Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jenis Bahan Spanduk atau Banner yang Digunakan Dalam Percetakan

4 min read

jenis bahan spanduk

Saat ini jenis bahan spanduk atau sering disebut dengan banner sangat beragam yang perkembangan teknik cetaknya menggunakan digital printing.

Sebelumnya spanduk banyak dicetak menggunakan bahan kain, mengapa? Karena pada saat itu belum ada jenis bahan lainnya. Tapi untuk saat ini, spanduk atau banner telah tersedia banyak macam bahan cetak yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Nah, bahan apa saja yang digunakan untuk membuat spanduk atau banner? Simak kelanjutan artikel di bawah ini.

Jenis Bahan Spanduk atau Banner

Spanduk atau banner saat ini berperan penting dalam dunia promosi atau periklanan. Mengapa? Karena media cetak ini bisa terbaca dengan mudah oleh masyarakat pada umumnya.

Selain bisa dipasang di luar ruangan, spanduk atau banner ini bisa dipasang di dalam ruangan. Sehingga, media tersebut sangat berfungsi secara efektif.

Nah, untuk kamu yang sudah ada rencana ingin terjun dalam dunia percetakan, sebaiknya harus mengetahui jenis bahan spanduk atau banner terlebih dahulu.

Untuk apa? Agar dengan banyaknya jenis bahan spanduk atau banner, bisa membuat kamu memilih bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Adapun bahan spanduk yang harus kamu ketahui terlebih dahulu.

Bahan Spanduk Flexy

bahan spanduk flexy
infocetak.com

Bahan spanduk atau banner yang pertama yaitu bahan flexy. Bahan ini termasuk pilihan tepat untuk banner outdoor yang tahan terhadap cuaca dengan bahan yang mempunyai daya tahan optimal.

Bahan ini menghasilkan cetakan dengan kualitas yang bagus dan bisa terlihat jelas apabila dilihat dari jauh. Tinta yang digunakan juga tidak mudah memudar atau rusak jika banner terkena air atau sinar matahari. Bahkan, bahan ini bisa digunakan di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak bisa tahan lama apabila dalam cuaca yang ekstrem.

Ada beberapa jenis bahan flexy yang memiliki gramatur yang berbeda. Adapun jenis bahan flexy yang paling populer di Indonesia yaitu:

1. Flexy China

bahan flexy china
vendorcetak.com

Jenis bahan flexy china ini mempunyai karakter yang sedikit tipis dan kasar, tapi ada serat yang ada di dalamnya. Kegunaan dari bahan ini yaitu untuk kebutuhan percetakan spanduk outdoor.

Gramatur dari bahan ini yang sering digunakan dalam industri percetakan yaitu 260 gram, 280 gram dan 340 gram. Bahan ini memiliki daya kuat yang baik jika digunakan di dalam ruangan, mengapa? Karena tidak bisa terkena air hujan maupun sinar matahari secara langsung.

Tapi, jika digunakan di luar ruangan daya tahan dari bahan ini akan semakin berkurang, tidak hanya tinta yang memudar tapi juga bahan yang akan mudah untuk sobek.

Oleh karena itu, bahan ini sering digunakan sebagai alat promosi dalam ruangan seperti X banner, Y banner atau Roll Up Banner.

2. Flexy Korea

bahan flexy korea
pranataprinting.com

Jika dibandingkan dengan bahan flexy china, bahan flexy korea ini memiliki tekstur yang lebih halus sehingga bisa menghasilkan kualitas cetakan yang tinggi. Gramatur dari bahan ini berkisar antara 250 gram sampai 400 gram.

Memiliki daya tebal bahan yang cukup baik dan juga cocok digunakan untuk media promosi di luar ruangan (outdoor). Seperti banner, spanduk atau pun baliho.

Tidak hanya itu saja, bahan ini juga bisa digunakan untuk mencetak X banner, Y banner bahkan Backwall atau Backdrop.

3. Flexy Jerman

bahan flexy jerman
vendorcetak.com

Sedangkan bahan flexy jerman ini memiliki kualitas yang lebih dari bahan flexy china dan korea. Mengapa? Karena memiliki daya tebal yang baik dan harga dari bahan ini cukup mahal dari pada bahan flexy china dan korea.

Bahan yang memiliki daya tebal baik ini bisa digunakan untuk media iklan di luar ruangan, seperti baliho dan spanduk. Tapi bahan ini juga bisa digunakan pada media dalam ruangan seperti X banner. Gramatur dari bahan ini yaitu antara 230 gram sampai 400 gram.

Bahan yang memiliki harga cukup mahal, menjadikan bahan ini tidak selalu ada dalam industri percetakan. Mengapa? Karena digital printing hanya menyediakan bahan berjenis flexy china dan korea.

Bahan Spanduk Luster

bahan spanduk luster
mello.id

Bahan luster ini biasanya digunakan untuk cetak foto yang berukuran besar dengan resolusi yang tinggi. Tapi apa jadinya, jika bahan ini bisa digunakan untuk banner indoor.

Bahan ini bisa diklasifikasikan sebagai kertas untuk foto, tapi luster ini tidak sama dengan kertas yang lain pada umumnya. Jika dibandingkan dengan kertas biasa, kertas ini memiliki bahan yang awet, tidak mudah memudar dan tidak mudah sobek juga.

Bahan Spanduk Albatros

bahan albatros
vendorcetak.com

Untuk jenis bahan spanduk atau banner selanjutnya yaitu bahan albatros. Bahan ini memiliki tekstur bahan yang lembut dan juga halus seperti kertas.

Bahan ini sangat cocok jika digunakan untuk media promosi dalam ruangan. Seperti poster, Y banner, X banner, mini X banner dan juga Roll Up Banner.

Bahan ini juga sering menjadi pilihan untuk mencetak foto, tapi harus memperhatikan kualitas fotonya juga. Bahan ini sensitif rusak jika dipasang di ruangan semi-indoor yang dimana tidak terlalu terpapar sinar matahari maupun hujan.

Bahan Banner Cloth

jenis bahan banner cloth
makintahu.com

Jenis bahan banner cloth ini layaknya kain yang bisa dipakai untuk mencetak bendera menggunakan digital printing. Memiliki tekstur permukaan yang halus dan tipis.

Bahan ini biasanya digunakan sebagai spanduk area atas pusat perbelanjaan dan juga dekorasi rumah atau jendela. Sedangkan untuk keperluan outdoor sendiri biasa digunakan sebagai event atau pun bendera.

Bahan Easy Banner

jenis bahan easy banner
vendorcetak.com

Untuk bahan easy banner sendiri ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Tapi bahan banner ini sering digunakan untuk pembuatan standing banner outdoor.

Bahan ini memiliki tekstur permukaan yang kasar dan sedikit kaku. Sehingga, bahan ini cocok untuk digunakan dalam media outdoor.

Bahan Spanduk Backlite

bahan spanduk backlite
mello.id

Jenis bahan spanduk atau banner selanjutnya yaitu bahan backlite, termasuk bahan yang paling populer untuk menampilkan banner di neon box.

Mengapa bisa ditampilkan dalam neon box? Karena bahan ini memiliki ciri khas yang tebal, halus dan sedikit transparan. Seperti neon box yang bisa ditampakkan cahaya dari belakang. Selain itu, bahan ini juga banyak digunakan pada stand dan showroom di pusat perbelanjaan.

Bahan Spanduk PVC

bahan spanduk PVC
mello.id

Bahan ini mempunyai ciri yang kaku dan saat ditarik ketika pemasangan tidak akan mudah sobek. Mengapa demikian? Karena bahan ini memiliki kekuatan daya tarik yang luar biasa dengan mempertahankan bentuk yang ringan.

Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat backwall portable.

Bahan Spanduk Kanvas

bahan spanduk kanvas
mello.id

Selain bahan backlite, kanvas juga termasuk bahan yang tebal. Bahan kanvas ini sering digunakan untuk melukis dengan tangan yang hasilnya menjadi semi glossy.

Tidak hanya itu, bahan banner ini juga bisa digunakan di dalam ruangan untuk media promosi.

Bahan Banner Polyester

bahan banner polyester
bigvaluebanners.co.uk

Jenis bahan spanduk atau banner yang terakhir yaitu bahan polyester, yang biasanya digunakan untuk umbul-umbul atau bendera dan juga spanduk. Banyak orang yang menggunakan bahan ini di luar ruangan, tapi bisa juga digunakan di dalam ruangan.

Bahan ini memiliki tekstur yang halus atau tidak kaku, sehingga meningkatkan visibilitas banner di tempat terbuka. Bahan ini juga sedikit transparan, jika diletakkan di depan jendela, memungkinkan cahaya akan bisa tembus banner tersebut.

Perlu diingat, bahwa bahan ini mudah sobek karena memiliki bahan yang tipis.

Penutup

Demikian penjelasan dari jenis bahan spanduk atau banner yang sering digunakan dalam percetakan. Jika ada kurang atau salah kata bisa komentar di kolom bawah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Ukuran ID Card

Mandhom
4 min read

Ukuran Pamflet

Mandhom
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: