Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Fakta Menarik Seorang Barista Kopi

3 min read

fakta seorang barista

Bicara tentang barista, sudah tahukah kamu mengenai fakta dari seorang peracik kopi dalam coffee shop atau kafe ini?

Pekerjaan menjadi seorang peracik kopi ini sudah banyak dilirik oleh generasi muda, dimana anak muda tersebut ingin sekali terjun dalam dunia perkopian.

Bahkan banyak orang yang mengakui, bahwa pekerjaan ini adalah profesi yang bisa membuat pelanggan menjadi kagum.

Fakta Seorang Barista

Memang pekerjaan barista ini terlihat mudah, tapi dalam penerapannya butuh keahlian khusus untuk bisa menjadi seorang barista profesional.

Bahkan, ada tempat kursus yang sudah disediakan untuk para calon barista yang ingin menguasai teknik-teknik dalam meracik kopi.

Lalu hal apa yang menjadi fakta dalam seorang barista? Berikut penjelasannya.

1. Profesi Sudah Sejak 30 Tahun yang Lalu

Profesi Sudah Sejak 30 Tahun yang Lalu
jabar.tribunnews.com

Fakta seorang barista yang pertama adalah, belum banyak orang yang mengetahui bahwa profesi barista ini sudah ada sejak tahun 1980-an, atau sekitar 30 tahun yang lalu.

Tapi seiring dengan perkembangan zaman, pada tahun 1982 sudah mulai banyak kedai kopi yang sudah tersebar ke seluruh dunia.

Tersebarnya kedai kopi tersebut bermula dan populer di Amerika Serikat.

2. Orang yang Ahli Meracik Kopi

Orang yang Ahli Meracik Kopi
spots.co.id

Pastilah seorang barista itu harus bisa meracik kopi di dalam pekerjaan yang dijalani. Bahkan, hasil dari cara meracik seorang barista profesional dengan yang masih amatiran, pastilah memiliki rasa yang berbeda.

Selain itu, para barista juga bisa menunjukan keahlian yang diluar nalar.

Jadi, jika kamu menjadi pelanggan mintalah kopi yang terbaik, maka kamu akan mendapatkan minuman kopi yang berkualitas dengan racikan seorang barista profesional.

3. Teknik Meracik Kopi yang Berbeda

fakta seorang barista- Teknik Meracik Kopi yang Berbeda
fuerzacamareros.com

Sudah dijelaskan di atas tadi, selain bisa meracik, seorang barista pastilah memiliki teknik khusus yang dipraktekkan saat membuat minuman dengan sajian yang beragam jenis ini.

Seperti halnya juru masak atau seorang chef, setiap barista memiliki cara yang berbeda saat meracik kopi.

Bisa jadi, rasa kopi yang dibuat di kedai kopi A berbeda dengan rasa kopi yang ada di kafe B. Padahal, kopi yang dipesan itu sama, sama-sama kafe dan juga jenis kopi yang disajikan.

4. Memenuhi Keinginan Pelanggan

fakta seorang barista - Memenuhi Keinginan Pelanggan
m.fimela.com

Fakta selanjutnya seorang barista adalah harus bisa memberikan minuman yang dipesan pelanggan. Mengapa demikian? Karena semua pelanggan adalah raja, dan itu semua harus dilayani dengan baik.

Bahkan, seorang barista harus mengetahui step by step untuk melayani pelanggan.

Jadi, pelanggan hanya tinggal menunggu pesanan datang sambil duduk manis, dengan menikmati pemandangan yang ada di tempat kafe.

5. Barista Kopi Merupakan Lulusan Perguruan Tinggi

Barista Kopi Merupakan Lulusan Perguruan Tinggi
kumparan.com

Mungkin banyak orang yang menyepelekan profesi barista kopi dan menganggap itu hanya biasa saja.

Bahkan, orang yang malas saja bisa menjadi seorang barista kopi. Jika pola pikir seperti itu, maka bukan tipe orang yang ingin menjadi barista profesional.

Perlu kamu ketahui, bahwa seorang yang memiliki profesi sebagai barista itu merupakan lulusan dari perguruan tinggi. Dimana orang tersebut benar-benar menekuni dunia kopi dan tentunya ingin menjadi barista profesional.

6. Pelatihan Sekolah Khusus Seorang Barista

Pelatihan Sekolah Khusus Seorang Barista
suara.com

Selain perguruan tinggi, bisa juga mengikuti pelatihan sekolah khusus bagi orang yang ingin menjadi seorang barista.

Bahkan, banyak orang yang mengikuti pelatihan khusus barista bukan hanya sebagai profesi saja, tapi juga bisa digunakan untuk mengikuti kompetisi barista kopi.

Dalam pelatihan tersebut, biasanya berjalan selama 6 bulan. Pelatihan ini bisa diajarkan mulai dari memilih biji kopi yang baik, sampai menyajikan minuman kopi dengan rasa yang nikmat.

Bukan hanya orang pemula yang mengikuti pelatihan tersebut, bahkan orang yang sudah merintis kedai kopi juga ikut serta dalam pelatihan.

7. Lebih Suka Memanaskan Kopi dengan Alat Khusus

Lebih Suka Memanaskan Kopi dengan Alat Khusus
kapalapiglobal.com

Tahukah kamu? Bahwa seorang barista juga lebih suka menggunakan mesin atau alat dalam pembuatan kopi.

Buktinya dalam pembuatan latte art, susu akan dipanaskan terlebih dahulu sampai dengan suhu 50-550 C. Nah, pemanasan tersebut bisa dilakukan dengan alat pembuat kopi, salah satunya yaitu microwave.

Tapi ada juga barista yang menggunakan alat steamer hand yang ada pada ujung mesin espresso dibanding mengunakan microwave.

Mengapa demikian? Karena bisa menghasilkan tekstur susu yang lebih mengkilap, kental dan juga sedikit manis.

8. Waktu Lama Membuat Latte Art

Waktu Lama Membuat Latte Art
mldspot.com

Bagaimana cara membuat latte art? Lalu, apakah membutuhkan waktu lama dalam pembuatan latte?

Untuk pertanyaan pertama, kamu bisa membacanya disini. Sedangkan, untuk pertanyaan kedua, pastilah membutuhkan waktu lama, mengapa? Karena teknik membuat latte itu bukan asal-asalan.

Tapi, hampir semua orang yang menjadi barista itu bisa membuat latte art dengan baik dan cantik.

Teknik menuangkan susu ke dalam cangkir kopi espresso bukanlah hal yang mudah, membutuhkan teknik khusus untuk menguasai seperti itu.

Hampir 4 bulan, waktu yang diperlukan untuk belajar membuat latte yang sempurna. Selain itu, para barista juga dituntut dalam waktu tersebut untuk banyak berlatih, agar waktu tersebut tidak terbuang sia-sia.

9. Tidak Semua Bahasa Kopi itu Universal

Tidak Semua Bahasa Kopi itu Universal
graanbuurt.nl

Apa artinya? Pastinya sudah hafal bagi para pecinta kopi atau yang suka dengan Starbuks dengan menu, apalagi 3 jenis gelas cup yang sudah disediakan di kedai kopi.

Apa saja itu? Yaitu grande, tall dan venti. Tapi, setiap kedai kopi pastinya mempunyai nama menu dan ukuran gelas yang berbeda.

Jadi, perhatikan dahulu menu yang tersedia di kedai kopi yang akan dikunjungi sebelum memesan.

10. Barista Sering Mengikuti Kompetisi

fakta seorang barista - Barista Sering Mengikuti Kompetisi
sprudgelive.com

Fakta terakhir dari seorang barista adalah banyaknya kompetisi meracik kopi yang diselenggarakan. Bahkan, kompetisi ini dilakukan dalam tingkat nasional maupun internasional.

Kebanyakan barista juga ingin terjun dalam kompetisi tersebut, mengapa demikian? Karena menguji profesi yang sudah mereka punya.

Selain itu, para barista juga terlihat profesional dengan gelar yang sudah didapat jika mendapat juara dalam kompetisi tersebut.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan mengenai fakta seorang barista kopi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam dunia perkopian.

Jangan lupa untuk share dan like artikel ini, agar mengetahui berita terupdate dari blog ini.

Jika ada kurang atau salah kata dalam penulisan ini, bisa mengisi komentar di bawah.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: