Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Mengenal Jenis Bahan Kain Satin dan Cara Memilih Busana Satin

7 min read

bahan kain satin

Assalamu’alaikum, balik lagi di blog masnid dengan berbagai macam artikel terlengkap dan terbaru. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu jenis kain yang sering digunakan dalam bahan pembuatan busana, yaitu kain satin.

Sebenarnya banyak sekali bahan kain yang bisa digunakan untuk pembuatan busana, seperti kain batik, kain katun dan sebagainya.

Tapi, ada salah satu bahan kain yang sangat terkenal dalam pembuatan busana, yaitu kain satin.

Ingin tahu penjelasan dari bahan kain satin? Simak lanjut ulasannya di bawah ini.

Pengertian Kain Satin

pengertian kain satin
kaos-kerah.com

Apa yang dinamakan dengan kain satin itu? Kain satin merupakan salah satu bahan kain yang proses pembuatannya dengan cara ditenun menggunakan teknik serat filamen atau weave.

Mengapa memakai prosesnya seperti itu? Karena dalam kain ini, memiliki tekstur kain yang terlihat mengkilap atau glossy.

Jadi, kain satin itu sebenarnya seperti apa?

Perlu diketahui, bahwa satin adalah nama metode dalam pembuatan kain dengan proses pembuatannya ditenun, yang disebut dengan teknik satin. Dari teknik satin inilah, masyarakat menyebut kain ini sebagai kain satin.

Pada awal abad 20, satin mulai diperkenalkan di daerah Eropa. Pada saat itu juga, masyarakat sudah mengenal bahan sutra.

Jadi, kain satin dan kain sutra ini memiliki karakteristik yang hampir sama jika dilihat sebentar. Tapi kedua kain tersebut memiliki serat bahan yang berbeda.

Kain sutra terbuat dari bahan dasar serat alami dan ulat sutra, sedangkan kain satin terbuat dari bahan yang bermacam-macam, yaitu sutra, polyester dan juga nilon.

Sifat yang dimiliki kedua kain tersebut adalah lembut jika disentuh, tapi tekstur sutra masih lebih lembut dari kain satin.

Kain satin akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan kaum hawa. Ada yang menyatakan, bahwa kain ini bisa lebih sensual, feminim dan bisa memancarkan aura glamor.

Karakteristik Kain Satin

karakteristik kain satin
pusathijabterbaru.com

Lalu apa yang menjadi daya tarik kaum hawa untuk membeli kain ini? Apa saja karakteristik yang dimiliki bahan kain ini? Berikut adalah karakteristik yang terdapat pada kain satin.

  • Sifat bahan yang sangat lembut
  • Sifat kain yang cenderung jatuh
  • Tekstur permukaan yang terkesan mengkilap atau glossy
  • Memiliki motif atau pola dari beberapa jenis kain satin
  • Bahannya yang cukup adem
  • Memberi tampilan yang terkesan mewah dan elegan

Jenis Kain Satin di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin keempat dari karakteristik kain satin, terdapat jenis kain satin yang memiliki motif. Apa saja jenis kain satin tersebut? Jawabannya ada di bawah ini.

1. Kain Satin Cloth

kain satin cloth
nurulkhasanah22.wordpress.com

Tahukah kamu, bahwa kain satin cloth ini biasa dikenal dengan sebutan satin de laine, yang memiliki arti satin wol.

Adapun proses pembuatan dari jenis kain ini menggunakan wol Prancis yang ditenun dengan teknik satin. Dengan proses tersebut, maka jenis kain ini menghasilkan bahan yang terasa lebih halus, mengkilap dan juga awet.

Biasanya kain jenis ini digunakan untuk bahan pembuatan gaun atau blouse.

2. Jenis Kain Sateen

jenis kain sateen
kaos-kerah.com

Jika kain satin jenis cloth menggunakan bahan wol dalam proses pembuatannya, sedangkan untuk kain sateen ini menggunakan bahan dasar rayon atau katun.

Sebagian orang menganggap, bahwa kain ini adalah kain satin. Kedua kain ini jelas berbeda, jika kita teliti lebih detail lagi.

Proses pembuatannya memang sama, yaitu dengan teknik weave, sehingga menghasilkan karakter bahan yang mengkilap. Namun, jika dilihat dari penggunaan serat bahannya, satin menggunakan serat filamen.

Sedangkan untuk pembuatan jenis kain sateen, menggunakan serat cotton atau short-stap.

3. Kain Satin Duchesse atau Bridal

kain satin duchesse atau bridal
nurulkhasanah22.wordpress.com

Kata duchesse yang berasal dari Prancis memiliki arti bangsawan. Oleh karena itu, kain ini sering digunakan dalam acara pernikahan atau acara besar lainnya.

Apa kelebihan yang membuat kain ini digunakan untuk acara besar? Kelebihan dari kain ini yaitu menampilkan kesan yang mewah dan anggun.

Tapi, ada beberapa orang yang menyebut kain ini sebagai kain bridal atau kain tafeta. Memiliki bahan kain yang bersifat kaku, mengkilap dan sedikit kaku.

Ada yang mengatakan, bahwa kain ini termasuk dalam kain yang memiliki harga cukup mahal untuk kualitas premium.

4. Kain Satin Slipper

kain satin slipper
nurulkhasanah22.wordpress.com

Ingin sepatu kamu terlihat cantik? Maka bahan dasar yang cocok untuk itu adalah bahan satin jenis slipper. Jika menggunakan bahan kain ini, maka menghasilkan kesan yang anggun untuk kaum hawa khususnya.

Uniknya lagi, jenis kain satin ini memiliki kelebihan yang tidak ada pada jenis satin lainnya, yaitu bisa digunakan untuk bahan pelapis sepatu.

5. Kain Satin Damask

satin damask
nurulkhasanah22.wordpress.com

Salah satu jenis kain satin yang menjadi buruan kaum hawa yaitu kain damask. Tekstur yang ada pada kain ini memiliki motif timbul yang anggun dan membuat para pemakainya menjadi terlihat cantik.

Adapun bahan dasar kain ini menggunakan sutra dengan desain floral yang cukup sulit.

Selain itu, kain satin damask ini memiliki pola timbul yang terbuat dari bahan beludru dan terkesan mengkilap atau glossy.

6. Kain Satin Clarissa (Horden)

bahan kain satin clarissa
shopee.co.id

Selanjutnya ada jenis kain satin yang sering digunakan untuk bahan kelambu pesta atau horden, yaitu kain satin clarissa.

Jenis kain ini sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan bawahan, seperti rok atau kebaya modern. Karena memiliki bahan yang cukup baik, yaitu sedikit lemes, tidak kaku, tipis dan seperti satin taplak.

Untuk soal harga pada kain ini masih terbilang murah bagi konveksi yang mengerjakan kain clarissa sebagai bahan dasarnya.

7. Kain Satin Kahatex

satin kahatex
shopee.co.id

Tahukah kamu? Bahwa kain satin jenis kahatex ini merupakan jenis bahan yang biasa digunakan untuk kebutuhan perlengkapan ruangan, dekorasi furniture atau hiasan.

Untuk ciri yang terdapat pada kain ini yaitu memiliki bahan serat yang tebal, sedikit kaku dan kurang cocok jika digunakan untuk pakaian.

Lalu digunakan untuk apa jenis kain satin yang satu ini? Jenis kain satin ini lebih cocok digunakan untuk kerajinan pernak-pernik dan semacamnya.

8. Kain Satin Faconne (Jacquard Satin)

bahan kain satin faconne
laristahijab.com

Selanjutnya ada jenis kain satin yang memiliki tekstur yang bermotif, apa itu? Yaitu jenis kain satin faconne, atau bisa disebut dengan jacquard satin.

Kain ini cocok bagi kamu yang menyukai kain bermotif tertentu. Meskipun ada sebagian orang menganggap kain ini kurang cocok jika ada motifnya, tapi kain ini memiliki penggemar tersendiri.

Adapun bahan kain satin ini memiliki karakteristik yang cukup baik, yaitu lembut, terdapat motif pasiley, garis-garis dan lainnya.

Untuk berat kain dan kualitas pada kain ini sangat beragam. Jika dilihat dari segi bahan yang kaku pada kain ini, maka kain satin deschesse lebih kaku daripada kain satin faconne.

9. Kain Satin Delustered

satin delustered
pusathijabterbaru.com

Adapun kain satin delustered ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kainnya yang mengkilap pada kedua sisinya, dan memiliki berat bahan yang ringan.

Dalam bahasa Prancis, nama kain delustered dikenal sebagai peau de soire, yang memiliki arti kulit sutra.

10. Kain Satin Silk atau Satin Sutra

bahan kain satin silk atau satin sutra
tokopedia.com

Sedang mencari bahan kain untuk pembuatan kerudung? Maka satin silk inilah pilihan terbaik.

Mengapa demikian? Karena jenis kain satin yang satu ini memiliki bahan yang adem, terasa lembut, tipis dan juga mengkilap.

Selain kerudung, kain ini juga cocok untuk bahan pembuatan pasmina.

11. Kain Satin Roberto Cavali

satin roberto cavali
aminama.com

Tahukah kamu? Jenis kain satin yang satu ini merupakan perpaduan dari satin silk dan double hycon, yaitu kain satin roberto cavali.

Karakteristik yang dimiliki bahan kain ini yaitu tebal, serat yang halus serta adem, jatuh dan tidak terlalu mengkilap. Jadi, kain ini sangat cocok untuk bahan pembuatan pasmina atau kebaya modern.

Selain itu, jenis kain ini juga sering digunakan dalam bahan dasar pembuatan baju tidur.

Untuk masalah harga, kain ini tergolong cukup mahal dibanding jenis satin lainnya.

12. Kain Satin Velvet atau Double Satin

bahan kain satin velvet atau double satin
gamisjilbabsyari.com

Jenis kain satin yang terakhir yaitu kain satin velvet, kain ini merupakan kombinasi dari berbagai bahan kaos, seperti rayon super dan spandek jersey stella.

Adapun bahan dasar dari kain ini adalah polyester dengan tekstur permukaan yang lembut dan bersifat jatuh. Memiliki bahan kain yang sedikit tebal, sehingga kain ini sulit untuk berubah bentuk saat digunakan.

Penggunaan jenis kain ini biasanya sebagai bahan dasar dress pesta, gamis atau pakaian untuk pernikahan.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat gamis, bisa mengkombinasikan antara bahan kaos yang memiliki motif dengan kain yang memiliki sifat jatuh, seperti spandek korea bermotif juga jersey motif.

Ingin tahu bahan kain kain jersey itu seperti apa? Simak penjelasannya disini.

Kelebihan dan Kekurangan Kain Satin

Nah, bagi kamu yang hendak membeli kain jenis ini, alangkah baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kain satin. Agar bisa memilih bahan yang sesuai dengan keinginan.

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari bahan kain satin.

Kelebihan Kain Satin

kelebihan kain satin
ilhamteguh.com

Adapun kelebihan atau keunggulan dari kain satin ini adalah sebagai berikut.

1. Memiliki Serat Bahan yang Halus dan Lembut

Kelebihan pertama yang dimiliki kain ini adalah memiliki tekstur bahan yang halus. Jika kamu memegang kain ini pada permukaannya, maka akan terasa lembut.

2. Bahan Kain yang Licin dan Ringan

Jenis kain ini memiliki berat kain yang masih tergolong ringan dan sifat kain yang licin jika disentuh, sehingga sering disebut sebagai lightweight fabric.

3. Terkesan Mewah

Pastinya kain ini memiliki kesan yang terlihat mewah, anggun dan juga mahal. Mengapa demikian? Karena kain ini memiliki permukaan yang mengkilap atau glossy.

Oleh karena itu, bahan satin sering kali digunakan sebagai pembuatan busana atau pakaian dalam acara besar, seperti acara pernikahan.

4. Bisa Digunakan untuk Bahan Sepatu

Ada beberapa jenis kain satin yang bisa digunakan dalam pembuatan sepatu wanita, yaitu slipper. Adapun tampilan yang dihasilkan dari jenis kain satin slipper ini terkesan elegan dan cantik.

Kekurangan Kain Satin

kekurangan kain satin
pusathijabterbaru.com

Jika ada kelebihan, pastinya ada kekurangan yang terdapat dari bahan kain satin ini. Apa saja kekurangan atau kelemahan yang dimiliki kain ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sedikit Sulit Dijahit

Kain yang memiliki sifat licin, menjadikan kain ini memiliki kelemahan yang sulit untuk dijahit. Selain itu, perlu ekstra hati-hati agar jahitannya tetap lurus dan tanpa ada kain yang dirusak.

2. Untuk Pakaian Sehari-hari Kurang Cocok

Ada kelebihan yang terdapat pada kain ini, yaitu memiliki tampilan kain yang terlihat mengkilap.

Hal tersebut menjadi penghalang bagi kain ini, karena sifatnya yang mengkilap, menjadikan kain ini tidak cocok jika dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Namun lebih cocok jika digunakan untuk acara yang formal, acara tertentu seperti pernikahan.

Harga Bahan Kain Satin

harga bahan kain satin
bukalapak.com

Di kalangan kaum hawa, kain ini sudah sangat populer dengan kelembutan dan kesan mewah yang diperlihatkan. Dengan keistimewaan tersebut menjadikan kaum hawa sangat ingin memiliki kain ini.

Untuk harga yang kain tawarkan ini beragam jenisnya, semua tergantung jenis satin apa dan kualitasnya sebaik apa.

Menurut data yang sudah dikumpulkan, rata-rata bahan kain satin ini dibanderol dengan harga sekitar 6 ribu sampai 60 ribu per meternya. Ada beberapa penjual yang menawarkan kain ini secara kiloan atau roll.

Pastinya harga berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan pada kain satin ini. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kain satin memiliki banyak jenis dengan kualitas yang berbeda-bed.

Harga di atas bukan patokan untuk semua jenis kain satin dan harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan.

Jika ingin mendapatkan bahan atau busana dari kain satin ini, kamu bisa mengunjungi toko kain terdekat, atau mengikuti langkah-langkah dalam pembahasan terakhir ini.

Cara Memilih Busana Kain Satin

cara memilih busana kain satin
tokopedia.com

Jika kamu ingin tampil cantik dan menarik dari busana kain satin, baik itu bentuk gaun, gamis atau semacamnya, maka itu adalah pilihan yang tepat.

Dengan banyaknya jenis kain satin yang ada di pasaran, perlu berhati-hati supaya tidak mendapatkan produk yang berkualitas rendah ataupun palsu.

Untuk mencegah terjadinya seperti itu, maka di bawah ada tips atau cara dalam memilih busana yang terbuat dari kain satin.

1. Kualitas Tenunan

Perlu diingat lagi, kain satin dibuat dengan cara ditenun, sehingga helaian seratnya rentan terurai dan juga terlepas. Ini yang akan membuat pakaian atau busana kamu mudah rusak.

Oleh karena itu, perlu ketelitian dalam memilih busana atau pakaian satin, apakah ada helaian yang terlepas pada busana yang akan dibeli.

2. Kualitas Jahitan

Kemudian yang harus diperhatikan lagi yaitu kekuatan jahitan saat memilih busana atau pakaian kain satin. Jadi, pastikan semua jahitan itu teratur atau rapi dan kuat, supaya pakaian bisa tahan laman.

3. Permukaan Kain

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kain satin memiliki permukaan yang mengkilap, licin serta tidak mudah kusut. Jadi, ketika memilih busana terlebih dahulu meneliti permukaan kain, apakah memiliki ciri yang sama seperti itu.

4. Kenyamanan

Jika ingin membeli busana atau pakaian dengan bahan kain satin, alangkah baiknya untuk mencoba terlebih dahulu, dan rasakan saat kain melekat di kulit.

Kain satin asli jika dipakai maka akan terasa nyaman, halus dan tidak panas.

Dalam memilih jenis kain satin dari produk pakaian, harus dilakukan dengan cermat, supaya tidak menyesal saat sudah dibeli.

Mengetahui jenis-jenis kain satin juga membantu memilih dengan tepat, sehingga tidak hanya tampil “wah”, tapi juga nyaman.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis bahan kain satin yang sudah dirangkum secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa lebih paham lagi tentang jenis dan karakter dari kain satin.

Jika ada kurang atau salah dalam penulisan ini, bisa meninggalkan komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk like dan share artikel ini, agar mengetahui artikel terbaru dari blog ini.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: