Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Fungsi Logo

4 min read

Pastinya semua orang sudah mengerti tentang logo, namun kalau ditanya apa fungsi dari logo, mungkin sebagian orang belum mengetahui.

Fungsi logo memang sangat penting bagi perusahaan maupun sebuah instansi. Selain itu, logo juga bisa mempengaruhi tingkat perkembangan dari sebuah merk atau brand.

Lalu, apa pengertian dari logo sendiri?

Apa fungsi dan tujuan dari logo?

Simak penjelasan lengkap di bawah ini, mengenai pengertian, fungsi, tujuan dan juga elemen pada sebuah logo.

pengertian logo
joomdev.com

Apa itu logo? Logo merupakan lambang, tanda atau bisa dikatakan simbol yang mempunyai makna atau arti.

Logo biasanya digunakan sebagai identitas dari sebuah perusahaan. Selain perusahaan, logo juga biasanya digunakan pada sebuah instansi, organisasi yang bertujuan agar lebih mudah diingat banyak orang.

Menurut Wikipedia, logo adalah suatu gambar atau sekedar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu makna dari perusahaan organisasi, daerah, produk, negara, lembaga dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo memberikan gambaran mengenai ciri-ciri atau identitas dari perusahaan.

Sehingga logo bisa diartikan sebagai sebuah lambang untuk memudahkan pengenalan sebuah perusahaan, yang mewakili citra perusahaan.

Logo juga dapat diartikan sebagai, penyederhanaan dari suatu realitas yang kompleks. Sehingga bisa dikontrol, dimodifikasi dan dibangun sesuai dengan perkembangan jaman.

Sebuah logo, wajib memiliki kerangka dasar berupa konsep dan filosifinya, untuk apa? Bertujuan untuk melahirkan sifat mandiri atau berdiri sendiri.

Lebih enaknya lagi, kalau logo dikenal secara visual, baik itu seperti bentuk dan warna logo yang menjadi ciri khas.

Logo bisa diambil maknanya dari kualitas yang disimbolkan, baik itu melalui penempatan posisi historis atau aspirasi perusahaan. Selain itu, bisa dilihat dari pendekatan budaya perusahaan.

Arti lain dari logo atau branding identity atau corporate identity, adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak menjual, namun memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan. Bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk atau jasa dari kompetitornya. Pengertian tersebut diambil dari buku yang berjudul “How to They Think” karya Sularko, dkk (2008:6).

Kesimpulannya atau secara umum, logo adalah instrumen rasa harga diri dan nilai-nilainya dapat mewujudkan citra positif dan dapat dipercaya.

elemen pada logo
printful.com

Pada umumnya, logo terdiri dari beberapa elemen. Dimana elemen tersebut akan disatukan dan membentuk atau menjadi sebuah logo. Lalu apa saja elemen-elemen tersebut?

Berikut adalah penjelasannya.

Simbol

Dalam sebuah bentuk logo, pastinya ada elemen yang bernama simbol atau ikon. Elemen ini sangat berpengaruh dalam membentuk logo.

Selain itu, logo juga mencakup elemen dekoratif seperti tanda baca visual. Seperti titik, garis abstrak sampai garis putus-putus.

Warna

Elemen yang tidak tertinggal dalam logo adalah warna. Warna hitam putih atau monokrom, adalah warna yang lebih banyak digunakan.

Namun, bukan berarti sebuah logo tidak memperbolehkan menggunakan full color. Biasanya, logo yang full color itu menggunakan color wheel analog.

Jadi, logo tersebut akan memiliki rona warna yang terlihat sama dan serasi, atau bisa juga sebaliknya.

Tipografi

Elemen tipografi juga bisa terdapat dalam sebuah logo, meskipun tidak semua logo ada elemen ini.

Biasanya, elemen ini menggunakan satu atau dua huruf monogram saja. Untuk apa? Hanya untuk nama singkat. Selain itu bisa juga nama secara utuh dari bisnisnya.

Semua kembali pada jenis logo yang digunakan.

Konteks / Kalimat Pendukung

Dalam sebuah logo, sering ditentukan oleh konteks penggunanya. Maka dari itu, dalam mengonsep logo harus memikirkan kapan dan dimana logo tersebut dapat diaplikasikan.

Elemen Statis dan Dinamis

Elemen selanjutnya adalah elemen statis dan dinamis. Adapun penerapan elemen statis ini sangat cocok di baliho yang biasanya ada di jalanan.

Dengan demikian, logo akan terlihat sangat jelas dan tidak kabur. Meskipun itu terlihat dari jauh ataupun dekat.

Sedangkan elemen dinamis ini, lebih baik diterapkan pada aplikasi atau media digital dengan warna RGB.

fungsi logo
massey.ac.nz

Masuk ke inti dari pembahasan konten ini, yaitu fungsi logo. Apa sebenarnya fungsi dari logo itu? Mari simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Sebagai Sarana Identifikasi

Fungsi dari logo yang pertama ini adalah, sebagai wujud pengenalan atau identitas. Baik itu pengenalan produk, jasa atau identitas seseorang / perusahaan.

Dengan fungsi tersebut, maka akan menuntut logo untuk bisa menjiwai dan mencerminkan karakter dari seseorang, perusahaan, produk atau jasa.

Tujuannya untuk apa? Tidak lain dan tidak bukan, hanya untuk mudah dikenal, diingat dan mudah untuk dibedakan dengan identitas lain.

Sebagai Sarana Promosi dan Presentasi

Fungsi selanjutnya dari logo adalah sebagai media promosi dan presentasi. Ini dilakukan, untuk menarik perhatian publik secara visual sehingga mudah untuk diingat.

Selain itu, dalam media promosi harus ada gambar yang menarik dan kalimat yang persuasif.

Dengan adanya logo, brand akan menarik perhatian publik dan informasi atau pesan yang disampaikan. Tidak lain tujuan utamanya adalah menjual produk atau jasa.

Sebagai Sarana Informasi

Sudah disinggung sedikit diatas mengenai fungsi logo, yaitu sebagai informasi. Memang benar, salah satu fungsi dari logo adalah sebuah informasi yang ingin disampaikan pemilik logo kepada publik.

Adapun informasi tersebut digunakan sebagai alat pengendali.

Pengendali tersebut bisa berupa pandangan atau perilaku publik terhadap pemilik logo. Artinya, logo disini berfungsi sebagai pengawas serta pengontrol dari brand image.

Namun, bukan berarti dengan adanya fungsi logo ini, apapun yang dikatakan oleh brand akan dilakukan oleh publik

Intinya adalah, logo hanya menyampaikan informasi untuk memberikan kesan yang diinginkan. Misalnya sebuah rekomendasi yang tidak memaksa sama sekali.

Sebagai Sarana Motivasi

Sebagai sarana motivasi, adalah fungsi dari logo selanjutnya. Adapun motivasi yang disampaikan kepada publik, tentu akan sesuai dengan tujuan dari brand tersebut.

Seperti contoh, logo air mineral yang menunjukkan keasliannya. Dimana air tersebut berasal dari sumber pegunungan yang bersih dan sehat untuk dikonsumsi.

Contoh lainnya adalah, logo dari produk shampo yang memotivasi publik untuk merawat dan menjaga rambut.

Sebagai Sarana Pengutaraan Emosi

Terakhir dari fungsi logo adalah sebagai pengutaraan emosi. Seperti contoh logo produk bayi, yang menggambarkan bagaimana kasih sayang seorang ibu kepada anaknya.

Nah, dengan logo tersebut publik akan mengetahui bagaimana seorang ibu menyayangi buah hatinya.

tujuan logo
idseducation.com

Lalu apa tujuan dari logo? Nah, disinalah akan dibahas mengenai tujuan logo yang sebenarnya. Berikut adalah tujuan dari sebuah logo.

Pemasaran / Marketing

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa tujuan utama dari logo adalah sebagai salah satu proses branding dan strategi marketing.

Adapun peran logo, yaitu sebagai bentuk penggambaran atau identitas dari perusahaan, sehingga logo tersebut menjadi citra dari perusahaan.

Menarik Perhatian

Dalam segi tampilan, logo haruslah bisa menarik perhatian publik, dan itu termasuk salah satu dari strategi marketing.

Dengan adanya tampilan yang baik dan bagus, maka akan mendorong konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut. Bahkan bisa saja publik akan menjadi konsumen dari logo yang sudah dilihatnya.

Ciri dari logo yang bagus adalah memiliki sifat Timeless, atau tidak lekang oleh waktu.

Logo bukan hanya sebuah gambar kemudian dilupakan begitu saja. Namun, logo merupakan suatu gambar yang harus bisa diingat dan sulit dilupakan oleh konsumennya.

Trend

Jaman sekarang, persaingan di dunia industri sangatlah ketat. Hampir seluruh perusahaan sudah memberikan pelayanan erabik, penjualan yang baik dan kualitas yang baik juga.

Semua itu karena logo atau brand yang dibuatnya, dan kerja keras yang sudah ditekuninya.

Oleh karena itu, jika membuat logo haruslah memiliki karakteristik yang khusus. Atau bisa juga dengan logo yang sederhana, tapi memiliki arti yang kuat.

Jadi, jika ingin membuat logo serahkan kepada desainer yang sudah ahli atau bisa klik disini.

Nah, itulah beberapa pentingnya fungsi dari logo serta tujuan dari pembuatan logo bagi perusahaan.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kalian yang sedang mencari. Jangan lupa untuk like dan share konten ini, agar penulis tetap semangat untuk memberikan konten terbaik.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: