Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jenis Kertas Stiker yang Sering Digunakan Sebelum Membelinya

5 min read

jenis kertas stiker

Banyak jenis kertas stiker yang memiliki karakteristik berbeda-beda dan juga penggunaannya disesuaikan dengan media yang nantinya akan ditempel.

Stiker ini banyak diminati oleh orang yang mempunyai usaha maupun NGO (Non Govermental Organization). Stiker juga bisa digunakan sebagai media promosi offline yang cukup relatif, mengapa? Karena harga yang murah dan juga bahan yang mudah didapat.

Stiker juga tidak digunakan oleh orang yang memiliki usaha atau NGO saja. Tapi, banyak juga orang yang suka menggunakan stiker sebagai bahan kreasi atau sekedar menyalurkan hobinya.

Lain halnya untuk organisasi non pemerintah seperti IZI dan ACT. Mereka menggunakan stiker sebagai bahan media promosi untuk mengenalkan diri kepada masyarakat.

Jadi, ada berapakah jenis kertas stiker yang sering digunakan? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis Kertas Stiker Tahan Air

Kamu orang desain yang suka bikin logo untuk komunitas yang suka touring atau bepergian jauh? Jika iya, ada beberapa rekomendasi jenis kertas stiker yang pas buat komunitasmu, agar stiker itu tahan dari cuaca panas atau hujan.

Stiker Vinyil

jenis kertas stiker vinyl
blog.porinto.com

Jenis kertas stiker yang tahan air pertama yaitu kertas vinyl. Kertas ini memiliki permukaan yang glossy dan bertekstur plastik yang lentur.

Daya tahan dari kertas vinyl terhadap cuaca panas dan hujan juga sangat baik. Sangat cocok jika dibuat touring atau bepergian jauh dalam segala kondisi.

Kertas ini tidak bisa dicetak menggunakan printer Inkjet biasa. Proses mencetaknya harus menggunakan Laser Printer agar hasil terlihat sempurna dan enak dilihat mata.

Stiker Gold Foil

jenis kertas Stiker Gold Foil
allaboutplanners.com.au

Jenis kertas stiker selanjutnya yaitu kertas stiker gold foil. Kertas ini juga disebut dengan Gold Leaf (kertas emas) yang berbentuk pigmen tipis dan kuat.

Jenis kertas stiker ini memiliki keunikan sendiri yaitu perekatnya tidak digabung menjadi satu. Mengapa demikian? Karena pada umumnya, perekat stiker itu sudah digabung menjadi satu dengan kertas stiker.

Cara menggunakan kertas ini sangatlah mudah. Yaitu merekatkan kertas pada objek yang mau ditempel menggunakan lem khusus.

Kertas ini biasanya digunakan dengan maksud agar objek yang ditempel berwarna keemasan. Adapun kertas ini digunakan pada objek yang beragam seperti untuk ukiran kayu, kubah masjid, tembok, kaligrafi, plafond, lesplang, gypsum, daun pintu dan masih banyak lagi.

Stiker Chrome

jenis kertas Stiker Chrome
otosia.com

Bagi anak motor, mungkin kertas ini sudah tidak asing lagi. Kertas stiker chrome yang sering digunakan kendaraan bermotor agar body motor tidak mengalami lecet parah saat tergores.

Stiker chrome ini tidak bisa di print, tapi memiliki lapisan glitter atau berkilau yang bisa membuat body motor akan terlihat mengkilap.

Stiker Yupo atau Transparan

jenis kertas Stiker Yupo atau Transparan
fattyprint.com.sg

Jenis kertas stiker yang terakhir yaitu kertas stiker yupo atau transparan. Kertas ini terbuat dari bahan baku sintetis. Kertas ini juga sangat tahan terhadap air, minyak atau pun bahan kimia lainnya.

Jenis kertas ini juga sangat cocok buat yang mau membuat stiker untuk aktivitas di luar. Kegunaan dari kertas ini bisa dibuat untuk stiker label, barcode maupun brosur.

Jenis Kertas Stiker Lainnya

Adapun jenis kertas stiker yang lain yaitu memiliki bahan yang biasa dan bisa dibilang tidak tahan terhadap air. Berikut jenis kertas stiker tersebut ada di bawah ini.

Stiker HVS

jenis kertas Stiker HVS
tokopedia.com

Bicara tentang kertas HVS, kertas ini termasuk jenis-jenis kertas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ada juga stiker HVS yang memiliki ukuran A4 atau 21,7 x 29,0 cm yang hampir sama dengan kertas HVS biasa.

Lain halnya kertas stiker vinyl tadi yang tidak bisa dicetak menggunakan printer Inkjet. Kertas stiker HVS ini bisa dicetak menggunakan printer Inkjet.

Tapi, kertas ini memiliki daya tahan yang rendah, mengapa? Karena jika terkena air, kertas ini akan mengelupas. Kertas ini sangat cocok digunakan untuk membuat souvenir dalam rumah atau stiker dalam ruangan.

Stiker Bontak

jenis kertas Stiker Bontak
tokopedia.com

Sama halnya dengan stiker HVS, kertas ini bisa dicetak menggunakan printer Inkjet yang bisa dipotong terlebih dahulu dari ukuran kertas HVS.

Kertas stiker ini memiliki tekstur seperti kertas biasa, tapi memiliki daya rekat yang tinggi. Dari daya rekat ini, kertas ini biasa digunakan untuk stiker pada berbagai macam kemasan suatu produk.

Jika ingin memperindah dan bisa menahan keawetan, kertas ini bisa ditambah laminasi saat proses finishing.

Stiker Cromo

jenis stiker Stiker Cromo
bukalapak.com

Jenis stiker ini termasuk jenis kertas stiker yang terbuat dari bahan kertas yang licin. Kertas ini sangat cocok digunakan untuk dicetak separasi yang memiliki daya lengket yang tinggi.

Selain itu, kertas ini biasa digunakan untuk promosi, label botol atau bisa digunakan sebagai stiker pilkada.

Tapi kalau stiker ini terkena hujan, maka stiker ini akan cepat luntur. Itu yang mengakibatkan stiker ini sangat cocok untuk indoor atau jauh dari air.

Jenis Kertas Stiker Motor

Kamu pecinta motor atau pengendara motor? Jika iya, pastinya ada keinginan agar motornya bisa terlihat indah dan lebih tren. Banyak cara untuk memodifikasi motornya agar terlihat tren. Seperti modifikasi velek, ban atau body motor dan lain sebagainya.

Nah, salah satunya modifikasi motor yaitu pada bagian body motor dengan melapisinya menggunakan stiker. Penggunaan stiker pada motor banyak juga yang minat, mengapa? Karena pekerjaannya sangatlah praktis dan mudah. Banyak warna yang bervariasi, jadi bisa memilih berbagai warna yang kamu suka.

Cutting stiker termasuk jenis stiker yang paling populer dalam keperluan aksesoris motor, mengapa? Karena proses pembentukan model dan pemotongan stiker yang cukup mudah. Nah, di bawah ini termasuk jenis cutting stiker yang sering digunakan atau diminati pengendara motor.

Stiker Scotchlite

jenis kertas Stiker Scotchlite
dhocutsticker.com

Jenis stiker yang pertama yaitu stiker scotchlite, mungkin sudah banyak orang yang mendengar stiker ini. Stiker yang memiliki daya rekat tinggi dan juga sering dicari.

Stiker ini merupakan jenis stiker yang tidak mudah mengelupas, jadi saat akan menempelkan stiker ini pada body motor harus berhati-hati, karena akan berakibat fatal jika salah letak tempelnya.

Bahan dari stiker ini sedikit tipis tapi bisa memantulkan cahaya, sangat cocok jika digunakan untuk tampilan motor dengan hasil yang bisa mengkilap. Harga dari kertas stiker ini sekitar 40 ribu per meternya.

Stiker Oracal

jenis kertas stiker oracal
stickermedan.com

Sifat kertas stiker yang lentur, tidak memantulkan cahaya dan keawetan warna yang kuat termasuk karakteristik stiker oracal. Beda dengan stiker scotchlite, jenis stiker ini sangat mudah dipasang pada body motor karena sifat kelenturan yang dimiliki.

Harga dari stiker ini cukup mahal sekitar 80 ribu, jika ingin menutupi seluruh body motor maka butuh biaya sekitar 600 ribu – 2,5 juta rupiah. Sangat cocok sekali bagi orang kreatif untuk membuka usaha dengan keahlian pada bidang ini.

Stiker Glitter

jenis kertas Stiker Glitter
bukalapak.com

Mungkin sebagian orang sudah mengenal atau sudah mengetahui jenis kertas stiker ini. Ya, kertas stiker glitter ini merupakan pilihan yang tepat sebagai stiker yang akan melapisi motor kamu.

Motor kamu akan terlihat sangat elegan dan keren karena warna yang ditampilkan dari stiker ini cukup bersinar. Harga dari kertas ini cukup terjangkau yaitu sekitar 40 ribu per meternya.

Stiker Ritrama

jenis kertas Stiker Ritrama
youtube.com

Stiker ritrama ini memiliki kertas yang lebih tipis pada kertas stiker oracal dan warnanya mudah memudar. Kertas ini juga sangat cocok digunakan untuk mengubah tampilan motor dan bisa juga mengikat cewek agar semua datang kepadamu, hehe.

Sedangkan jenis kertas stiker ritrama paling banyak digunakan karena harga yang terjangkau dan memiliki banyak warna. Harga dari stiker ritrama ini sekitar 400-900 ribu untuk satu motornya.

Stiker DECifix

jenis kertas Stiker DECifix
blog.porinto.com

Jenis kertas stiker pada motor yang terakhir yaitu stiker decifix. Kegunaan dari stiker ini biasanya sebagai lapisan dasar body motor. Meskipun digunakan sebagai lapisan dasar, tapi kamu bisa menggunakannya untuk membuat motif yang minimalis.

Harga dari stiker ini juga sangat terjangkau, hanya sekitar 20 ribu per meternya.

Cara Membuat Stiker dengan Printer Inkjet

Nah, dalam mencetak stiker sendiri kamu bisa mencetaknya sendiri di rumah dengan peralatan yang seadanya. Hanya modal sedikit, kamu bisa membuat stiker yang berkualitas.

Mengasah skill desain kamu dengan model stiker yang kamu inginkan. Ini juga dilakukan agar bisa menghemat biaya.

Persiapan yang sangat matang harus ada, supaya tidak membuang tinta atau kertas yang akan dicetak nanti. Periksa semua peralatan mulai dari printer, kadar tinta yang tersedia di dalam catrid agar tidak kehabisan tinta saat proses mencetak.

Berikut langkah-langkah membuat stiker dengan printer Inkjet biasa.

Siapkan Kertas Stiker

siapkan jenis kertas stiker
inspiring.id

Gunakan kertas stiker yang berkualitas, yang bisa kamu temukan di toko percetakan di dekat rumah kamu. Memilih beberapa kertas yang sudah dijelaskan diatas sesuai dengan kebutuhan kamu.

Edit Foto Sesuai dengan Keinginan

jenis kertas stiker saat Edit Foto Sesuai dengan Keinginan
inspiring.id

Disini skill desain kamu tunjukkan, agar bisa menghasilkan dengan tampilan yang enak dilihat dan terlihat elegan. Beri warna yang sekiranya tidak menghabiskan banyak tinta.

Jangan lupa mengatur tata letak gambar, agar muat dalam satu kertas bisa menghasilkan beberapa stiker. Dan pastikan ada space diantara gambar agar mudah untuk dipotong.

Percobaan mencetak

percobaan mencetak jenis kertas stiker
inspiring.id

Dalam kasus ini sangatlah perlu juga. Cetaklah dengan kertas biasa untuk memastikan hasil cetaknya sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jika ada kesalahan waktu percobaan, berilah tanda pada satu sisi kertas. Kemudian lakukan beberapa kali sampai kamu yakin bahwa cetakannya sudah bagus.

Cetak Stiker

mencetak jenis kertas stiker
inspiring.id

Masukkan selembar kertas stiker dalam printer untuk mencetaknya. Jika sudah selesai, biarkan beberapa menit agar memastikan bahwa stiker itu sudah benar-benar kering.

Jangan terlalu banyak memasukkan kertas stiker, agar printer tidak mudah rusak.

Potong Stiker

potong jenis kertas stiker
inspiring.id

Potong stiker sesuai garis batas yang sudah ditandai tadi. Gunting satu per satu jika stiker kamu memiliki bentuk yang tertentu.

Sudah mengetahui jenis kertas stiker dan sudah tahu bagaimana cara membuatnya. Sekarang tinggal kamu terapkan dalam keseharian kamu dan juga bisa dibuat usaha.

Ada juga macam kertas foto bagus dan printer cetak foto yang bisa juga dibuat usaha sampingan di rumah. Hasil yang bagus dan menarik pastinya tidak akan mengecewakan.

Jangan lupa share dan komentar di bawah jika kamu menyukai artikel ini. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu dan semua orang yang membacanya.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran ID Card

Mandhom
4 min read

Ukuran Pamflet

Mandhom
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: