.

Penasaran apa saja kata-kata bijak dan lainnya dalam bahasa madura? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kata-kata Bijak Bahasa Madura

kata kata bijak bahasa madura

Nggak lupa dan ingat, dalam memulai kata-kata itu pasti ada yang namanya bijak, baik itu dalam kata-kata mutiara bahasa jawa ataupun yang lain.

Untuk itu, mari simak kata-kata bijak bahasa madura yang di bawah ini.

Lambat  Tapi Nggak Mundur

Ngkok jed oreng se alagnkah lambat, tape ngkoktak kerah ajelen mundr kabudih.

Apa artinya? Saya memang seorang yang melangkahnya lambat, tapi saya nggak akan pernah berjalan mundur ke belakang.

Kebanyakan orang memulai usaha atau sebuah tujuan yang sudah direncanakan, mikirnya pasti “nanti pasti gagal”. Memang sebuah usaha itu ada yang namanya gagal.

Jangan memikirkan apa yang belum terjadi, tetap fokus dalam tujuan yang sudah direncanakan.

Nah, dalam pertengahan menjalani sebuah usaha, jangan pernah mundur. Meskipun dalam usaha nanti jalannya pelan, seperti yang tertulis di atas. Usaha tetap jalan, tapi jangan pernah mundur untuk menggapai tujuan.

Lebih Baik Berani Mencoba

Lebbi begus gagal ben bengal nyobak ebendingagi tk tao gagal polanah tak pernah nyobak.

Kutipan dari bahasa madura tersebut memiliki arti, lebih baik gagal tapi berani mencoba, daripada tidak pernah gagal dan tidak pernah mencoba.

Hampir sama dengan kata-kata bijak bahasa madura yang pertama tadi. Dalam mencoba untuk memulai jangan pernah takut untuk gagal, dan pikiran kita tetap dalam tujuan pertama.

Dalam kata-kata ini disampaikan, bahwa berani gagal itu merupakan sebuah proses, daripada tidak pernah gagal dan takut untuk mencoba.

Jadilah Manusia Biasa yang Bernilai

Jek brusaha deddi manossah se sukses, tape deddieh be’en manussa se andik nilai.

Dalam kata-kata di atas mengandung makna  yang cukup luar biasa. Bahwa mindset kita jangan menjadi orang sukses, tapi berusahalah menjadi orang yang memiliki nilai.

Artinya apa? Jika kamu berusaha untuk menjadi orang sukses, belum tentu kamu bisa jadi orang yang mempunyai nilai.

Tapi, jika kamu berusaha untuk menjadi orang bernilai, insyaallah kesuksesan akan mengikutinya.

Lebih Baik Gagal Satu Tujuan

Engkok lebbi begus gagal delem settong tojjuen se akhirra bekas hasel, ebending pas hasel delem settong tojjuen se akhirra gagal.

Melanjutkan kutipan yang di atas, jika sudah berjuang atau berusaha terimalah hasil akhirnya meskipun nantinya akan gagal. Mengapa seperti itu?

Karena lebih baik gagal dalam satu tujuan dan akhirnya berhasil, daripada berhasil dalam suatu tujuan tapi ujung-ujungnya gagal. Itulah yang dimaksud pada kutipan yang satu ini.

Kesuksesan Itu Suatu yang Mungkin

Untuk nojjuh dek ka kasuksesan pajed tak gempang, tape benni artenah tak mungkin.

Nah, dalam mencapai kesuksesan itu pasti ada, entah itu kapan. Tapi ang jelas, dalam menjalankan usaha pasti ada yang namanya kesuksesan.

Proses yang dijalani dalam menggapai kesuksesan tidak mudah. Jatuh bangun jatuh, jatuh bangun lagi terus begitu. Tapi jangan pernah putus asa, karena itu akan menghasilkan buah yang tidak sedikit, insyaallah.

Kata-kata Mutiara Bahasa Madura

kata kata mutiara bahasa madura

Nggak lupa juga, kalau membahas kata-kata pasti juga ada yang namanya kata mutiara. Kata mutiara dari bahasa madura ini memang tidak jauh beda dengan kata bijak.

Langsung saja, berikut adalah kata-kata mutiara bahasa madura.

Orang yang Kuat Hatinya

Oreng se koatatenah, benni oreng se tak pernah nangis. Tapeh oreng se paggun koat walau bennyak orang se nyake’en.

Sudah mengerti apa maksud dari kata-kata di atas? Artinya seperti ini, orang yang kuat hatinya bukan mereka yang tidak pernah menangis. Melainkan orang yang tetap tegar ketika banyak orang yang menyakitinya.

Jadi, orang yang menangis itu suatu yang wajar, manusiawi dan semua orang juga berhak dengan hal tersebut.

Orang yang menangis itu bukan berarti tidak tegar, tapi mereka mampu untuk menyelesaikan masalahnya dengan tenang.

Bahkan orang kuat itu tidak diukur dengan keadaan menangis, tapi dengan mereka yang mampu menghadapi persoalan dan mampu menyelesaikannya.

Beban Nggak Lebih Membatasi Kemampuan

Engak apa’ah beih rajenah masalah se be’en adebbih satiyah. Namung pacajeh bahwa kabbi jiyeh kerah ngelebbi’ih betes kamampo’nah be’en.

Artinya apa? Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini. percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuanmu.

Nah, ketika dalam diri kita sudah memiliki kepercayaan dan keyakinan, bahwa beban yang akan dihadapi nanti tidak akan melebihi kemampuan yang ada dalam diri kita.

Mengapa demikian? Karena kita akan semakin optimis untuk menyelesaikan masalah dan menghadapi beban-beban tersebut.

Dan semoga pundak kita semakin kuat untuk menanggung beban atau masalah yang ada dalam kehidupan ini, aamiin.

Jangan Putus Asa

Tak osa putus asa, saat gagal nabeg cinta. Karna kedengkalah, cinta (rassa neser) se bekal deteng dibik, tanpa ngira-ngira.

Menunggu cinta atau mengharap cinta dari seorang yang kita sayangi? Janganlah ditunggu, karena cinta itu bisa datang dengan sendiri tanpa kita duga dan kita sangka. Itulah yang dimaksud dalam kata-kata di atas.

Jangan juga putus asa masalah cinta, karena di dunia ini sudah ada bagiannya sendiri, sudah diciptakan berpasangan.

Bersabar, itulah yang harus kita lakukan untuk mendapatkan cinta yang sejati. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi insyaallah akan menjadi pasangan dunia akhirat.

Menghargai Pembenci

Reggheih oreng se bejik ka be’en. Karna saongghuan oreng jiyeh oreng senneng ka be’en se la mata de’ bektonah coman untuk nyare salanah be’en.

Maksud dari kata-kata bahasa madura di atas adalah hargai orang yang membencimu. Karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya  untuk mencari kesalahanmu.

Sebagian bahkan sedikit orang yang mampu bersikap demikian, menghargai orang yang membenci dan nggak suka.

Terkadang kita juga bosen dengan apa yang mereka bicarakan ke kita. Tapi dengan mereka berbicara seperti memperlihatkan kesalahan kita, kita sadar bahwa kita itu belum sempurna dan banyak yang harus diperbaiki.

Jadi, berterimakasihlah kepada mereka yang sukanya komentar buruk-buruk kepada kita. Jasa mereka sangatlah berarti dan mampu meluangkan waktunya.

Saling Mencintai

Mung be’en jed onggu neser ka oreng jieh, maka be’en bisa aberrik maaf. Mun orang jieh gik neser ka be’en. Maka oreng jieh bekal aobe deddi oreng se lebbi begus ka be’en.

Buat kamu yang sudah memiliki pasangan, perhatikan kata-kata bahasa madura di atas. Jika kamu mencintainya, maka kamu akan selalu sanggup memaafkannya. Dan jika dia mencintaimu, dia akan berubah menjadi lebih baik lagi.

Itulah maksud dari kata-kata di atas. Begitu juga dengan rang saling mencintai, mereka berani berkorban demi apapun, termasuk juga membuang ego antara satu dengan yang lain.

Bahkan, saling memperbaiki diri dan juga keadaan. Dan yang terpenting adalah saling menerima antara satu dengan yang lain. Karena cinta itu sempurna ketika kita mampu saling untuk menerima.

Kata-kata Cinta Bahasa Madura

kata kata cinta bahasa madura

Bagi kamu yang masih dalam proses pencarian cinta sejati, baiknya membaca kata-kata cinta dari bahasa madura yang di bawah ini.

Bunga Itu Lambang Kasih Sayang

Kembeng artinah lambangngah kasih sayang, mongken jieh bender.

Artinya apa? Bunga merupakan lambang dari kasih sayang, mungkin itu benar. Kalau menurut penulis sih yes, mengapa seperti itu? Coba kalau kamu lihat di acara pernikahan, pasti ada yang namanya bunga.

Entah itu bunga yang dipegang sang pengantin, atau bunga yang ditata rapi untuk memperindah suasana pernikahan.

Bunga memang indah kalau dilihat, apalagi kalau digunakan untuk acara seperti itu. Tidak hanya itu, bahkan orang yang meninggal saja masih dikasih bunga, karena baunya yang sangat harum. Itulah sebagian bentuk kasih sayang kepada orang yang kita cintai

Lebih Manis Dari Coklat

Coklat ruah rassanah manis, tape bede se lebbbi manis deri jieh, perkata’nah be’nah.

Coklat memang manis, tapi ada yang lebih manis dari coklat, yaitu kata-katamu. Itulah maksud dari kata-kata bahasa madura di atas.

Kebanyakan orang menganggap coklat itu manis, tapi itu karena ada bahan campuran. Kalau coklat asli itu pahit, nggak ada rasa manisnya.

Seperti kata-katamu, meskipun itu pahit kalau diucapkan, tapi kedengaranku itu adalah kata yang paling manis, eak.

Berjuang Sendiri Lebih Sakit

Sakabbinah hal se e rassaagi kebidik terkadeng arassah nyake’en, peeh beih bik mun mencintai, settong oreng nabeng klaben onggu-onggu tape e cuekkeh.

Sakit memang, kalau kita mencintai seseorang yang nggak sadar akan hal perasaan kita. Apalagi kalau kita sudah berjuang demi orang yang kita sayang, tapi dia mengabaikan begitu saja.

Sendiri itu sakit, apalagi dengan perasaan seperti itu, malah lebih sakit dua kali. Penulis pernah dalam kondisi seperti ini, sad bet.

Perjuangan Cinta

Bennyak oreng se cinta tros ambu deri cintanah, benni polanah pa apah, tape saat perhatiannah tak e reggeih.

Menyambung kata-kata yang di atas tadi, banyak pejuang cinta yang menyerah saat memperjuangkan cintanya. Bukan karena hal apapun, tapi ketika perhatiannya sudah nggak dihargai lagi.

Nah, maka dari itu pastikan orang yang kamu sayang itu juga sayang sama kamu. Kalau yang sayang hanya kamu saja, pasti sakit ujung-ujungnya.

Lalu bagaimana cara mengetahui kalau dia itu sayang sama kamu? Langsung japri penulis, nanti akan diajari secara langsung, hehe.

Mencintai Dalam Diam

Seddih rassanah mun mencintai, tape oreng jieh tak perna taoh mun bede oreng se mencintai kiah.

Pasti sedih, kalau orang yang kita cintai nggak pernah tau perasaan kita ke dia. Itulah maksud dari kata-kata bahasa madura di atas.

Kita malu untuk mengungkapkan, tapi kita juga belum berani untuk mengungkapkannya. Lalu bagaimana? Kita hanya bisa diam dan memberinya perhatian, agar dia merasa kalau ada orang mencintainya.

Kata-kata Bahasa Madura Buat Status

kata kata bahasa madura buat status

Mau kata-kata bijak bahasa madura yang bisa dibuat status atau story? Cek selengkapnya di bawah ini.

Cara Pintar Itu Belajar

Tong settong oreng bisa penter ye ajer.

Tau apa maksud dari kata-kata bahasa madura di atas? Satu-satunya cara orang bisa pinter itu ya belajar lah bro. Buka begitu teman?

Semua orang itu terlahir sama, tapi kalau ada seorang yang ingin pintar pastilah dia belajar. Nggak ada ceritanya, kalau ada orang yang nggak belajar kemudian pintar.

Semua kembali ke diri masing-masing, mau pintar ya belajar, ingin biasa-biasa saja ya jangan belajar. Gitu aja kok repot!

Jomblo Banyak yang Nyari

Oreng jomblo satiyah terlalu benyak se esareh, padahal oreng jieh perak settong se esareh: nyare se endak, jieh beih la sarah.

Orang jomblo sekarang terlalu banyak yang dicari, padahal mereka cuma 1 yang dicari: cari yang mau. Begitu saja susah! Itulah maksud dari kutipan bahasa madura di atas.

Banyak orang jomblo seperti penulis  ini, hehe. Memang benar sih kata-kata tersebut, orang jomblo itu hanya 1 yang dicari “cari yang mau”, udah itu aja.

Penulis memang asalnya jomblo, jadi sudah terbiasa kalau cari yang mau sama si penulis, hihi.

Hancur Bisa Kembali

Jujur, saonggunah hubungan se pecah roah bisa abeli poleh, engak gelles se gegger tak belle, polanah gellessah deri plastik.

Pernah berfikir, kalau hubungan yang hancur bisa kembali lagi? Jawabannya mungkin saja, seperti kata-kata bahasa madura di atas, bahwa gelas yang jatuh itu tidak pecah, karena gelasnya dari plastik, hehe.

Begitu juga hubungan, kalau ada masalah dalam hubungan jangan langsung ambil keputusan untuk putus. Semua itu bisa dibicarakan dengan kepala dingin.

Jangan kebawa emosi, coba dibicarakan dengan tenang, duduk santai dengan segelas kopi. Insyaallah semua akan baik-baik saja dan kembali seperti semula.

Yang Penting Perempuan

Raddin tak koduh poe, se penting binik.

Cantik memang nggak harus putih, yang penting perempuan. Bener nggak? Semua wanita itu cantik, tergantung yang menilai mereka. Entah itu cantik dari wajahnya atau hatinya.

Semua perempuan terlahir cantik, tapi yang cantik itu belum tentu berakhlak baik. Tapi yang berakhlak baik, insyaallah sudah cantik.

Bangun Rumah Tangga

Jegeh lagguh beih sarah, apapole abangun rumah tangga.

Bangun pagi memang susah, tapi itulah yang diharapkan oleh pasangan suami istri. Bangun pagi saja susah, apalagi bangun rumah tangga? Bener nggak?

Jadi, perbaiki diri dulu sebelum membangun rumah tangga. Sudah bener nggak perilaku atau kegiatan yang dilakukan mulai dari bangun pagi sampai tidur malam?

Intinya, jangan pernah membangun rumah tangga terlebih dahulu, kalau kita belum bisa memperbaiki bangun pagi dengan benar.

Kata-kata Galau Bahasa Madura

kata kata galau bahasa madura

Kata-kata bijak dalam bahasa madura yang terakhir yaitu tentang galau. Ada cinta  pasti ada yang namanya galau juga. Mungkin sebagian orang belum pernah merasakan keadaan seperti ini, tapi penulis pastinya pernah, hihi.

Langsung saja, simak kata-kata berikut ini.

Lama Nggak Bales

Saat chat ben adentek be’en males, akhirrah engkok buru macah keanggu’nah polanah tatedung.

Apa maksudnya? Ketika menunggu kamu membalas chat, terus kamu balas dan akhirnya aku baru read besok karena ketiduran.

Maklumlah ya, namanya juga manusia pastinya ada yang namanya ngantuk. Apalagi kalau malam setelah kegiatan panjang, pasti dobel-dobel.

Jadi, bagi kamu yang menunggu balasan chat dari seorang yang kamu cinta, mungkin dia sudah tidur. Mohon bersabar bagi kamu yang menghadapi sikap seperti ini, hehe.

Selain Terlupakan

Kabede’en se paling nako’en slain ekaloppa aruah maksaagi abek dibik sopajeh maloppaaghi.

Ada hal yang menakutkan selain terlupakan, apa itu? Memaksa diri untuk melupakan. Melupakan memang berat, kenangan yang tersisa masih membekas dalam ingatan.

Itu adalah hal yang paling berat menurut penulis. Karena penulis juga sulit untuk melupakan, apalagi kalau melupakannya, #KI, inisial aja ya bos, hihi.

Terpaksa untuk melupakan, padahal diri masih ada rasa sama dia. Hmmmm, mungkin ini jalan terbaik untuk melupakan semua kenangan yang sudah dilakukan bersamanya, kok jadi curhat gini yak, hehe.

Asalkan Bahagia

Ta arapah mun ateh riah ancur, mata ariah netes aing matah, ben beden ria ngitek, asalkan oreng se ekasennengih bisa senyum bahagia ben senneng.

Seperti lagunya armada yang judulnya asal kau bahagia, begitu juga kata-kata bahasa madura yang di atas tersebut.

Nggak masalah jika hati ini hancur, mata ini mengalir dan tubuh bergemetaran. Asalkan orang yang disayang terus tersenyum bahagia dan senang.

Mau gimana lagi, kalau dia memang bukan jodoh kita ya nggak bisa dipaksakan. Dia sudah menjadi milik orang lain dan sudah berpindah ke pelukan orang lain, bukan kita lagi.

Meskipun begitu, kita tetap harus rela. Merelakan dia bersama orang lain, asalkan dia masih tetap bahagia meskipun nggak bersama kita lagi.

Seperti Gelas Kaca Pecah

Ateh s esake’eh tak bisa beres poleh engak bilen, engak gelles se la belle tak bisa nyatu pole.

Kalau tadi, gelas yang jatuh tapi nggak pecah, itu karena gelasnya plastik. Sedangkan untuk yang ini, gelas yang jatuh akan pecah dan nggak akan bisa kembali sempurna.

Kali ini berbeda, jika ada hubungan yang benar-benar hancur dan sudah nggak bisa diperbaiki lagi. Maka keputusan terakhir adalah berpisah, layaknya gelas kaca yang jatuh dan sulit untuk menyempurnakan kembali.

Hubungan yang sudah berjalan lama, pastinya sangat sulit untuk berpisah. Apalagi kalau sudah meranjak ke jejang yang lebih serius.

Pertahankan pasanganmu, setebal apapun masalahnya jangan sampai berpisah karena hal yang sepele.

Selalu Optimis

Jek loppa seyum areh satiyah, jek loppah bahagia, koduh optimis klaben apa se ben terro ben se bekal be’en olle, kaangguy kebunga’an e dunyah akherat.

Jangan lupa untuk senyum hari ini, jangan lupa bahagia, dan selalu optimis dengan apa yang kamu inginkan juga meraih kebahagiaan dunia akhirat. Itulah maksud dari kutipan pena di atas.

Intinya, jangan pernah putus asa kalau ingin mendapatkan seseorang yang kita sayangi. Teruslah berjuang demi orang tersebut, insyaallah nanti akan dipertemukan sama Allah.

Itulah beberapa kata-kata bijak dari bahasa madura. Jika ada kata-kata bijak bahasa madura lagi, bisa kamu tulis komentar di kolom bawah.

Jangan lupa like dan share agar teman kamu juga ikut mengerti indahnya bahasa madura yang agak ribet nih.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: