Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Bahan Kain Balotelly | Karakteristik, Jenis, Keunggulan dan Kelemahan

5 min read

bahan kain balotelly

Setelah beberapa tempo lalu membahas tentang jenis kain dan bahan kain wolfis. Maka saatnya blog ini akan membahas mengenai bahan kain yang cukup terkenal, yaitu balotelly.

Mungkin diantara kalian masih belum pernah mendengar jenis kain yang satu ini. Walaupun cukup terkenal, tapi ada beberapa orang yang masih belum mengenal bahan kain ini.

Nah, bahan yang sering digunakan dalam pembuatan hijab ini, ternyata memiliki ciri dan karakteristik yang bisa menggiurkan konsumen.

Penasaran dengan bahan kain balotelly? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Bahan Balotelly?

pengertian bahan balotelly
pusathijabterbaru.com

Apa yang dinamakan bahan balotelly? Bahan balotelly merupakan salah satu jenis kain yang memiliki bahan kain yang cukup tebal dengan tekstur yang khas.

Jika diteliti dan dilihat lebih dekat lagi, kain ini memiliki motif yang kotak-kotak kecil dengan bentuk beberapa garis.

Tapi jika dilihat dari kejauhan, maka motif tersebut akan terlihat kotak-kotak yang besar dengan susunan yang rapi.

Nah, dengan motif tersebut, kamu bisa membedakan jenis kain yang lain dengan sangat mudah.

Ada yang mengatakan, apakah kain ini termasuk dalam jenis bahan kain katun atau tidak. Mengapa terjadi hal seperti ini? Karena jika dilihat lagi bahan penyusun dari kain ini, maka kain ini tergolong jenis bahan katun.

Dengan pernyataan tersebut, maka kain balotelly ini bukan termasuk dalam kategori bahan katun.

Jika diteliti lagi, kain ini terlihat memiliki efek yang berkilau dan ini tidak ditemukan pada jenis katun lainnya.

Tapi, beberapa sumber ada yang menyebutkan bahwasanya kain ini tergolong jenis katun, walaupun bukan asli katun 100% atau serat campuran.

Jenis Bahan Kain Balotelly

jenis bahan kain balotelly
gamisjilbabsyari.com

Jika dilihat dari segi kualitas bahannya, kain mempunyai beberapa jenis yang berbeda-beda. Umumnya, jenis kain ini terbagi menjadi 3 tingkatan.

Apa saja tingkatan tersebut? Jawabannya ada di bawah ini.

Kain Balotelly Grade A+

Pertama ada bahan kain balotelly yang bisa dibilang sangat unggul dan premium, yaitu bahan kain balotelly grade A+.

Tahukah kamu? Bahwa jenis kain ini dikenal dengan sebutan Ar-Raihan, dengan karakteristik kain yang adem, jatuh, halus juga lembut.

Selain karakter yang jatuh, kain ini juga memiliki bahan yang hampir sama dengan bahan Megumi Ladies. Bahkan, jika kamu memegang kain ini, maka akan terasa seperti bahan katun toyobo.

Kain Balotelly Grade A

Tadi ada grade A+, sekarang ada grade A saja. kualitas dari kain ini lebih rendah dari pada grade A+. Jadi, kualitas ini tidak terlalu unggul serta tidak juga terlalu rendah.

Bahan kain ini terletak diantara bahan balotelly grade A+ dan balotelly original. Bisa dibilang setengah-setengah, hihi.

Kain Balotelly Original atau Standar

Terakhir ada bahan kain balotelly yang original dengan kualitas standar. Adapun ciri dari bahan ini cenderung kaku, dan ini mengakibatkan bahan kainnya tidak terlalu jatuh.

Jika dibandingkan dengan jenis kain lainnya seperti toyobo, maka kualitas pada kain ini cenderung kaku dan untuk digerakkan sangat sulit.

Adapun kegunaan dari jenis bahan kain ini cocok untuk bahan dasar baju koko laki-laki atau gamis dengan kombinasi.

Selain itu, ada kain dengan kualitas yang lebih rendah dari ini, yaitu versi ekonomis. Kain tersebut  memiliki ciri kain yang cenderung panas dan jika dipakai akan terasa gerah.

Ciri-ciri & Karakteristik Bahan Balotelly

ciri dan karakteristik bahan kain balotelly
pusathijabterbaru.com

Mungkin dari beberapa orang masih bertanya, “seperti apa sih ciri dan karakteristik dari bahan kain balotelly ini?

Perlu diketahui, bahwa kain ini memiliki ciri dan karakteristik yang unik. Dari karakteristik inilah, banyak orang yang kagum dengan bahan balotelly. Adapun karakteristik dari bahan ini sebagai berikut.

Bahan yang Halus dan Sedikit Tebal

Karakteristik pertama yang dimiliki bahan ini adalah halus dan sedikit tebal. Inilah yang menjadikan bahan balotelly sering digunakan dalam pembuatan hijab atau gamis.

Sedangkan untuk bahan yang memiliki ketebalan yang sedikit, ini membuat kain balotelly tidak tembus pandang atau transparan. Sehingga, kain ini cocok untuk bahan dasar pembuatan pakaian muslimah.

Bahan Kain yang Ringan

Selanjutnya yaitu bahan kain balotelly yang ringan, ini sama seperti halnya kain wolfis yang sudah di bahas sebelumnya.

Meskipun bahan ini sedikit tebal, tapi saat dipakai bahan ini sangat ringan dan tidak akan menjadi berat.

Tekstur yang Berserat

Para hijab yang menyukai bahan kain ini, ternyata memiliki tekstur kain yang berserat.

Nah, untuk memastikan apakah kain ini termasuk jenis balotelly atau tidak, bisa kamu rasakan pada bagian tekstur kainnya. Dimana kain ini memiliki tekstur bergaris dan sedikit kasar.

Kain yang Tidak Transparan

Ciri dan karakteristik selanjutnya dari kain ini adalah bahan kain yang tidak memiliki sifat menerawang atau tidak transparan.

Mengapa demikian? Karena dengan sifat kain ini, bisa digunakan untuk bahan pembuatan baju muslimah seperti gamis dan sebagainya.

Kain Tidak Menempel di Tubuh

Salah satu karakteristik dari bahan kain ini adalah memiliki sifat yang tidak melekat di tubuh. Artinya apa? Artinya bahan kain ini tidak membentuk lekuk tubuh dari pemakainya.

Sehingga sangat pas untuk digunakan sebagai bahan dasar busana muslimah.

Banyak Pilihan Warna

Selain banyak warna, bahan kain balotelly ini memiliki motif yang banyak. Ini yang menjadi daya tarik bagi pelanggan, khususnya kaum hawa yang menyukai warna tertentu.

Adapun warna yang ditawarkan pada kain ini yaitu mulai dari warna yang polos sampai jenis kain yang mempunyai motif.

Motif yang Khas

Ciri dan karakter terakhir dari kain ini adalah memiliki motif yang khas, yaitu kotak-kotak bergaris.

Jika ingin memastikan apakah kain tersebut adalah kain balotelly atau bukan, maka kamu bisa melihat tekstur pada kainnya dan terlihat motif kotak-kotak jika dilihat dari dekat.

Keunggulan dan Kelemahan Bahan Balotelly

keunggulan dan kelemahan bahan balotelly
shopee.co.id

Jika kamu ingin membeli kain ini, alangkah baiknya untuk mengetahui keunggulan serta kelemahan dari bahan kainnya. Sehingga kamu bisa mendapatkan bahan terbaik yang kamu inginkan.

Adapun keunggulan dan kelemahan dari bahan kain balotelly sebagai berikut.

Keunggulan Bahan Balotelly

keunggulan bahan balotelly
andirafashion.blogspot.com

Bahan kain balotelly memiliki banyak keunggulan atau kelebihan yang bisa membuat para pengguna betah dengan kain ini, keunggulan tersebut antara lain:

1. Bahan Kain yang Dingin

Bagi kamu yang menyukai bahan kain yang dingin atau adem saat dipakai, kamu bisa memilih bahan kain ini. Apalagi jika kamu memilih grade kain ini yang tinggi, akan betah saat memakainya.

2. Tidak Mudah Kusut

Tidak mudah kusut, itulah keunggulan lain dari bahan kain ini. Hal ini yang nantinya akan membuat para pengguna betah, karena kain akan selalu terlihat rapi saat dipakai.

3. Bahan Kain Tebal, tapi Ringan Saat Dipakai

Ada beberapa pendapat, jika bahan kain tebal maka saat dikenakan akan terasa berat. Ini tidak terjadi pada bahan kain ini, kain ini jika dipakai maka akan terasa ringan, meskipun bahan kainnya tebal.

4. Memiliki Serat Bahan yang Rapat

Selain bahan kain yang tebal, ternyata kain ini memiliki serat yang rapat atau padat. Sehingga tidak memiliki sifat kain yang transparan. Selain itu, bahan kain ini banyak digunakan untuk busana yang sesuai syariat.

5. Banyak Warna

Memiliki banyak warna, inilah keunggulan yang menjadi daya tarik bagi kaum hawa khususnya. Bahan kain ini menawarkan beberapa pilihan warna, mulai dari yang polos sampai memiliki motif.

6. Bahan yang Mudah Ditemukan

Jenis bahan kain ini sangat mudah untuk ditemukan. Apalagi jika kamu pergi ke pasar atau toko kain, pasti menemukan bahan kain ini. Selain mudah untuk ditemukan, kain ini juga sudah sangat terkenal.

7. Kain yang Gampang Ditata

Bahan kain yang memiliki karakteristik yang halus, memudahkan kain ini untuk ditata dan diatur. Jadi tidak perlu khawatir lagi saat akan menata ulang gamis atau hijab dari bahan ini.

8. Harga Terjangkau

Keunggulan terakhir dari kain ini adalah harga yang sangat terjangkau. Tentunya kualitas setiap grade yang dipilih akan berbanding lurus dengan harga. Jadi, pastikan bahwa kamu benar-benar memilih bahan yang sesuai dengan kenyamanan nantinya.

Kelemahan Bahan Balotelly

kelemahan bahan balotelly
insidenesia.com

Dengan banyaknya keunggulan, ternyata bahan kain balotelly juga memiliki kelemahan atau kekurangan, yang perlu diketahui saat kamu akan membeli bahan kain ini.

Apa saja kelemahan yang ada pada bahan kain ini? Berikut adalah kelemahannya.

1. Beberapa Bahan Ada yang Masih Terasa Kaku

Ada beberapa kain balotelly yang memiliki tekstur yang kasar , kaku dan panas saat dipakai, yaitu versi ekonomis. Selai itu bahan kainnya juga tidak flowy, sehingga untuk menyesuaikan format dari fashion gamis atau hijab itu kurang.

2. Tekstur Sedikit Kasar dan Bergaris

Kelemahan selanjutnya dari bahan kain ini adalah tekstur yang sedikit kasar, ini dikarenakan motif yang ada pada kain ini berbentuk kotak-kotak bergaris. Meskipun begitu, hak ini mempengaruhi tingkat kenyamanan dari si pemakaian nanti.

3. Karakter Kain yang Jatuh Masih Kalah dengan Wolfis

Kain yang jatuh termasuk kain yang banyak peminat oleh sebagian orang. Karakter ini yang dimiliki kain yang bahan dasarnya balotelly, namun karakter jatuhnya masih kalah atau lebih bagus dari kain wolfis.

Penggunaan Bahan Balotelly

penggunaan bahan balotelly
gamiscantik.net

Bahan balotelly yang memiliki banyak kelebihan, ternyata juga banyak digunakan dalam jenis pembuatan mulai dari gamis sampai baju koko. Adapun contoh penggunaan dari bahan kain ini yang sering dipakai dalam sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Hijab
  • Gamis syar’i
  • Rok
  • Bawahan
  • Blouse
  • Baju koko
  • Dan sebagainya.

Harga Kain Balotelly

harga balotelly
tokopedia.com

Ada hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari bahan dasar pakaian atau busana, contohnya seperti harga dan kualitas. Meskipun begitu, harga yang mahal bukan menjadi patokan akan kualitas dari jenis bahan tersebut.

Mengapa demikian? Karena harga kain disetiap toko itu pasti berbeda-beda.

Nah, untuk harga kain balotelly yang sudah ditemukan di pasaran yaitu sekitar 25 ribu sampai 40 ribu per meternya.

Biasanya, untuk harga sebesar 40 ribu itu, merupakan bahan kain grade A+ dengan kualitas premium.

Harga tersebut tidak bisa dijadikan patokan harga yang baku untuk semua jenis kain balotelly. Ini dikarenakan harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain itu, ada hal yang harus diperhatikan lagi, yaitu pastikan bahwa bahan kain yang dibeli merupakan bahan yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan.

Lebih baiknya lagi, kamu bisa mengunjungi tokonya langsung untuk mengetahui lebih detail kualitas dari bahan kain balotelly ini.

Penutup

Semoga artikel ini bisa mengenal lebih dalam lagi tentang bahan kain balotelly, serta lebih bijak dalam memilih sebelum membeli pakaian pada bahan kain tertentu.

Jangan lupa untuk like dan share artikel ini, agar bisa mengetahui artikel terbaru dari blog ini. Apabila ada yang salah atau kurang dalam artikel ini, silahkan isi komentar di bawah.

Jika ingin copy paste silahkan, tapi jangan lupa untuk cantumkan sumbernya.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: