Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

29+ Jenis Bahan Serat Alam dan Serat Buatan [Terlengkap]

jenis bahan serat alam dan serat buatan terlengkap

Jenis bahan serat alam yang membentuk jaringan memanjang secara utuh yang terdiri dari potongan-potongan komponen. Menjadi salah satu bahan baku yang dibuat untuk pembuatan pakaian atau tekstil.

Sesuai dengan namanya, bahan serat ini berasal dari alam dan ada juga serat buatan. Serat alam sendiri terbagi menjadi 2, yaitu serat tumbuhan dan serat hewan. Tentunya serat yang digunakan berasal dari serat yang berkualitas baik, agar menghasilkan bahan kain yang berkualitas juga.

Sejarah Singkat dari Serat

Konon, industri tekstil dari serat alami, sudah dikenal orang sejak ribuan tahun sebelum masehi (SM). Pada tahun 1540 SM, Negara India sudah memiliki industri kapas dan Negara Cina sudah memproduksi serat sutra pada tahun 2640 SM.

Pada tahun 3000 SM Mesopotania mulai menggunakan serat wol. Sedangkan pada tahun 10000 SM, serat flax sudah digunakan di Swiss.

Ternyata, serat alam dan serat tumbuhan sudah dimanfaatkan selama ribuan tahun lamanya. Mulailah pada abad ke-20, serat buatan diperkenalkan untuk perlengkapan kebutuhan manusia sampai saat ini.

Pengertian Bahan Serat Alam

Dapat didefinisikan, bahwa serat atau fiber merupakan suatu material yang menjadi bahan baku pembuatan benang dan kain. Pengolahan benang atau kain dapat terpengaruh oleh sifat yang dimiliki setiap serat. Sifat lain dari setiap serat juga mempengaruhi kualitas benang atau kain yang dihasilkan nantinya.

Kekuatan serat mempunyai pengaruh terhadap kekuatan benang nantinya. Pada prinsipnya, kekuatan tinggi yang dimiliki serat akan menghasilkan benang dengan kekuatan tinggi. Sebaliknya juga begitu, apabila serat dengan kekuatan rendah maka menghasilkan benang yang berkekuatan rendah pula.

Jenis Bahan Serat Alam

Seperti yang sudah disebutkan diawal, bahwa serat alami memiliki prinsip jenis serat yang diperoleh langsung dari alam. Jenis bahan serat alam pada dasarnya, ada yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Dibawah ini penjelasan dari beberapa jenis serat yang berasal dari tumbuhan dan hewan.

Jenis Bahan Serat dari Tumbuhan

Hanya tumbuhan terpilih yang dapat diolah menjadi serat alam. Serat yang berasal dari tumbuhan juga bisa dilihat berdasarkan bagian-bagian tumbuhan. Serat yang diinginkan disini yaitu tahan lama, bentuknya tetap (tidak susut), kuat dan permukaan yang halus atau bertekstur. Berikut adalah jenis bahan serat alam yang berasal dari tumbuhan.

1. Serat Kulit Jagung

serat kulit jagung
jitunews.com

Bagian dari kulit jagung yang masih terhitung jarang pemanfaatannya, sering menjadi limbah yang dibuang dan bisa juga menjadi bahan bakar.

Serat kulit jagung yang memiliki ciri berbentuk oval, warna hijau saat muda dan warna kuning saat kering. Menjadikan serat kulitnya ini tidak cukup kuat dan mudah robek, tapi bisa dijadikan kerajinan kulit jagung yang unik.

2. Serat Kapas

serat kapas
id.wikipedia.org

Sudah tidak asing lagi untuk tanaman kapas ini. Serat kapas yang tergolong dalam serat selulosa alam dari tanaman kapas yang diambil. Pengolahan teknik serat kapas ini bisa dengan dipintal dapat menjadi benang dan ditenun menjadi kain.

Bahan utama dari kain katun ini juga dari serat kapas yang berkualitas dan bersifat menyejukkan, disisi lain juga bisa menghangatkan ketika dingin. Serat kapas ini juga bisa dijadikan bantal, karena teksturnya lembut berwarna putih dan empuk.

3. Serat Daun Pandan

serat daun pandan
kesehatanmu12.blogspot.com

Ciri daun pandan yang berbentuk lancip serta memiliki sudut pada bagian daunnya, sering digunakan untuk pengharum dalam masakan. Selain itu, daun pandan ini memiliki serat yang bisa dijadikan barang kerajinan dengan pengolahan teknik anyaman.

4. Serat Flax/linen

serat flax atau linen
mizutex.com

Apakah kamu tahu kain linen? Kain linen yang berasal dari serat flax termasuk jenis serat alam yang paling mahal, karena saat digunakan terasa sejuk meskipun dalam cuaca panas.

Proses pengolahan serat flax ini memerlukan waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan serat kapas. Serat flax ini dikategorikan dalam jenis serat nabati, karena tekstur kainnya relatif mulus dan lebih lembut saat dicuci.

Serat flax juga sangat cocok  untuk digunakan sebagai bahan pakaian dalam industri fashion. Seperti kemeja, gaun, rok dan lainnya. Bisa juga untuk keperluan rumah tangga seperti seprai, taplak meja dan gorden.

5. Serat Pelepah Pisang

serat pelepah pisang
indosurvival.com

Tidak sembarang jenis pohon pisang yang bisa digunakan sebagai bahan pakaian. Jenis pohon pisang abaka yang menjadi salah satu pohon pisang yang bisa ditenun menjadi lembaran kain, sehingga bisa digunakan untuk bahan pakaian dari kebutuhan manusia sendiri.

Jenis pisang ini sangat kuat dan kegunaannya sebagai bahan baku produk. Seperti bahan baku tali kapal, pembungkus tel celup, pembungkus tembakau, jok kursi, tekstil dan kerajinan tangan lainnya.

6. Serat Sabut Kelapa

serat sabut kelapa
8villages.com

Mulai dari akar sampai daunnya, pohon kelapa ini bisa dimanfaatkan. Terutama bagian sabut kelapa yang masih jarang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan kerajinan.

Berbagai suku daerah yang di Indonesia, serat sabut kelapa ini banyak macam kerajinan. Contoh kerajinan dari serat sabut kelapa ini yaitu keset, sapu, dompet dan kerajinan lainnya.

7. Serat Tanaman Rami

serat tanaman rami
bobo.grid.id

Jenis serat rami ini bisa didapatkan dari pengolahan batang dan kayu tanaman rami (boehmeria nivea). Perkembangan di daerah tropis dari tanaman ini sangat mudah tumbuh dan berkembang.

Jenis bahan serat alam berupa serat rami ini, bisa dijadikan produk kain rami untuk fashion dan bahan pembuatan selulosa berkualitas tinggi. Sehingga, bisa digunakan untuk membuat jenis-jenis kain pada umumnya.

Serat rami ini memiliki warna dan kilap yang cenderung lebih tinggi dari pada serat kapas. Bentuk kain serat rami juga bisa dicampur dengan serat sintetis (poliester dan rayon) agar saat dipakai terasa dingin, mudah menyerap keringat dan tahan kusut.

8. Serat Eceng Gondok

serat eceng gondok
kincirhijau.blogspot.com

Orang awam menganggap kalau eceng gondok ini sebagai tanaman pengganggu. Padahal, eceng gondok memiliki serat yang bisa dibuat untuk jenis kerajinan seni tekstil, karena serat ini memiliki sifat yang cukup kuat dan mudah dibentuk.

9. Serat Goni

serat goni
harga.web.com

Jenis bahan serat alam yang selanjutnya adalah serat goni, yang berasal dari pohon goni. Pada umumnya, serat goni ini dipakai untuk pelengkap kebutuhan rumah tangga. Tidak digunakan untuk bahan pakaian, karena seratnya yang bertekstur kasar.

Apabila serat goni ini terkena udara lembab dan cahaya matahari akan cepat merusaknya. Kerat goni ini bisa dimanfaatkan untuk pengikat kain kasur, karpet, tirai dan kain kursi. Bisa juga digunakan sebagai tenunan dasar pada permadani, karung goni dan lainnya.

10. Serat Indigo

serat indigo
infobatik.id

Serat indigo ialah serat alami tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami berwarna ungu.

11. Serat Azlon

serat azlon
hallosehat.com

Apakah kamu tahu serat azlon? Serat azlon ini merupakan jenis serat yang dihasilkan dari serat kacang kedelai.

12. Serat Pina (Serat Daun Nanas)

serat daun nanas
klikhijau.com

Barong Tagalog adalah baju tradisional Filipina yang pembuatannya berasal dari serat pina yang terbuat dari daun nanas.

13. Serat Tumbuhan Bambu

serat tumbuhan bambu
zooplant.blogspot.com

Tumbuhan bambu ini bisa menghasilkan kerajinan. Seperti contoh dinding rumah, keranjang buah, alat-alat musik dan kerajinan lainnya. Kerajinan dari bambu ini bisa memiliki nilai jual yang tinggi, jika kamu lebih kreatif lagi dalam membuat kerajinan ini.

14. Serat Tumbuhan Jati

serat tumbuhan jati
custommebel.com

Tumbuhan jati ini menghasilkan serat, yang biasanya serat dari tumbuhan ini banyak digunakan dalam bangunan rumah yang kokoh.

15. Serat Hemp

serat hemp
himedik.com

Ternyata, tanaman ganja ini bisa menghasilkan serat yang disebut serat hemp. Jenis bahan serat alam ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan bahan pakaian.

16. Serat Tumbuhan Mendong

serat tumbuhan mendong
sketselku.wordpres.com

Serat dari tumbuhan mendong ini bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan dalam bahan pembuatan tas anyaman, tikar dan kerajinan lainnya.

17. Serat Getah Karet

serat getah karet
new.labsatu.com

Pada umumnya, serat yang dihasilkan dari getah karet ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis kebutuhan sandang yang bahannya terbuat dari karet. Serat ini banyak digunakan untuk pembuatan sepatu kulit boot dan pembuatan benda-benda lainnya yang berbahan karet.

18. Serat Abaka

serat abaka
tropical.theferns.info

Tanaman musa textilis merupakan tanaman yang menghasilkan serat yang bernama serat abaka. Serat ini memiliki sifat tahan tekukan, mempunyai kekuatan tinggi dan tahan terhadap air.

Serat ini berasal dari negara Filipina juga dikenal dengan nama manila. Serat ini bisa digunakan sebagai pakaian ningrat dengan model pakaian wanita.

19. Serat Sisal

serat sisal
growlermag.com

Tanaman agave cantala dan agave sisalana adalah tanaman yang menghasilkan serat sisal. Tanaman sisal penghasil terbanyak ada di negara Brazil. Sifat yang dimiliki serat ini yaitu kuat dan kasar, sehingga banyak digunakan dalam material komposit untuk mobil.

20. Serat Henequen

serat Henequen
id.wikipedia.org

Serat henequen ini diperoleh dari tumbuhan agave fourcroydes yang berasal dari Amerika. Memiliki sifat kuat, keras dan kemerahan yang bida digunakan dalam pembuatan benang dan tali.

21. Serat Pohon Anggrek

serat pohon anggrek
flamboyanasri.com

Sudah tidak asing dengan tumbuhan ini, tumbuhan anggrek yang bunganya memiliki manfaat. Padahal, batang dari tumbuhan ini juga memiliki manfaat diantaranya bisa membuat gelang dan lainnya.

22. Serat Melinjo

serat melinjo
faunadanflora.com

Serat batang melinjo atau disebut gnetum gnemon, memiliki sifat yang mampu basah yang digunakan sebagai penguat komposit matriks.

24. Serat Rosella (Java Jute)

serat rosella
steemit.com

Serat ini sudah lama dimanfaatkan oleh penduduk asli Aborigin untuk digunakan sebagai tali, tambang atau kegunaan lainnya. Selain itu, rosella bisa dimanfaatkan dari buah, biji dan daunnya untuk dikonsumsi.

Serat ini mempunyai warna krem sampai putih perak yang mempunyai kekuatan cukup baik. Tetapi, serat ini tetap kuat dalam keadaan basah.

25. Serat Henep

serat Henep
myblogpkk.blogspot.com

Sejak dulu serat ini sudah digunakan di Timur Tengah dan Asia. Serat yang berasal dari tanaman cannabis sativa ini, mempunyai sifat yang hampir sama dengan serat flax.

Pada umumnya, serat ini berwarna abu-abu pucat kekuningan atau coklat. Serat henep juga bisa digunakan untuk tali, kanvas dan karung.

26. Serat Kenaf

hibiscus cannabinus
worldoffloweringplants.com

Serat ini diambil dari tanaman hibiscus cannabinus. India dan Pakistan adalah negara penghasil serat kenaf. Penggunaan dari serat ini terbatas hanya untuk kemasan, tali dan karung. Serat ini bisa dijadikan bahan kertas setelah diputihkan dalam bentuk pulp.

27. Serat Sunn

crotalaria juncea
etsy.com

Lagi-lagi India dan Pakistan sebagai negara penghasil serat sunn ini. Serat ini berasal dari batang tanaman crotalaria juncea, yang memiliki sifat tahan terhadap jamur dan mikroorganisme.

28. Serat Jute

corchorus capsularis
en.wikipedia.org

kulit batang dari tanaman corchorus capsularis dan corchorus olitorius adalah penghasil serat jute. Serat ini berasal dari Afrika yang sudah digunakan sejak jaman mesir.

Serat ini memiliki sifat yang kuat tapi mulurnya mudah. Sifat kasar yang dimiliki serat ini, membatasi kehalusan benang.

29. Serat Urena

urena lobata
en.wikipedia.org

Serat ini diperoleh dari tumbuhan urena lobata. Tepatnya di negara Congo, Brazil dan Madagaskar adalah penghasil serat urena. Serat ini memiliki sifat halus, lembut, fleksibel dan kekuatannya hampir sama dengan serat jute. Serat ini biasa digunakan untuk karung.

Jenis Bahan Serat dari Hewan

Serat hewan yaitu serat yang berasal dari hewan atau memanfaatkan sesuatu yang ada pada hewan. Serat ini bisa dijadikan kerajinan bahan alam yang berasal dari bahan sintesis. Pemanfaatan yang ada pada hewan yang sering digunakan adalah bulu dan kulitnya. Berikut adalah jenis bahan serat alam yang berasal dari hewan.

1. Serat Kulit Sapi

serat kulit sapi
pelajaricaranya.blogspot.com

Sering kali dijumpai, bahwa kulit sapi yang dihasilkan dari pemotongan sapi itu jarang sekali dikonsumsi. Padahal, kulit sapi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Misalnya kerajinan tas dan kerajinan alat musik, karena memiliki sifat awet dan juga lentur.

2. Serat Kulit Buaya

serat kulit buaya
buayaohbuaya.blogspot.com

Jenis buaya muara adalah jenis buaya yang banyak dimanfaatkan pada kulitnya. Beda lagi di Amerika, jenis buaya aligator ini yang dimanfaatkan pada kulitnya. Serat kulit buaya ini sering digunakan untuk bahan baku pembuatan sepatu, dompet maupun tas.

3. Kepompong Ulat Sutra

kepompong ulat sutra
gayahidup.republika.co.id

Negara China menjadi negara pertama yang membudidayakan kain sutra. Kain sutra yang dihasilkan dari serat kepompong sutra ketika akan melakukan metamorfosis menjadi dewasa.

Sehingga, jenis serat ini sudah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kain sutra. Biasanya kain yang bahan bakunya kain sutra ini memiliki harga yang mahal.

4. Serat Bulu Domba

serat bulu domba
indonesia.alibaba.com

Domba Merino adalah jenis domba khusus yang memiliki bulu yang tebal. Bulu tebal ini biasanya digunakan untuk pembuatan bahan kain wol.

Bulu domba yang awalnya memiliki sifat keriting dan lebat, yang nantinya akan di cukur pada berakhirnya musim dingin. Setelah itu, bulu domba ditenun sampai menjadi benang dan kain wol.

5. Serat Bulu Alpaca

serat bulu alpaca
indonesia.alibaba.com

Peru dan Bolivia di Amerika Selatan adalah tempat hidup dan berkembangnya hewan jenis alpaca (hewan kerabat unta). Hewan ini memiliki bulu yang bisa digunakan untuk bahan pembuatan kain di Amerika. Seperti bahan pembuatan baju hangat dan selimut untuk menahan udara.

6. Jaring Laba-laba

jaring laba laba
bobo.grid.id

Keunggulan dari jaring laba-laba ini adalah serat yang memiliki kekuatan dan kelenturan. Keunggulan ini bisa menjadikannya banyak manfaat dalam pembuatan rompi anti peluru. Selain itu, serat dari hewan laba-laba ini bisa dibuat menjadi sutra.

7. Serat Bulu Beruang

serat bulu beruang
bobo.grid.id

Bulu hewan beruang bisa dijadikan bahan untuk membuat baju dan jaket. Rata-rata penduduk yang tinggal di negara yang memiliki cuaca iklim dingin, biasanya menggunakan baju dan jaket yang terbuat dari bahan baku bulu beruang tadi.

8. Bulu Kambing Kashmir

bulu kambing kashmir
nulis.co.id

Bulu kambing kashmir ini memiliki kualitas yang sangat halus dari pada bulu kambing lainnya. Bulu kambing ini menghasilkan serat yang biasanya digunakan dalam pembuatan selendang cashmere.

9. Rambut Kuda

rambut kuda
brillio.net

Bahan pembuatan kuas yang biasa digunakan oleh pelukis adalah hasil dari rambut kuda yang menghasilkan serat. Selain itu, serat dari rambut kuda bisa digunakan sebagai bahan untuk senar pada beberapa jenis alat musik tradisional.

10. Bulu Berang-berang

bulu berang berang
bobo.grid.id

Seperti halnya beruang, berang-berang ini memiliki bulu sangat tebal yang bisa digunakan untuk bahan baju hangat dan topi. Sehingga, bulunya bisa digunakan untuk bahan pembuatan baju hangat ketika musim dingin.

11. Serat Kelinci

serat kelinci
budidayan.blogspot.com

Kelinci anggora adalah jenis kelinci yang biasa dipelihara oleh peternak luar negeri. Kelinci ini memiliki bulu yang tebal, sehingga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bahan wol yang nantinya akan menjadi pakaian.

Jenis Bahan Serat Buatan

Namanya buatan, sudah pasti manusia yang membuat. Jenis serat ini dibuat dengan teknik kimia atau fisika, sehingga hasil serat yang dihasilkan memiliki sifat fisik yang sama atau bisa jadi lebih baik dari pada serat alam. Beberapa jenis serat buatan adalah serat polimer sintetis dan serat rayon.

Serat Polimer Sintetis

serat polimer sintetis
adhiputrabusana.com

Serat polimer sintetis adalah bagian serat yang dibuat melalui proses kimia. Jenis serat ini yaitu serat akrilat, serat nilon dan serat poliester.

Serat Akrilat

serat akrilat
zonacus.com

Serat akrilat sering diberi julukan hangat tidak berbobot, karena jenis serat ini memiliki berat jenis yang rendah dan daya mengembang yang sangat besar.

Selain itu, serat ini bisa digunakan sebagai serat stapel yang dapat menyerupai sifat wol yang lebih ringan, lebih lembut, tidak gatal dan mudah dirawat atau dicuci.

Serat Nilon

serat nilon
kl15049iffahsulistya.blogspot.com

Sebutan generik pada nilon untuk keluarga polimer sintetik yang dikenal sebagai poliamida secara luas. Awalnya bahan ini tidak begitu populer, tapi setelah diperkenalkan ke publik bahan ini menjadi laku.

Serat nilon ini bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya stocking, legging, pantyhose dan pelengkap perabot rumah.

Serat Poliester

serat poliester
weavingandsilk.blogspot.com

Serat poliester ini digunakan untuk membuat jenis kain yang bersifat cepat kuat, kering dan berbentuk seperti serat alam. Pada umumnya, serat ini bisa dicampur dengan serat alam seperti wol, sutra, kapas dan rayon.

Bahan pakaian tenun dan rajutan, kemeja, jaket, celana dan sebagainya merupakan pemanfaatan dari serat poliester ini.

Serat Rayon

serat rayon
ekonomi.bisnis.com

Serat rayon ini terbuat dari polimer alami yang mensimulasikan serat selulosa alami. Serat ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu rayon viscose dan rayon kupramonium.

Rayon Viscose

rayon viscose
indiamart.com

Rayon viscose dicampur dengan poliester kebanyakan digunakan sebagai bahan pakaian. Menghasilkan kain yang halus digunakan untuk pakaian dan pakaian dalam. Rayon viscose ini tahan terhadap panas setrika, tapi kalau terpapar panas yang lama menjadikan warna ini berubah.

Rayon Kupramonium

rayon kupramonium
floralhome.com

Sifat yang dimiliki rayon kupramonium ini hampir sama dengan rayon viscose. Tapi rayon ini lebih halus dan lebih mulur saat waktu dibasahi. Rayon ini bisa digunakan sebagai bahan dasar perabot rumah tangga seperti selimut, seprai, pelapis jok dan kegunaan lainnya.

Penutup

Itulah jenis bahan serat alam dan serat buatan yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca setia.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang bisa dibuat untuk pelengkap kehidupan dalam sehari-hari.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: