Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pecinta Kopi? Kenali Dulu Jenis-jenis Kopi yang Kamu Sukai

6 min read

jenis jenis kopi

Halo pecinta kopi, salam hangat untuk kamu yang sedang santai minum kopi. Kali ini, blog masnid akan membahas tentang jenis-jenis kopi yang mungkin belum kamu ketahui.

Ya, jenis-jenis kopi yang kamu ketahui hanya sebagian saja, tapi jenis kopi ini dibagi berdasarkan varietasnya.

Bahkan, ada juga kopi berdasarkan single origin dan juga cara membuatnya juga dibedakan.

Mau tahu apa saja pembagiannya? Simak lanjut penjelasan di bawah ini.

Jenis Kopi Berdasarkan Varietasnya

Dalam istilah jenis kopi, biasanya yang sering digunakan untuk mengelompokkan kopi itu berdasarkan karakter rasa, tempat asal tumbuh, bahkan sampai varietasnya.

Pengelompokan tersebut, ada tiga spesies atau jenis kopi yang sudah populer dikonsumsi berdasarkan varietasnya.

Adapun pembagian jenis kopi berdasarkan varietasnya sebagai berikut:

Kopi Arabika

jenis jenis kopi - Kopi Arabika
kopipuntang.id

Jenis-jenis kopi yang pertama yaitu kopi arabika, merupakan kopi pertama yang ditemukan di Ethiopia. Setelah itu disebarkan oleh bangsa Arab ke penjuru dunia. Hal tersebutlah yang menjadikan bangsa Arab memberi nama ilmiah kopi ini menjadi Coffee Arabica.

Tahukah kamu? Bahwa kopi arabika adalah kopi yang sangat populer sedunia.

Mengapa demikian? Karena sekitar 70%, perdagangan kopi di dunia kebanyakan menjual kopi arabika, dan sisanya adalah kopi robusta, liberika dan jenis-jenis kopi lainnya.

Adapun ciri khas dari kopi ini adalah tingkat keasaman lebih tinggi dibandingkan kafein yang dikandungannya. Selain itu, warna seduhan kopi juga tidak terlalu kental.

Kopi ini banyak diminati oleh banyak orang, keran bisa melahirkan beberapa varietas dengan aroma yang unik juga berbeda-beda.

Selain itu, aroma yang dimiliki kopi arabika ini sangat wangi dan juga kaya.

Kopi ini memiliki 2 varietas yang terkenal, bahkan menjadi induk dari varietas yang tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu:

Typica

Mungkin sebagian orang belum tahu, kalau varietas dari kopi arabika yang tertua adalah typica, yang diambil dari kata Ethiopia. Bisa dikatakan, bahwa varietas ini adalah induk dari banyaknya varietas arabika yang sudah ada.

Ada yang bilang, bahwa kopi pertama yang dibawa oleh Belanda ke Indonesia adalah kopi arabika yang varietasnya adalah typica.

Bourbon

Merupakan varietas yang lahir dari kopi arabika yang dibawa oleh orang Perancis dari Yaman serta ditanam di Pulau Bourbon, atau sekarang menjadi Pulau La Reunion.

Setelah ditanam di tempat tersebut dengan kondisi tanah dan iklim yang berbeda, maka tanaman arabika ini mengalami mutasi dan menjadi varietas bourbon.

Kopi Robusta

jenis jenis kopi - Kopi Robusta
okhovvat.com

Jenis-jenis kopi selanjutnya yaitu kopi rabusta, nama robusta diambil dari kata robust yang dimana memiliki arti kuat. Walaupun tanaman ini mudah dalam merawatnya dan juga tahan hama, kualitas yang dimiliki dalam buahnya sangat rendah dibandingkan arabika.

Kopi rabusta termasuk salah satu subspesies Coffee Canephora.

Sebenarnya ada dua varietas utama dalam kopi ini, yaitu robusta dan nganda. Tapi variesta robusta yang sebagian besar ditanam, maka nama rabusta digunakan secara umum untuk menyebut canephora.

Adapun aroma yang dimiliki kopi ini yaitu kuat, kasar dan cenderung nutty dan earthy. Sedangkan untuk rasa yang dimiliki dalam kopi ini yaitu pahit daripada jenis-jenis kopi lainnya.

Hal tersebut bisa dijadikan kopi ini sangat cocok dijadikan minuman dengan campuran susu atau coklat, karena rasa kopi tidak akan kalah.

Adapun varietas hasil percampuran antara arabika dan robusta yang populer ini dinamakan varietas hibrida, berikut varietasnya:

Timor

Nama dari varietas timor ini dikenal dengan nama Hibrido De Timor. Nama tersebut diambil dari tempat tanaman yang dikembangkan, yaitu Pulau Timor.

Adapun tujuan dari percampuran ini adalah untuk menghasilkan kopi yang tahan hama, namun kualitas rasa dan aroma yang dimiliki seperti arabika.

Catimor

Merupakan hasil percampuran dari varietas cattura dan timor, dimana varietas hibrida ini diharapkan untuk mewarisi sifat baik dari timor yaitu tahan lama dan kecepatan panen dari cattura.

Varietas catimor ini memiliki rasa yang nutty dan pahit dengan tingkat kemasaman yang rendah, seperti timor yang mengandung robusta.

Kopi Liberika

jenis jenis kopi - Kopi Liberika
warungkampungcoffee.wordpress.com

Bagi penikmat kopi, mungkin sudah cukup kenal dengan jenis kopi arabika dan rabusta serta karakter yang dimilikinya masing-masing. Padahal, masih ada satu jenis kopi yang diproduksi dan menjadi komoditas di dunia, yaitu kopi liberika atau Coffee Liberica.

Dalam kopi liberika ada satu jenis varietas yang mulanya sebagai satu spesies sendiri, yaitu excelsa.

Kemudian pada tahun 2006, excelsa diresmikan sebagai subspesies dari kopi liberika dan dikenal dengan nama ilmiah sebagai Coffee Liberica Varietas Dewerei.

Adapun ukuran yang dimiliki buah liberika ini lebih besar daripada arabika dan robusta. Tapi, setelah melalui proses penjemuran, berat buah kering yang dimiliki kopi ini hanya 10% dari berat saat basah.

Dari penurunan berat itu, pastinya para petani tidak menyukai hal tersebut, mengapa demikian? Karena biaya panen akan menjadi lebih mahal, sehingga produksi tidak selaris arabika dan robusta.

Oleh karena itu, tingkat produksi pada jenis kopi ini paling rendah dari jenis kopi lainnya, hanya 1-2% dari produksi kopi dunia.

Jenis-jenis Kopi Single Origin di Indonesia

Setelah mengetahui jenis-jenis kopi berdasarkan varietasnya, saatnya untuk mengetahui kopi berdasarkan single origin. Apa itu single origin? Merupakan istilah yang merujuk pada daerah budidaya asal kopi tersebut ditanam.

Istilah tersebut memiliki tujuan tersendiri, yaitu untuk memudahkan orang-orang dalam mengenal karakter kopinya.

Adapun contoh dari kopi single origin yang terkenal di Indonesia, sebagai berikut:

Kopi Bali Kintamani

Kopi Bali Kintamani
finaira.id

Selain tempat pariwisata yang unggul dimiliki Bali, ternyata ada daerah Bali juga termasuk penghasil utama kopi, yaitu berada di Kintamani, Kabupaten Bangil.

Dalam perkebunan Kintamani, para petani menggunakan sistem pertanian tradisional yang bernama subak abian.

Sistem tradisional tersebut masih memegang filosofi Hindu, Tri Hita Karana. Filosofi tersebut mengajarkan tentang keharmonisan hubungan dengan alam dan juga mengurangi penggunaan agrokimia.

Kopi dengan rasa keasaman bercampur dengan rasa segar, yang dimana rasa tersebut tidak dimiliki kopi daerah lainnya.

Hal tersebut dikarenakan sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan aneka ragam sayuran atau biasa disebut dengan sistem tumpang sari.

Kopi Toraja

jenis jenis kopi - Kopi Toraja
liputan6.com

Selain Bali, Toraja yang terkenal dengan ritus dan budaya tradisionalnya, juga terkenal dengan kopinya. Kopi dari perkebunan yang berada di Toraja, memiliki tingkat keasaman yang relatif tinggi. Selain itu, kopi Toraja terkenal nikmat.

Adapun saat memproses kopi ini, para petani menggunakan cara tradisional yang sering disebut dengan giling basah.

Proses ini sudah dikenal di kalangan internasional degan sebutan wet hulling atau semi washed.

Adapun ciri utama dari kopi ini adalah terletak pada cita rasa yang memiliki unsur tanah, unik serta khas. Saat kamu mencoba kopi ini, akan merasa terkejut dan lidahmu akan merasakan rasa pahit yang menghilang sesaat.

Kopi Gayo

Kopi Gayo
baristalakadar.com

Pada sebuah wilayah yang berupa dataran tinggi di Aceh Tengah, Sumatra, terdapat tanaman kopi yang ditanam di Tanah Gayo. Perkebunan kopi tersebut berada di daerah bukit yang mengelilingi Kota Takengon dan Danau Tawar.

Tanah tersebut dipercaya sangat subur, sehingga bisa menghasilkan kopi-kopi dengan cita rasa yang kaya. Cita rasa pada kopi ini memiliki aroma yang nikmat juga khas, serta tingkat keasaman yang lebih rendah. Selain itu, memiliki rasa pahit yang kuat.

Bahkan dengan cita rasa yang dimiliki kopi ini, organisasi internasional memberi penghargaan sebagai Fair Trade Certified.

Dari penghargaan tersebut dan sebagai apresiasi, kopi ini menjadi kopi terbaik di dunia. Bahkan, sekarang sudah di ekspor ke berbagai negara seperti Amerika, Eropa dan kawasan Asia.

Kopi Papua Wamena

Kopi Papua Wamena
pegipegi.com

Selanjutnya ada kopi yang berasal dari perkebunan yang terletak di sepanjang Lembah Baliem, yaitu kopi wamena. Lembah tersebut terletak di sisi timur Gunung Jayawijaya dan mengelilingi Kota Wamena.

Adapun cita rasa yang dimiliki kopi ini yaitu memiliki aroma yang ringan dan di setiap biji kopi ini memiliki ciri khas yang harum.

Kopi ini terasa original, harum, ringan tidak ada ampas dan tidak meninggalkan rasa. Itu dikarenakan para petani di Wamena, menggunakan bahan-bahan organik untuk tanaman biji kopi ini.

Kopi Jawa

jenis jenis kopi - Kopi Jawa
cafebrick.co.id

Pada abad ke-17, kopi jawa mulai dikenal di dunia. Terjadi saat bangsa Belanda memulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa, dan saat itu juga menjadikan produsen penghasil kopi terbesar di dunia.

Kopi jawa ini menjadi pilihan utama bagi para petinggi Belanda, meskipun ada banyak kopi lainnya yang sudah ada.

Penghasil kopi jawa yang sudah berkualitas dunia untuk para pecinta kopi ini, terdapat di pegunungan Ijen Banyuwangi Jawa Timur.

Memiliki aroma tipis rempah-rempah, membuatnya berbeda dan menarik untuk dicicipi.

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang
surabayanews.co.id

Di Sumatra terdapat salah satu daerah yang juga penghasil kopi terkenal di Indonesia, yaitu Sidikalang. Mungkin nama ini sudah tidak asing bagi para pecinta single origin coffee.

Tahulah kamu? Bahwa kopi ini memiliki kualitas yang tinggi, sehingga menjadi pesaing utama dari kopi brazil.

Selain itu, tekstur pada bubuk kopi ini paling halus dibanding jenis kopi dunia. Sangat cocok sekali, jika kamu seduh kopi ini pada saat sore hari dengan memandang sunset yang indah.

Kopi Mandailing

Kopi Mandailing
food.detik.com

Masih di Sumatra, kali ini bertempat di Kabupaten Mandailing Natal, tepatnya di pegunungan Bukit Barisan, terdapat salah satu jenis kopi arabika yang dinamakan kopi mandailing.

Sudah sejak tahun 1800-an kopi ini sudah beroperasi, berawal dari sistem tanam paksa yang dilancarkan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Kopi Java Preanger

Kopi Java Preanger
twitter.com

Selanjutnya kopi yang didatangkan oleh Belanda atau VOC, yaitu kopi jawa preanger atau bisa disebut dengan kopi priangan dan kopi malabar.

Kamu harus tahu, bahwa kopi ini adalah kopi pertama di Indonesia.

Tanaman kopi ini pertama kali ada di Batavia atau sekarang sudah menjadi Jakarta, kemudian dibudidayakan secara luas di daerah Priangan, Jawa Barat.

Adapun nama preanger ini diambil dari cara orang Belanda menyebut daerah Priangan. Hal tersebut menjadikan orang Indonesia menyebut kopi priangan dengan sebutan java preanger.

Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa
lifestyle.okezone.com

Jenis-jenis kopi yang terakhir berdasarkan single origin, berada di salah satu daerah Pulau Flores yang juga terkenal dengan kopinya, yaitu Bejawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Selain Pulau Flores yang indah, tanah yang ada di tempat tersebut mengandung abu dari gunung berapi yang bernama Andosol, yang dimana sangat ideal untuk ditanam kopi organik.

Dari tanah tersebut, cita rasa kopi yang dimiliki lebih otentik juga mengandung aroma alami.

Jenis-jenis Kopi dari Cara Pembuatannya

Jenis-jenis kopi juga bisa dibedakan dari cara pembuatannya, sehingga kopi tersebut menjadi minuman. Nah, dalam minuman kopi ini terbagi menjadi dua jenis minuman, yaitu espresso based dan manual brew.

Adapun jenis minuman espresso based, antara lain:

  1. Espresso
  2. Latte
  3. Americano
  4. Cappucino
  5. Mochaccino
  6. Long Black
  7. Macchiato
  8. Black Eye
  9. Affogato
  10. Con Panna

Sedangkan, untuk jenis minuman manual brew, yaitu:

  1. Kopi Tubruk
  2. Rok Presso
  3. Moka Pot
  4. Vietnam Drip
  5. Frech Press
  6. Pour Over

Itulah penjelasan tentang jenis-jenis kopi, mulai dari jenis kopi berdasarkan varietas, berdasarkan single origin dan juga berdasarkan pembuatannya.

Bagi kamu yang ingin membuat kopi, tapi belum tahu alat apa saja yang digunakan. Kamu bisa membaca alat pembuat kopi disini.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih jenis kopi yang akan kamu minum, atau bahkan bisa kamu tanam sendiri kopi tersebut di sekitar rumah kamu.

Jangan lupa like dan share artikel ini, agar bisa mengetahui berita terupdate dari blog ini.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: