Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Mengenal Jenis-jenis Kain yang Biasa Digunakan Untuk Pakaian

6 min read

jenis jenis kain terlengkap

Kembali lagi di blog masnid. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan akan jenis-jenis kain ketika ingin membeli kain atau pakaian yang diinginkan.

Saat dipakai di badan, yang diharapkan kain dalam pakaian ini adalah adem, nyaman dan bisa menyerap keringat.

Selain itu, jenis kain yang dibutuhkan juga bisa membuat semakin keren, tampan, cantik, dan pastinya trend juga. Penasaran apa saja jenis kain yang sering digunakan dalam pakaian? Simak lanjut artikel di bawah ini.

Jenis-jenis Kain

Ada banyak sekali macam kain yang memiliki karakter berbeda-beda. Dalam karakter tersebut, ternyata banyak digunakan dalam pakaian dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa jenis kain yang memiliki karakter tersendiri.

1. Kain Polyester

jenis jenis kain polyester halus
indonesian.breathableoutdoorfabric.com

Kain polyester ini sebenarnya hampir sama dengan kain cotton, tapi jenis kain ini memiliki kualitas rendah dan tidak bisa menyerap keringat. Apabila menggunakan jenis kain ini di tempat panas maka terasa panas, begitu pun sebaliknya. Meskipun tidak sedingin cotton, tapi rasanya sedikit keras atau kaku.

Kain polyester ini merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan serat sintetis atau serat buatan. Mengapa disebut seperti itu? Karena bahan seratnya tidak tersedia dari alam bebas.

2. Kain Rajut

jenis jenis kain rajut bagus
kursrupiah.net

Jenis kain selanjutnya yaitu kain rajut, yang proses pembuatannya dengan cara merajut beberapa benang menjadi kain. Seperti yang terlihat, kain rajut ini seperti bentuk jeratan benang yang saling menggait satu dengan lainnya.

Kain rajut ini kalau digunakan bisa mengatasi cuaca dingin. Sehingga, kain ini tidak bisa menyerap keringat dan tidak cocok digunakan saat cuaca panas.

3. Kain Sifon

jenis jenis kain sifon cantik
bahankain.com

Kain sifon ini terbuat dari bahan sintetis dengan campuran bahan katun, nilon, sutra, polyester atau pun rayon. Kain ini tidak bisa menyerap keringat, karena memiliki ketebalan yang tipis, transparan dan juga ringan.

Kain yang tidak bisa menyerap keringat, pastinya meninggalkan bau badan yang tertinggal di kain tersebut. Jadi, jenis kain ini cocoknya dibuat untuk dress atau pakaian formal saja.

4. Kain Sutra

jenis jenis kain sutra lengkap
ahyanahijab.com

Kepompong ulat sutra menjadi bahan untuk membuat kain sutra. Jenis kain sutra sendiri memiliki tekstur yang halus, lembut dan tidak licin. Kain ini juga nyaman ketika dipakai dan bisa menyerap keringat.

Kain yang dihasilkan dari ulat sutra ini terbilang mahal, karena hasil kainnya tebal dan tidak mudah kusut bila ditenun secara manual. Proses inilah yang menjadi kain sutra lebih mahal.

5. Kain Twiscone

jenis jenis kain twiscone kuat
id.carousell.com

Kain twiscone ini bisa dibilang mirip sekali dengan kain sifon. Hanya saja kain ini sedikit lebih tebal dan lebih berat dari pada kain sifon. Hal inilah yang menyebabkan kain ini tidak tembus pandang.

Selain itu, kain ini mempunyai sifat yang lembut dan jatuh di badan. Jadi ketika dipakai sangat nyaman dan juga tidak mampu menyerap keringat. Sangat cocok digunakan sebagai baju gamis dan bahan jaket atau blazer.

6. Kain Cotton Combed

jenis jenis kain cotton combed
olympics30.com

Pasti sudah tahukan bahan katun combed ini? Kain terbuat dari 100% serat kapas murni dan dibuat secara alami. Jenis kain satu ini memiliki tekstur yang adem, halus dan mudah untuk menyerap keringat.

Jenis kain combed ini memiliki serat benang yang halus dan rapi. Sehingga, kain ini ada dibagi menjadi 3 berdasarkan jenis benang  dan ukuran gramnya (gr), yaitu:

  1. Cotton combed 20s merupakan jenis katun yang paling tebal.
  2. Cotton combed 24s merupakan jenis katun yang sedang.
  3. Cotton combed 30s merupakan jenis katun yang tipis.

Selain itu, jenis kain ini termasuk dalam kategori bahan kaos yang sering digunakan disebut oleh pemain distro clothing.

7. Kain Cotton Carded

jenis jenis kain cotton carded dingin
pusatkonveksi.com

Jenis-jenis kain berikutnya yaitu kain carded. Kain carded ini merupakan tiruan atau jiplakan dari kain-kain combed. Serat benang yang dimiliki kain ini kurang halus atau kasar.

Tapi, kain carded ini termasuk kain yang memiliki karakteristik dingin, nyaman dan bisa menyerap keringat. Mengapa demikian? Karena kain ini berasal dari 100% katun. Harganya pun terbilang cukup murah dari pada kain katun combed.

8. Kain Spandek

kain spandek
notepam.com

Kain spandek atau disebut juga dengan elastane. Kain ini bisa merenggang bisa mencapai 5 kali dari ukuran sebenarnya. Mengapa seperti itu? Karena bahan kain ini merupakan sejenis serat buatan yang memiliki sifat bahan yang elastis atau merenggang.

Bahan spandek ini juga termasuk bahan sintetis 100% yang dibuat sebagai pengganti karet. Bahan ini juga sangat mudah diwarnai dan juga kompatibel dengan bahan kain yang lain. Sehingga, apabila dicampurkan dapat menghasilkan sebuah produk yang unik.

9. Kain TC (Teteron Cotton)

jenis jenis kain teteron cotton halus
kaos-kerah.com

Kain teteron cotton atau TC ini merupakan kombinasi dari 2 jenis bahan, yaitu cotton dan polyester. Dalam pembuatan kain ini itu terdiri dari 35% cotton dan 65% dari polyester.

Kain ini memiliki daya serap keringat yang kurang begitu baik. Sehingga, akan terasa panas ketika sudah dipakai nanti. Tapi kain ini tidak mudah kusut dan juga tidak mudah meskipun dicuci beberapa kali.

10. Kain Hyget

kain hyget
indah-jaya.web.id

Berbeda dengan kain hyget ini, kain ini terbuat dari kombinasi bahan polyester dan cotton tapi bahannya lebih tipis. Karakter dari kain ini yaitu tidak mudah kusut, mengkilap dan sedikit panas dengan harga jual yang lebih murah.

Meskipun begitu, bukan berarti kain hyget ini diproduksi oleh pabrik tekstil mempunyai kualitas yang kurang bagus. Tapi, ada jenis kain hyget yang cukup bagus dan nyaman untuk dipakai.

11. Kain Fleece

jenis jenis kain fleece adem
olympics30.com

Jenis kain selanjutnya yaitu kain fleece, dimana kain ini merupakan salah satu kain yang menyerupai wol pada permukaannya. Jenis kain ini mudah sekali menguap keringat melalui pori-pori pada kain dan saat dipakai terasa ringan.

Kain ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat pakaian outdoor seperti sweater, jaket dan celana training. Selain bisa untuk pakaian, bahan ini juga bisa sebagai bahan dasar pembuatan selimut dan bedsheet.

12. Kain Lycra

kain lycra bagus
bahankain.com

Kain lycra ini termasuk dalam golongan kain spendek, karena sangat elastis. Kualitas dari kain lycra juga dibutuhkan, karena itu kain ini memiliki tingkat keawetan yang cukup lama.

Jenis kain ini juga mempunyai kemampuan dalam menahan sinar ultra violet. Kelebihan seperti itu, kain ini banyak digunakan dalam pembuatan maxi dress, baju dalam dan lainnya.

13. Kain Paragon

jenis jenis kain paragon baju basket
pixabay.com

Tekstur kain yang sangat lembut seperti kapas tapi sedikit mengkilap dan lentur termasuk ciri dari jenis kain paragon ini. Kain ini jarang dijumpai karena harganya yang cukup mahal. Selain itu, kain ini jika disablon tidak mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kain ini sering digunakan untuk pembuatan baju basket. Selain itu, kain ini terbilang sedikit tebal dari pada kain lainnya. Jadi tidak heran, saat dipakai kain ini mengikuti gerakan tubuh orang yang memakainya.

14. Kain Drill

kain drill menawan
ahyanahijab.com

Kain ini termasuk juga kain yang terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester. kain drill merupakan kain pintal yang memiliki serat berbentuk miring dan memiliki jalinan benang yang kuat.

Memiliki karakter kain yang ringan dan tipis yang biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti jaket safari, kemeja, dan pakaian lainnya. Tapi ada juga kain drill yang tebal yang biasanya digunakan sebagai bahan korset juga bahan pakaian kerja atau seragam.

15. Kain Rayon

kain rayon banyak
gamisjilbabsyari.com

Jenis kain selanjutnya yaitu kain rayon, kain yang bahan dasarnya berupa serat hasil selulosa dari regenerasi selulosa. Kain ini memiliki tekstur kain yang sedikit licin, mengkilap dan jatuh.

Kain ini saat digunakan sangat dingin dan mudah untuk menyerap keringat. Sehingga, kain ini nyaman saat dipakai dalam berbagai kondisi cuaca apapun. Kain ini termasuk kain sintetis pertama yang dibuat oleh manusia.

16. Kain Linen

kain linen halus
olympics30.com

Kain linen merupakan salah satu dari jenis kain yang terbuat dari serat alami yaitu serat tumbuhan rami. Ciri dari kain linen adalah sedikit kaku tapi juga halus. Kain ini tidak memiliki sifat elastis yang saat direntangkan tidak bisa melar.

Kain linen juga bisa bertahan sampai beberapa tahun jika perawatannya baik. Semakin lama digunakan dan sering dicuci dengan cara cuci yang benar, maka kain ini bisa membuat nyaman.

Hasil dari kain ini bisa berupa baju, perlengkapan meja makan dan juga kerajinan tangan yang terbuat dari kain linen dan campuran dengan katun.

17. Kain Satin

jenis jenis kain satin mengkilap
tokopedia.com

Kain satin kerap digunakan dalam dunia fashion untuk dijadikan pakaian yang terkenal. Permukaan kain satin ini memiliki tekstur sangat halus, lembut dan terlihat glossy. Sehingga, saat digunakan dalam bentuk pakaian, maka akan terlihat menarik dan nyaman saat dipakai.

Kain ini bukan termasuk kain dalam kategori kain yang berjenis serta atau fiber. Teknik satin yang menjadi metode dalam pembuatan kain dengan proses ditenun. Teknik inilah yang akhirnya membuat kain terlihat berkilau dan menarik.

18. Kain Viscose

kain viscose halus
wevatextile.com

Lain halnya dengan kain viscose, kain ini termasuk kain yang memiliki serat organik buatan manusia dan biasa digunakan sebagai bahan kain.

Kain yang memiliki tekstur yang sama dengan kapas, sehingga akan terasa lembut dan dingin saat dipakai.

Kain ini bisa menahan kelembaban yang lebih tinggi juga memiliki warna yang baik, lebih lembut dari kapas, halus dan juga tahan kusut. Karena hal seperti itu, kain ini terkesan mewah dan jarang tersedia di pasar.

19. Kain Baby Terry

jenis jenis kain baby terry lucu
olympics30.com

Dilihat dari namanya saja sudah tidak asing, kain ini sangat cocok untuk kulit bayi dan balita. Bahan kainnya juga banyak digunakan untuk bahan sweter atau jumper. Tapi kain ini sangat banyak digunakan untuk blazer wanita.

Kain baby terry ini dibuat dengan menggunakan bahan katun atau serat kapas. Pada awalnya, kain ini digunakan dalam pembuatan handuk karena mempunyai tekstur yang lembut.

Pada bagian dalamnya juga memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut seperti selimut.

20. Kain Denim

kain denim kuat
id.pinterest.com

Jenis kain yang terakhir yaitu kain denim atau bisa juga disebut kain jeans, merupakan bahan kain yang terbuat dari katun twill.

Bahan denim sendiri kerap sekali digunakan dalam pembuatan celana. Celana jeans yang sering dikenal, termasuk hasil dari pembuatan kain yang berbahan denim atau jeans ini.

Selain itu, kain ini juga banyak digunakan pada jaket dan pakaian pada wanita seperti bluss. Kain ini memiliki bahan yang kuat, tahan lama, nyaman saat dipakai dan tidak mudah sobek.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan dari jenis-jenis kain yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menambah wawasan kepada semua orang yang membacanya.

Mungkin ada salah kata dari penulisan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: