Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Alat dan Bahan Sablon Digital

3 min read

alat sablon digital

Pada artikel ini, akan membahas tentang bahan dan alat sablon digital yang pada umumnya digunakan oleh pengusaha tersebut.

Secara umum, jenis sablon itu bermacam-macam. Mulai dari sablon kaos manual sampai sablon kaos digital yang menggunakan printer DTG.

Nah, pada kesempatan kali ini akan berbagi tentang alat serta cara proses cetak sablon digital, berikut penjelasannya.

Alat dan Bahan Sablon Digital

Jenis printer yang sering orang kenal adalah printer DGT, dimana kegunaannya sebagai alat yang pada umumnya digunakan untuk menyablon kaos dalam bentuk digital.

Namun, ada beberapa bahan dan alat sablon lain yang juga ikut serta dalam proses sablon digital ini, antara lain sebagai berikut.

1. Kaos Polos

kaos polos
bukalapak.com

Bahan utama yang ada dalam sablon yaitu kaos polos. Karena jika tidak ada kaos, maka tidak ada media yang nantinya akan disablon.

Setiap jenis kaos memiliki bahan dan kegunaan yang berbeda-beda. Pemilihan dalam warna kaos juga harus diperhatikan, agar desain bisa mencocokkan warna kaos dengan hasil yang menarik dan elegan.

2. Komputer atau Laptop

komputer dan laptop
murdockcruz.com

Dalam dunia sablon digital, pastilah membutuhkan yang namanya komputer atau laptop. Nah, untuk memilih jenis komputer yang sudah banyak ini, kamu bisa membacanya disini.

Ada juga jenis laptop yang bisa digunakan untuk desain, apabila jenis komputer tersebut terlalu berat dan repot untuk dibawa kemana-mana.

Pemilihan komputer ini bertujuan agar spesifikasi yang cukup memadai bisa mengatasi, jika ada kendala dalam proses desain dan cetak.

Pada umumnya, spesifikasinya yaitu minimal menggunakan prosesor dual core dan minimal RAM atau memory sebesar 2 sampai 4 GB. Selain itu, hardisk juga harus memiliki ruang kosong, agar bisa memuat ukuran file mentah desain yang cukup besar.

3. Tinta, Catridge dan Cairan Head Cleaner

alat sablon digital - head cleaner
teknody.com

Bahan selanjutnya dalam sablon kaos digital yaitu tinta, catridge dan juga cairan pembersih atau head cleaner. Dalam proses sablon dibutuhkan tinta dan catridge yang nantinya memberikan warna pada kaos sesuai dengan pola dan warna desain.

Sedangkan untuk cairan head cleaner ini bertujuan untuk mengatasi jika print head sedang buntu atau mampet. Selain itu, bahan ini juga bisa membersihkan print head dari sisa tinta printer.

4. Mesin Cetak atau Printer DTG

alat sablon digital - printer DTG
bukalapak.com

Seperti yang sudah jelaskan di atas, bahwa printer ini merupakan alat yang sudah dikenal orang dalam dunia sablon digital. Tanpa adanya printer ini, proses cetak tidak akan berjalan.

Printer ini akan melakukan perintah dari software komputer atau laptop yang sebelumnya sudah diinstal. Baik itu menggunakan program dari printer, maupun software desain grafis lain seperti coreldraw, photosop dan lainnya.

Printer ini dimodifikasi secanggih mungkin untuk membantu proses percetakan kaos yang masih menggunakan manual.

Selain itu, kelebihan dari printer ini adalah lebih hemat, praktis, efisien, efektif dan tidak ada batasan warna dalam mencetak kaos.

5. Mesin Press Kaos

mesin press kaos
blibli.com

Kegunaan dari mesin press ini yaitu untuk menekan kaos yang bisa menyebarkan suhu panas dalam area kaos, sehingga tinta sablon akan lebih cepat mengering dan juga cepat menempel dengan sempurna.

Mesin press digunakan setelah kaos yang sudah di sablon kemudian dikeringkan dengan alat hotgun reigun.

6. Kertas Teflon

kertas teflon
bukalapak.com

Alat sablon digital selanjutnya yaitu kertas teflon, dimana kertas ini berfungsi sebagai lapisan area kaos yang akan disablon.

Mengapa untuk dilapisi? Karena saat proses press kaos bisa melindungi bagian sablon, agar tidak terkena panas langsung dari mesin press dan akan terlindungi dengan adanya kertas teflon.

7. Kompresor

alat sablon digital - kompresor
tokopedia.com

Adapun alat yang digunakan sebelum kaos diletakkan pada printer DTG untuk dicetak yaitu kompresor. Berfungsi untuk merapatkan pori-pori kaos, agar tinta sablon bisa merakan dengan baik dan tidak mudah lepas.

Selain itu, alat ini bisa juga digunakan untuk menyemprotkan epoxy pada kaos sebelum ke printer DTG. Tujuannya agar hasil sablon bisa menempel dengan kuat dan tahan lama.

8. Hotgun Reigun

hotgun reigun
printerdtgjakarta.com

Alat yang terakhir yaitu hotgun reigun, yang dimana alat ini berfungsi untuk mengeringkan sablon lebih cepat dengan cara memanaskannya.

Kegunaan dari alat ini hampir sama dengan hair dryer dalam alat sablon manual, yang pada umumnya alat ini sebagai pengering rambut.

Alat ini digunakan pada saat kaos yang sudah disablon akan dipress menggunakan mesin press.

Cara Cetak Sablon Digital

cara cetak sablon digital
12kaos.com

Pada umumnya, proses cetak kaos sablon digital menggunakan printer DTG ini bisa dengan kaos warna apa saja. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama, instal terlebih dahulu software yang sesuai dengan printer DTG pada komputer atau laptop, agar bisa terindeksi pada sistem operasi yang digunakan.
  2. Kedua, setelah diinstal nyalakan printer DTG dan tunggu beberapa saat sampai printer itu sudah siap.
  3. Ketiga, tampilkan desain yang sudah dibuat dalam komputer atau laptop.
  4. Keempat, siapkan kaos polos dan semprot dengan kompresor pada area yang akan disablon.
  5. Kelima, letakkan kaos pada tempat yang sudah disediakan pada printer DTG.
  6. Keenam, lakukan pengaturan pada komputer atau laptop agar bisa mencetak pada printer DTG dengan hasil yang sempurna.
  7. Ketujuh, memulai proses cetak kaos dan tinggal menunggu.
  8. Kedelapan, ambil kaos dan semprotkan dengan epoxy yang ditempatkan di dalam kompresor.
  9. Kesembilan, kemudian panaskan menggunakan alat hotgun reigun untuk membantu proses pengeringan sablon.
  10. Kesepuluh, setelah dipanaskan letakkan kaos pada mesin press dan jangan lupa untuk dilapisi dengan kertas teflon.
  11. Kesebelas, pastikan mesin press sudah disiapkan dengan tingkat panas yang cukup.
  12. Keduabelas, press kaos secukupnya sampai merata.
  13. Terakhir, letakkan dan diamkan kaos untuk memastikan sablon sudah benar-benar meresap.

Sebenarnya langkah-langkah yang lebih detail itu tergantung pada jenis printer DTG yang digunakan. Bahkan dalam beberapa jenis mesin tidak perlu lagi untuk menyemprotkan kompresor sebelum dicetak.

Pada langkah-langkah di atas tersebut hanya berlaku pada kaos warna putih atau cerah saja. Sedangkan untuk kaos warna hitam itu ada beberapa tahapan lagi.

Kesimpulan

Sebenarnya proses dalam mencetak sablon menggunakan printer DTG sangatlah mudah, juga bahan dan alat sablon digital tidak terlalu rumit. Proses pengerjaannya juga tidak mengotori tempat dan lebih sederhana dibandingkan sablon manual.

Namun, disisi lain kualitas hasil sangat tergantung pada kecanggihan dari spesifikasi printer DTG, dan tentunya harga yang semakin mahal apabila spesifikasi printer tersebut semakin lengkap.

Semoga dengan penjelasan tentang bahan dan alat sablon digital juga cara cetaknya di atas, bisa memberikan motivasi untuk membuka usaha sablon digital. Terutama bagi yang baru memulai bisnis sablon kaos digital menggunakan printer DTG, bisa mengembangkan desain yang sudah dimiliki sekarang.

Jika ada kurang atau salah dalam penulisan artikel ini, bisa langsung komentar di kolom bawah.  Jangan lupa juga untuk share artikel ini, agar teman kamu bisa juga terinspirasi untuk membuka sablon digital.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Mandhom Sesungguhnya aku tak butuh dunia, jika ternyata aku mampu melihat keindahan-Nya dari mata seorang hamba yang kelak bersujud satu sajadah di belakangku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: