Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Apakah Bahan Kain Cordura Anti Air? Selengkapnya Disini

4 min read

bahan kain cordura

Mungkin sebagian orang masih terdengar asing dengan jenis bahan kain yang satu ini, yaitu kain cordura. Padahal, bahan kain ini sudah lama keluar dan cukup dibilang populer di kelasnya.

Perlu diketahui, bahwa kain ini memiliki keunggulan yang tidak ada pada jenis kain lainnya, seperti nilon, katun, polyester dan sejenisnya.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan kain cordura itu? Apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bahan kain ini? Apakah benar, bahan kain ini memiliki sifat yang anti air?

Mau tahu jawabannya? Simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Bahan Kain Cordura

mengenal bahan kain cordura
ilhamteguh.com

Apa itu bahan kain cordura? Bahan kain cordura merupakan nama kain pertama yang diproduksi oleh sebuah perusahaan yang memiliki nama E.I du Pont de Nemours and Company pada tahun 1929.

Tahukah kamu, bahan apa yang digunakan dalam pembuatan kain cordura ini?

Jadi bahan kain ini terbuat dari perpaduan berbagai jenis bahan, seperti nilon, kapas dan polyester. Dengan proses yang sangat rumit pada kain ini, menjadikan bahan kain ini memiliki kualitas yang tinggi.

Dengan kualitas yang sudah dimiliki kain cordura, yaitu sifat bahan yang kuat dan tahan lama, membuat kain ini banyak dicari orang dengan harga yang cukup mahal.

Saat ini, lisensi cordura sudah dipegang oleh Investa, yaitu perusahaan yang ada di daerah Kansas, Amerika Serikat.

Bahkan, sekarang sudah banyak perusahaan di luar Investa yang mulai memproduksi kain yang sama dengan merek cordura. Dengan banyaknya pabrik yang memproduksi bahan tersebut, membuat banyak orang bingung dan mengira bahwa kain nilon berasal dari kain cordura.

Ada juga sebagian orang menyebutkan pada kain cordura ini sebagai Nilon 1000D. Tapi nilon 1000D itu sebenarnya sebuah merek cordura yang banyak digunakan dalam pembuatan tas.

Jenis dan Tipe Kain Cordura

jenis dan tipe cordura
id.aliexpress.com

Lalu apa saja jenis dan tipe bahan kain yang terdapat pada cordura ini? Pada umumnya, cordura terbagi menjadi 3 jenis, yaitu

  1. Cordura biasa
  2. Cordura nilon
  3. Cordura 1000

Ketiga jenis tersebut, ada salah satu jenis kain yang memiliki grade yang paling rendah dibanding keduanya, yaitu cordura biasa. Pastinya memiliki harga lebih murah daripada tipe yang lain, tapi kualitas tidak juah beda.

Lalu apa yang membedakan dari ketiga tipe tersebut? perbedaannya hanya terletak pada serat dan motif dari kainnya,

Karakteristik dari kain nilon sedikit mengkilap jika dibandingkan tipe lainnya. Selain itu, karakter dari cordura nilon ini juga licin. Sedangkan dari segi harga, cordura nilon lebih murah daripada tipe cordura 1000.

Nah, dari ketiga tipe tersebut pastinya ada tipe dengan kualitas yang bagus, yaitu cordura 1000.

Kualitas yang ada pada cordura ini beragam macamnya, dengan harga kain yang lebih mahal dari tipe lainnya. Oleh karena itu, cordura 100 ini sering digunakan dalam pembuatan tas dan jarang yang menemui.

Adapun tipe cordura yang lain adalah sebagai berikut:

  • AFT Fabric
  • Ballistic Fabric
  • Baselayer Facric
  • Canvas / Duck Facric
  • Classic Facric
  • Denim Facric
  • EcoMade Facric
  • HP Facric
  • Lite / Lite Plus Facric
  • NaturalleTM Facric
  • NYCO Facric
  • NYCO FR Facric
  • UltraLite Facric

Karakteristik Bahan Kain Cordura

karakteristik bahan kain cordura
carryology.com

Nah, bagi kamu yang masih belum mengenal dari kain cordura, alangkah baiknya mengetahui beberapa karakteristik atau ciri-ciri dari bahan kain tersebut dahulu.

Adapun karakteristik dari bahan kain ini adalah:

  1. Kain yang tidak menerawang
  2. Bahan kain tebal
  3. Memiliki sifat kain yang panas
  4. Serat kainnya rapat dan kuat
  5. Tektur kain kasar
  6. Memiliki sifat bahan yang ringan
  7. Anti air (waterproof)

Keunggulan dan Kelemahan Kain Cordura

Agar tidak kecewa dalam membeli bahan kain cordura, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan yang ada pada kain ini.

Berikut adalah keunggulan dan kelemahan pada kain ini.

Keunggulan Kain Cordura

keunggulan kain cordura
tasidola.com

Dengar-dengar, bahwa kain ini memiliki keunggulan yang bisa tahan dari air, apakah itu benar? Mari simak keungggulannya di bawah ini.

1. Bahan Kain yang Anti Air

Ya benar, bahan kain cordura memang memiliki keunggulan yang bisa tahan air atau waterprof. Meskipun begitu, sifat anti air ini lebih mengarah ke intensitas air yang ringan, sehingga tidak mudah langsung basah.

Keunggulan ini, kain cordura lebih cocok digunakan dalam peralatan luar ruangan atau outdoor.

2. Bahan Kainnya Tahan Lama

Selain anti air, ternyata kain ini memiliki kerapatan kain yang tinggi dan kuat, sehingga kain tidak mudah robek, tergores ataupun lecet.

Dari kekuatan yang terdapat pada kain ini, memiliki 10 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan kain katun biasa, dan 3 kali lebih besar dibandingkan dengan kain polyester.

Dengan kekuatan bahan yang bisa tahan lama, kain ini bisa digunakan dalam pembuatan tali pada tas outdoor.

3. Memiliki Bahan dan Warna yang Bervariasi

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki kain ini adalah memiliki banyak pilihan variasi bahan. Selain bahan, ternyata banyak juga warna yang ditawarkan, sehingga bahan kain ini banyak diminati di kelasnya.

4. Kesan Warna yang Cerah

Banyak variasi warna juga memiliki kesan warna yang cerah. Dalam warna yang cerah ini, mampu menarik perhatian calon pembeli untuk memilikinya.

Dengan keunggulan yang satu ini, banyak yang menggunakan kain cordura sebagai tas selempang sampai tas ransel.

5. Sifat Kain yang Ringan

Meskipun memiliki serat kain yang rapat, namun berat tas yang menggunakan bahan kain cordura masih tetap ringan.

Dengan banyaknya keunggulan yang terdapat pada kain ini, tidak heran kalau kain cordura memiliki permintaan pasar yang banyak.

Kelemahan Kain Cordura

kelemahan cordura
wadezig.com

Ada keunggulan, pastinya juga memiliki kelemahan yang perlu diketahui sebelum membeli bahan kain yang memiliki sifat anti air ini.

Di bawah ini adalah beberapa kelemahan yang terdapat pada kain cordura.

1. Bahan Kain yang Panas

Meskipun kain ini memiliki komposisi yang salah satunya yaitu katun, tapi tidak membuat kain ini bisa menyerap keringat atau air. Hal inilah yang menjadikan bahan kain cordura jarang digunakan dalam pembuatan pakaian.

Namun, kain ini sering digunakan dalam pembuatan jaket atau rompi untuk menahan angin saat berkendara. Kain ini biasanya digunakan saat cuaca dingin.

2. Memiliki Tekstur yang Kasar

Perlu diketahui jika ingin membeli kain ini, mengapa demikian? Kain ini memiliki tekstur permukaan yang kasar, sehingga perlu adanya tambahan lapisan yang halus supaya pakaian tetap nyaman saat dipakai.

3. Tampilan Kurang Elegan

Kelemahan yang terakhir dari kain ini adalah memiliki tampilan bahan yang kurang begitu mewah atau elegan. Namun, kain ini cenderung menampilkan kesan yang sporty dan casual.

Oleh karena itu, kain ini sering digunakan dalam pembuatan tas, seperti tas olahraga. Jaket pun bisa terbuat dari bahan kain ini juga, karena akan menampilkan kesan yang sporty.

Kegunaan Kain Cordura

kegunaan kain cordura
nitilakutasjogja.com

Kain yang memiliki beragam keunggulan dan kelemahan, ternyata bisa dimanfaatkan untuk dijadikan barang yang berguna. Adapun kegunaan dari bahan kain cordura sebagai berikut:

  • Tas selempang
  • Tas sekolah atau ransel
  • Jaket
  • Rompi
  • Sepatu
  • Baju
  • Sabuk
  • Sarung tangan balap
  • Seragam militer
  • Tali rompi
  • Dan sebagainya

Ada beberapa jenis kain cordura yang sering digunakan dalam pembuatan tas, yaitu semi kanvas, kanvas, cordury, dan dinir (300D, 420D dan 600D)

Cara Merawat Kain Cordura

cara merawat cordura
biopolish.com

Perlu diketahui, bahwa kain cordura merupakan bahan kain yang tidak mudah kusut, sehingga tidak perlu repot-repot untuk menyetrikanya.

Nah, jika ada noda atau kotoran yang menempel pada kain ini, maka sebaiknya langsung dibersihkan. Caranya cukup mudah, hanya menekan-nekan pada area noda dengan kain basah dan jangan disikat.

Apa akibatnya jika tidak langsung dibersihkan? Noda akan meresap dan akan sulit jika dibersihkan.

Untuk membersihkan noda tersebut bisa menggunakan detergen yang keras. Jika terpaksa untuk disikat, maka gunakan sikat gigi untuk menghindari kerusakan pada serat kain.

Setelah kain cordura dicuci, saatnya melakukan penjemuran. Proses penjemuran atau pengeringan ini memakan waktu yang lama.

Mengapa demikian? Karena sifat kainnya yang cenderung menahan air saat dijemur.

Itulah penjelasan mengenai bahan kain cordura, yang dimana keistimewaan dari bahan kain tersebut adalah anti air.

Jika ada yang kurang atau salah dalam artikel ini, bisa meninggalkan komentar di kolom bawah. Jangan lupa juga untuk like dan share untuk bisa menjadi pembaca setia di blog ini.

Ingin mengetahui bahan kain satin yang sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan busana pesta atau acara besar? Penjelasan lengkap hanya ada disini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Kata Mutiara Bahasa Sunda

Mandhom
10 min read

Kata Mutiara Bahasa Jawa

Mandhom
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: