Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Mau Nikah? Kenali Dulu Jenis Kertas Undangan yang Satu ini

6 min read

jenis kertas undangan

Mau menikah, tapi masih bingung mencari jenis kertas undangan yang cocok untuk disebarkan?

Jika iya, kamu harus mengetahui bahan kertasnya terlebih dahulu sebelum nantinya akan dicetak. Selain itu hal yang tidak kalah pentingnya dalam desain, ukuran dan bentuk yang harus diperhatikan.

Mengapa demikian?

Karena dengan sebuah desain, kamu akan mengetahui tata letak antara tulisan serta background, sehingga hasil desain yang kamu buat bisa menarik untuk dilihat orang.

Jenis Kertas Undangan

Harus diingat juga, bahwa bahan kertas yang nantinya akan dipilih bisa menentukan kualitas dan hasil akhir. Jika sudah menyiapkan desain yang bagus, tapi tidak tepat dalam memilih bahan kertas yang cocok maka akan sia-sia apa yang sudah kamu lakukan tadi.

Maka dari itu, di bawah ini ada penjelasan dari beberapa jenis kertas undangan yang pas buat kamu yang nantinya akan melakukan pernikahan.

1. Kertas Art Carton

jenis kertas undangan art carton
i.pinimg.com

Jenis kertas undangan yang pertama yaitu kertas art carton, yang hampir banyak dicari di percetakan untuk digunakan sebagai bahan undangan. Karena rata-rata banyak orang yang menyukai bahan kertas ini.

Selain itu, pembuatan undangan dengan bahan kertas ini sudah sangat populer. Harga dari kertas ini relatif murah dan juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya yang hasil akhirnya akan terlihat lebih unik.

Bahkan kamu juga bisa menambahkan laminasi pada kertas ini, agar mendapatkan hasil yang maksimal. Gramatur dari kertas ini yaitu mulai dari 190, 210, 230, 260, 310 sampai 400 gram.

2. Kertas Art Paper

jenis kertas undangan art paper
hipwee.com

Pasti sudah tidak asing lagi dengan kertas ini. Ya benar, kertas art paper termasuk dari jenis-jenis kertas yang banyak digunakan dalam dunia percetakan.

Kertas ini kebanyakan digunakan untuk bahan pembuatan brosur, poster, flayer bahkan bisa juga digunakan untuk mencetak isi dan sampul majalah.

Tapi siapa sangka, kalau kertas ini juga bisa juga digunakan untuk mencetak undangan. Dengan tekstur permukaan kertas yang mengkilap akan bisa menghasilkan undangan yang bagus.

Gramatur dari kertas ini mulai 100, 120, 150, 210, 230 sampai 310 gram. Jika ingin menghasilkan yang bagus lagi, kamu bisa menambahkan laminasi seperti glossy, doff atau pun UV.

3. Kertas Matt Paper

jenis kertas undangan matt paper
ragamfashion.com

Seperti halnya kertas art paper, kertas matt paper juga memiliki fungsi yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan undangan.

Tapi, ada beberapa perbedaan antara kertas art paper dan matt paper. Jika kertas art paper memiliki permukaan yang mengkilap, sedangkan kertas matt paper tidak mengkilap (doff).

Selain itu, kertas ini lebih cepat meresap tinta dari pada kertas art paper. Itulah hal yang menjadi pertanyaan, mengapa banyak orang yang menggunakan kertas ini? Bahkan kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak majalah, karena bisa memberi kesan doff dan terlihat elegan.

Gramatur dari kertas ini juga bermacam-macam, yaitu 85 gram, 100 gram, 120 gram dan 150 gram.

4. Fancy Paper

fancy paper
fjb.kaskus.co.id

Selanjutnya ada kertas yang undangan yang bernama fancy paper. Kertas ini memiliki jenis yang banyak, seperti kertas milano, kertas java, kertas hawai dan sebagainya.

Selain itu, kertas ini memiliki banyak warna dan juga karakteristik. Sedangkan untuk gramatur dari kertas ini ada dua, yaitu tipis dan tebal.

5. Kertas Buffalo

jenis kertas undangan buffalo
appleberryink.bigcartel.com

Kertas ini bisa menjadi salah satu kertas yang bisa digunakan untuk membuat undangan. Tidak hanya undangan saja, kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak foto dan menjadi pilihan kertas untuk dibuat sertifikat.

Kertas ini memiliki macam gramatur yang beda, dari 150 gram sampai 230 gram. Jadi, sangat cocok untuk menjadi pilihan kertas yang akan dijadikan undangan.

Tekstur dari kertas ini terlihat bergaris dan padat menyerupai serat kain. Selain itu, mempunyai ciri kertas yang kuat. Jika menggunakan kertas ini untuk undangan, maka akan menghasilkan undangan yang terlihat mewah.

6. Kertas Ivory

jenis kertas undangan ivory
ragamfashion.com

Kertas ini memiliki daya tarik yang beda, yaitu mempunyai 2 karakteristik yang digabungkan antara art carton dan matt paper.

Mempunyai ciri kertas yang 2 sisinya berbeda. Yaitu pada satu sisi memiliki dasar yang mengkilap sedangkan sisi lain dasarnya tidak mengkilap (doff). Selain itu, gramatur dari kertas ini mulai dari 210, 250, 300 sampai 400 gram.

Jadi sangat bagus jika kertas ini digunakan untuk undangan. Apalagi jika ditambah desain yang simpel dan unik, maka akan terlihat sempurna.

Apakah kamu tertarik dengan kertas ini? Jika iya, bisa langsung membeli kertas ini untuk dijadikan undangan.

7. Kertas Jasmine

jenis kertas undangan jasmine
instasaver.org

Kamu bisa memilih warna dari kertas ini, karena kertas jasmine ini sangat unik. Memiliki tekstur kasar karena glitter-glitter silver dan gold membuat kertas ini diminati banyak orang.

Selain itu, kertas ini akan memberi kesan yang indah dan elegan karena memiliki keunikan tersebut. Sangat bagus jika kertas ini dibuat sebagai bahan pembuatan undangan.

8. Kertas Concorde

jenis kertas undangan concorde
gastradpurwokerto.blogspot.com

Sama halnya seperti kertas ivory, kertas ini memiliki permukaan yang penuh dengan serat yang tidak beraturan.

Pada umumnya, kertas ini dibuat untuk kop surat atau amplop. Tapi siapa sangka, bahwa kertas ini juga bisa digunakan untuk undangan yang nantinya akan memberikan kesan romantis dan klasik.

9. Kertas BC (Brief Card)

jenis kertas undangan Brief Card
tumpi.id

Entah kenapa, banyak orang yang menyebut kertas BC (Brief Card) dengan nama lain kertas manila. kertas ini pada umumnya sering digunakan untuk keperluan di sekolah atau di kantor.

Misalnya seperti kartu absensi, kartu bayaran rumah sakit, kartu stok perusahaan dan data produksi di perusahaan swasta.

Seiring berjalannya waktu dan tren masa kini, kertas ini bisa digunakan sebagai bahan dasar undangan. Harga dari kertas ini juga relatif murah.

Ets! tapi jangan salah, jika desain undangan kamu bagus maka undangan akan memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, banyak jenis warna yang terdapat dari kertas ini, yaitu biru, kuning, merah, hijau dan putih.

10. Kertas BW (Blues White)

jenis kertas undangan Blues White
weddingku.com

Kertas ini hampir sama dengan kertas BC (Brief Card), mulai dari tekstur sampai ketebalan kertas. Tapi, kertas BW (Blues White) ini mempunyai gramatur yang populer antara 220 sampai 250 gram.

Rupanya, ada jenis kertas BW import yang sering digunakan sebagai bahan undangan. Pastinya kertas import ini lebih mahal dari pada lokal, perbedaannya juga pada hasil cetaknya.

11. Kertas Recycle Look

kertas recycle look
tokopedia.com

Apa itu kertas recycle look? Kertas yang terbuat melalui proses daur ulang dan memiliki warna yang khas, yaitu coklat. Jika digunakan dalam pembuatan undangan, maka akan menampilkan kesan kertas yang natural.

Adapun gramatur yang digunakan sampai sekarang pada kertas ini adalah 70 gram. Kertas ini juga bisa digunakan untuk membuat bungkus dan juga paper bag.

12. Kertas Tulip

kertas tulip
tokopedia.com

Kertas melon, itulah nama yang sering disebut banyak orang pada jenis kertas undangan tulip ini. Tapi anehnya, kertas ini tidak memiliki gramatur dan hanya memiliki dua pilihan ketebalan.

Adapun ketebalan pada kertas ini disebut dengan karton. Jenis kertas ini juga memiliki banyak pilihan warnanya, seperti warna hijau, biru, cream, pink dan lain-lain.

Untuk karakteristik dari kertas ini, yaitu memiliki tekstur yang sangat unik dan artistik. Bahkan, kertas tulip ini bisa menimbulkan kertas yang unik, mewah dan berkelas.

13. Kertas Conqueror

jenis kertas undangan Conqueror
garudaundangan.wordpress.com

Kertas conqueror memiliki kemiripan dengan kertas concorde yang terletak pada teksturnya. Namun, kertas ini lebih halus dan seratnya lebih beraturan.

Kertas conqueror termasuk salah satu kertas import yang sampai saat ini harganya masih terbilang mahal.

Kertas ini memiliki beberapa warna dan ketebalan yang beda-beda. Adapun jenis dari kertas ini terbagi menjadi 2, yaitu laid brilliant dan woven brilliant.

Untuk kamu yang ingin memberi kesan eksklusif pada undangan, kertas ini sangat cocok untuk dijadikan pilihannya.

14. Kertas Samson Kraft

jenis kertas undangan Samson Kraft
tangerangcetak.blogspot.com

Sudah tahu kertas samson kraft dari apa? Kertas ini merupakan jenis kertas undangan yang terbuat dari bahan daur ulang. Memiliki warna coklat kusam dan tekstur permukaannya jika disentuh terasa ada pasirnya.

Warna coklat kusam inilah yang memberi kesan klasik. Apalagi jika ditambah dengan desain yang simpel, hasilnya akan luar biasa.

Mengapa demikian? Karena dari kesan klasik inilah banyak orang menggunakan kertas ini.

15. Kertas Akasia

jenis kertas undangan akasia
dhgate.com

Kertas akasia termasuk jenis kertas yang mempunyai tekstur seperti kain dengan garis menyerupai bentuk tenunan. Kertas ini sering digunakan untuk mencetak undangan.

Tidak hanya undangan saja, tapi kertas ini bisa digunakan untuk mencetak piagam atau sertifikat bahkan bisa mencetak foto.

Jika menggunakan kertas ini untuk keperluan undangan, maka hasilnya akan terkesan mewah dan elegan.

Jangan mencetak warna blok pada kertas ini, karena warna yang dihasilkan seperti bolong-bolong tidak solid.

16. Kertas Aster

jenis kertas undangan aster
shopee.co.id

Untuk kamu yang ingin membuat undangan pernikahan eksklusif, kertas aster ini bisa menjadi alternatif untuk bahan kertasnya. Meskipun kertas ini masuk kategori kertas yang mahal, tapi kualitas dari kertas ini baik dan cocok untuk digunakan sebagai bahan undangan.

Kertas ini memiliki ciri khas dengan tekstur dan permukaan yang halus. Terdapat juga pilihan warna yang beragam yang bisa disesuaikan dengan pilihan.

Selain undangan, kertas ini bisa digunakan untuk kartu nama, piagam atau piagam penghargaan.

17. Kertas Hawai

jenis kertas undangan hawai
instagram-dm.com

Jenis kertas undangan yang terakhir yaitu kertas hawai. Kertas ini banyak pilihan warna dan juga sangat cocok digunakan untuk undangan pernikahan.

Ada warna populer yang sering digunakan untuk mencetak undangan, yaitu warna biru dongker dan warna merah maroon. Mengapa warna tersebut populer? Karena dinilai sebagai warna yang memiliki karakter.

Kertas ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu jika diraba akan terasa lekukan-lekukan kecil yang beraturan, meskipun teksturnya bisa dibilang kasar.

Kertas ini akan menampilkan hasil yang lebih berkualitas dari pada kertas yang lain.

Contoh Desain Undangan

Berikut ini adalah beberapa contoh desain undangan yang menarik dan elegan.

contoh desain undangan
freepik.com
contoh desain undangan
bmkstudio.id
contoh desain undangan nikah
guccibeltsoutletbcus.com
contoh desain undangan nikah
readbetweentheleading.com
contoh desain undangan
tokopedia.com
contoh desain undangan
mesinhotprint.com
contoh desain undangan
medium.com

Penutup

Nah, sudah tahu jenis kertas undangan untuk kamu pilih nanti? Silahkan memilih kertas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Jika berkenaan, bisa membagikan artikel ini kepada teman kamu. Siapa tahu dia juga mau nikah, tapi masih bingung dengan kertas undangannya nanti. Semoga bermanfaat.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran ID Card

Mandhom
4 min read

Ukuran Pamflet

Mandhom
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: