Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Inilah Bahan Kain Babyterry dengan Karakteristik yang Menarik

4 min read

Tahukah kamu, bahan kain yang satu ini cukup banyak diminati oleh banyak orang di pasaran, yaitu kain babyterry.

Bahan kain yang sudah sering diterapkan pada beberapa pakaian, dimana kain ini memiliki serat yang hangat dan juga tebal. Dengan serat kain seperti itu banyak digunakan dalam pembuatan sweater, jaket dan semacamnya.

Mungkin dari kalian yang membaca ini masih belum mengenal bahan kain babyterry. Lalu apa yang dimaksud dengan babyterry itu? Apa kelebihan yang dimilikinya?

Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Bahan Kain Babyterry

pengertian bahan kain babyterry
kaospabrik.com

Apa itu babyterry? Babyterry termasuk salah satu jenis kain yang terbuat dari serat kapas atau bahan katun. Baby tray merupakan nama sebutan lain dari kain babyterry di masyarakat umum.

Tapi, ada juga sebagian orang yang menyebut kain ini hanya terry atau tray saja.

Tahukah kamu, bahwa bahan kain ini sering digunakan dalam pembuatan pakaian yang hangat.

Mengapa demikian? Karena salah satu sifat yang dimiliki kain ini adalah tebal dan kainnya bisa menghantarkan kehangatan.

Awalnya kain ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan handuk anak-anak, dan diutamakan untuk balita atau bayi. Ini dikarenakan kulit yang ada pada bayi lebih sensitif, sehingga memerlukan bahan kain tertentu untuk kenyamanan kulit.

Seiring berkembangnya jaman, kain ini mulai dikembangkan atau diproduksi untuk orang dewasa, yang dijadikan kebutuhan masyarakat untuk pakaian penghangat tubuh.

Ada beberapa yang memproduksi bahan kain babyterry ini dengan kadar serat kapas 80%, sedangkan sisanya menggunakan polyterry sebanyak 20%.

Kelembutan yang ada pada kain babyterry cukup terkenal di kalangan masyarakat ini, ternyata memiliki pola atau loop tertentu, yaitu looped texture.

Apa maksudnya? Jika kamu melihat kain ini lebih dekat, maka kan terlihat pola seperti lingkaran, bulatan atau beberapa cincin kecil pada permukaan kain.

Kain yang sering digunakan untuk lap, handuk atau lainnya, ternyata berbeda dengan komposisi yang digunakan untuk pembuatan pakaian. Adapun pembuatan handuk, biasanya loop ada pada permukaan kedua sisi dan terlihat sama.

Berbeda dengan pembuatan pakaian, biasanya menggunakan bahan yang memiliki loop hanya satu sisi saja.

Berbicara mengenai loop, ternyata kain babyterry ini memiliki 2 jenis, yaitu towel terry (loop panjang dan double sided loop) dan french terry (one side loop).

Karakteristik Bahan Kain Babyterry

karakteristik bahan kain babyterry
supplierpeci.com

Setiap bahan bahan kain, pastinya memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda-beda. Begitu juga pada kain babyterry, yang memiliki karakteristik yang menarik dan membantu kamu dalam memilih jenis kain yang baik.

Adapun karakteristik dan ciri yang dimiliki kain babyterry adalah sebagai berikut:

  • Bahan kain sangat nyaman dan ringan saat dipakai
  • Tekstur kain yang halus, lembut dan tidak berbulu
  • Pada bagian dalam kain, memiliki kelembutan yang lebih dibanding selimut
  • Mampu menyerap keringat dengan baik
  • Sifat kain yang tebal, tapi ada sebagian yang tipis seperti bahan kaos
  • Bahan kain yang bisa menghangatkan tubuh
  • Bahan yang ada di bagian perut, terdapat rongga kecil yang berfungsi untuk meningkatkan daya serap kain
  • Pada bagian kain, rajutannya membentuk pola bulatan kecil
  • Pada bagian luar kain, hampir seperti bahan jersey double knitted atau rajutan ganda, tapi lebih lentur

Kelebihan dan Kelemahan Bahan Babyterry

Nah, agar tidak salah memilih kain lain dan memutuskan untuk memiliki pakaian dengan bahan babyterry, alangkah baiknya mengetahui kelebihan dan kelemahan pada kain ini.

Kelebihan Kain Babyterry

kelebihan babyterry
teespro.id

Bahan kain babyterry ternyata memiliki kelebihan yang unik dan belum tentu ada pada jenis kain yang lain. Inilah beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimiliki bahan kain babyterry.

1. Sifat Kain yang Hangat

Kelebihan pertama yang dimiliki bahan kain ini adalah kainnya bisa menghantarkan kehangatan pada tubuh. Sifat hangat ini berasal dari beberapa bulu yang ada disisi bagian dalam babyterry.

Selain itu, pada bagian dalam kain ini bisa menahan suhu tubuh pada pemakainya.

Oleh karena itu, kain ini sangat cocok jika digunakan di daerah dengan cuaca dingin.

2. Tekstur Kain Lembut, Ringan dan Halus

Keunggulan lain dari bahan kain ini adalah memiliki tekstur kain yang halus. Selain itu, jika kain ini digunakan dalam bahan pembuatan pakaian, maka akan terasa lembut pada kulit.

Dari sinilah kain ini sering juga digunakan dalam pembuatan pakaian atau handuk bayi.

Selain itu, kain ini juga termasuk dalam kelompok kain yang ringan dibanding kain lainnya.

3. Serat Kain yang Mudah Menyerap Keringat

Seperti yang sudah diketahui di awal tadi, bahwa kain ini terbuat dari kapas atau katun. Dimana sifat kain katun ini bisa menyerap keringat dengan baik dan menurun ke bahan babyterry.

4. Banyak Macam Warna

Kain babyterry menawarkan warna yang cukup banyak dan bermacam-macam. Dengan banyaknya pilihan warna, akan meningkatkan nilai jual yang berbeda di mata konsumen.

5. Tidak Membuat Gerah

Selain bisa digunakan dalam cuaca dingin, ternyata kain ini juga bisa digunakan dalam kondisi cuaca panas, dan tidak akan membuat gerah atau kepanasan.

Mengapa demikian? Karena kain babyterry memiliki serat yang tebal dan berongga, sehingga tidak akan membuat si pemakai menjadi gerah.

Bahkan, daya serap keringat juga sangat baik, apabila digunakan dalam cuaca panas.

Kelemahan Kain Babyterry

kelemahan kain babyterry
lunartextile.com

Dengan adanya kelebihan, pastinya setiap kain juga memiliki kelemahan yang perlu diketahui juga. Berikut adalah kelemahan dari kain babyterry.

1. Kain Mudah Melar atau Elastis

Kelemahan pertama dari kain ini adalah mudah melar atau elastis. Dari sifat kain yang melar ini, kebanyakan sering digunakan dalam pembuatan sweater.

2. Kualitas Masih Dibawah Kain Fleece

Jika dibandingkan dengan katun fleece, sifat kain babyterry ini lebih tipis. Hampir sama seperti babyterry, dan katun fleece juga banyak digunakan dalam pembuatan jaket atau sweater.

3. Bahan Kain Kurang Awet

Jika diteliti lagi, ternyata kain ini memiliki sifat serat yang kurang rapat dan cenderung kurang tebal dibanding jenis kain lainnya.

Maka dari itu, kain ini bisa dibilang tidak bisa tahan lama atau mudah rusak, jika digunakan terus menerus. Apalagi kalau mencucinya menggunakan mesin cuci.

4. Harga Relatif Mahal

Dari segi harga, bahan kain babyterry termasuk dalam kelompok yang memiliki harga yang cukup mahal. Ini dikarenakan bahan dasar dari pembuatan kain ini berasal dari kapas asli.

Meskipun begitu, faktor yang menentukan harga kain itu dari seberapa banyaknya kadar kapas di dalamnya.

Jenis babyterry polyester memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis babyterry katun. Sedangkan dari segi kenyamanan, maka babyterry katun lebih nyaman dan lembut.

Perbedaan Kain Babyterry dengan Fleece

perbedaan babyterry dengan fleece
konveksigratia.com

Mungkin dari kalian masih bingung dalam memilih kain jenis fleece dan babyterry, yang sering digunakan dalam pembuatan sweater.

Nah untuk membedakan antara kain babyterry dan fleece, bisa dilihat dari segi permukaannya. Jenis kain babyterry memiliki pola loop kecil yang ada pada bagian permukaannya, sedangkan pada kain fleece terlihat hampir sama dengan wol.

Ini dikarenakan kain fleece adalah hasil imitasi dari kain wol. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa melihat perbandingan video di bawah ini.

Kegunaan Kain Babyterry

kegunaan kain babyterry
ahyanahijab.com

Awalnya kain ini sering digunakan dalam pembuatan bahan dasar handuk. Kemudian lama-kelamaan kain ini mulai banyak digunakan dalam kebutuhan pakaian.

Di bawah ini adalah contoh penggunaan kain babyterry yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Sweater
  2. Jumper
  3. Blazer
  4. Hoodie
  5. Jumpsuit
  6. Jaket bomber
  7. Gamis
  8. Pakaian bayi
  9. Bahan pelapis sandal
  10. Keset dan lainnya

Harga Kain Babyterry

harga babyterry
baju2unik.blogspot.com

Jenis kain yang satu ini, biasanya dijual dalam bentuk meteran atau kiloan di pasaran. Selain itu, ada juga yang menjualnya dalam bentuk roll.

Menurut hasil penelusuran penulis, harga dari kain ini sekitar 65 ribu sampai 120 ribu per kg nya, dengan panjang kurang lebih 1,8 meter.

Untuk bisa mendapatkan kualitas terbaik, kamu bisa membeli kain babyterry yang mempunyai kualitas premium atau good quality.

Harga di atas bukan patokan untuk semua jenis kain babyterry. Ini dikarenakan harga dapat berubah sewaktu-waktu, dan perbedaan komposisi bahan, model, kualitas, motif, ketebalan yang akan kamu beli nantinya.

Jika kamu ingin mendapatkan bahan atau pakaian satin ini, kunjungi toko kain terdekat atau ikuti langkah-langkah dalam diskusi terakhir ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kain babyterry, jika ada kurang atau salah dalam penulisan ini, bisa meninggalkan komentar di kolom bawah.

Jika kamu ingin mengetahui bahan kain cordura yang memiliki sifat kain anti air, baca selengkapnya disini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: