Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Mengenal Bagian-bagian Komputer Beserta Fungsinya Lebih Dalam

bagian bagian komputer

Hampir semua aspek kehidupan itu melibatkan pada komputer, mulai dari mengerjakan tugas, main game sampai internet. Tapi apakah kamu pernah berfikir tentang bagian-bagian komputer tersebut?

Memang sebagian orang sudah memahami tentang bagian dari komputer. Tapi bagi kebanyakan orang, hal itu tetap menjadi menjadi misteri oleh mereka.

Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan bagian-bagian dari komputer serta fungsinya. Langsung simak artikel ini sampai selesai.

Bagian-bagian Komputer

Sebelum membahas tentang bagian-bagian komputer serta fungsinya, jenis komputer ada banyak sekali, seperti laptop, tablet PC, netbook juga sejenisnya dan komputer desktop. Komputer juga termasuk jenis teknologi yang sudah sering digunakan dalam lingkungan sekitar.

Nah, dalam artikel ini fokus pada penjelasan tentang bagian dari komputer desktop. Tapi, secara garis besar tidak jauh berbeda dengan bagian komponen laptop dan lainnya.

Berikut adalah bagian-bagian yang ada dalam komputer serta fungsinya masing-masing.

1. Casing Komputer

casing komputer
rupiah.onlineaseanprice.org

Bagian pertama dari komponen komputer yaitu casing komputer atau case, merupakan bagian yang menjadi rumah atau tempat kediaman oleh sebagian besar komponen komputer. Kebanyakan desktop PC mempunyai casing box, baik dari plastik atau pun metal.

Tapi, untuk AIO atau all in one PC, casing komputer ini didesain ringkas dan biasanya langsung menyatu dengan layar monitor.

Selain menjadi tempat dari komponen-komponen komputer, casing ini juga bisa melindungi komponen tersebut dari debu dan sebagainya.

2. Motherboard

motherboard
amazon.in

Secara sederhana, motherboard atau bisa disebut dengan mainboard, merupakan papan sirkuit terintegrasi yang menjadi komponen utama dari sebuah komputer.

Sedangkan fungsi dari motherboard yaitu menghubungkan seluruh komponen utama komputer seperti CPU, RAM, serta berbagai port dan slot ekspansi.

Adapun komponen yang ada di dalam motherboard ini adalah sebagai berikut:

CPU (Central Processing Unit)

bagian bagian komputer - CPU
pcworld.com

Banyak orang yang menyebut CPU (Central Processing Unit) atau lebih dikenal dengan prosesor, merupakan otak dari komputer.

Mengapa demikian? Karena CPU yang mengatur segala aktivitas dan jalannya program yang terdapat dalam komputer.

CPU ini merupakan salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan.

Sebagai komponen utama dalam komputer, CPU ini mempunyai fungsi penting yang harus diketahui, yaitu menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan kemudian mengeksekusi instruksi tersebut.

RAM atau Memory

bagian bagian komputer - RAM
cronosal.web.id

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menyimpan data serta dan berbagai proses agar bisa diakses dengan cepat oleh CPU atau komponen komputer lainnya.

Apabila jumlah RAM semakin besar, maka komputer akan semakin cepat. Mengapa? Karena besarnya kapasitas dari RAM untuk menyimpan data dan saat proses.

Bentuk umum dari RAM yang ada dalam sebuah komputer yaitu chip. Chip tersebut bisa ditambahkan jika terdapat slot RAM dalam motherboard tersebut.

ROM

bagian bagian komputer - ROM
tik-lebihdekat.blogspot.com

ROM atau Read Only Memory merupakan tempat disimpannya firmware BIOS dan pengaturannya. Komputer terbaru saat ini kebanyakan sudah menggunakan UEFI dan tidak lagi menggunakan BIOS.

Chipset

chipset
tomshardware.com

Komponen yang ada pada motherboard selanjutnya adalah chipset, merupakan komponen yang berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara komponen komputer dengan CPU.

VGA Card

bagian bagian komputer - VGA card
pengertianku.net

VGA atau disebut dengan virtual graphic array, merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengolah dan menerjemah output ke dalam monitor.

Kehadiran VGA Card dalam sebuah komputer ini, tidak memberikan pengaruh besar seperti komponen vital komputer lainnya.

Penggunaan dari VGA ini lebih menuju kepada hal yang ada hubungannya dengan grafis, seperti desain 3D atau pun gaming.

Namun, fungsi utama dari VGA Card yaitu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafik melalui monitor. Jika komputer yang tidak ada VGA, maka tampilan layar yang dikeluarkan biasanya menjadi kurang bagus dan tidak menarik.

Baterai CMOS

baterai CMOS
indoworx.com

Fungsi dari baterai CMOS ini yaitu untuk memberikan daya bagi chip BIOS. Sehingga, pengaturan BIOS dan tanggal tidak akan hilang serta akan tetap berjalan meskipun komputer dalam keadaan mati.

Sound Card

bagian bagian komputer - Sound Card
amazon.com

Terlihat dari namanya yaitu sound card, ini ada kaitannya dengan kebutuhan audio dan suara dalam suatu komputer. Misalkan, saat mendengarkan suara yang berasal dari komputer menggunakan headset atau speaker, maka suara yang didengar itu diproses oleh sound card.

Ada beberapa jenis dari sound card ini berdasarkan cara pemasangannya dalam komputer atau laptop, yaitu:

  1. Sound Card Onboard
  2. Sound Card Offboard
  3. Sound Card External

Bus

bagian bagian komputer - bus
gijutsusekai.blogspot.com

Bus ini termasuk slot yang dapat menghubungkan berbagai card seperti eksternal graphic card dan sound card ke matherboard.

3. LAN Card

LAN card
hot.liputan6.com

LAN card atau sering disebut dengan NIC (Network Interface Card), ethernet card atau kartu jaringan. Kegunaan dari LAN ini adalah untuk menghubungkan beberapa komputer dengan jaringan, terutama dalam area LAN.

Seperti contoh, jaringan komputer pada satu rumah, satu kantor, suatu gedung dan lainnya. Biasanya, LAN card dipasang pada slot PCI yang terdapat pada motherboard.

4. WLAN Card

WLAN card
lelong.com.my

WLAN card atau wireless LAN card atau biasa juga disebut dengan WiFi adapter adalah perangkat komputer yang berhubungan dengan jaringan. Fungsi dari WLAN ini sama halnya seperti LAN card, yaitu menghubungkan komputer dengan akses jaringan.

Disisi lain, dengan adanya WLAN ini lebih memudahkan dalam melakukan koneksi jaringan tanpa harus membawa kabel kemana-mana hanya untuk menghubungkan dengan jaringan.

5. Heat Sink

heat sink
amazon.com

Heat sink atau PC cooler termasuk salah satu perangkat keras yang mempunyai bentuk fisik layaknya kipas yang terbuat dari tembaga dan aluminium.

Tujuan utama dari heat sink, yaitu memberikan suhu dingin pada processor supaya kinerja dari processor tetap stabil dan suhu panas yang dimiliki processor bisa dibuang melalui heat sink ini.

6. Power Suppley

Power supply
amazon.ca

Power supply adalah suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mensuplai daya atau tegangan ke dalam komponen komputer. Daya tersebut disuplai menuju motherboard, heat sink, harddisk dan lainnya.

Fungsi power supply ini adalah untuk mengubah tegangan AC menjadi DC. Ada beberapa jenis power supply pada saat ini, yaitu power supply AT dan power supply ATX.

7. Optical Drive

Optical drive
galleon.ph

Optical drive merupakan perangkat keras yang mempunyai fungsi yang sama dengan hard disk atau flashdisk, yaitu sebagai media penyimpanan.

Sedangkan untuk jenis media penyimpanan yang termasuk kedalam perangkat keras optical drive yaitu CD-ROM, CD-RW, DVD ROM dan DVD RW.

8. Hard Disk

Hard Disk
crucial.com

Hard Disk atau HDD termasuk salah satu perangkat keras komputer yang juga digunakan sebagai media penyimpanan.

Pada umumnya, di bagian dalam hard disk ini terdapat piringan yang dimana piringan itu mempunyai peran untuk menyimpan data secara permanen.

Jadi saat mematikan komputer, data yang telah disimpan sebelumnya akan bisa diakses ketika menyalakan komputer. Kecuali, jika menghapus data tersebut secara manual atau terkena virus.

9. SSD

bagian bagian komputer - SSD
storagereview.com

SSD adalah kepanjangan dari solid state drive atau solid state disk, perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan menggunakan serangkaian IC (Integrated Circuit) yang berperan sebagai memori untuk menyimpan data secara persisten.

Fungsi dari SSD ini hampir sama dengan hard disk. Tapi, SSD ini termasuk sebuah inovasi dalam penyimpanan data.

Mengapa demikian? Karena dengan SSD, data yang disimpan pada chip ship memori flash berbasis NAND yang sudah terhubung satu sama lain.

10. Mouse

mouse
steelseries.com

Mungkin tidak asing dengan perangkat ini, mouse merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai komponen input-an, yaitu menerima input-an yang diberikan oleh pengguna.

Mengapa dinamakan mouse? Karena bentuk fisiknya seperti tikus, dengan kabel yang bisa dihubungkan dengan komputer yang sudah menyediakan port di dalamnya.

11. Keyboard

bagian bagian komputer - keyboard
harveynorman.ie

Ada mouse pasti ada keyboard juga, keyboard merupakan suatu perangkat keras pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk menginputkan data yang berupa huruf, angka atau simbol dan menyampaikannya ke CPU.

Keyboard sudah menggunakan format standar QWERTY, yang sudah diakui sebagai standar internasional.

Secara fisiknya, keyboard terdiri dari papan ketik yang mempunyai berbagai macam tombol, yang dimana tombol tersebut dilengkapi dengan fungsinya masing-masing. Sehingga bisa mengolah proses yang akan dibutuhkan.

12. Monitor

monitor
officemate.co.th

Monitor adalah jenis perangkat keras atau hardware yang berperan sebagai komponen output. Monitor sering juga disebut dengan layar komputer, yang dimana layar tersebut digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data ke dalam bentuk grafis.

Perangkat ini mempunyai peran yang penting, karena seiring berjalannya waktu monitor ini memiliki sejarah dan jenis yang bermacam dan tanpa adanya monitor maka komputer tidak bisa diamati secara langsung.

13. Printer

printer
walmart.com

Printer ini termasuk dalam perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik itu kertas, gambar atau pun grafik.

Selain itu, printer ini juga berfungsi untuk menggandakan dokumen serta untuk mengirim data atau fax.

Jenis printer ini juga banyak, karena pada awalnya printer ini hanya digunakan untuk mencetak dokumen yang nantinya akan menampilkan data berupa teks, grafik, gambar atau lembaran kertas.

14. Scanner

bagian bagian komputer - scanner
imagescience.com.au

Scanner juga termasuk komponen input-an yang digunakan sebagai pemindai atau menduplikat dokumen secara digital dan disimpan kedalam komputer.

Ada berbagai jenis scanner yang juga memiliki kegunaan berbeda-beda, antara lain:

  1. Scanner Drum
  2. Scanner Flatbed
  3. Film Scanner
  4. Roller Scanner

15. Speaker

speaker
philips.co.in

Speaker merupakan suatu perangkat keras, yang dimana speaker ini bisa mengeluarkan output dari CPU yang berupa suara atau audio.

Speaker dalam komputer ini terdiri dari bagian yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, antara lain:

  1. Serat rongga (conus)
  2. Membran
  3. Magnet
  4. Kumparan
  5. Casing

16. Webcam

bagian bagian komputer - webcam
indiamart.com

Webcam adalah istilah dari kamera yang bisa dihubungkan dengan komputer, webcam ini bisa disebut dengan camera web. Fungsi dari webcam ini pada umumnya adalah hampir sama dengan kamera, yaitu memudahkan dalam mengolah pesan seperti chat melalui video secara real time.

Webcam ini dirancang bukan untuk menyimpan gambar, mengapa? Karena fungsi utama dari webcam adalah untuk merekam dan mengirimkan gambar yang ditangkap langsung oleh komponennya.

Sehingga, sampai saat ini webcam masih bisa ditemui di pasaran dengan harga yang bermacam-macam tergantung fitur dan kemampuan dalam menangkap gambar.

Penutup

Itulah beberapa penjelasan dari bagian-bagian komputer dengan fungsinya. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan atau pengetahuan dalam komputer.

Jika ada salah kata atau kurang dalam penulisan ini, bisa langsung komentar di bawah. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar orang lain juga paham tentang bagian-bagian komputer.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Jual Banner Bekas

Mandhom
3 min read

Pengertian Leaflet

Mandhom
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: