Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kenali Jenis Kain Untuk Dress yang Cocok Buat Kamu [Recommended]

5 min read

jenis kain untuk dress

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum membeli bahan untuk membuat dress. Pertama harus bisa memilih atau memilah jenis kain untuk dress yang nantinya cocok saat dipakai.

Hal yang tidak kalah pentingnya bisa mengikuti tinggi dan tubuh badan, warna kulit juga untuk keperluan apa yang nantinya akan dibuat untuk dress.

Ingin tahu bahan kain apa saja yang bisa digunakan dalam pembuatan dress? Simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Kain untuk Dress

Dibawah ini akan menjelaskan beberapa jenis kain yang cocok untuk digunakan membuat dress. Selain itu, bisa memilih jenis kain seperti apa yang akan digunakan untuk dress dan bisa menghasilkan dress yang cantik serta indah saat dipandang.

1. Kain Katun

jenis kain untuk dress kain katun
indiamart.com

Lagi-lagi kain katun yang menjadi bahan dress pakaian. Kain yang didapat dari serat alam berupa tanaman kapas.

Mengapa kain ini cocok untuk dibuat dress? Karena kain katun memiliki kelebihan seperti tekstur kainnya halus, adem dan mudah menyerap keringat.

Letak geografi Indonesia yang beriklim tropis menjadi ciri khas tersendiri untuk kain ini.

Selain bisa digunakan membuat dress, sangat cocok dan pas untuk mengkombinasi antara kain katun dan kain batik tradisional.

Jenis kain katun ini juga sudah umum di masyarakat, karena sering ditemui dan didengar dari penjual maupun penjahit di lingkungan sekitar.

Maka dari itu, seorang penjahit bisa membuat kreasi seni batik tulis dari kain ini.

Pada umumnya, jenis kain katun sendiri ada banyak sekali. Salah satunya katun combed yang mempunyai tiga tingkatan, yaitu 20s, 24s dan 30s yang jenis benangnya berbeda-beda dan ukuran gramnya juga beda.

2. Kain Sutra

jenis kain untuk dress kain sutra
picsart.com

Rekomendasi jenis kain untuk dress selanjutnya yaitu kain sutra. Kain yang didapat dari serat kepompong ulat sutra dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Kain yang memiliki tekstur permukaan yang lembut dengan kilauan keindahannya.

Hal tersebut menjadikan para penjahit sering memanfaatkan kain ini sebagai bahan dasar pembuatan dress dan pakaian lainnya.

Dress dengan bahan dasar kain sutra ini bisa digunakan dalam acara penting seperti rapat, pernikahan dan acara penting lainnya. Selain itu, jenis kain untuk dress ini terlihat cantik, mewah dan menawan saat dipakainya.

Kain sutra ini termasuk jenis-jenis kain yang juga sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

3. Kain Batik

jenis kain untuk dress kain batik
lifestyle.okezone.com

Kain yang menjadi kebanggaan warga Indonesia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai budaya asli dari Indonesia yaitu kain batik. Ini yang membuat kain batik semakin terkenal sampai ke seluruh dunia.

Seiring berjalannya perkembangan, batik ini tidak hanya dibuat sebagai selendang saja. Tapi, sebagai bahan pembuatan busana seperti kemeja, celana panjang maupun pendek yang juga memiliki nilai tinggi.

Bahkan, kain batik ini biasa digunakan oleh pejabat negara saat ada acara besar seperti upacara kemerdekaan bahkan juga rapat.

Uniknya lagi, ada juga tokoh masyarakat dari negara lain yang menggunakan kain batik ini.

Agar tampilan batik semakin keren dan elegan, kain batik ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan kain yang lain dalam pembuatan dress.

4. Kain Linen

jenis kain untuk dress kain linen
global.rakuten.com

Sudah tahu apa itu kain linen? Kain linen merupakan jenis kain yang terbuat dari serat alam tumbuhan rami dengan tekstur seratnya yang halus jika disentuh dan sedikit berkilau.

Jenis kain ini mempunyai karakteristik yang cukup istimewa.

Mengapa demikian? Karena kain ini termasuk kain pertama yang dikenal sepanjang sejarah dalam peradaban manusia.

Hal tersebut, yang membuat bahwa serat linen merupakan serat kain yang pertama kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain.

Jenis kain linen seperti ini juga cocok digunakan untuk pembuatan dress yang sudah populer sampai sekarang. Selain itu, kain ini juga memiliki ketahanan terhadap bakteri dan jamur yang biasa menyerang jenis kain lainnya.

5. Kain Crepe

jenis kain untuk dress kain crepe
mizutex.com

Jenis kain crepe merupakan jenis kain yang bisa digunakan sebagai bahan dasar dress pengantin.

Ciri khas dari kain crepe ini adalah memiliki tekstur unik yang memberikan nuansa pasir atau kerutan kecil pada permukaan kain.

Jenis kain crepe juga banyak seperti woll crepe dress atau silk dress yang memiliki ciri yang berbeda-beda.

Mulai dari tekstur yang elastis sampai memiliki ketebalan kain yang beda dan akan memberikan nuansa sendiri dalam dress nantinya.

6. Kain Satin

jenis kain untuk dress kain satin
mizutex.com

Jenis kain untuk dress berikutnya yaitu kain satin, kain yang sudah tidak asing lagi dikalangan umum dan memberikan tampilan yang licin.

Selain itu, kain ini memiliki tekstur halus dan memberikan kesan mengkilap di bagian depan kain.

Kain ini bisa dikombinasikan juga dengan jenis kain untuk dress dalam gaun pengantin. Selain dibuat dress, kain ini terkenal juga dengan produk kerudung.

Selain berasal dari serat sutra, kain ini pun menggunakan bahan lain seperti rayon, polyester, nilon, untuk memberikan tampilan glossy pada kain satin. Sehingga, saat memakai pakaian berasal dari kain satin terasa nyaman digunakan dan terlihat menarik.

Ingin tahu lebih dalam mengenai kain satin? Simak selengkapnya disini.

7. Kain Denim

kain denim
vietnamese.alibaba.com

Sering menemukan celana atau jaket dari kain denim di pasaran? Ternyata, kain denim ini tidak hanya digunakan sebagai celana atau jaket, melainkan digunakan sebagai pembuatan dress juga.

Jenis kain ini ternyata sudah diminati banyak orang untuk digunakan sebagai dress.

Adapun hasil dari kain denim yang dibuat dress ini, memberikan tampilan yang santai dengan nuansa yang casual.

Kain denim ini termasuk jenis kain untuk dress yang memiliki bahan yang kuat, tahan lama, tidak mudah sobek, nyaman serta terlihat elegan saat dipakai.

8. Kain Balotelly

jenis kain untuk dress kain balotelli
youtube.com

Kain balotelly merupakan jenis kain yang teksturnya sangat khas dengan bahan yang cukup tebal.

Hal tersebut yang membuat jenis kain ini menjadi mudah dikenal dan dibedakan dengan jenis kain lainnya.

Kain balotelly juga dinyatakan berbeda dari jenis kain katun karena jenis kain ini membentuk kotak-kotak kecil yang bergaris.

Bahkan jika dilihat dengan kasat mata, kain ini memberikan efek kilau yang tidak ditemukan pada jenis kain katun.

Kain ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan hijab, rok, bahkan baju koko.

Selain itu, kain ini juga cocok untuk digunakan menjadi bahan dasar pembuatan dress dengan hasil yang indah.

9. Kain Organza

kain organza
lunss.com

Apa itu kain organza? Kain organza merupakan kain yang dibuat dari serat nilon, polyester atau pun campuran salah satunya. Jadi tidak heran, kalau kain ini terlihat mewah dan menarik juga.

Kain ini mempunyai bobot yang ringan, mudah mengembang dan konsepnya semitransparan membuat kain ini terkesan mewah.

Itulah yang menjadi alasan kenapa kain ini digunakan sebagai bahan lapisan luar rok balet.

Tidak hanya itu, kain ini juga bisa dibuat sebagai dress pengantin. Tapi tidak semua dress pengantin terbuat dari kain organza, melainkan hanya lengan dress pengantin saja.

10. Kain Chiffon (Kain Sifon)

jenis kain untuk dress kain sifon
harga.web.id

Kain ini merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan sintesis dengan kombinasi bahan nilon, sutra, katun rayon atau pun polyester.

Adapun sifat dari kain ini yaitu mempunyai bahan yang ketebalannya tipis, halus dan ringan, tapi tidak bisa menyerap keringat.

Kain ini bisa digunakan untuk bahan kain dress. Selain itu, juga cocok untuk digunakan rok, pakaian atasan bahkan juga bisa digunakan sebagai ikat pinggang.

11. Kain Maxmara

kain maxmara
theweek.co.uk

Beda lain dengan kain satin yang sudah dijelaskan di atas tadi. Kain maxmara ini memiliki bahan kain yang berkilau, terkesan lebih doff tapi tidak glossy.

Kain ini juga memiliki ciri khusus dengan bahannya yang licin, ringan dan tidak transparan. Saat digunakan pun sangat nyaman dan tidak membuat gerah. Kain ini biasanya digunakan sebagai hijab.

Selain digunakan sebagai hijab, kain ini juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan dress.

Dengan harga yang terjangkau, kain ini banyak digunakan sebagai jenis kain untuk dress yang dipakai dalam keseharian.

12. Kain Tulle atau Tille

jenis kain untuk dress kain tulle
ae01.alicdn.com

Terdengar asing di telinga dengan kain tulle atau tille ini? Jadi, kain ini merupakan jenis kain yang berbentuk jala dengan lubang kecil, sangat ringan tapi kuat dan tahan lama.

Ada juga jenis kain tulle yang kaku dan juga lembut. Tidak hanya itu, kain ini ada yang polos dan ada juga jenis kain tulle dengan hiasan taburan glitter atau manik-manik.

Dengan motif yang beragam jenis seperti itu, membuat kain ini memberi efek berkilau pada pakaian yang dikenakan nanti.

Kain ini dimanfaatkan sebagai underskirts untuk menciptakan bentuk kaku. Selain itu, jenis kain untuk dress dengan kain tulle ini bisa digunakan sebagai kombinasi baju pengantin.

13. Diamond Italiano Georgette

Diamond Italiano Georgette
id.pinterest.com

Sebagian orang menyebutkan, bahwa kain diamond italiano georgette sering dinamakan sebagai diamond italiano saja.

Kain ini memiliki tekstur yang mirip kulit jeruk, tapi tidak membuat gatal. Bahannya juga lentur dan mudah menyesuaikan bentuk badan.

Kain ini lebih ringan jika dibandingkan dengan kain sifon. Jenis kain untuk dress ini sangat cocok, jika dikombinasikan dengan jenis kain lainnya, contoh jenis kain lainnya yaitu kain sutra.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan. Mungkin punya keinginan untuk membeli kain wolfis, alangkah baiknya mengetahui lebih dulu karakteristik dari bahan kain wolfis yang akan dibeli. Agar nantinya bisa memilih kain yang pas untuk dibuat busana.

Mungkin ada salah kata atau kurang dari penjelasan ini, bisa berkomentar di bawah. Karena kesalahan pasti dialami oleh setiap manusia.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: